Jumat, 30 Juli 2021

Latihan Menulis Tegak Bersambung

Hari/Tanggal         : Jumat, 30 Juli 2021

Pembelajaran        : Latihan Menulis 



Selamat pagi anak sholeh dan sholeha? Apa kabar hari ini? 

Semoga kalian semua selalu menjaga kesehatan dan rajin berolahraga ya nak agar tubuh kita sehat dan tidak mudah terserang penyakit serta  semoga kita semua selalu dalam lindungan allah swt Aamiin ya rabbal alamin 

Baiklah sebelum kita melanjutkan materi pembelajaran hari ini, jangan lupa untuk anak-anak melaksanakan sholat duha, murojaah pagi dan mendengarkan tausyiah serta tak lupa untuk melaksanakan sholat 5 waktunya ya nak 💪 

Sekarang, yuk kita lanjutkan materi pembelajaran hari ini ya nak 💪

Baik anak-anak hari kita akan belajar menulis Tegak Bersambung. 

Anak-anak dapat menulis contoh kalimat yang Ibu Guru berikan di bawah ini ya nak 👇

Mintalah bantuan kepada papa/mama atau keluarga agar dapat memberikan contoh menulis terlebih dahulu ya nak . 

Kerjakan di buku Halus Kasar ya nak 


Selamat Mengerjakan .... 

Pengumpulan Tugas: 

1. Absen pagi pada link yang telah Bpk/Ibu Guru berikan di grup. 

2. Mengirimkan dokumentasi kegiatan beribadah di Grup Kelas 2D

3. Mengirimkan dokumentasi Foto tugas dan dapat mengirimkan ke WhatsApp IBU MELIN 

4. Pengiriman Tugas paling lambat ditunggu pukul 12.00 WIB (Jika lewat jam yang ditentukan dapat japri ibu guru melin )

Terimakasih 🙏

Kamis, 29 Juli 2021

PENILAIAN HARIAN Subtema 1 dan 2

Hari/Tanggal        : Kamis, 29 Juli 2021

Tema                    : 1 ( Hidup Rukun )

PENILAIAN HARIAN ( PH )

Subtema               : 1 ( Hidup Rukun di Sekolah )

Subtema               : 2 ( Hidup Rukun dengan Teman Bermain )

Alat Peraga           : Gambar 

Baik anak-anak pada hari ini kita akan melaksanakan PH (Penilaian Harian) Untuk membantu mengerjakan PH simak penjelasan dari Bu Guru berikut ya nak 👇 semoga bermanfaat amin 



SBdp : 

Gerakan keseharian juga dapat dilakukan dengan menggerakkan tangan, kepala, dan kaki.

Setelah anak-anak menyimak sedikit penjelasan dari ibu Guru, sekarang kerjakan Penilaian Harian Tema 1 Subtema 1 dan 2 pada link berikut ini 👇


Dokumentasikan beruba video singkat saat anak mengerjakan PH dengan Mandiri. 

Selamat mengerjakan dan semoga mendapat hasil yang memuaskan 💪😍

Pengumpulan Tugas: 

1. Absen pagi pada link yang telah Bpk/Ibu Guru berikan di grup. 

2. Mengirimkan dokumentasi kegiatan beribadah di Grup Kelas 2D

3. Mengirimkan dokumentasi Video singkat saat anak mengerjakan PH dengan Mandiri dan Foto Hasil PH ke WhatsApp IBU MELIN 

4. Pengiriman Tugas paling lambat ditunggu pukul 13.00 WIB (Jika lewat jam yang ditentukan dapat japri ibu guru melin )

Terimakasih 🙏

Rabu, 28 Juli 2021

Pengamalan Sila Pancasila dan Mengurutkan Bilangan

Hari/Tanggal        : Rabu, 28 Juli 2021

Tema                    : 1 ( Hidup Rukun )

Subtema               : 2 ( Hidup Rukun dengan Teman Bermain )

Pembelajaran        : 5 dan 6

Alat Peraga           : Gambar 

Kompetensi Dasar :  Bahasa Indonesia 3.1, PPKN 3.1 Matematika 3.2 

Tujuan Pembelajaran : 

1. Dengan diberikan teks tentang hidup rukun,  peserta didik dapat menggunakan kalimat ajakan dalam teks percakapan yang berkaitan dengan sikap hidup rukun dalam bentuk kalimat sederhana dengan bahasa yang santun.

2. Dengan diberikan teks tentang sikap hidup rukun, peserta didik dapat menunjukkan perilaku di tempat bermain  yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila dan menerapkannya dengan benar.

3. Dengan diberikan kumpulan bilangan tiga angka dan benda konkret, peserta didik dapat mengurutkan tiga buah bilangan tiga angka dari yang terkecil sampai terbesar dan sebaliknya.


Selamat pagi anak sholeh dan sholeha? Apa kabar hari ini? 

Semoga kalian selalu menjaga kesehatan dan rajin berolahraga ya nak agar tubuh kita sehat dan tidak mudah terserang penyakit serta  semoga kita semua selalu dalam lindungan allah swt Aamiin ya rabbal alamin 

Baiklah sebelum kita melanjutkan materi pembelajaran hari ini, jangan lupa untuk anak-anak melaksanakan sholat duha, murojaah pagi dan mendengarkan tausyiah serta tak lupa untuk melaksanakan sholat 5 waktunya ya nak 💪 

Sekarang, yuk kita lanjutkan materi pembelajaran hari ini ya nak 💪

Lani akan berlatih menari di rumah Siti.

Ibu Siti akan melatih menari.

Lani gemar menari, tetapi ia malu menari di hadapan teman-teman.

Ayo Mengamati

Lengkapilah percakapan di bawah ini sesuai gambar!

Tuliskan kalimat tersebut pada kotak yang tersedia.

Bacakan kalimat tersebut secara lisan.



Ayo Berdiskusisi

Berdiskusilah dengan teman sebangkumu!

Siti dan Lani ingin menampilkan tarian dengan baik.

Mereka  ingin menjaga kerukunan dan kekompakan.

Bagaimana sebaiknya sikap Siti dan Lani?

Menjaga kekompakan dengan teman bermain, sesuai dengan pengamalan sila ketiga Pancasila, yaitu:

PERSATUAN INDONESIA 


Tibalah saatnya Pentas Seni Hari Kemerdekaan.

Anak-anak menyanyikan lagu Wajib Belajar.

Ayo Mengamati

Simaklah syair lagu Wajib Belajar di bawah ini!


Lagu Wajib Belajar adalah lagu yang dipilih bersama.

Penentuan lagu tersebut dilakukan dengan cara bermusyawarah.

Udin memimpin musyawarah.

Beberapa lagu ditentukan terlebih dahulu.

Setiap anak mengemukakan pendapat secara bergantian.

Ada empat lagu yang diusulkan.

Akhirnya, lagu Wajib Belajar dipilih untuk dinyanyikan.

Setelah bermusyawarah, para siswa merapikan kelas.

Ketua kelas memimpin pembagian tugas. Setiap siswa melaksanakan tugasnya masing-masing.

Kelas menjadi bersih dan nyaman untuk belajar.

Musyawarah untuk memilih lagu yang akan dinyanyikan merupakan penerapan sila keempat Pancasila.

Para siswa bergotong royong merapikan kelas merupakan penerapan sila kelima Pancasila.

Ayo Berlatih

Penonton acara pentas seni cukup banyak.

Pada acara pentas seni juga diundang warga dari perkampungan lain.

Bagian konsumsi menyediakan  kotak makanan dan minuman.

Ada 362 kotak makanan.

Ada 356 kotak minuman.

Ada 348 botol air mineral.

" Cara untuk mengurutkan beberapa bilangan dengan membandingkan nilai ratusan, puluhan, dan satuannya. "

Perhatikan bilangan 362, 356, dan 348.

362 = 300 + 60 + 2

356 = 300 + 50 + 6

348 = 300 + 40 + 8

                     👆  Nilai puluhan tidak sama

            👆 Nilai ratusan sama

Nilai ratusan ketiga bilangan tersebut sama, yaitu 300.

Nilai puluhannya tidak sama, yaitu 60, 50, dan 40.

Urutan puluhan mulai dari yang terkecil : 40,  50,  60

Urutan bilangan : 348, 356, 362


Bagaimana untuk pembelajaran hari ini sudah paham ya nak, sekarang tugas kalian adalah... 

Tugasmu!

Urutkan bilangan bilangan berikut dari yang terbesar sampai terkecil!

1.   623     437     735

    .......    .......    .......

2. Tuliskan bunyi sila berikut ini!
     ........................................................

3. Buatlah sebuah kalimat ajakan dalam kehidupan sehari-hari tentang mengajak kebaikan!
    ........................................................................................


Pengumpulan Tugas: 

1. Absen pagi pada link yang telah Bpk/Ibu Guru berikan di grup. 

2. Mengirimkan dokumentasi kegiatan beribadah di Grup Kelas 2D

3. Mengirimkan dokumentasi Foto tugas dan dapat mengirimkan ke WhatsApp IBU MELIN 

4. Pengiriman Tugas paling lambat ditunggu pukul 13.00 WIB (Jika lewat jam yang ditentukan dapat japri ibu guru melin )

Terimakasih 🙏

Selasa, 27 Juli 2021

Bahasa Lampung ( Mengenal Aksara Lampung )

Hari/Tanggal        : Selasa, 27 Juli 2021

Pelajaran              : Bahasa Lampung 

Pertemuan 1


Baik anak-anak pada pertemuan hari ini kita akan mengenal Huruf Utama dalam aksara lampung.

Aksara lampung memiliki 20 Huruf Utama (Huruf Induk)
Berikut aksaranya 👇


Cara membaca aksara lampung perhatikan Video berikut ini 👇


Bagaimana anak-anak sudah bisa ya membaca dan melafalkan 20 aksara lampung. 
Sekarang tugas kalian adalah ... 

Tugasmu! 

Menyebutkan dan membacakan aksara berikut!



Tulis 5 aksara lampung di atas ke buku catatan kalian, tidak perlu dikirm hasil catatan ke Ibu/bpk Guru cukup dicatan dan kemudian hafalkan dan kirim berupa Voice Note menghafal 5 aksara lampung di atas ya nak. 


Pengumpulan Tugas: 

Mengirimkan dokumentasi Voice Note tugas bahasa Lampung dan dapat mengirimkan ke WhatsApp IBU MELIN 

Terimakasih 🙏



Membandingkan Nilai Angka pada Tempat Ratusan, Puluhan, dan Satuannya

 Hari/Tanggal        : Selasa, 27 Juli 2021

Tema                    : 1 ( Hidup Rukun )

Subtema               : 2 ( Hidup Rukun dengan Teman Bermain )

Pembelajaran        : 3 dan 4

Alat Peraga           : Gambar 

Kompetensi Dasar : Matematika 3.2 dan SBdP 3.3

Tujuan Pembelajaran : 

1. Dengan diberi contoh gerakan oleh guru, peserta didik dapat mengidentifikasi dan melakukan gerak koordinasi gerak  kepala, tangan, dan kaki sesuai hitungan dengan benar.

2. Dengan diberikan alat dan bahan serta langkah membuat kartu bilangan, peserta didik dapat  membandingkan bilangan tiga angka dengan membubuhkan tanda <, =,  atau > di antara dua bilangan tiga angka dengan tepat.


Selamat pagi anak sholeh dan sholeha? Apa kabar hari ini? 

Semoga kalian selalu menjaga kesehatan dan rajin berolahraga ya nak agar tubuh kita sehat dan tidak mudah terserang penyakit serta  semoga kita semua selalu dalam lindungan allah swt Aamiin ya rabbal alamin 

Baiklah sebelum kita melanjutkan materi pembelajaran hari ini, jangan lupa untuk anak-anak melaksanakan sholat duha, murojaah pagi dan mendengarkan tausyiah serta tak lupa untuk melaksanakan sholat 5 waktunya ya nak 💪 

Sekarang, yuk kita lanjutkan materi pembelajaran hari ini ya nak 💪

Ayo Mengamati

Pentas seni diadakan untuk merayakan Hari Kemerdekaan.

Dalam acara pentas seni, Siti dan teman-teman akan menari.

Mereka bersemangat mempersiapkan tarian.

Inilah tarian yang akan ditampilkan Siti.

Ayo Mengamati

Tidak hanya anak-anak yang sibuk.
Ibu-ibu pun sibuk mempersiapkan konsumsi.
Ada 225 makanan kotak dan 252 minuman botol.
Manakah yang lebih banyak?

Cara untuk menentukan suatu bilangan lebih banyak atau kurang dari dengan membandingkan nilai angka pada tempat  ratusan, puluhan, dan satuannya.

Nilai angka pada tempat ratusan kedua bilangan tersebut sama, yaitu 200.
Nilai angka pada tempat puluhannya tidak sama, yaitu 20 dan 50.
Karena 20 kurang dari 50, maka 225 kurang dari 252.

Perbandingan kedua bilangan dapat ditulis dalam bentuk simbol.

Jadi, dapat ditulis 225 < 252.

Ayo Mengamati

Udin juga akan memeriahkan malam kesenian perayaan Hari Kemerdekaan. 

Ia akan menyanyikan lagu Gembira Berkumpul.

Perhatikan syair lagu tersebut dengan teliti!

Sebutkan kalimat ajakan dalam teks lagu di atas!

Ayo kawan  ayo kawan berkumpul

Siapaka pencipta lagu "Gembira Berkumpul" yuk jawab di kolom komentar postingan ibu guru di bawah ya nak 👇


Tugasmu!

Bandingkan dua bilangan berikut dengan memperhatikan angka penyusunnya!

1). 349 = ........ + ...... + ....

     394 = ........ + ...... + ....

     Bilangan ...... kurang dari .....

     Jadi, 349 ..... 394

2). 325 = ........ + ...... + ....

     532 = ........ + ...... + ....

     Bilangan ...... kurang dari .....

     Jadi, 325 ..... 532

Lengkapi titik-titik dengan tanda “< , = , atau > “!

3). 278  .....  227


Pengumpulan Tugas: 

1. Absen pagi pada link yang telah Bpk/Ibu Guru berikan di grup. 

2. Mengirimkan dokumentasi kegiatan beribadah di Grup Kelas 2D

3. Mengirimkan dokumentasi Foto tugas dan dapat mengirimkan ke WhatsApp IBU MELIN 

4. Pengiriman Tugas paling lambat ditunggu pukul 13.00 WIB (Jika lewat jam yang ditentukan dapat japri ibu guru melin )

Terimakasih 🙏

Senin, 26 Juli 2021

Penerapan Sila Ke- 1 dan 2 Pancasila

Hari/Tanggal        : Senin, 26 Juli 2021

Tema                    : 1 ( Hidup Rukun )

Subtema               : 2 ( Hidup Rukun dengan Teman Bermain )

Pembelajaran        : 2

Alat Peraga           : Gambar 

Kompetensi Dasar : Bahasa Indonesia 3.1, PPKN 3.1

Tujuan Pembelajaran : 

1. Dengan diberikan teks percakapan tentang hidup rukun, peserta didik dapat menyebutkan kembali isi beserta kalimat ajakan  dalam teks yag disimaknya berkaitan dengan sikap hidup rukun dengan bahasa yang santun.

2. Dengan diberikan teks percakapan tentang hidup rukun, peserta didik dapat menunjukkan contoh perilaku di tempat bermain yang sesuai dengan sila pertama dan kedua Pancasila dengan benar.


Selamat pagi anak sholeh dan sholeha? Apa kabar hari ini? 

Semoga kalian selalu menjaga kesehatan dan rajin berolahraga ya nak agar tubuh kita sehat dan tidak mudah terserang penyakit serta  semoga kita semua selalu dalam lindungan allah swt Aamiin ya rabbal alamin 

Baiklah sebelum kita melanjutkan materi pembelajaran hari ini, jangan lupa untuk anak-anak melaksanakan sholat duha, murojaah pagi dan mendengarkan tausyiah serta tak lupa untuk melaksanakan sholat 5 waktunya ya nak 💪 

Sekarang, yuk kita lanjutkan materi pembelajaran hari ini ya nak 💪

Ayo Mengamati

Udin dan teman-teman sangat kompak.

Banyak kegiatan yang dilakukan bersama.

Misalnya, memperingati hari kemerdekaan.

Bacalah percakapan di bawah ini dengan teliti!

Tulislah kalimat yang menunjukkan ajakan kepada orang lain:
1. Ayo kita ikut lomba itu, sepertinya menyenangkan!
2. Ayo, aku bantu memompanya.
3. Mari kita mempersiapkan keperluan untuk menghias sepeda kita. 

Udin rukun dengan teman-teman yang tinggal di sekitar rumahnya.
Ia sering membantu teman yang membutuhkan pertolongan.
Bagaimana dengan kamu?
Ketika bermain, Udin juga selalu menjaga kerukunan.


Ayo Berlatih
Udin menghias sepeda di rumah Edo.
Urutkan gambar-gambar di bawah ini agar menjadi cerita!


Udin berteman baik dengan Edo.
Ketika Edo mendapat kesulitan, Udin mau membantu.
Meskipun sedang asyik bermain, Udin tidak melupakan kewajiban beribadah.
Sikap Udin dan Edo sesuai dengan pengamalan Pancasila, terutama sila pertama dan kedua.


Tugasmu!

Perhatikan Gambar Berikut ini!
Ceritakan dan Tuliskan lambang sila yang sesuai dengan sikap pengamalan Pancasila pada gambar di bawah ini. 


Contoh mengerjakan: 
Gambar 1 : Edo dan kawan-kawan sedang asik bermain bola. Edo meminta izin bahwa besok ia tidak bisa datang karena harus pergi beribadah ke gereja.
Sila yang sesuai dengan pengamalan adalah: 
Bintang : Ketuhanan Yang Maha Esa 

Kerjakan Untuk Gambar nomor 2, 3 dan 4 ya nak 💪

Jangan lupa tulis menggunakan tulisan Tegak Bersambung ya nak... 

Pengumpulan Tugas: 

1. Absen pagi pada link yang telah Bpk/Ibu Guru berikan di grup. 

2. Mengirimkan dokumentasi kegiatan beribadah di Grup Kelas 2D

3. Mengirimkan dokumentasi Foto tugas dan dapat mengirimkan ke WhatsApp IBU MELIN 

4. Pengiriman Tugas paling lambat ditunggu pukul 13.00 WIB (Jika lewat jam yang ditentukan dapat japri ibu guru melin )

Terimakasih 🙏

Jumat, 23 Juli 2021

Jumat, 23 Juli 2021 (Kalimat Ajakan)

 

Hari/Tanggal          : Jumat, 23 Juli 2021

Kelas                      : 2D 

TEMA 1                 : Hidup Rukun

SUBTEMA 2         : Hidup Rukun dengan Teman Bermain

PEMBELAJARAN 1


Selamat pagi anak sholeh dan sholeha kelas 2D .... 

Apa kabar hari ini ? Alhamdulillah luar biasa Allahhu Akbar ..

Baiklah seperti biasa Sebelum kita melaksanakan aktivitas kegiatan proses belajar ada rutinitas harian yang dapat kita lakukan yaitu; melaksanakan sholat dhuha, murojaah pagi, mendengarkan Tausyiah serta yang tak lupa jangan sampai ditinggalkan yaitu sholat 5 Waktunya ya nak.. 

Pada hari ini kita akan melanjutkan kegiatan pembelajaran kita pada materi berikut ini;

Baik berikut materi pembelajaran untuk hari ini disimak dengan baik dan cermat ya nak semangat 💪 

Tujuan Pembelajaran           :
1.   1. Dengan diberikan teks percakapan yang berkaitan dengan hidup rukun yang mengandung kalimat ajakan, siswa dapat menyebutkan kalimat ajakan dengan bahasa yang santun.
2.   2. Dengan diberikan gambar tentang permainan anak, siswa dapat melakukan gerak koordinasi kepala, tangan, dan kaki sesuai hitungan dengan benar.
3.   3. Dengan diberikan gambar kumpulan benda, siswa dapat membandingkan dua kumpulan benda dengan istilah lebih banyak, sama dengan, dan kurang dari dengan tepat.


Video Pembelajaran 

Tematik 1 Subtema 2 Pembelajaran 1


Materi Ajar    :
1.      Menyebutkan kalimat ajakan pada teks percakapan
2.      Melakukan gerak koordinasi kepala, tangan dan kaki sesuai hitungan.
3.      Membandingkan dua bilangan cacah dengan lebih banyak, sama dengan, dan kurang dari.



Tugasmu!

Tulislah kalimat yang menunjukkan ajakan kepada orang lain dari percakapan di bawah ini!

 

1. ...................................................
2. ...................................................
3. ...................................................

Pengumpulan Tugas: 

1. Absen pagi pada link yang telah Bpk/Ibu Guru berikan di grup. 

2. Mengirimkan dokumentasi kegiatan beribadah di Grup Kelas 2D

3. Mengirimkan dokumentasi Foto tugas dan dapat mengirimkan ke WhatsApp IBU MELIN 

4. Pengiriman Tugas paling lambat ditunggu pukul 13.00 WIB (Jika lewat jam yang ditentukan dapat japri ibu guru melin )

Terimakasih 🙏

Kamis, 22 Juli 2021

Kamis, 22 Juli 2021 (Menceritakan Pengalaman Baik Sesuai Sila Pancasila)

 

Hari/Tanggal          : Kamis, 22 Juli 2021

Kelas                      : 2D 

TEMA 1                 : Hidup Rukun

SUBTEMA 1         : Hidup Rukun di Rumah 

PEMBELAJARAN 5 dan 6


Selamat pagi anak sholeh dan sholeha kelas 2D .... 

Apa kabar hari ini ? Alhamdulillah luar biasa Allahhu Akbar ..

Baiklah seperti biasa Sebelum kita melaksanakan aktivitas kegiatan proses belajar ada rutinitas harian yang dapat kita lakukan yaitu; melaksanakan sholat dhuha, murojaah pagi, mendengarkan Tausyiah serta yang tak lupa jangan sampai ditinggalkan yaitu sholat 5 Waktunya ya nak.. 

Pada hari ini kita akan melanjutkan kegiatan pembelajaran kita pada materi berikut ini;

Baik berikut materi pembelajaran untuk hari ini disimak dengan baik dan cermat ya nak semangat 💪 

Video Pembelajaran 5 & 6  :

https://youtu.be/grWAv4FKrJs

https://youtu.be/vCePANsd0hs

Tujuan Pembelajaran :

1.Dengan  diberikan teks cerita berkaitan dengan hidup rukun, siswa dapat menceritakan pengalaman menerapkan sila ketiga Pancasila di rumah dengan bahasa yang santun.
2.Dengan diberikan kalimat yang mengandung ungkapan, siswa dapat menuliskan makna ungkapan tersebut dalam kalimat yang santun.
3. Dengan diberikan cerita hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat menunjukkan perilaku di rumah yang sesuai sila keempat dan kelima Pancasila di rumah dengan benar.
4.Dengan diberikan gambar kumpulan kubus lebih dari 100, siswa dapat menyebutkan nilai tempat ratusan, puluhan, dan satuan bilangan tiga angka dengan teliti.

Ringkasan Materi :

Dalam kehidupan sehari-hari kita sering melakukan kerja sama bersama anggota keluarga kita, seperti memasak bersama, merawat tanaman bersama, dan membersihkan rumah bersama. Kerja sama adalah melakukan suatu pekerjaan secara bersama-sama untuk mencapai tujuan bersama. Kerja  sama adalah contoh penerapan Sila Ketiga.

Ayo Membaca
Udin dan Mutiara rukun dalam melakukan tugas-tugas di rumah.
Mereka mempunyai tugas membersihkan rumah dan halaman.
Bagaimana agar tugas itu dapat diselesaikan dengan baik?

Ayo Berdiskusi
Bacalah teks berikut!
Kebersihan rumah tempat tinggal Udin selalu terjaga.
Setiap anggota keluarga bertugas menjaga lingkungan rumah.
Udin dan Mutiara bertugas menjaga keindahan
halaman rumah.
Mereka melaksanakan tugas dengan cara bekerja sama.


Ayo Membaca
Bacalah dengan nyaring teks percakapan di bawah ini!
Ayah : Hari Minggu nanti kita akan berwisata. Kalian ingin pergi ke mana?
Udin : Aku ingin pergi ke kebun binatang.
Mutiara : Bagaimana kalau ke pegunungan saja?
Ibu : Wah, ada dua pendapat nih. Mana yang akan kita pilih?
Udin : Liburan kali ini saya ingin ke kebun binatang.
Ayah : Mari kita ambil jalan tengah. Ada yang mau mengajukan usul?
Mutiara : Begini saja, saya punya usul. Liburan kali ini kita pergi ke kebun binatang. Liburan selanjutnya kita pergi ke pegunungan.
Udin : Kakak baik sekali. Maaf ya, Kak. Aku sudah bicara terlalu keras tadi. Baik, aku setuju.
Ibu : Itulah manfaatnya kalau persoalan diselesaikan dengan kepala dingin.
Ayah : Kalian memang anak-anak yang hebat.






Tugasmu!
1. Ceritakan dengan singkat kebiasaan baik yang kamu lakukan berhubungan dengan sila ketiga Pancasila di rumah!



2. Isilah titik-titik di bawah ini dengan tepat!

Pengumpulan Tugas: 

1. Absen pagi pada link yang telah Bpk/Ibu Guru berikan di grup. 

2. Mengirimkan dokumentasi kegiatan beribadah di Grup Kelas 2D

3. Mengirimkan dokumentasi Foto tugas dan dapat mengirimkan ke WhatsApp IBU MELIN 

4. Pengiriman Tugas paling lambat ditunggu pukul 13.00 WIB (Jika lewat jam yang ditentukan dapat japri ibu guru melin )

Terimakasih 🙏

Rabu, 21 Juli 2021

Rabu, 21 Juli 2021

Hari/Tanggal          : Rabu, 21 Juli 2021

Kelas                      : 2D 

TEMA 1                 : Hidup Rukun

SUBTEMA 1         : Hidup Rukun di Rumah 

PEMBELAJARAN 3 dan 4 : 



Selamat pagi anak sholeh dan sholeha kelas 2D .... 

Apa kabar hari ini ? Alhamdulillah luar biasa Allahhu Akbar ..

Baiklah seperti biasa Sebelum kita melaksanakan aktivitas kegiatan proses belajar ada rutinitas harian yang dapat kita lakukan yaitu; melaksanakan sholat dhuha, murojaah pagi, mendengarkan Tausyiah serta yang tak lupa jangan sampai ditinggalkan yaitu sholat 5 Waktunya ya nak.. 

Pada hari ini kita akan melanjutkan kegiatan pembelajaran kita pada materi berikut ini;

Baik berikut materi pembelajaran untuk hari ini disimak dengan baik dan cermat ya nak semangat 💪 

Video Pembelajaran 3 & 4 :

https://youtu.be/G68_j08jYSE

https://youtu.be/t2iEMO_jgsE

Tujuan Pembelajaran :

1. Dengan diberikan teks lagu berkaitan dengan hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat menyebutkan ungkapan tersebut dengan benar.

2. Dengan diberikan teks lagu anak berkaitan dengan hidup rukun, siswa dapat membedakan panjang pendek bunyi pada lagu dengan benar.

3. Dengan diberikan kumpulan kubus lebih dari 100, siswa dapat menyebutkan bilangan yang bersesuaian dengan kumpulan objek.

Ringkasan Materi :

Perhatikan lagu Peramah dan Sopan Ciptaan Pak Dal dibawah ini!
Apa ungkapan Tinggi Hati memiliki arti yang serupa pada salah satu lirik lagu Peramah dan Sopan dibawah ini?



Bagian yang tebal mendapat penekanan kuat. Nyanyikan bagian tersebut sambil bertepuk.
Bu-kan-nya  cong-kak
Bu-kan-nya  som-bong
Yang  di-sa-yang-i  han-dai  dan  tau-lan
Ha-nya  a-nak  yang  tak  per-nah  bo-hong
Ra-jin  be–ker–ja
Pe-ra-mah   dan  so- pan


345 dibaca tiga ratus empat puluh lima.



476 dibaca empat ratus tujuh puluh enam.


TUGASMU!


1.


Bu – kan nya   cong-kak
 ●       ●     ●     __     __
Bu-kan-nya  som-bong
…  …   …     …  …
Yang di-sa-yang-i han-dai dan tau-lan
…   …  …    …  …   …   …    …   …   …
Ha-nya  a-nak  yang  tak  per-nah  bo-hong
… … … …     …      …   …   …     …   …
Ra-jin  be-ker-ja
… … … … …
Pe-ra-mah  dan   so- pan
…   …   …    …    …   …

2. Tulislah lambang bilangannya!

Seratus tujuh belas = ....

Dua ratus empat puluh enam = ....


3. Tulislah nama bilangannya!
632 = _______________________
784 =________________________


Pengumpulan Tugas: 

1. Absen pagi pada link yang telah Bpk/Ibu Guru berikan di grup. 

2. Mengirimkan dokumentasi kegiatan beribadah di Grup Kelas 2D

3. Mengirimkan dokumentasi Foto tugas dan dapat mengirimkan ke WhatsApp IBU MELIN 

4. Pengiriman Tugas paling lambat ditunggu pukul 13.00 WIB (Jika lewat jam yang ditentukan dapat japri ibu guru melin )

Terimakasih 🙏

Stay save and stay at home ya nak 

Jumat, 16 Juli 2021

Jumat, 16 Juli 2021 (Menggambar Sila Pancasil)

Hari/Tanggal          : Jumat, 16 Juli 2021

Kelas                      : 2D 

Mata Pelajaran       : 

TEMA 1                 : Hidup Rukun

SUBTEMA 1         : Hidup Rukun di Rumah 

PEMBELAJARAN 2 : Sila Pancasila dan Kalimat Ungkapan



Selamat pagi anak sholeh dan sholeha kelas 2D .... 

Apa kabar hari ini ? Alhamdulillah luar biasa Allahhu Akbar ..

Baiklah seperti biasa Sebelum kita melaksanakan aktivitas kegiatan proses belajar ada rutinitas harian yang dapat kita lakukan yaitu; melaksanakan sholat dhuha, murojaah pagi, mendengarkan Tausyiah serta yang tak lupa jangan sampai ditinggalkan yaitu sholat 5 Waktunya ya nak.. 

Pada hari ini kita akan melanjutkan kegiatan pembelajaran kita pada materi di kelas 2 semester 1 ini.

Baik berikut materi pembelajaran untuk hari ini disimak dengan baik dan cermat ya nak semangat 💪 

Tujuan Pembelajaran

1.Dengan diberikan gambar perisai burung Garuda, siswa dapat memasangkan simbol dengan bunyi sila-sila pada Pancasila dengan benar.

2.Dengan diberikan teks percakapan yang mengandung ungkapan, siswa dapat menentukan bagian yang termasuk ungkapan dan artinya dengan tepat.

Video Pembelajaran :

https://youtu.be/AWUFs3LiQ3E

Ringkasan Materi :



 Anak-anak coba perhatikan gambar diatas. Gambar apakah itu?
Ya benar, gambar Burung Garuda. Jika diperhatikan secara seksama, terdapat perisai Burung Garuda.


Nah, perisai Burung Garuda ini merupakansimbol-simbol pada Pancasila.
Simbol Bintang adalah symbol Sila ke-1 Pancasila yang berbunyi Ketuhanan Yang Maha Esa

 Simbol Rantai adalah symbol Sila ke-2 Pancasila yang berbunyi Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab

Simbol Pohon Beringin adalah symbol Sila ke-3 Pancasila yang berbunyi Persatuan Indonesia

 Simbol Kepala Banteng adalah symbol Sila ke-4 Pancasila yang berbunyi Kerakyatan Yang dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan Perwakilan


Simbol Padi dan Kapas adalah simbol Sila ke-5 Pancasila yang berbunyi Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Penerapan sila pertama dengan cara melakukan beberapa hal, contohnya:
Beribadah sesuai dengan kepercayaan yang dianut.
Menghargai orang lain yang agamanya berbeda dengan kita.
Tolong menolong, meski memiliki agama yang berbeda.
Penerapan sila kedua dengan melakukan hal-hal di bawah ini:
Tidak membeda-bedakan orang yang ada di sekitar kita.
Saling membantu, misalnya melakukan kerja bakti atau memberi bantuan pada korban bencana alam.

Penerapan Sila ketiga ini dalam kehidupan sehari-hari dengan melakukan hal ini:
Mencintai negara Indonesia dengan cara menjaga warisan budaya yang ada.
Menjaga hubungan baik dengan teman-teman satu negara, meski beda suku, agama, dan bahasa.
Penerapan sila keempat dengan melakukan beberapa hal, misalnya:
Menyelesaikan masalah dengan musyawarah.
Tidak memaksakan kehendak kita saat bermusyawarah.
Menerima hasil musyawarah dengan lapang dada.
Penerapan Sila Kelima melambangkan pangan dan sandang yang merupakan kebutuhan pokok semua rakyat Indonesia tanpa melihat status atau kedudukan.


Udin  : “Buku Kakak banyak sekali.”
Mutiara  : “Kakak memang senang membaca buku.”
Udin  : “Wah, Kakak memang pantas dijuluki kutu buku.”
Mutiara : “Ayo, kamu juga harus rajin membaca. Ini ada buku cerita bagus, judulnya  Bintang Lapangan.”
Udin  : “Ceritanya tentang apa, Kak?”
Mutiara  : “Cerita tentang pemain sepak bola yang rendah hati, meskipun sudah terkenal.”
Udin  : “Berarti dia tidak besar kepala ya, Kak. Terima kasih ya, Kak. Saya boleh meminjam buku Kakak.”
Mutiara : “Sama-sama, Dik.”
Percakapan di atas mengajarkan kita mengenal kata ungkapan baru lainnya. diantaranya adalah : kutu buku, bintang lapangan, rendah hati dan besar kepala. Dari percakapan di atas bisa kita analisis bahwa arti dari kata ungkapan tersebut memiliki arti yang berbeda. Perhatikan kotak di bawah ini !

Kalian sudah mengetahui berbagai macam kata ungkapan, nah coba menurut kalian apa sih arti dari kata "Ringan Tangan" 

Yuk yang tahu apa arti dari kata ungkapan di atas bisa dijawab di kolom komentar dalam postingan hari ini ya nak 

Tugasmu!

Gambarkan simbol-simbol sila Pancasila ke-1 sampai 5 lalu warnailah yang sesuai dengan gambar tersebut serta tuliskan bunyinya!


Selamat Berkreasi 💪

Pengumpulan Tugas: 

1. Absen pagi pada link yang telah Bpk/Ibu Guru berikan di grup. 

2. Mengirimkan dokumentasi kegiatan beribadah di Grup Kelas 2D

3. Mengirimkan dokumentasi Foto tugas dan dapat mengirimkan ke WhatsApp IBU MELIN 

4. Pengiriman Tugas paling lambat ditunggu pukul 11.30 WIB (Jika lewat jam yang ditentukan dapat japri ibu guru melin )

Terimakasih 🙏

Stay save and stay at home ya nak 


Selalu jaga protokol kesehatan ya nak, yuk kita cegah terjadinya Covid-19 

Wassalamualaikum Wr Wb 

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.
 

Risky Melina Sari Template by Ipietoon Cute Blog Design