Jumat, 31 Maret 2023

Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 6

 


Hari/Tanggal        : Jumat, 31 Maret 2023

Tema                    : 7 ( Benda Hewan dan Tanaman di Sekitarku )

Subtema               : 2 ( Hewan di Sekitarku )

Pembelajaran        : 6 

Alat Peraga           : Gambar

Kompetensi Dasar : PPKN, Bahasa Indonesia, Matematika  




Tabik Pun 🙏

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness. 😍


Pembelajaran 6
Tujuan Pembelajaran :

1. Peserta didik  dapat menyebutkan ungkapan pemberitahuan yang terdapat pada teks/gambar dengan tepat.
2. Peserta didik dapat menjelaskan aturan merawat hewan di rumah dengan benar.
3. Setelah membandingkan gambar banyak benda dari dua kumpulan objek yang banyaknya 41sampai 99, siswa dapat menentukan kumpulan objek yang lebih banyak, lebih sedikit, dan sama banyak dengan benar.

Materi Ajar :
1. Membuat contoh gambar kemasan pakan hewan
2. Menulis ungkapan pemberitahuan pada kemasan pakan hewan
3. Menghitung dan membandingkan banyak benda


Ayo Mengamati!

Perhatikan bungkus kemasan makanan ikan di samping.
Apa saja pemberitahuan yang dapat kamu temui pada bungkus kemasan tersebut?

1. ...........................................................
2. ...........................................................
3. ...........................................................

Cobalah kamu membuat sebuah kemasan makanan hewan.
Kamu dapat menentukan sendiri jenis makanan hewan.
Gambarkan dan berilah pemberitahuan mengenai makanan hewan tersebut.
Berilah keterangan yang jelas tentang kandungan dan cara pemakaiannya.


Ayo Bermain Peran

Cobalah memainkan peran seperti seorang ahli hewan.
Tuliskan terlebih dahulu informasi yang ingin kamu sampaikan.
Jelaskan cara merawat hewan menggunakan gambar makanan hewan yang telah kamu buat.
Jelaskan cara memberi makanan yang tepat.
Jelaskan pula cara merawat hewan tersebut.
Berikan pula alasanmu memilih hewan tersebut.
Sampaikan informasi di depan teman-temanmu.


Ada berbagai jenis makanan hewan yang bisa ditemukan di toko hewan.
Berikut ini contoh gambar makanan hewan yang biasa dijual.


Perhatikan gambar toko makanan hewan tersebut.
Ada 46 bungkus makanan kelinci, 33 bungkus makanan ikan, dan 65 makanan kucing.
Makanan hewan yang paling banyak adalah ...
Makanan hewan yang paling sedikit adalah ...
Makanan ... lebih banyak dari makanan ikan.
Makanan ... lebih sedikit dari makanan ikan.
Urutan makanan hewan dari yang paling banyak adalah ... , ... , ...
Urutan makanan hewan dari yang paling sedikit adalah ... , ... , ...

Ayo Berlatih!

Coba selesaikan soal-soal berikut.
Isilah titik-titik dengan kata-kata “lebih dari” atau  “kurang dari”.
1. 66 ................................ 87
2. 98 ................................ 43
3. 77 ................................ 75
4. 65 ................................ 54
5. 46 ................................ 88

Urutkan bilangan berikut ini mulai dari yang terkecil
1. 47 87 67 77 57     
2. 65 55 45 85 75     

Urutkan bilangan berikut ini mulai dari yang terbesar
1. 36 76 96 56 16     
2. 77 64 67 72 97     

Kamis, 30 Maret 2023

Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 4 dan 5

 


Hari/Tanggal        : Kamis, 30 Maret 2023

Tema                    : 7 ( Benda Hewan dan Tanaman di Sekitarku )

Subtema               : 2 ( Hewan di Sekitarku )

Pembelajaran        : 4 dan 5

Alat Peraga           : Gambar

Kompetensi Dasar : PPKN, Bahasa Indonesia, Matematika  




Tabik Pun 🙏

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness. 😍

Pembelajaran 4
Tujuan Pembelajaran :

1. Peserta didik dapat mengidentifikasi gerak anggota tubuh menirukan gerak kucing dengan benar.
2. Peserta didik dapat memperagakan gerak anggota tubuh menirukan gerak alam dalam suatu tarian dengan benar.
3. Peserta didik dapat menggunakan kata ungkapan pemberitahuan secara lisan dengan tepat.
4. Peserta didik dapat menjelaskan gerak dasar melompat dan memutar sesuai irama (ketukan) tanpa iringan musik dalam aktivitas gerak berirama dengan benar.

Materi Ajar :
1. Menirukan gerak hewan dalam sebuah tarian
2. Menulis ungkapan pemberitahuan
3. Menirukan gerak melompat dan berputar


Kamu sudah berlatih menirukan gerak hewan.
Cobalah berlatih menirukan gerak kucing sesuai lagu berikut.
Diskusikan bersama temanmu sesuai dengan lirik lagu.
Tampilkan gerakan tersebut di depan temantemanmu.

Kucingku Belang Tiga
Ciptaan: Pak Kasur

Kucingku belang tiga
Sungguh manis rupanya
Meong meong bunyinya
Tanda lapar perutnya

Masih ingatkah kamu dengan tarian kelinci?
Bagaimana cara kamu mem eragakan gerak kucing sesuai lirik lagu?

Bagaimana cara temanmu mem eragakan gerak kucing sesuai lirik lagu?
Buatlah ungkapan pemberitahuan.
Isi ungkapan mengenai gerak kucing yang kamu tiru.
Lakukan kegiatan secara berpasangan.
Sampaikan secara langsung ungkapan pemberitahuan kepada temanmu.
Tulislah kalimat yang disampaikan temanmu setelah mendengar ungkapan pemberitahuan yang
kamu sampaikan.
Lakukan secara bergantian.




Pembelajaran 5
Tujuan Pembelajaran :

1. Peserta didik dapat menggunakan kata ungkapan pemberitahuan secara lisan dengan tepat.
2. Peserta didik dapat menentukan bilangan lebih dari, kurang dari, dengan benar.
3. Peserta didik dapat mengurutkan bilangan dari kelompok benda yang banyaknya 41 sampai dengan 99 dengan benar.

Materi Ajar :
1. Membuat ungkapan pemberitahuan
2. Menyampaikan ungkapan pemberitahuan secara lisan
3. Membandingkan banyaknya benda
 


Hewan jinak biasanya hewan yang dipelihara manusia.
Hewan jinak tidak berbahaya bagi manusia
Merawat hewan jinak ada tata caranya.
Hewan buas biasanya tidak dipelihara oleh manusia.
Hewan buas hidup di alam secara liar.
Hewan buas sangat berbahaya jika dipelihara manusia.
Untuk memelihara binatang buas, kita harus dilatih terlebih dahulu.

Tulislah satu ungkapan pemberitahuan sesuai teks yang kamu baca.
Sampaikan ungkapan pemberitahuan tersebut kepada temanmu.

Tulislah  tiga kalimat pemberitahuan.
Kalimat tersebut berisi pemberitahuan agar berhati-hati dengan hewan buas.
Contoh:
Cukup lihat dari jauh saja jika kamu ingin melihat harimau.
1. .............................................................................
2. .............................................................................
3. .............................................................................

Ayo Berlatih !

Ada 30 ekor buaya,  15 ekor harimau, dan 42 ekor ular.
Hewan yang paling banyak adalah ....
Hewan yang paling sedikit adalah ....
...    lebih banyak dari ular.
...    lebih sedikit dari ular.

Urutan hewan dari yang paling banyak adalah
      ...      ,      ...      , dan      ...      
Urutan hewan dari yang paling sedikit adalah
      ...      ,      ...      , dan      ... 

30 ekor buaya lebih sedikit dari 42 ekor ular.
Dapat dinyatakan dengan 30 kurang dari 42.
30 ekor buaya lebih  banyak dari 15 ekor sapi.
Dapat dinyatakan 30 lebih dari 15.     


Ayo Berlatih!

Cobalah selesaikan soal-soal berikut.
Isilah titik-titik dengan kata-kata “lebih dari” atau  “kurang dari”.
1. 45  ................................................ 65   
2. 57  ................................................ 42
3. 79  ................................................ 89
4. 99  ................................................ 100
5. 77  ................................................ 69

Rabu, 29 Maret 2023

Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 3

 


Hari/Tanggal        : Rabu, 29 Maret 2023

Tema                    : 7 ( Benda Hewan dan Tanaman di Sekitarku )

Subtema               : 2 ( Hewan di Sekitarku )

Pembelajaran        : 3

Alat Peraga           : Gambar

Kompetensi Dasar : PPKN, Bahasa Indonesia, Matematika  




Tabik Pun 🙏

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness. 😍


Pembelajaran 3
Tujuan Pembelajaran :

1. Peserta didik dapat menunjukkan ungkapan pemberitahuan secara tertulis dengan tepat.
2. Peserta didik dapat menanggapi kata ungkapan pemberitahuan secara tertulis dengan tepat.
3. Peserta didik dapat menuliskan aturan merawat kelinci di rumah sesuai teks dengan benar.
4. Setelah membandingkan gambar banyak benda dari dua kumpulan objek yang banyaknya 41 sampai 99, siswa dapat menentukan kumpulan objek yang lebih banyak, lebih sedikit, dan sama banyak dengan benar.
5. Peserta didik dapat mengurutkan bilangan dari 41 sampai 99 dengan benar.

Materi Ajar :
1. Mengenal aturan tentang hewan
2. Menanggapi ungkapan pemberitahuan secara tertulis
3. Bermain peran
4. Menghitung banyak benda
5. Membandingkan banyak benda


Pergi ke Kebun Binatang

Hari minggu Siti dan keluarga pergi ke kebun binatang.
Siti melihat banyak hewan di sana.
Ada gajah, rusa, jerapah, dan harimau.
Siti ingin memberi makanan pada hewan tersebut.
Tetapi petugas kebun binatang tidak mengizinkannya.
Hewan memiliki jadwal makan tertentu.
Makanan hewan pun tidak sembarangan.
Siti ingin sekali menyentuh tubuh monyet.
Namun, petugas pun melarangnya.
Petugas melarang pengunjung mendekati hewan karena berbahaya.
Siti patuh pada peraturan yang ada di kebun binatang.

Perhatikan kembali teks dan gambar sebelumnya.
Dapatkah kamu menemukan ungkapan pemberitahuan pada gambar dan teks tersebut?
Jika iya, coba sebutkan.
....................................................................................

....................................................................................


Ayo Berlatih!

Petugas kebun binatang membuat banyak papan pemberitahuan.
Papan pemberitahuan ditulis dengan baik dan jelas.
Papan pemberitahuan dipasang di tempat yang diperlukan.
Papan pemberitahuan membantu pengunjung untuk memahami peraturan dan lokasi.
Beni berjalan menuju kandang harimau.
Beni berjalan sesuai arah yang ditunjukkan pada papan petunjuk.
Setelah sampai, Beni melihat kandang harimau berseberangan dengan kandang  beruang.
Kemudian Beni menghitung jumlah hewan di kandang.
Beni juga membandingkan banyaknya hewan tersebut.
Ada 9 ekor harimau, 13 ekor beruang, dan 40 ekor burung.
Hewan yang paling banyak adalah burung.
Hewan yang paling sedikit adalah harimau.
Banyaknya beruang lebih banyak dari harimau, tetapi lebih sedikit dari burung.
Urutan hewan dari yang paling banyak adalah burung, beruang, dan harimau.
Urutan hewan dari yang paling sedikit adalah harimau, beruang, dan burung.




Selasa, 28 Maret 2023

Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 2

  


Hari/Tanggal        : Selasa, 28 Maret 2023

Tema                    : 7 ( Benda Hewan dan Tanaman di Sekitarku )

Subtema               : 2 ( Hewan di Sekitarku )

Pembelajaran        : 2

Alat Peraga           : Gambar

Kompetensi Dasar : PPKN, Bahasa Indonesia.  




Tabik Pun 🙏

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness. 😍


Pembelajaran 2
Tujuan Pembelajaran :

1. Peserta didik dapat menyebutkan ungkapan pemberitahuan secara tertulis yang terdapat pada teks dengan tepat.
2. Peserta didik dapat menggunakan kata ungkapan pemberitahuan secara tertulis dengan tepat.
3. Peserta didik dapat menjelaskan gerak dasar melompat dan memutar sesuai irama (ketukan) tanpa iringan musik dalam aktivitas gerak berirama dengan benar.

Materi Ajar :
1. Mengenal tempat tinggal hewan
2. Membuat ungkapan pemberitahuan secara tertulis
3. Mengenal gerak hewan


Tempat Tinggal Hewan

Udin, Edo, dan Beni sedang membaca buku tentang hewan. 
Mereka mengamati gambar tempat tinggal hewan. Hewan tinggal di tempat yang berbeda. 
Ada hewan yang tinggal di darat. Contohnya ayam, kelinci, dan kucing. 
Ada hewan yang tinggal di air. Contohnya ikan. 
Ada pula hewan yang dapat tinggal di air dan di darat. Contohnya katak. 
Namun Udin merasa bingung menentukan tempat tinggal kera.
Menurut Beni, kera tinggal di darat. Namun menurut Edo, kera tinggal di pohon. Bagaimana pendapatmu?

Ayo Berlatih

Perhatikan kembali gambar sebelumnya.

Adakah ungkapan pemberitahuan pada gambar tersebut?
Ada berapa ungkapan pemberitahuan pada gambar tersebut?
Sebutkan ungkapan pemberitahuan yang ada pada gambar.
Cobalah menulis ungkapan pemberitahuan agar pengunjung menjaga kebersihan kolam.


Ayo Mencoba 

Hewan bergerak dengan cara yang berbeda.
Ada hewan yang bergerak dengan cara terbang.
Terbang menggunakan sayap.
Ada hewan yang bergerak dengan cara melompat.
Dapatkah kamu menirukan gerak hewan di samping ?
Coba tirukan gerak hewan bersama temanmu.


Lakukan gerakan meloncat seperti katak.
Meloncatlah sampai batas yang ditentukan.
Selanjutnya, berputarlah untuk berbalik arah.
Kembalilah ke tempat semula dengan cara meloncat seperti katak.





Apakah kamu dapat melakukan gerak meloncat  seperti katak?
Apakah kamu dapat melakukan gerak berputar seperti katak?
Berlatihlah jika kamu belum dapat melakukannya.
Bersyukurlah jika kamu sudah dapat melakukannya.
Rasa syukur dapat dilakukan dengan merawat tubuh.
Tubuh yang dirawat akan sehat selalu.

Senin, 27 Maret 2023

Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 1

 


Hari/Tanggal        : Senin, 27 Maret 2023

Tema                    : 7 ( Benda Hewan dan Tanaman di Sekitarku )

Subtema               : 2 ( Hewan di Sekitarku )

Pembelajaran        : 1

Alat Peraga           : Gambar

Kompetensi Dasar : PPKN, Bahasa Indonesia, SBdP.  




Tabik Pun 🙏

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness. 😍


Pembelajaran 1
Tujuan Pembelajaran :

1. Peserta didik dapat menjelaskan ungkapan pemberitahuan secara tertulis dengan tepat.
2. Peserta didik dapat menyampaikan informasi tentang aturan merawat hewan di rumah dengan benar.
3. Peserta didik dapat menyampaikan kegiatan merawat hewan di rumah dengan benar.
4. Peserta didik dapat mengidentifikasi gerak anggota tubuh menirukan gerak alam dengan benar.
5. Peserta didik dapat memperagakan gerak anggota tubuh menirukan gerak alam dalam suatu tarian dengan benar.

Materi Ajar :
1. Mengenal aturan merawat hewan
2. Menulis aturan merawat hewan
3. Menyebutkan ungkapan pemberitahuan secara tertulis
4. Menulis informasi tentang cara merawat hewan
5. Menirukan gerak hewan dalam sebuah tarian

Hewan merupakan benda hidup.
Benda hidup disebut juga makhluk hidup.
Ada banyak jenis hewan di sekitar kita.
Ada hewan peliharaan dan ada hewan liar.
Tempat tinggalnya berbeda-beda.
Ukuran badannya berbeda.
Cara bergeraknya pun berbeda.
Hewan termasuk makhluk hidup ciptaan Tuhan.
Hewan peliharaan harus dirawat dan disayangi.


Kucing merupakan hewan yang ada di sekitar kita.
Ada kucing yang berkeliaran di luar rumah.
Ada kucing yang dipelihara di dalam rumah.
Beni memiliki kucing peliharaan.
Beni sangat menyayangi kucing tersebut.
Beni selalu merawat kucingnya.
Setiap hari Beni memberi makan dan minum.
Beni juga membersihkan badan dan kukunya.
Kucing Beni bersih dan sehat.
Beni senang bermain bersamanya.
Hewan peliharaan harus dirawat dengan baik.

Perhatikan gambar kandang kucing peliharaan Beni berikut ini.
Beni memberikan tulisan pemberitahuan di sebelah kandang kucingnya.
Perhatikan tulisan tersebut.

Beni ingin memberitahukan kepada yang lain agar
tidak memberi makan kucing sembarangan.
Beni memberi makan kucingnya dengan teratur.
Makanan yang diberikan untuk kucing tidak sembarangan.
Hanya Beni yang boleh memberi makanan pada kucingnya.
Semua anggota keluarga mengikuti saran Beni.
Sekarang perhatikan gambar berikut.

Apa pemberitahuan yang ingin disampaikan melalui gambar tersebut? Jelaskan.

........................................................................
........................................................................

Tuliskan ungkapan pemberitahuan berdasarkan gambar di bawah ini !
........................................................................
........................................................................


Kegiatan memelihara hewan peliharaan merupakan kegiatan yang menyenangkan.
Kita harus mengetahui cara merawat hewan peliharaan. 
Hewan peliharaan harus dirawat agar dapat tumbuh dan sehat.

Apakah kamu juga memiliki hewan peliharaan?
Apa nama hewan yang kamu pelihara?

Tuliskan empat aturan merawat hewan peliharaan yang kamu ketahui. 
1. ........................................................................
2. ........................................................................
3. ........................................................................
4. ........................................................................

Amati kegiatan memelihara hewan di bawah ini.
Tuliskan informasi penting apabila ingin merawat hewan tersebut.
Carilah informasi dengan cara bertanya kepada teman atau gurumu.
 

Hewan memiliki cara bergerak yang berbeda-beda.
Lakukan permainan tebak gerak secara berkelompok.
Ciptakan sendiri gerakan menirukan hewan.
Kemudian mintalah temanmu untuk menebak hewan yang kamu maksud.

Sekarang cobalah menirukan gerak kelinci seperti contoh berikut.
Gerakan pertama
Gerakan pertama menirukan posisi berdiri kelinci. Kedua tangan diletakkan di samping telinga. Kaki sedikit ditekuk.

Lakukan gerakan sesuai urutan berikut.
1. Lompat ke kanan
2. Lompat ke kiri
3. Lompat ke kanan
4. Goyang kepala
Ulangi gerakan dengan urutan sebagai berikut.
1. Lompat ke kanan
2. Lompat ke kiri
3. Lompat ke kanan
4. Goyang badan
Gunakan aba-aba berikut.
Kanan – kiri – kanan – goyang-goyang
Cobalah membuat gerakan sesuai imajinasimu.

Selasa, 21 Maret 2023

Class Meeting & Mewarnai

   


Hari/Tanggal        : Selasa, 21 Maret 2023

Pembelajaran        : Class Meeting 

Mata Pelajaran      : MEWARNAI 




Tabik Pun 🙏

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness. 😍


Jadwal Kegiatan Class Meeting 

Mewarnai Pukul 07.00 - 09.30 

Berikut ini gambar Mewarnai



Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.
 

Risky Melina Sari Template by Ipietoon Cute Blog Design