Hari/Tanggal : Selasa, 23 Februari 2021
Kelas : 3
Tema : 6 (Energi dan Perubahan)
Subtema : 4 ( Penghematan Energi )
Pembelajaran : 1
Alat Peraga : Gambar
Kompetensi Dasar :
B.Indonesia : 3.2 Menggali informasi tentang sumber dan bentuk energi yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
SBdP : 3.2 Membuat karya dengan Teknik potong, lipat, dan
sambung.
MTK : 3.6 Menjelaskan dan menentukan luas dan volume dalam satuan tidak baku dengan menggunakan benda konkret.
Tujuan Pembelajaran:
1. Siswa dapat mengetahui tentang menghemat energi
2. Siswa dapat berkreasi membuat karya dari seni potong dan lipat
3. Siswa dapat mengetahui luas dan volume dalam satuan tidak baku dengan menggunakan benda konkret.
Assalamualaikum Wr Wb
Selamat pagi anak sholeh dan sholeha? Apa kabar hari ini?
Semoga kalian selalu menjaga kesehatan dan rajin berolahraga ya nak agar tubuh kita sehat dan tidak mudah terserang penyakit serta semoga kita semua selalu dalam lindungan allah swt amin ya rabbal alamin
Baiklah sebelum kita melanjutkan materi pembelajaran hari ini, jangan lupa untuk anak-anak melaksanakan sholat duha, murojaah pagi dan mendengarkan tausyiah serta tak lupa untuk melaksanakan sholat 5 waktunya ya nak...
Pembahasan Soal Penilaian Harian Tema 6 Subtema 3
PPKN:
KD 3.2
1.
Menikmati energi yang tersedia merupakan ... manusia.
a. hak c.
tugas
b.
kewajiban d. kegemaran
2.
Sikap peduli energi di lingkungan sekolah dapat dilakukan dengan cara ...
a.
bermain setelah pulang sekolah
b.
berlarian di dalam kelas
c. mematikan kran air
setelah digunakan
d.
bemain air saat berwudhu
B.Indo : KD 3.2
3.
Salah satu ciri-ciri energi alternatif adalah ..
a.
biaya penggunaannya mahal
b.
dapat digunakan berulang-ulang
c.
jumlahnya sedikit
d.
susah dicari
4.
Briket dapat dibuat dari bahan-bahan berikut, kecuali ..
a.
bamboo c. batok kelapa
b.
serabut gergaji d. kotoran sapi
5.
Alat yang berfungsi mengubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik
adalah ...
a.
panel surya c. turbin
b.
generator d.
kincir
6.
Energi yang terdapat pada energi surya adalah ...
a.
energi bunyi c. energi panas
b.
energi kimia d. energi gerak
MTK : KD 3.6
7.
Bila 1 briket dapat digunakan untuk 4 jam, maka 4 briket dapat digunakan ...
a.
4 jam c.
12 jam
b.
8 jam d. 16 jam
8.
Udin bermain layang-layang dari pukul 15.30 sampai dengan pukul 16.00. Lama
Udin bermain layang-layang adalah ..
a.
15 menit c.
45 menit
b. 30 menit d. 60 menit
SBdP : KD 3.2
9.
Contoh karya seni dekoratif adalah ..
a.
patung c.
kolase
b. lukisan d. gambar cerita
10.
Motif tumbuhan, hewan, manusia yang bentuknya dapat diubah tetapi masih dikenal
ciri khasnya disebut ...
a.
simbol nada
b.
simbol
c.
gambar imajinatif
d. gambar dekoratif
Yuk kita lanjut materi pembelajaran hari ini, semangat belajar 💪
Menghemat Energi
Kalian sudah mengetahui bahwa kesediaan energi semakin berkurang. Penggunaan energi alternatif perlu dipikirkan. Energi alternatif untuk menjaga kesediaan energi. Kalian harus ikut serta menjaga kesediaan energi. Caranya dengan menghemat penggunaan energi.
Ada beberapa cara untuk menghemat energi. Cara tersebut dapat kalian lakukan. Misalkan menggunakan air dan listrik secukupnya. Berjalan kaki atau naik sepeda untuk pergi ke sekolah. Menggunakan kendaraan umum juga cara menghemat energi.
Ayo, pelajari bersama cara menghemat energi. Menghemat energi untuk menjaga kesediaannya.
Menghemat energi juga untuk menjaga lingkungan. Agar lingkungan tetap sehat.
Ayo Membaca
Menghemat Penggunaan Listrik.
Rumah Dayu sangat asri dan bersih. Banyak tanaman di halaman rumahnya. Setiap sore hari Dayu dan keluarga menyirami tanaman. Pagi hari Dayu dan keluarga membersihkan rumah. Semua jendela dibuka. Agar sinar matahari dapat masuk ke dalam rumah.
Pepohonan di rumah Dayu sangat subur dan rimbun. Pepohonan membuat teduh lingkungan di sekitarnya. Pepohonan membuat udara di sekitarnya bersih.
Jendela dan lubang udara di rumah Dayu banyak. Jendela dan lubang udara berguna untuk keluar masuknya udara. Selain itu, rumah Dayu menjadi terang pada pagi dan siang hari. Sinar matahari dapat masuk ke dalam rumah melalui jendela dan lubang udara.
Udara di dalam rumah selalu terjaga kebersihannya. Akhirnya lingkungan menjadi sejuk. Udara yang terjaga kebersihannya membuat lingkungan sehat.
Rumah Dayu tidak memerlukan pendingin ruangan. Dengan demikian, Dayu dan keluarga ikut menjaga ketersediaan energi. Dayu dan keluarga menghemat penggunaan energi listrik. Selain itu, biaya listrik menjadi murah.
Ayo Berlatih
Kalian telah membaca wacana di atas. Sekarang, jawablah pertanyaan berikut!
1. Sebutkan hal-hal yang dilakukan Dayu dan keluarga untuk menghemat energi!
Jawab :
a. Rumah Dayu memiliki pepohonan yang teduh
b. Jendela dan lubang udara di rumah Dayu banyak
2. Sebutkan manfaat yang diperoleh dengan menghemat energi!
Jawab:
a. kita telah membuat gerakan ramah lingkungan
b. biaya listrik jadi lebih murah
3. Mengapa menanam pohon termasuk kegiatan menghemat energi?
Jawab: ..................
Yuk untuk jawaban nomor 3 kalian bisa menjawab pada kolom komentar di bawah postingan blogger ya nak 💪
Ayo Berkreasi
Edo dan Beni akan membuat kincir angin. Alat dan bahan yang disiapkan adalah sebagai berikut.
Siapkan :
Ayo Berlatih
Kertas Beni lebih besar dari kertas Edo. Jadi keliling kertas Beni berbeda dari kertas Edo.
Akibatnya luas kertas Beni berbeda dari kertas Edo. Kalian sudah belajar cara menentukan keliling.
Dapatkah kamu menentukan luas kertas Beni dan Edo?
Perhatikan kembali cara menentukan keliling dan luas dengan menggunakan alat ukur tidak baku.
Setelah mengetahui kelilingnya kita dapat menghitung luas dengan menggunakan persegi satuan.
Tugasmu!
Kerjakanlah latihan soal berikut ini.
Hitunglah seluruh jumlah luas pada gambar berikut.
Pengiriman Tugas:
1. Mengirimkan dokumentasi foto beribadah (grup Wa)
2. Mengumpulkan dokumentasi foto telah mengerjakan latihan tema (Chat Pribadi)
3. Absen pagi pada kolom komentar dan jangan lupa jawabpertanyaan di atas ya anak-anak yang hebat 👍
4. Pengumpulan tugas ditunggu paling lambat jam 13.00 wib
Terimakasih atas kerjasamanya, semoga berhasil 💪