Rabu, 29 Mei 2024

Kisi-kisi Matematika

 


Hari/Tanggal        : Kamis, 30 Mei 2024

Mata Pelajaran     : Kisi-Kisi  Matematika 




Tabik Pun 🙏 

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness. 😍

Kisi – Kisi SAS Matematika

1.      Peserta didik mampu menentukan panjang benda dengan tepat

2.      Peserta didik mampu menentukan berat benda dengan tepat

3.      Peserta didik mampu menentukan luas bangunan dengan tepat

4.      Peserta didik mampu menentukan volume dengan tepat

5.      Peserta didik mampu menentukan bentuk bangun datar dengan tepat

6.      Peserta didik dapat menentukan komposisi bangun datar dengan tepat

7.      Peserta didik dapat menentukan dekomposisi bangun datar dengan tepat

8.      Peserta didik dapat menginterpretasi data dalam bentuk diagram batang dengan tepat.

9.      Peserta didik dapat menganalisis data dalam bentuk tabel dengan tepat

10.  Peserta didik dapat menganalisis data dalam bentuk piktogram dengan tepat

Berikut video penjelasan tentang volume!




Latihan Soal!

Selasa, 28 Mei 2024

Kisi-Kisi Pendidikan Pancasila

 


Hari/Tanggal        : Rabu, 29 Mei 2024

Mata Pelajaran     : Kisi-Kisi  Pendidikan Pancasila 




Tabik Pun 🙏 

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness. 😍

Kisi-Kisi Pendidikan Pancasila dan Latihan Soal 

1. Peserta didik mampu menuliskan arti Bhinneka Tunggal Ika
2. Peserta didik mampu menentukan asal daerah dari makanan khas rendang
3. Peserta didik mampu menyimpulkan agama yang dianut
4. Peserta didik mampu menentukan bunyi sila tentang keragaman suku dan budaya
5. Peserta didik mampu menyimpulkan hal yang dilakukan akibat perbedaan dua bahasa
6. Peserta didik mampu menentukan sikap yang harus dilakukan berkenaan senjata tradisional
7. Peserta didik mampu menunjukkan sikap menghargai keragaman lagu daerah
8. Peserta didik mampu menentukan sikap bersyukur kepada Tuhan adanya perbedaan karakteristik
9. Peserta didik mampu menyimpulkan sikap yang dapat dilakukan untuk menyikapi keberagaman
10. Peserta didik mampu memilih sikap saling menghargai keberagaman sosial budaya
11. Peserta didik mampu menentukan semboyan bangsa Indonesia
12. Peserta didik mampu menentukan nama rumah adat Papua
13. Peserta didik mampu menentukan nama kain tradisonal  Lampung
14. Peseta didik mampu menentukan 2 lagu daerah
15. Peserta didik mampu menyebutkan 3 tarian daerah beserta daerah asalnya
16.   Peserta didik mampu menentukan sikap yang dilakukan untuk memperkuat NKRI sebagai pelajar
17. Peserta didik mampu menunjukkan pernyataan yang benar mengenai NKRI
18. Peserta didik mampu menunjukkan sikap semangat persatuan
19. Peserta didik mampu menyebutkan makna sumpah pemuda
20. Peserta didik mampu menunjukkan pernyataan yang benar mengenai NKRI
21.   Peserta didik  mampu menentukan pengaruh peristiwa sumpah pemuda terhadap keutuhan NKRI
22. Peserta didik mampu memberi contoh pengamalan nilai luhur Pancasila di sekolah berkenaan NKRI
23. Peserta didik mampu menentukan hal yang dilakukan untuk menjaga persatuan dan kesatuan di sekolah
24. Peserta didik mampu memilih salah satu contoh mencerminkan uapaya menjaga keutuhan NKRI dalam kehidupan masyarakat
25. Peserta didik mampu menentukan sila Pancasila yang menekankan kerukunan  agar NKRI tetap terjaga
26. Peserta didik mampu menentukan makna negara kesatuan
27. Peserta didik mampu menunjukkan tujuan dasar dibentuknya NKRI
28. Peserta didik mampu memilih contoh menjaga keutuhan NKRI di lingkungan masyarakat
29. Peserta didik mampu menentukan yang bertanggung jawab menjaga keutuhan NKRI
30. Peserta didik mampu menentukan contoh menjaga keutuhan NKRI di lingkungan masyarakat
31. Peserta didik mampu menentukan  alasan  harus menjaga keutuhan NKRI
32. Peserta didik mampu menuliskan 3 contoh sikap menjaga keutuhan NKRI
33. Peserta didik mampu menunjukkan manfaat gotong royong
34. Peserta didik mampu menentukan alasan gotong royong perlu ditingkatkan
35. Peserta didik mampu menunjukkan bentuk kerja sama yang perlu dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari
36. Peserta didik mampu mampu menentukan tindakan gotong royong yang dilakukan
37. Peserta didik mampu menentukan gotong royong yang harus dilakukan
38. Peserta didik dapat menunjukkan gotong royong di lingkungan masyarakat
39. Peserta didik mampu menunjukkan gotong royong di lingkungan keluarga
40. Peserta didik mampu menentukan tindakan yang harus dilakukan berkenaan gotong royong
41. Peserta didik mampu menunjukkan gotong royong di lingkungan masyarakat
42.   Peserta didik mampu menentukan tujuan gotong royong yang dilakukan warga
43. Peserta didik mampu menentukan sikap yang harus dilakukan berkenaan gotong royong
44. Peserta didik mampu menentukan tujuan gotong royong
45.  Peserta didik mampu menentukan yang tidak boleh dilakukan dalam bergotong royong
46. Peserta didik  mampu menentukan pengamalan sila Pancasila tentang gotong royong
47. Peserta didik mampu menentukan manfaat gotong royong
48. Peserta didik mampu menentukan gotong royong di lingkungan sekolah
49. Peserta didik mmapu memberikan 3 contoh gotong royong di lingkungan sekolah
50.  Peserta didik mampu menyebutkan 3 manfaat  gotong royong

Latihan Soal!


Pilihlah jawaban a, b, c atau d yang paling tepat!

1. Gotong royong merupakan budaya masyarakat Indonesia sejak zaman nenek moyang, dengan semangat kekeluargaan, gotong royong dilakukan untuk tujuan bersama. Masyarakat yang melakukan gotong royong belajar dengan sukarela tanpa mendapatkan imbalan. Dari teks dapat disimpulkan bahwa gotong royong adalah... 
a. Sebuah kegiatan masyarakat yang dilakukan bersama dengan mendapat imbalan
b. Sebuah kegiatan yang dilakukan untuk tujuan bersama dengan sukarela tanpa mendapat imbalan
c. Sebuah kegiatan yang dilakukan untuk tujuan bersama dengan mendapat imbalan
d. Sebuah kegiatan yang dilakukan masyarakat bersama untuk kepentingan pribadi

 

2. Perhatikan gambar berikut ini!

 

 

 

 

Manfaat dari kegiatan gotong royong yang dilakukan pada gambar adalah  . . .

a. Membuat lingkungan menjadi bersih, nyaman dan asri
b. Membuat lingkungan menjadi kotor
c. Pekerjaan menjadi lebih berat
d. Membuat lingkungan menjadi banyak penyakit

 

3. Membersihkan lingkungan sekolah adalah tanggung jawab ....
a. ketua kelas
b. penjaga sekolah
c. semua warga sekolah
d. kepala sekolah

 

4. Contoh kegiatan gotong royong di lingkungan masyarakat adalah ….
a. merapikan ruangan kelas
b. membersihkan selokan di sekolah
c. membantu teman yang kesulitan
d. memperbaiki pos ronda

 

5. Gotong royong akan membuat semua pekerjaan ....
a. susah
b. menjadi lebih berat
c. lama selesainya
d. cepat selesai

 

6. Manfaat utama gotong royong adalah....
a. Meningkatkan persaingan di antara warga.
b. Mengurangi kekayaan budaya lokal.
c. Memperkuat kebersamaan dan rasa solidaritas antar anggota masyarakat.
d. Menciptakan kesenjangan sosial di antara warga.

 

 

7. Bagaimana peran gotong royong dalam pelestarian lingkungan?
a. Dapat mengakibatkan peningkatan polusi lingkungan.
b. Membantu dalam membersihkan sampah dan menjaga kebersihan lingkungan.
c. Menyebabkan kerusakan lingkungan akibat aktivitas manusia yang berlebihan.
d. Tidak memiliki kaitan dengan upaya pelestarian lingkungan.

 

8. Permainan berikut yang membutuhkan kerja sama antar anggota adalah.....
a. Kelereng
b. Panjang pinang
c. Petak umpet
d. Layang-layang

 

9. Kegiatan memperbaiki jalan kampung yang rusak secara bersama-sama perlu dipertahankan, karena.....
a. Menyebabkan perpecahan
b. Memperlemah persatuan
c. Memperkuat persatuan
d. Merugikan orang lain

 

10. Arman mengajakmu untuk mengerjakan tugas kelompok. Sebaiknya kamu.....
a. Ikut mengerjakan bersama
b. Pura-pura sakit
c. Pura-pura tidak mengetahui
d. Menolak ajakan tersebut

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!

1. Tuliskan manfaat bekerjasama dengan bergotong royong!
2. Tuliskan nilai – nilai dalam bergotong royong!
3. Tuliskan 2 contoh gotong royong di rumah!
4. Tuliskan 2 contoh gotong royong di sekolah!
5. Apa kerugian jika kita tidak mau bekerja sama dengan orang lain?


Senin, 27 Mei 2024

Kisi-Kisi Seni Tari dan Bahasa Indonesia

  


Hari/Tanggal        : Selasa, 28 Mei 2024

Mata Pelajaran     : Kisi-Kisi  Seni Tari dan Bahasa Indonesia 




Tabik Pun 🙏 

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness. 😍


Kisi-Kisi  dan Latihan Soal Seni Tari 

1. Pengertian cerita rakyat 
2. Macam-macam cerita rakyat dan contohnya 
3. Tarian yang diangkat dari cerita rakyat 
4. Pengertian gerakan tari dan macam-macam tari yang terinspirasi dari cerita rakyat; Tari randai, tari Pattudu dan Tari Kecak 
5. Kostum yang dipakai dari tari Randai, Tari Pattudu dan Tari kecak 
6. Gerakan, iringan musik dan alur cerita dari Tari randai, tari Pattudu dan Tari Kecak. 

Latihan soal !
1. Tari yang menceritakan perjuangan Rama dalam menyelamatkan Dewi Sinta adalah...
a. Tari Patuddu
b. Tari Randai
c. Tari Saman
d. Tari Kecak
2. Gerakan yang memperlihatkan cerita rakyat dari tari patuddu adalah . . . 
a. Gerakan tangan yang seperti melambai
b. Gerakan kaki yang melangkah
c. Gerakan tangan seperti terbang
d. Gerakan badan yang berkelok ke kanan dan ke kiri
3. Tari yang salah satunya mendapatkan inspirasi dari cerita Malin Kundang adalah …
a. Tari Kecak
b. Tari Randai
c. Tari Patuddu
d. Tari Pendet
4. Tari kecak diciptakan oleh seniman Bali yang bernama . . . 
a. I Gede Manik
b. Raden tjetjep Soemantri
c. Ida Ayu Wimba Ruspati
d. I Wayan Limbak
5. Gerak tangan penari memeragakan seseorang yang sedang mengayun saat menggendong bayi. Pada tari Randai gerakan ini disebut gerak . . . 
a. Vibrasi
b. Berputar
c. Jatuh Bangun
d. Mengayun
6. Perhatikan pernyataan berikut ini!

(1) Kisah penculikan Dewi Sinta oleh Rahwana

(2) Kisah Burung Garuda yang menculik Dewi Sinta

(3) Kisah Permintaan tolong Rama kepada Tuhan

(4) Kisah Hanoman yang melawan Rahwana dan Membakar Istana Rahwana

Dari pernyataan di atas yang termasuk dalam adegan dalam tari kecak ditunjukkan nomor . . .

a. (1), (2) dan (3)
b. (2), (3) dan (4)
c. (2), (3) dan (4)
d. (1), (3) dan (4) 
7. Tari Patuddu adalah salah satu tarian tradisional khas dari suku  . . .
a. Dayak
b. Mentawai
c. Mandar
d. Sunda 
8. Perhatikan Pernyataan berikut ini!

(1) Selendang

(2) Bunga Kamboja

(3) Bunga Mawar

(4) Bara Api

(5) Topeng

Properti dari Tari kecak ditunjukkan oleh nomor . . .

a. (1), (2), (4) dan (5)
b. (1), (3), (4) dan (5)
c. (3), (4), (5) dan (1)
d. (2), (3), (4) dan (5)
9. Pada tari randai iringan musik yang digunakan berasal dari alat msuki tradisional. Selain itu ada juga dari membunyikan suara langsung dari penari yaitu dengan . . .
a. Petik jari
b. Siulan
c. Tepuk tangan 
d. Semua benar
10. Perhatikan pernyataan berikut ini!

(1) Gerakan tari lincah dan dinamis

(2) Tari bersifat ekspresif

(3) Gerakan kaki lincah seperti gerakan meloncat dan berputar

(4) Sikap atau posisi kaki terbuka

Yang termasuk ciri – ciri umum dari gerakan tari daerah Sumatra ditunjukkan nomor . . . 

a. (1), (2) dan (3)
b. (2), (3) dan (4)
c. (1), (3) dan (4)
d. (1), (2) dan (4)

 

II. Isilah titik – titik di bawah ini dengan jawaban yang paling tepat!
1. Gerakan tangan akan selalu melengkung pada gerakan tari patuddu sering disebut... dalam bahasa Mandar. 
2. Selain kipas properti lain yang dipakai pada tari patuddu adalah . . .
3. Tari Randai menggunakan properti kepala berupa . . .
4. Tari kecak tidak menggunakan iringan dari alat musik. Melainkan menggunakan ritme tari dari teriakan . . . dari para penari.
5. Kostum tari kecak yang digunakan para lelaki adalah . . .


Kisi-Kisi  dan Latihan Soal Bahasa Indonesia 

1. Menyebutkan tujuan penulis, watak/ sifat, pesan, merangkum, dan menyebutkan nilai uang dalam angka dengan tepat.

2. Memahami makna infografik, contoh media cetak, contoh teks prosedur, ciri-ciri teks prosedur.

3. Mengidentifikasi  informasi , pengertian amanat, tujuan, topik, ide pokok, dan laporan suatu teks.

4. Menafsirkan makna kata, majas, rima, isi dalam puisi dan syair lagu.

5. Menentukan kalimat langsung dan tidak langsung.

6. Menganalisis konjungsi, informasi, judul, tokoh, dan sebab akibat dengan tepat.

7. Memahami pengertian fakta dan opini yang baik dan benar.

8. Memahami pengertian dogeng, cara menentukan pesan dan tujuan dongeng, menuliskan nilai uang dalam bentuk angka, asal informasi di dapat, dan pengertian teks prosedur.

9. Memahami pengertian, menuliskan percakapan.

10. Memahami pengertian fakta dan opini yang baik dan benar.


LATIHAN SOAL

SUMATIF HARIAN 3

BAHASA INDONESIA

I. PILIHAN GANDA

Perhatikan syair berikut!
(Untuk menjawab soal nomor 1 - 3)

Nenek Moyangku
Nenek moyangku seorang pelaut
Gemar mengarung luas samudra
Menerjang ombak, tiada takut
Menempuh badai, sudah biasa

Angin bertiup, layar terkembang
Ombak berdebur di tepi pantai
Pemuda b'rani, bangkit sekarang
Ke laut, kita beramai-ramai

1. Syair lagu di atas terdiri atas beberapa bait. Setiap bait terdiri atas . . . baris
A. satu
B. dua
C. tiga
D. empat


2. Lagu yang berjudul "Nenek Moyang" menceritakan tentang . . .
A. nelayan yang mencari ikan
B. terdapat ikan yang banyak di laut
C. pendahulu kita seorang pelaut
D. pencarian harta karun laut

3. Balonku ada lima
Rupa-rupa warnanya
Hijau, kuning, kelabu
Merah muda dan biru

Rima dari penggalan syair lagu di atas yaitu...
A. AAAA
B. ABAB
C. AABB
D. AAAB

4. Hari ini ibu mengajakku pulang ke Bali
Sungguh bahagia akan bertemu Tini
---------------------------------

Kalimat yang berima sama untuk melengkapi bagian yang rumpang yaitu...
A. Teman kecilku di masa lalu
B. Di sana kita akan bermain lompat tali
C. Aku membawa banyak oleh-oleh
D. Sudah lama memang kami tidak berjumpa

 

5. Perhatikan penggalan cerita berikut!

Kerja Sama yang Baik


“Lunpia … lunpia …,” teriak A Joe siang itu. Dia tak peduli kaki telanjangnya kepanasan. “Huh, mengapa tak ada seorang pun yang mau membeli lunpiaku?” keluh A Joe. Dari kemarin, dia berjalan kaki keliling Kampung Melayu menjajakan lunpia. Namun, ketika orang-orang bertanya apa yang dijualnya, mereka pun pergi begitu saja.

“Jangan-jangan lunpia buatanku tidak enak? Ah, tetapi orang-orang di Pecinan suka,”pikir A Joe masih penasaran. Dia tak mau hanya berjualan di Pecinan. A Joe ingin lunpianya laris dan bisa dinikmati semua orang.

“LUMPIA, LUMPIA!” A Joe tersentak dari lamunannya. Seorang perempuan berteriak lantang. Beberapa orang keluar dari rumah dan membeli. A Joe melihat perempuan itu berjualan penganan yang mirip dengan lunpianya. “Hm, apa buatan dia lebih enak daripada buatanku?” gumam A Joe.

“LUMPIA, LUMPIA!” teriak perempuan itu lagi. A Joe menghadang langkahnya.

Masalah yang dihadapi oleh A Joe pada cerita di atas yaitu...
A. lunpia miliknya tidak ada yang membeli
B. rasa lunpia miliknya tidak enak
C. banyaknya pesaing yang menjual lunpia
D. dia tidak tahu caranya berjualan



6. Perhatikan gambar berikut!

Pernyataan berikut yang sesuai dengan cerita bergambar di atas yaitu. . .
A. terdapat dua orang yang cidera saat bermain
B. satu laki-laki dan dua orang perempuan bermain lompat tali
C. mereka bertiga bermain lompat tali di halaman sekolah
D. tiba-tiba satu orang anak cidera dan temannya membantu

7. Windu terkenal sebagai siswa berprestasi di sekolah. Bahkan, guru-guru sering memujinya di hadapan siswa lainnya.
Fungsi kata "bahkan" pada kalimat di atas yaitu. . .
A. Menyatakan pertentangan dengan yang dinyatakan pada kalimat sebelumnya
B. Menyatakan konsekuensi atau akibat
C. Menguatkan keadaan yang dinyatakan sebelumnya
D. Menyatakan kelanjutan dari peristiwa pada kalimat sebelumnya

 

8. Perhatikan gambar berikut!


Informasi berikut yang sama dengan ilustrasi di atas yaitu...
A. kekurangan konsumsi air putih dapat mengakibatkan seseorang mengalami dehidrasi
B. waktu terbaik untuk mengonsumsi segelas air putih adalah pada pagi hari
C. air putih membantu kelancaran pembuangan zat-zat sisa yang tidak diperlukan
D. Kebutuhan cairan seseorang mungkin akan berbeda dengan orang lain

 

9. Perhatikan ucapan berikut!
(1) Aku sudah sarapan tadi pagi
(2) Aku melihat bus sekolah hari ini
(3) Kakiku sakit sekali
(4) Sepertinya kakiku terkilir

Ucapan di atas yang termasuk opini ditunjukkan oleh nomor yaitu...
A. satu
B. dua
C. tiga
D. empat

 

10. Perhatikan paragraf berikut!

Tubuh manusia sangat membutuhkan asupan air putih. Selain karena sebagian besar tubuh manusia terdiri atas air, konsumsi air putih dibutuhkan agar organ tubuh bisa bekerja maksimal. Kebutuhan cairan seseorang mungkin akan berbeda dengan orang lain, tergantung pada kondisi tubuh aktivitas yang dilakukan, hingga kondisi cuaca.


Paragraf di atas termasuk kategori paragraf. . .
A. campuran
B. deduktif
C. induktif
D. prosedurak

 

II. ISIAN

1. Nenek moyangku seorang pelaut.

Arti kata nenek moyong pada cuplikan syair lagu diatas adalah….

2. Balonku ada lima
Rupa-rupa warnanya
Hijau, kuning, kelabu
Merah muda dan biru
Rima dari penggalan syair lagu di atas yaitu...

3. Apa yang di maksud dengan fakta dan opini

4. Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis paragraf yang kamu ketahui.

5. Perhatikan paragraf berikut.

Banyak sekali manfaat air putih, diantaranya mengatasi pilek di pagi hari, meredakan gejala flu seperti batuk, hidung tersumbat dan lain sebagainya. Air hangat juga bisa melancarkan pencernaan. Sehingga pencernaan akan semakin baik dan jauh dari penyakit asam lambung. Membiasakan meminum air putih hangat ternyata baik bagi Kesehatan.

Paragraf diatas termasuk jenis paragraf…. Dan gagasan utama yang terletak di….

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.
 

Risky Melina Sari Template by Ipietoon Cute Blog Design