Hari/Tanggal : Jumat, 2 Agustus 2024
Mata Pelajaran : Matematika dan PAK
Alat Peraga : Gambar dan PPT
Good morning my lovely students. How are you this morning?
Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut.
Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik mampu menunjukkan pemahaman dan menyatakan garis bilangan pada bilangan cacah sampai 10.000.
Peserta didik mengetahui cara menentukan garis bilangan sampai bilangan cacah besar dengan tepat.
Materi Matematika
Pengertian Garis Bilangan dan Penggunaannya dalam Operasi Hitungan
Fungsi Garis Bilangan dalam Pengoperasian Bilangan Bulat
Pengertian Pertidaksamaan dalam Matematika
pertidaksamaan adalah kalimat terbuka yang menyatakan hubungan dua hal yang tidak mempunyai kesamaan atau tidak sama dengan. Hubungan tidak sama dengan, tanda lebih besar dan lebih kecil dapat dinotasikan dengan tanda sebagai berikut ini:
a. < (kurang dari)
b. ≤ (kurang dari atau sama dengan
c. > (lebih dari)
d. ≥ (lebih dari atau sama dengan)
Jika ada pertidaksamaan x < a maka niai x yang memenuhi adalah lebih kecil dari a. Jika ada pertidaksamaan matemati x ≥ a maka nilai x yang memenuhi adalah lebih besar dari a.
Berikut adalah sifat-sifat dari pertidaksamaan yang perlu diketahui dan dipahami agar saat mengerjakan soal pertidaksamaan lebih mudah, yakni:
1. Tanda pertidaksamaan tidak akan berubah jika menambahkan atau mengurangkan suatu pertidaksamaan dengan bilangan atau suatu ekspresi matemtaika tertentu.
2. Tanda pertidaksamaan tidak akan berubah jika mengalikan atau membaginya dengan bilangan POSITIF.
3. Tanda pertidaksamaan akan berbalik jika dikali atau dibagi dengan sebuah bilangan NEGATIF.
4. Pada operasi pemangkatan pertidaksamaan matematika, tanda pertidaksamaan berbalik tergantung dari ganjil atau genapanya pangkatnya.
0 komentar:
Posting Komentar