Bahan
Ajar dan Materi Pembelajaran
Tema
2 Kegemaranku
Subtema
3 Gemar Menggambar
Menggambar adalah kegiatan yang
menyenangkan
Semua anak senang menggambar
Kamu dapat bercerita dengan gambar
Kamu dapat menikmati keindahan lewat
gambar
Menggambar dapat membuat hatimu senang
Hari/Tanggal: Senin, 26 Agustus 2019
Pembelajaran 1
Tujuan Pembelajaran:
1.
Dengan
mengamati gambar, siswa dapat mengetahui cara duduk yang benar saat akan
menulis dengan tepat
2.
Dengan
mempelajari cara duduk yang benar, siswa dapat mendemonstrasikan cara duduk
yang tepat saat menulis dengan disiplin
3.
Dengan
mengamati gambar, siswa dapat mengenal ciri-ciri karya ekspresi, mulai dari
ide, pemilihan warna, bentuk dan obyek gambarnya dengan tepat
4.
Dengan
mengamati gambar, siswa mampu mengidentifikasi alat dan bahan yang digunakan
untuk membuat karya cetak dengan percaya diri
5.
Setelah
mengenal alat dan bahan menggambar, siswa dapat menentukan ide/gagasan, tema,
dan obyek untuk membuat karya cetak dua dimensi dengan teknik cetak
6.
Dengan
mengamati macam-macam obyek gambar, siswa dapat menceritakan kesukaan dari
anggota keluarga di rumah deengan tepat
Materi Pembelajaran:
1.
Mengamati
gambar cara duduk untuk kegiatan menulis
2.
Mempraktikkan
cara duduk untuk kegiatan menulis
3.
Mengenal
alat dan bahan untuk menggambar dengan teknik mencetak
4.
Berdiskusi
tentang ide untuk membuat gambar cetak dan gambar kesukaan anggota keluarga di
rumah
MATERI
Ayo
Mengamati
Beni dan teman-teman sedang belajar di
kelas
Mereka duduk dengan posisi yang benar
Mereka akan belajar menggambar
Perhatikan
gambar Beni duduk dengan benar
Ayo
Berlatih
Kalian sudah tahu posisi duduk yang
benar
Yuk kita mulai berlatih menggambar
Awali dengan kegiatan mencoret di udara
Ayo
Mengamati
Udin senang menggambar bersama keluarga
Keluarga Udin memiliki gambar kesukaan
Ayah Udin senang menggambar rumah dan
gedung
Bunga adalah gambar kesukaan ibu
Udin senang menggambar binatang
Kendaraan adalah gambar kesukaan paman
Udin
Hasil gambar-gambar tersebut dipajang di
rumah
Terlihat lebih indah dan saling
melengkapi
Ayo
Mengamati
Bagaimana dengan keluargamu?
Apa gambar kesukaan keluargamu?
Coba sebutkan satu per satu
Ceritakan pada temanmu
Hari/Tanggal: Selasa, 27 Agustus 2019
Pembelajaran 2
Tujuan Pembelajaran:
1.
Dengan
kegiatan persiapan menulis, siswa mampu menunjukkan gambar cara memegang pensilyang
tepat saat menulis dengan disiplin
2.
Dengan
kegiatan mencocokkan gambar persiapan menulis, siswa mampu menunjukkan gambar
cara meletakkan buku yang tepat saat menulis
3.
Dengan
kegiatan membuat garis, siswa mampu mendemonstrasikan cara memegang pensil yang
tepat saat menulis dengan tepat
4.
Dengan
kegiatan membuat garis, siswa mampu mendemostrasikan cara meletakkan buku yang
tepat saat menulis dengan disiplin
Materi Pembelajaran:
1.
Mengamati
gambar cara meletakkan buku dengan benar
2.
Mengamati
cara memegang pensil dengan benar
3.
Mempraktikkan
cara meletakkan buku dan memegang pensil dengan benar
MATERI
Ayo
Berlatih
Siti dan teman-teman bermain di halaman
sekolah
Mereka bermain dengan gembira
Bermain tarik-menarik sambil berolahraga
Gerakan menarik ke kiri ke kanan
Gerakannya terlihat seperti orang
menggergaji
Mari
Berlatih Gerak Menarik Bersama Temanmu
Ayo kita berolahraga agar badan sehat
Badan yang sehat harus kita syukuri
Ayo
Berlatih
Dayu dan Siti duduk dengan posisi yang
benar
Mereka siap menggambar dan menulis
Dayu meletakkan buku di atas meja
Siti memegang pensil dengan benar
Ayo
Menulis
Duduklah dengan posisi yang benar
Letakkan bukumu di atas meja dengan
benar
Peganglah pensilmu dengan cara yang
benar
Buatlah garis tegak ke atas dan ke bawah
Buatlah garis ke kiri dan ke kanan
Buatlah juga garis lengkung
Hari/Tanggal: Rabu, 28 Agustus 2019
Pembelajaran 3
Tujuan Pembelajaran:
1.
Dengan
mengamati, siswa mampu menunjukkan gambar jarak yang baik antara mata dan buku
sebagai media menulis dengan tepat
2.
Setelah
menunjukkan gambar, siswa mampu mempraktikkan jarak yang baik antara mata dan
buku saat menulis dengan benar
3.
Melalui
diskusi, siswa mampu menyebutkan gambar kesukaan anggota keluarga di rumah
dengan benar
4.
Dengan
percaya diri, siswa mampu menceritakan pengalamannya menggambar kesukaan
bersama anggota keluarga di rumah
Materi Pembelajaran:
1.
Mengamati
dan mempraktikkan gambar jarak yang baik antara mata dan buku saat menulis
2.
Menceritakan
pengalaman saat menggambar bersama anggota keluarga
MATERI
Ayo
Berkreasi
Amatilah benda-benda yang ada di sekolah
Mari kita warnai benda-benda tersebut
Ayo
Mengamati
Benda di sekolah kita memiliki banyak
bentuk
Ada yang berbentuk bola
Ada yang berbentuk tabung
Ada yang berbentuk balok
Ada juga yang berbentuk kubus
Inilah gambar bentuk-bentuk tersebut
Balok Kubus
Bola Tabung
1. Bentuk Balok
Perhatikan
gambar disamping
Gambar tersebut
dinamakan bangun balok
Balok memiliki
sisi yang ukuran dan bentuk sama
Sisi tersebut
adalah sisi atas dan sisi bawah
Sisi samping kiri
dan kanan
Serta sisi muka
dan belakang
1. Bentuk Kubus
Sekarang
perhatikan gambar berikut
Bangun di
samping dinamakan kubus
Kubus mempunyai enam
sisi
Bentuk dan
ukuran sisinya sama
1. Bentuk Bola
Tahukah kamu
bentuk di samping?
Ya, kamu benar
Gambar di
samping adalah bentuk bola
1. Bentuk Tabung
Bangun di bawah
dinamakan tabung
Tabung mempunyai
tutup dan alas yang berbentuk lingkaran
Tutup dan alas
mempunyai bentuk dan ukuran yang sama
Dengarkan
cerita yang dibacakan gurumu
Hari minggu udin berkumpul bersama
keluarga
Mereka menggambar bersama
Menggambar bersama sangat menyenangkan
Ayah menggambar pemandangan
Ibu menggambar bunga
Kakak mewarnainnya dengan krayon
Udin senang menggambar bersama keluarga
Kebersamaan keluarga adalah anugerah
Jawab
pertanyaan berikut ini
1.
Apakah
keluargamu senang menggambar?
2.
Apa
gambar kesukaan anggota keluargamu?
3.
Pernakah
kamu menggambar bersama?
4.
Gambar
apa yang kamu buat?
5.
Bagaimana
perasaanmu saat menggambar bersama anggota keluarga?
Pembelajaran 4
Tujuan Pembelajaran:
1.
Dengan
diskusi bersama, siswa mampu mengidentifikasi cara menggunakan alat dan bahan
untuk membuat karya cetak dua dimensi dengan benar
2.
Dengan
bertanya jawab, siswa mampu mengidentifikasi langkah-langkah membuat karya
cetak dua dimensi dengan runtut
3.
Dengan
arahan guru, siswa mampu menyiapkan alat dan bahan untuk membuat karya cetak
dua dimensi dengan mandiri
4.
Dengan
kegiatan mewarnai gambar melalui tehnik mencetak, siswa mampu membuat karya
cetak dua dimensi sesuai dengan ide/gagasan, tema, obyek yang telah ditentukan
dengan rapi
Materi Pembelajaran: Membuat gambar
dengan teknik mencetak
MATERI
Ayo
Mencoba
Pagi yang cerah
Udara terasa segar
Ayo kita bermain di halaman
Bermain sambil berolahraga
Berolahraga membuat badan sehat
Badan sehat membuat hati gembira
Sama seperti saat kita menggambar
Menggambar juga membuat hati gembira
Ayo
berkreasi
Salah satu cara menggambar adalah dengan
mencetak
Kita dapat mencetak jari-jari tangan
kita
Lakukanlah dengan menjiplak tangan pada
kertas
Lakukanlah sesuai langkah-langkah
berikut
1.
Jiplak
telapak tangan kiri dan kananmu pada kertas/karton putih
2.
Jiplak
masing-masing dua kali
3.
Beri
warna berbeda pada setiap jiplakan tangan
4.
Sambungkan
hasil jiplakan dengan tali
5.
Kamu
dapat memajangnya di dinding
Ayo
Belajar
Kita dapat menambah hiasan dinding
dengan beberapa jiplakan tangan
Agar lebih menarik kita beri warna yang
berbeda
Warna itu didapat dari mencampurkan dua
warna
Sebagai contoh
Warna biru dan kuning akan menjadi hijau
Ayo
Berlatih
Ayo berlatih mencampurkan warna
Gunakan cat air agar lebih mudah
Campurkan dua warna cat air
Aduk rata hingga muncul warna baru
Cobalah untuk warna warna berikut
Ayo
Mengamati
Gambar
kolase
Siti membuat gambar kolase
Tahukah kamu apa itu gambar kolase?
Gambar yang dibuat dengan
sobekan-sobekan kertas
Bagaimana cara membuat gambar kolase?
Kamu membutuhkan kertas berwarna
Juga pola gambar dan lem
Sobeklah kertas berwarna
Lalu tempel pada pola gambar ikutilah
bentuk gambarnya
Ayo
Berkreasi
Mari kita membuat kolase
Ikuti sesuai dengan petunjuk
Hari/Tanggal: Kamis, 29 Agustus 2019
Pembelajaran 5
Tujuan Pembelajaran:
1.
Dengan
kegiatan tanya jawab, siswa mampu menunjukkan gambar cara duduk yang tepat saat
menulis
2.
Dengan
kegiatan diskusi, siswa mampu menunjukkan gambar cara memegang pensil saat
menulis dengan tepat
3.
Dengan
arahan dai guru, siswa mampu mendemostrasikan cara duduk saat menulis dengan
tepat
4.
Dengan
kegiatan menulis nama bangun ruang, siswa dapat mendemonstrasikan cara memegang
pensil dengan tepat saat menulis
Materi Pembelajaran: Mempraktikkan cara
duduk dan memegang pensil saat akan menulis
MATERI
Ayo
Mencoba
Menggambar sungguh menyenangkan
Menulis juga menyenangkan
Keduanya sama-sama menyenangkan
Udin dan Beni senang menggambar dan
menulis
Mereka melakukannya dengan posisi duduk
yang benar
Sudahkah kamu duduk dengan posisi yang
benar?
Ayo
Berlatih
Duduklah dengan posisi yang benar
Pasangkan benda-benda sesuai dengan
bentuknya
Hari/Tanggal: Jumat, 30 Agustus 2019
Pembelajaran 6
Tujuan Pembelajaran:
1.
Dengan
kegiatan pemulaan, siswa mampu mendemonstrasikan cara meletakkan buku yang
tepat saat menulis dengan disiplin
2.
Dengan
kegiatan mengelompokkan benda, siswa mampu mendemonstrasikan jarak yang baik
antara mata dan media menulis dengan benar
3.
Dengan
kegiatan persiapan bercerita, siswa mampu menggali data tentang gambar kesukaan
anggota keluarga dengan tepat
4.
Dengan
kegiatan bercerita di depan kelas, siswa mampu meceritakan pengalamannya
menggambar bersama anggota keluarga dengan percaya diri
Materi Pembelajaran:
1.
Praktik
kegiatan persiapan menulis dengan semua langkahnya dengan benar
2.
Menceritakan
pengalaman menggambar gambar kesukaan anggota keluarga
MATERI
Ayo
Berkreasi
Lani senang menggambar
Ia sering berlatih bersama ayah dan ibu
Lani suka ikut lomba menggambar
Di sekolah maupun di lingkungan rumah
Lani makin rapi menggambar
Ia semakin semangat berlatih
Ayah dan Ibu selalu mendukung lani
Ayo
Mencoba
Lani berlatih menggambar
Ia meletakkan buku di atas meja
Lani mengatur jarak antara mata dan buku
Jaraknya tidak terlalu dekat
Menjaga kesehatan mata adalah bentuk
rasa syukur
Biasakah melakukan sikap di atas
Lakukan sambil mewarnai gambar yang kamu
pilih
Ayo
Mengamati
Lani mempunyai alat-alat menggambar
Lihatlah gambar alat-alat tersebut