Senin, 27 Mei 2024

Kisi-Kisi Seni Tari dan Bahasa Indonesia

  


Hari/Tanggal        : Selasa, 28 Mei 2024

Mata Pelajaran     : Kisi-Kisi  Seni Tari dan Bahasa Indonesia 




Tabik Pun 🙏 

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness. 😍


Kisi-Kisi  dan Latihan Soal Seni Tari 

1. Pengertian cerita rakyat 
2. Macam-macam cerita rakyat dan contohnya 
3. Tarian yang diangkat dari cerita rakyat 
4. Pengertian gerakan tari dan macam-macam tari yang terinspirasi dari cerita rakyat; Tari randai, tari Pattudu dan Tari Kecak 
5. Kostum yang dipakai dari tari Randai, Tari Pattudu dan Tari kecak 
6. Gerakan, iringan musik dan alur cerita dari Tari randai, tari Pattudu dan Tari Kecak. 

Latihan soal !
1. Tari yang menceritakan perjuangan Rama dalam menyelamatkan Dewi Sinta adalah...
a. Tari Patuddu
b. Tari Randai
c. Tari Saman
d. Tari Kecak
2. Gerakan yang memperlihatkan cerita rakyat dari tari patuddu adalah . . . 
a. Gerakan tangan yang seperti melambai
b. Gerakan kaki yang melangkah
c. Gerakan tangan seperti terbang
d. Gerakan badan yang berkelok ke kanan dan ke kiri
3. Tari yang salah satunya mendapatkan inspirasi dari cerita Malin Kundang adalah …
a. Tari Kecak
b. Tari Randai
c. Tari Patuddu
d. Tari Pendet
4. Tari kecak diciptakan oleh seniman Bali yang bernama . . . 
a. I Gede Manik
b. Raden tjetjep Soemantri
c. Ida Ayu Wimba Ruspati
d. I Wayan Limbak
5. Gerak tangan penari memeragakan seseorang yang sedang mengayun saat menggendong bayi. Pada tari Randai gerakan ini disebut gerak . . . 
a. Vibrasi
b. Berputar
c. Jatuh Bangun
d. Mengayun
6. Perhatikan pernyataan berikut ini!

(1) Kisah penculikan Dewi Sinta oleh Rahwana

(2) Kisah Burung Garuda yang menculik Dewi Sinta

(3) Kisah Permintaan tolong Rama kepada Tuhan

(4) Kisah Hanoman yang melawan Rahwana dan Membakar Istana Rahwana

Dari pernyataan di atas yang termasuk dalam adegan dalam tari kecak ditunjukkan nomor . . .

a. (1), (2) dan (3)
b. (2), (3) dan (4)
c. (2), (3) dan (4)
d. (1), (3) dan (4) 
7. Tari Patuddu adalah salah satu tarian tradisional khas dari suku  . . .
a. Dayak
b. Mentawai
c. Mandar
d. Sunda 
8. Perhatikan Pernyataan berikut ini!

(1) Selendang

(2) Bunga Kamboja

(3) Bunga Mawar

(4) Bara Api

(5) Topeng

Properti dari Tari kecak ditunjukkan oleh nomor . . .

a. (1), (2), (4) dan (5)
b. (1), (3), (4) dan (5)
c. (3), (4), (5) dan (1)
d. (2), (3), (4) dan (5)
9. Pada tari randai iringan musik yang digunakan berasal dari alat msuki tradisional. Selain itu ada juga dari membunyikan suara langsung dari penari yaitu dengan . . .
a. Petik jari
b. Siulan
c. Tepuk tangan 
d. Semua benar
10. Perhatikan pernyataan berikut ini!

(1) Gerakan tari lincah dan dinamis

(2) Tari bersifat ekspresif

(3) Gerakan kaki lincah seperti gerakan meloncat dan berputar

(4) Sikap atau posisi kaki terbuka

Yang termasuk ciri – ciri umum dari gerakan tari daerah Sumatra ditunjukkan nomor . . . 

a. (1), (2) dan (3)
b. (2), (3) dan (4)
c. (1), (3) dan (4)
d. (1), (2) dan (4)

 

II. Isilah titik – titik di bawah ini dengan jawaban yang paling tepat!
1. Gerakan tangan akan selalu melengkung pada gerakan tari patuddu sering disebut... dalam bahasa Mandar. 
2. Selain kipas properti lain yang dipakai pada tari patuddu adalah . . .
3. Tari Randai menggunakan properti kepala berupa . . .
4. Tari kecak tidak menggunakan iringan dari alat musik. Melainkan menggunakan ritme tari dari teriakan . . . dari para penari.
5. Kostum tari kecak yang digunakan para lelaki adalah . . .


Kisi-Kisi  dan Latihan Soal Bahasa Indonesia 

1. Menyebutkan tujuan penulis, watak/ sifat, pesan, merangkum, dan menyebutkan nilai uang dalam angka dengan tepat.

2. Memahami makna infografik, contoh media cetak, contoh teks prosedur, ciri-ciri teks prosedur.

3. Mengidentifikasi  informasi , pengertian amanat, tujuan, topik, ide pokok, dan laporan suatu teks.

4. Menafsirkan makna kata, majas, rima, isi dalam puisi dan syair lagu.

5. Menentukan kalimat langsung dan tidak langsung.

6. Menganalisis konjungsi, informasi, judul, tokoh, dan sebab akibat dengan tepat.

7. Memahami pengertian fakta dan opini yang baik dan benar.

8. Memahami pengertian dogeng, cara menentukan pesan dan tujuan dongeng, menuliskan nilai uang dalam bentuk angka, asal informasi di dapat, dan pengertian teks prosedur.

9. Memahami pengertian, menuliskan percakapan.

10. Memahami pengertian fakta dan opini yang baik dan benar.


LATIHAN SOAL

SUMATIF HARIAN 3

BAHASA INDONESIA

I. PILIHAN GANDA

Perhatikan syair berikut!
(Untuk menjawab soal nomor 1 - 3)

Nenek Moyangku
Nenek moyangku seorang pelaut
Gemar mengarung luas samudra
Menerjang ombak, tiada takut
Menempuh badai, sudah biasa

Angin bertiup, layar terkembang
Ombak berdebur di tepi pantai
Pemuda b'rani, bangkit sekarang
Ke laut, kita beramai-ramai

1. Syair lagu di atas terdiri atas beberapa bait. Setiap bait terdiri atas . . . baris
A. satu
B. dua
C. tiga
D. empat


2. Lagu yang berjudul "Nenek Moyang" menceritakan tentang . . .
A. nelayan yang mencari ikan
B. terdapat ikan yang banyak di laut
C. pendahulu kita seorang pelaut
D. pencarian harta karun laut

3. Balonku ada lima
Rupa-rupa warnanya
Hijau, kuning, kelabu
Merah muda dan biru

Rima dari penggalan syair lagu di atas yaitu...
A. AAAA
B. ABAB
C. AABB
D. AAAB

4. Hari ini ibu mengajakku pulang ke Bali
Sungguh bahagia akan bertemu Tini
---------------------------------

Kalimat yang berima sama untuk melengkapi bagian yang rumpang yaitu...
A. Teman kecilku di masa lalu
B. Di sana kita akan bermain lompat tali
C. Aku membawa banyak oleh-oleh
D. Sudah lama memang kami tidak berjumpa

 

5. Perhatikan penggalan cerita berikut!

Kerja Sama yang Baik


“Lunpia … lunpia …,” teriak A Joe siang itu. Dia tak peduli kaki telanjangnya kepanasan. “Huh, mengapa tak ada seorang pun yang mau membeli lunpiaku?” keluh A Joe. Dari kemarin, dia berjalan kaki keliling Kampung Melayu menjajakan lunpia. Namun, ketika orang-orang bertanya apa yang dijualnya, mereka pun pergi begitu saja.

“Jangan-jangan lunpia buatanku tidak enak? Ah, tetapi orang-orang di Pecinan suka,”pikir A Joe masih penasaran. Dia tak mau hanya berjualan di Pecinan. A Joe ingin lunpianya laris dan bisa dinikmati semua orang.

“LUMPIA, LUMPIA!” A Joe tersentak dari lamunannya. Seorang perempuan berteriak lantang. Beberapa orang keluar dari rumah dan membeli. A Joe melihat perempuan itu berjualan penganan yang mirip dengan lunpianya. “Hm, apa buatan dia lebih enak daripada buatanku?” gumam A Joe.

“LUMPIA, LUMPIA!” teriak perempuan itu lagi. A Joe menghadang langkahnya.

Masalah yang dihadapi oleh A Joe pada cerita di atas yaitu...
A. lunpia miliknya tidak ada yang membeli
B. rasa lunpia miliknya tidak enak
C. banyaknya pesaing yang menjual lunpia
D. dia tidak tahu caranya berjualan



6. Perhatikan gambar berikut!

Pernyataan berikut yang sesuai dengan cerita bergambar di atas yaitu. . .
A. terdapat dua orang yang cidera saat bermain
B. satu laki-laki dan dua orang perempuan bermain lompat tali
C. mereka bertiga bermain lompat tali di halaman sekolah
D. tiba-tiba satu orang anak cidera dan temannya membantu

7. Windu terkenal sebagai siswa berprestasi di sekolah. Bahkan, guru-guru sering memujinya di hadapan siswa lainnya.
Fungsi kata "bahkan" pada kalimat di atas yaitu. . .
A. Menyatakan pertentangan dengan yang dinyatakan pada kalimat sebelumnya
B. Menyatakan konsekuensi atau akibat
C. Menguatkan keadaan yang dinyatakan sebelumnya
D. Menyatakan kelanjutan dari peristiwa pada kalimat sebelumnya

 

8. Perhatikan gambar berikut!


Informasi berikut yang sama dengan ilustrasi di atas yaitu...
A. kekurangan konsumsi air putih dapat mengakibatkan seseorang mengalami dehidrasi
B. waktu terbaik untuk mengonsumsi segelas air putih adalah pada pagi hari
C. air putih membantu kelancaran pembuangan zat-zat sisa yang tidak diperlukan
D. Kebutuhan cairan seseorang mungkin akan berbeda dengan orang lain

 

9. Perhatikan ucapan berikut!
(1) Aku sudah sarapan tadi pagi
(2) Aku melihat bus sekolah hari ini
(3) Kakiku sakit sekali
(4) Sepertinya kakiku terkilir

Ucapan di atas yang termasuk opini ditunjukkan oleh nomor yaitu...
A. satu
B. dua
C. tiga
D. empat

 

10. Perhatikan paragraf berikut!

Tubuh manusia sangat membutuhkan asupan air putih. Selain karena sebagian besar tubuh manusia terdiri atas air, konsumsi air putih dibutuhkan agar organ tubuh bisa bekerja maksimal. Kebutuhan cairan seseorang mungkin akan berbeda dengan orang lain, tergantung pada kondisi tubuh aktivitas yang dilakukan, hingga kondisi cuaca.


Paragraf di atas termasuk kategori paragraf. . .
A. campuran
B. deduktif
C. induktif
D. prosedurak

 

II. ISIAN

1. Nenek moyangku seorang pelaut.

Arti kata nenek moyong pada cuplikan syair lagu diatas adalah….

2. Balonku ada lima
Rupa-rupa warnanya
Hijau, kuning, kelabu
Merah muda dan biru
Rima dari penggalan syair lagu di atas yaitu...

3. Apa yang di maksud dengan fakta dan opini

4. Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis paragraf yang kamu ketahui.

5. Perhatikan paragraf berikut.

Banyak sekali manfaat air putih, diantaranya mengatasi pilek di pagi hari, meredakan gejala flu seperti batuk, hidung tersumbat dan lain sebagainya. Air hangat juga bisa melancarkan pencernaan. Sehingga pencernaan akan semakin baik dan jauh dari penyakit asam lambung. Membiasakan meminum air putih hangat ternyata baik bagi Kesehatan.

Paragraf diatas termasuk jenis paragraf…. Dan gagasan utama yang terletak di….

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.
 

Risky Melina Sari Template by Ipietoon Cute Blog Design