Selasa, 03 Juni 2025

Remedial dan Pengayaan SAS

  

Hari/Tanggal        : Rabu, 4 Juni 2025

Mata Pelajaran     : Remedial Bahasa Indonesia 



Tabik Pun 🙏 

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness. 😍

REMEDIAL BAHASA INDONESIA

1. Perhatikan gambar berikut!

Pernyataan berikut yang sesuai dengan cerita bergambar di atas yaitu. . .
A. terdapat dua orang yang cidera saat bermain
B. satu laki-laki dan dua orang perempuan bermain lompat tali
C. mereka bertiga bermain lompat tali di halaman sekolah
D. tiba-tiba satu orang anak cidera dan temannya membantu

2. Windu terkenal sebagai siswa berprestasi di sekolah. Bahkan, guru-guru sering memujinya di hadapan siswa lainnya.
Fungsi kata "bahkan" pada kalimat di atas yaitu. . .
A. Menyatakan pertentangan dengan yang dinyatakan pada kalimat sebelumnya
B. Menyatakan konsekuensi atau akibat
C. Menguatkan keadaan yang dinyatakan sebelumnya
D. Menyatakan kelanjutan dari peristiwa pada kalimat sebelumnya

3. Perhatikan gambar berikut!

Informasi berikut yang sama dengan ilustrasi di atas yaitu...
A. kekurangan konsumsi air putih dapat mengakibatkan seseorang mengalami dehidrasi
B. waktu terbaik untuk mengonsumsi segelas air putih adalah pada pagi hari
C. air putih membantu kelancaran pembuangan zat-zat sisa yang tidak diperlukan
D. Kebutuhan cairan seseorang mungkin akan berbeda dengan orang lain

4. Perhatikan ucapan berikut!
(1) Aku sudah sarapan tadi pagi
(2) Aku melihat bus sekolah hari ini
(3) Kakiku sakit sekali
(4) Sepertinya kakiku terkilir
Ucapan di atas yang termasuk opini ditunjukkan oleh nomor yaitu...
A. satu
B. dua
C. tiga
D. empat

5. Perhatikan paragraf berikut!

Tubuh manusia sangat membutuhkan asupan air putih. Selain karena sebagian besar tubuh manusia terdiri atas air, konsumsi air putih dibutuhkan agar organ tubuh bisa bekerja maksimal. Kebutuhan cairan seseorang mungkin akan berbeda dengan orang lain, tergantung pada kondisi tubuh aktivitas yang dilakukan, hingga kondisi cuaca.

Paragraf di atas termasuk kategori paragraf. . .
A. campuran
B. deduktif
C. induktif
D. prosedurak

6. Manakah kalimat berikut yang termasuk ke dalam kalimat fakta …
a. Tingginya air yang menggenangi ruas jalan di Bekasi memang tak seberapa.
b. Aksi blokir di jalan tol Pondok Aren Jakarta kembali terjadi.
c. Warga berharap pembangunan tol Semarang – Solo supaya bisa dipercepat
d. Berdasarkan informasi dar BMKG kelas I Juanda, kondisi langit berawan hingga hujan masih akan mewarnai langit daerah Surabaya.

7. (1) Doni memang pantas disebut sebagai maniak bola.  (2) Sejak usia 11 tahun, Doni telah mendedikasikan hidupnya untuk terjun ke dunia sepak bola. (3) Kini ia berusia 30 tahun. (4) Ia mengaku tidak bisa memisahkan hidupnya dengan sepak bola.
Manakah kalimat di atas yang berupa fakta …
a. (1) dan (2)
b. (3) dan (4)
c. (2) dan (3)
d. (4) dan (1)

8. (1) Pemerintah telah banyak mengalokasikan dana untuk pengadaan mesin pengering gabah. (2) Ke depannya, mesin pengering gabah ini mampu menaikkan daya tawar petani di hadapan Bulog maupun pedagang lainnya. (3) Oleh karena itu, pemerintah harus senantiasa memperhatikan nasib petani. (4) Bukan hanya sekedar janji tanpa tindakan lalu berani mengklaim telah memperhatikan petani.
Kalimat yang merupakan fakta, terdapat pada nomor …
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4

9. Fitria bertanya, “Apakah Azka ada di kamar?”
Apabila kalimat langsung di atas diubah menjadi kalimat tidak langsung, maka bunyinya adalah…
A. Fitria menanyakan, kalau Azka ada di kamar.
B. Fitria bertanya apabila Azka ada di kamar.
C. Fitria menanyakan apakah Azka ada di kamar.
D. Fitria bertanya bahwa Azka ada di kamar.

10. Penulisan kalimat langsung (dalam teks cerita fantasi) yang tepat adalah . . . .
a. Dengan gugup Cinderela berkata,” saya ingin pergi ke pesta, tapi mereka meninggalkan aku di sana”.
b. “Mengapa engkau menangis, Cinderela”, sebuah suara lembut berbisik.
c. Ibu Peri berkata,” Pergilah Cinderela, tapi kamu harus pulang sebelum tengah malam.”
d. “Sekarang saatnya kamu harus pergi Cinderela, “ Bisik ibu peri.

II. ISIAN

1. Nenek moyangku seorang pelaut.

Arti kata nenek moyong pada cuplikan syair lagu diatas adalah….

2. Balonku ada lima
Rupa-rupa warnanya
Hijau, kuning, kelabu
Merah muda dan biru
Rima dari penggalan syair lagu di atas yaitu...

3. Apa yang di maksud dengan fakta dan opini

4. Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis paragraf yang kamu ketahui.

5. Perhatikan paragraf berikut.

Banyak sekali manfaat air putih, diantaranya mengatasi pilek di pagi hari, meredakan gejala flu seperti batuk, hidung tersumbat dan lain sebagainya. Air hangat juga bisa melancarkan pencernaan. Sehingga pencernaan akan semakin baik dan jauh dari penyakit asam lambung. Membiasakan meminum air putih hangat ternyata baik bagi Kesehatan.

Paragraf diatas termasuk jenis paragraf…. Dan gagasan utama yang terletak di….


Senin, 02 Juni 2025

SAS : Kisi-Kisi Pendidikan Anti Korupsi & Latihan

   


Hari/Tanggal        : Selasa, 3 Juni 2025

Mata Pelajaran     : Kisi-Kisi  Pendidikan Anti Korupsi  




Tabik Pun 🙏 

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness. 😍

Jadwal SAS Selasa 3 Juni 2025 :
1. Bahasa Inggris 
2. Pendidikan Anti Korupsi 

Kisi – Kisi SAS Pendidikan Anti Korupsi 

1. Peserta didik dapat menyebutkan 9 Integritas anti korupsi 

2. Peserta didik memahami pengertian tanggung jawab dan Contoh sikap tanggung jawab dan dampak/ akibat tidak melaksanakan tanggung jawab 

3. Peserta didik memahami hak dan kewajiban sebagai pelajar

4. Pengertian dan contoh polah hidup sederhana di lingkungan sekolah, rumah dan masyarakat 

5. Pengertian hidup sederhana dan Ciri-ciri orang hidup sederhana serta Manfaat dari melaksanakan hidup sederhana

6. Kelebihan dan kekurangan orang yang melaksanakan hidup sederhana. 

7. Pengertian kerja keras, contoh kerja keras di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat

8. Pengertian sikap disiplin dan contohnya dilingkungan rumah dan sekolah

9. Pengertian sikap peduli, contoh pengamalannya dan ciri-ciri orang yang memiliki sikap peduli serta menyebutkan contoh sikap peduli terhadap teman di lingkungan sekolah

10. Pengertian jujur, ciri-ciri orang yang jujur dan contoh dalam kehidupan sehari-hari

11. Pengertian sikap berani, menyebutkan macam-macam keberanian terhadap diri sendiri dan contoh berani dalam kehidupan sehari-hari.

12. Pengertian sikap mandiri, contoh dan ciri-ciri orang yang mandiri. 

13. Peserta didik dapat mengetahui alasan mengapa kita harus belajar Pendidikan Anti Korupsi

14. Peserta didik dapat memahami apa saja pendekatan dalam penyampaian Pendidikan Anti Korupsi (PAK)

Latihan soal!

1. Yang bukan alasan mengapa pendidikan anti korupsi harus diberikan di jenjang sekolah dasar ....

a. Kurangnya keteladanan dari lingkungan

b. Sekolah sudah menerapkan aturan yang jelas dan konsisten.

c. Siswa belum mendapatkan informasi dan sosialisasi tentang anti korupsi.

d. Pembelajaran afektif hanya sebatas kognitif saja belum diaplikasikan.

2. Yang bukan termasuk pendekatan dalam penyampaian Pendidikan Anti Korupsi (PAK) ....

a. Menjadi teladan yang baik bagi siswa di mana saja

b. Mengembangkan potensi kreativitas siswa untuk positif dalam mengoptimalkan dirinya

c. Membiasakan konsekuensi logis dari pelanggaran suatu kesepakatan

d. Mengidolakan para tokoh dalam kehidupan siswa

 

3. Melestarikan sumber daya alam merupakan tanggung jawab ...

a. Pecinta lingkungan                                                    c. Pemerintah
b. Pramuka                                                                        d. Semua Masyarakat

4. Berikut ini contoh bentuk tanggung jawab warga Masyarakat Ketika ada pemilihan ketua RW adalah….

a. Masyarakat memiliki tanggung jawab terhadap pelaksanaan pemilihan RW secara langsung

b. Pemilihan RW menggunakan sistem tunjuk melalui kelurahan

c. Tidak di fasilitasi untuk pemilihan langsung

d. Mengacuhkan hak pilih warga sekitar

 

5. Kriteria pola hidup sederhana antara lain pemenuhan kebutuhannya mengacu pada.....

a. Keseimbangan antara keinginan dan kehendak

b. Keseimbangan antara keinginan dan kesenangan

c. Keseimbangan antara kesenangan dan kemauan

d. Keseimbangan antara keinginan dan kemampuan


Isian 


6. Mengakui kesalahan yang kamu lakukan, berusaha untuk tidak berbuat curang dan menyampaikan pendapat dengan benar adalah mencerminkan sikap …

7. Orang yang bekerja keras, maka ia tidak akan merasa … ketika gagal.

8. Menurut kalian apa yang dimaksud dengan sikap berani ?

9. Sebutkan 3 macam-macam keberanian terhadap diri sendiri …

10. Sebutkan 2 contoh sikap peduli terhadap teman di lingkungan sekolah ... 


Baiklah itu saja kisi-kisi dan latihan soal PAK, Semoga mendapatkan hasil yang terbaik aamiin. 

Selamat Mengerjakan dan GOOD LUCK 💪

Kesimpulan: 

Alhamdulillah pada pelaksanaan PAK sebagian besar peserta didik dapat mengerjakan ulangan dengan lancar dan Baik. Dan pelaksanaan SAS berjalan dengan tertib.

Jumat, 30 Mei 2025

SAS : Kisi-kisi IPAS dan Latihan Soal

 

Hari/Tanggal        : Senin, 2 Juni 2025

Mata Pelajaran     : Kisi-kisi IPAS dan Latihan Soal


Tabik Pun 🙏 

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness. 😍

Jadwal SAS GENAP SENIN, 2 Juni 2025 
1. IPAS
2. Bahasa Lampung

Kisi-Kisi IPAS dan Latihan Soal

Bab 5 : Bentang Alam 
 
1. Pengertian Bentang alam 
2. Pengertian dan macam-macam bentang alam Dataran rendah, Perairan dan pegunungan 
3. Perbedaan kekayaan alam 
4. Jenis-jenis gunung 
5. Contoh kekayaan sumber daya alam 
6. Ciri-ciri dataran tinggi, dataran rendah, perairan (maritim), 
7. Jenis-jenis danau, manfaat danau dalam kehidupan sehari-hari
8. Potensi kekayaan alam 
9. Memahami jenis flora fauna berdasarkan daerah asalnya 
10. Menentukan asal kearifan lokal suatu daerah yang dimaksud
11. Jenis-jenis pekerjaan berdasarkan letak geografis bentang alam di lingkungan masyarakat.
12. Proses pembuatan garam 
13. Pengertian da jenis-jenis peta 
14. Macam-macam Komponen pada peta dan artinya 
15. Simbol-simbol dalam peta
16. Fungsi arah mata angin dan cara membaca peta 

Kisi-kisi Bab 6 : Kebutuhanku 

1. Pengertian kebutuhan dan keinginan 
2. Macam-macam jenis kebutuhan Primer, Sekunder tersier dan contohnya 
3. Memahami 3 jenis kebutuhan primer ; pangan, sandang dan papan 
4. Jenis-jenis kebutuhan  Primer, Sekunder tersier
5. Jenis kebutuhan berdasarkan ekonomi; Produksi, distribusi dan konsumsi beserta contohnya 
6. macam-macam Kegiatan jual beli dilingkungan masyarakat
7. Pengertian atau sejaran uang serta Barter. 
8. Memahami istilah untuk alat-alat pembanyaran 

Kisi-Kisi  Bab 7 Keragaman Budaya 
1. Pengertian dan macam-macam keragaman suku bangsa
2. Pengertian adat istiadat, macam-macam dan kebudayaannya
3. Memahami jenis upacara adat yang ada di Indonesia serta asal daerahnya
4. Memahami jenis pakaian adat serta asal daerahnya 
5. Memahami jenis rumah adat serta asal daerahnya 
6. Memahami jenis alat musik serta asal daerahnya 
7. Memahami jenis makanan khas serta asal daerahnya 
8. Memahami jenis lagu serta asal daerahnya 
9. Memahami jenis-jenis peninggalan sejarah bangsa Indonesia
10. Memahami Tokoh-tokoh pahlawan nasional yang berjuang 
11. Pengertian kepahlawanan dan patriotisme serta sifat-sifatnya


Baiklah itu saja kisi-kisi dan latihan soal IPAS, Semoga mendapatkan hasil yang terbaik aamiin. 

Selamat Mengerjakan dan GOOD LUCK 💪

Kesimpulan: 

Alhamdulillah pada pelaksanaan IPAS sebagian besar peserta didik dapat mengerjakan ulangan dengan lancar dan Baik. Dan pelaksanaan SAS berjalan dengan tertib.

Selasa, 27 Mei 2025

SAS : Kisi-Kisi Matematika & Seni Musik

 

Hari/Tanggal        : Rabu, 28 Mei 2025

Mata Pelajaran     : Matematika dan Seni Musik Kisi-kisi


Tabik Pun 🙏 

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness. 😍

Jadwal SAS GENAP RABU, 28 Mei 2025 
1. Matematika
2. Seni Musik

Kisi-Kisi Matematika dan Latihan Soal 

1. Peserta didik mampu menentukan panjang benda dengan tepat (km, hm, dam, m, dm, cm, mm)
2. Peserta didik mampu menentukan berat benda dengan tepat (Ton, Kuintal, kg, hg, dag, g, dg, cg, mg)
3. Peserta didik mampu menentukan luas bangunan datar (Persegi, Persegi panjang dan Segitiga) dengan tepat. Pelajari LKS halaman 41
4. Peserta didik mampu menentukan volume Bangun Ruang ( Kubus, Balok dan Tabung) dengan tepat. Pelajari LKS halaman 44
5. Peserta didik mampu menentukan bentuk bangun datar dengan tepat.
6. Peserta didik mampu mengukur volume dengan menggunakan satuan tidak baku. 
7. Peserta didik dapat mendeskripsikan ciri berbagai bentuk bangun datar (segiempat, segitiga, segibanyak). Pelajari LKS halaman 49
8. Peserta didik dapat dapat menyusun (komposisi) bangun datar.
9. Peserta didik dapat menentukan dekomposisi bangun datar dengan tepat
10. Peserta didik dapat menginterpretasi data dalam bentuk diagram batang.
11. Peserta didik dapat menganalisis data dalam bentuk tabel.
12. Peserta didik dapat menganalisis data dalam bentuk piktogram (Diagram Batang)

Video Pembelajaran : 





Latihan Soal!

1. Bacalah data berikut: 80, 60, 70, 70, 90, 85, 60, 60, 75, 85, 75, 80, 90, 100, 70, 85. Buatlah tabel data nilai Bahasa Indonesia kelas 4 SD Bunga Mekar!

2. Berikut merupakan data hasil panen Pak Budi dari bulan Februari hingga Juni. Februari 30 kg, Maret 25 kg, April 45 kg, dan Mei 50 kg. Jika jumlah keseluruhan hasil panen padi Pak Budi adalah 185 kg, berapa hasil panen Singkong pada bulan Juni? Buatlah dalam bentuk diagram batang!

3. Pada suatu kelas, terdapat 40 murid. Setiap murid mengikuti ekskul yang berbeda-beda. Ekskul dan jumlah murid yang mengikutinya disajikan dalam diagram batang dengan rincian sebagai berikut: Ekskul Pramuka 10 murid, Ekskul Sepak Bola, 10 murid, dan Ekskul Berenang 25 murid. Berapa jumlah murid yang mengikuti ekskul paduan suara?

4. Sebuah kubus memiliki panjang sisi 4 cm. Hitunglah luas permukaan dan volumenya!
5. Sebuah balok memiliki panjang 8 cm, lebar 4 cm, dan tinggi 6 cm. Hitunglah luas permukaan dan volumenya!
6. 4 km + 20 hm - 5 dam = .... meter 
7. 2 Ton + 5 kuintal = ... kg 


Kisi-Kisi Seni Musik & Latihan Soal!

1. Peserta didik mampu mengidentifkasi tanda dinamika lambang.
2. Peserta didik mampu menentukan arti gerakan tangan pada seorang dirigen
3. Peserta didik mampu menentukan isi bagian lirik lagu wajib nasional yang rumpang.
4. Peserta didik mampu menentukan asal lagu daerah
5. Peserta didik mampu melengkapi pencipta lagu wajib nasional
6. Peserta didik mampu mengidentifkasi alat musik melodis
7. Peserta didik mampu menentukan tuning/ menyelaraskan nada pada musik
8. Peserta didik mampu mengidentifikasi struktur lagu
9. Peserta didik mampu menentukan legiatan pada tahap peregalaran musik
10. Peserta didik mampu menentukan jenis perelaran musik
11. Peserta didik mampu mengidentifikasi tanda dinamika huruf
12. Perserta didik mampu menentukan salah satu contoh lagu daerah lampung
13. Perserta didik mampu menentukan lagu yang berpola birama 3/4
14. Perserta didik mampu menentukan salah satu pola birama
15. Perserta didik mampu menentukan salah satu fungsi alat musik ritmis
16. Peserta didik mampu menentukan hal-hal yang harus dirsiapakan dalam pergelaran musik
17. Peserta didik mampu menentukan tanda dinamika berbentuk lambang beserta artinya
18. Peserta didik mampu menentukan jenis lagu-lagu nasional
19. Peserta didik mampu menentukan jenis alat musik melodis besrta cara memainkannnya
20. Peserta didik mampu menentukan struktur lagu

Latihan Soal !

1. Apa yang dimaksud dengan dinamika dalam musik?

a. Irama musik

b. Keras dan lembutnya bunyi

c. Tempo musik

d. Melodi lagu


2. Istilah untuk bunyi yang sangat lembut dalam dinamika musik adalah...

a. Forte

b. Mezzoforte

c. Pianissimo

d. Crescendo


3. Lagu "Indonesia Raya" memiliki birama...

a. 2/4

b. 3/4

c. 4/4

d. 6/8


4. Dalam musik, crescendo berarti...

a. Perlahan-lahan membesar

b. Perlahan-lahan mengecil

c. Mendadak keras

d. Mendadak Lembut


5. Apa yang dimaksud dengan dirigen?

a. Pemimpin paduan suara

b. Pemain alat musik

c. Penyanyi solo

d. Penari utama


Baiklah itu saja kisi-kisi dan latihan soal Matematika dan Seni Musik, Semoga mendapatkan hasil yang terbaik aamiin. 

Selamat Mengerjakan dan GOOD LUCK 💪

Kesimpulan: 

Alhamdulillah pada pelaksanaan SAS Matematika dan Seni Musik sebagian besar peserta didik dapat mengerjakan ulangan dengan lancar dan Baik. Dan pelaksanaan SAS berjalan dengan tertib.

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.
 

Risky Melina Sari Template by Ipietoon Cute Blog Design