Rabu, 31 Juli 2019

Dokumentasi Pembelajaran 3 dan 4 Subtema3 Kelas 1C

Pembelajaran dimulai dengan anak-anak shalat dhuha



Pembelajaran 3 dan 4 Menjaga kebersihan tubuhku dan merawat gigi ku

Praktik menggosok gigi






Pembelajaran di akhiri dengan latihan Tema1




Minggu, 28 Juli 2019

Tema 1 Subtema 3 Aku Merawat Tubuhku Kelas 1C

TEMA 1 DIRIKU
SUBTEMA 3 Aku Merawat Tubuhku

Pembelajaran 1

Tubuh adalah pemberian tuhan
tubuh harus dirawat agar sehat
tubuh yang sehat membuat kita semangat dalam beraktifitas
merawat tubuh tanda bersyukur kepada tuhan

Gambar terkait

Kuman ada dimana-mana, kuman bisa ada di ujung jari, sela-sela kaki dan dapat membuat kita sakit
Merawat tubuh dimulai dari membersihkan diri seperti  mencuci tangan sebelum makan, memotong kuku, membersihkan rambut dan masih banyak lagi.

Ayo Berkreasi
Banyak kegiatan yang membuat tangan kotor, tapi tak perlu khawatir
Tangan kotor bisa dibersihkan, rajinlah mencuci tangan agar bersih terawat
membuat karya dari hasil tangan seperti finger painting :

Kegiatan  membuat karya dari finger painting adalah jenis kegiatan membuat gambar yang dilakukan dengan cara menggoreskan adonan warna ( bubur warna ) secara langsung dengan jari tangan secara bebas di atas bidang gambar, batasan jari di sini adalah semua jari tangan, telapak tangan, sampai pergelangan tangan.

Hasil gambar untuk contoh gambar finger painting      Gambar terkait

Dengan kegiatan finger painting dapat melatih anak untuk menggunakan alat indranya yaitu indra peraba karena kegiatan ini mengharuskan anak untuk bersentuhan langsung dengan cat pewarna untuk bahan melukis dengan jari-jari tangan mereka. kegiatan ini juga dapat membantu anak untuk mengenal warna dan pencampuran warna karena dalam kegiatan ini anak dapat bebas memilih warna dan pencampuran yang akan dipaikai.

Setelah melakukan kegiatan finger painting tangan menjadi kotor dan banyak kuman yang ada di sela jari-jari anak, untuk itu kita harus membersihkan tangan dengan benar agar kuman hilang dan bekas warna yang ada di tangan tidak tertinggal, mencuci tangan dengan benar agar sehat dan terhindar dari penyakit. Simak cara mencuci tangan yang benar:

Gambar terkait
Pembelajaran 2

Pagi yang cerah udin berjalan bersama teman.
Mereka selalu merawat tubuh, menjaga sikap tubuh saat berdiri semua berjalan tegap
Menjaga tubuh tetap seimbang

Tubuh yang terawat akan selalu kuat, berdirilah dengan tegak agar tulangmu sehat
Perhatikan sikap tubuh agar tetap seimbang
Perhatikan sikap tubuh saat berdiri yang benar:

Hasil gambar untuk sikap tubuh saat berdiri yang benar  Gambar terkait

Pembelajaran 3

Rawatlah tubuh dengan teratur, dari rambut hingga kaki
Mandi sehari dua kali, tidak lupa menggosok gigi
Siti mandi pakai sabun, mencuci rambut pakai sampo
Menggosok gigi pakai sikat dan pasta gigi
Sabun, sampo, dan sikat gigi adalah benda untuk merawat tubuh

Edo sedang besedih, gigi edo sakit, edo suka makan permen tapi edo sering lupa menyikat gigi
Menyikat gigi berarti merawat tubuh
Menyikat gigi dilakukan 2 kali sehari
Sebaiknya setelah sarapan dan sebelum tidur agar tidak mudah terserang sakit gigi

Ikutilah langkah-langkah membersihkan gigiberikut ini:

Gambar terkait

Aturan merawat tubuh
Udin sedang mandi dan mencuci rambut
Dayu mencuci tangan
lani menggosok gigi
Siti memotong kuku
Edo mencuci kaki sebelum tidur
Mereka selalu merawat tubuh agar tetap bersih dan sehat, merawat tubuh ada aturannya. Lakukanlah secara teratur

Hasil gambar untuk aturan merawat tubuh

Pembelajaran 4

Menjaga Kebersihan Tubuh

Udin rajin merawat tubuh, udin tampak bersih dan sehat
Tubuh dan pakaian udin selalu bersih dan wangi, udin selalu mengganti baju yang kotor
Udin mencucu bajunya sendiri
Tahukan kamu cara mencuci baju? Amatilah gambar berikut:

Gambar terkait

Pembelajaran 5

Kita harus menjaga kebersihan lingkungan
Menjaga kebersihan lingkungan berarti merawat tubuh
Siti, Dayu, dan Lani bermain bersama, mereka bermain balok huruf.
Selesai bermain mereka merapikan mainan dan mencuci tangan.

Ada banyak huruf terlihat, mulai dari A, B, C, sampai Z.
Jumlahnya ada 26
Ada huruf Vokal a, i, u,e, o
ada huruf Konsonan b, c, d, f, g, h, j, k, l, m, n, p, q, r, s, t, v, w, x, y, dan z

Aku merawat tubuh dengan teratur, aku menggunakan sabun, sampo, dan pasta gigi.
Warnailah huruf vokal pada kata di bawah ini:

s a b u n

s a m p o

p a s t a   g i g i  

Udin dan edo, dan beni rajin menyikat gigi
Gigi disikat memakai pasta gigi
Banyak dus bekas pasta gigi
Mereka membuatnya menjadi permainan bilangan
Udin menghitung dari bilangan kecil ke besar, mulai dari 1 sampai 10

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10

Edo membandingkan bilangan

10 lebih dari 6
8 kurang dari 7

Pembelajaran 6

Hari yang cerah
Ibu guru memeriksa kebersihan siswa
Mulai rambut hingga kuku
Rambut udin bersih dan harum
Kuku siti pendek dan rapih
Telinga beni juga bersih
Semua menjaga kebersihan tubuh

Gambar terkait

Bermain sambil Mengurutkan Bilangan

Udin dan teman-teman main bersama
Bermain sambil mengurutkan bilangan
Setelah bermain, mereka tidak lupa membersihkan tubuh
Tubuh yang terawat, pasti sehat.

Gambar terkait         Gambar terkait




Sabtu, 27 Juli 2019

Video Pembelajaran Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 4



TEMA 1 Subtema 2 Tubuhku Kelas 1C

Tema 1 Subtema 2 Tubuhku


Pembelajaran 1 Mengenal Anggota Tubuh

Tubuh kita memiliki bagian-bagian, ada kepala, tangan, dan kaki untuk mengenal anggota tubuh mari  kita bernyayi bersama lagu “Dua Mata Saya”
Dua Mata Saya
Ciptaan Pak Kasur
Dua Mata Saya
Hidung Saya Satu
Dua Kaki Saya
Pakai sepatu baru
Dua tangan saya
Yang kiri dan Kanan
Satu mulut saya
Untuk berbicara

Setelah kita bernyayi dan ternyata anggota tubuh yang ada pada tubuh kita sangat banyak maka kita harus mengenal bagian-bagian tubuh kita

Bagian- bagian Tubuh Kita

Tubuh kita adalah pemberian tuhan.
Maka kita harus bersyukur kepada tuhan kita 

Dengarkan ucapan gurumu dan tirukan lah nama bagian-bagian tubuh dari contoh gambar ini:

Gambar terkait

Setelah kita mengenal bagian-bagian tubuh, agar tubuh sehat kita harus merawat anggota tubuh dengan baik.
Menjaga tubuh sehat kita juga harus menjaga asupan atau makanan yang sehat. Dan saat makan kita makanlah dengan sopan dan tertib. 
Makan dengan sopan
Berdoa sebelum makan
Makanlah dengan tangan kanan

Tubuh dapat bergerak ke kiri dan kanan
Ditekuk ke depan, berdiri tegak dan lain-lain
Bergerak bersama mengikuti tarian yang diberikan oleh gurumu dengan menari dengan lagu “Kepala Pundak Lutut Kaki”
Setelah menari dan bergerak bersamaa mari kita berlatih untuk mengingat kembali materi yang telah disampaikan.

Pembelajaran 2 Bercerita Tentang Anggota Tubuh

Kamu sudah mengenal anggota tubuh
Tunjukan anggota tubuh yang kamu ketahui, ceritakan kegunaan anggota tubuhmu pada teman
Setelah mengetahui anggota tubuh dan kegunaannya di tubuh terdapat bagian-bagian yang termasuk dalam PANCA INDRA
1.      Mata
2.      Hidung
3.      Lidah
4.      Telinga
5.      Kulit
Hasil gambar untuk subtema 2 mengenal panca indera

Pembelajaran 3 Cara Membaca yang Tepat

Mata adalah panca indera kita, mata untuk melihat.
Mata harus dijaga agar tetap sehat
Perhatikan posisi duduk saat membaca yang benar

Hasil gambar untuk subtema 2 cara membaca yang tepatGambar terkait

SPembelajaran 4 Menjaga Bagian-bagian Tubuh

Kamu sudah mangenal bagian-bagian tubuh, tubuh harus kita jaga agar sehat.
Ada bagian tubuh yang boleh disentuh orang lain dan ada bagian tubuh yang tidak boleh disentuh orang lain.
Untuk itu kita dapat mengetahui dari contoh gambar di bawah ini:

Hasil gambar untuk bagian-bagian tubuh yang boleh dan tidak boleh disentuh orang lain


 perhatikan lingkarang berwarna merah, itulah bagian-bagian tubuh yang tidak boleh disentuh orang lain. Jagalah tubuhmu dengan baik.Jika ada yang mau menyentuh bagian-bagian tubuhmu di lingkaran merah, katakana “tidak” laporkan pada guru atau orang tua. Pembelajaran 5 Mengenal Kosakata dalam Bagian-bagian Tubuh

Setiap anggota tubuh ada namanya, perhatikan gambar-gambar berikut dan sebutkan nama anggota tubuh tersebut

Gambar terkait



Kamu sudah mengenal anggota tubuhNama anggota tubuh terdiri dari huruf-huruf susunlah sesuai dengan nama anggota tubuhmu. 


Pembelajaran 6 Membaca Teks


Mari kita belajar membacaMembaca tentang anggota tubuhJari                 Jari                   ja - ri               j - a - r - iMata                ma – ta            m – a – t – aLidah               li – dah            l – i – d – a – hHidung            hi – dung         h – i – d – u – n – g 


Rangkuman Materi :    Setiap anggota tubuh mempunyai kegunaan
2.      Memakan makanan sehat adalah salah satu cara menjaga tubuh agar sehat
3.      Saat makan harus tertib
4.      Membaca haruslah
Ditempat terang, menjaga jarak dengan buku, beristirahat dan tidak membaca terlalu lama  

TEMA 1 Subtema 1 Aku dan Teman Baru Kelas 1c

Tema 1 Diriku
Subtema 1 Aku dan Teman Baru

TEMA 1 Diriku Subtema 1 Aku dan Teman Baru

 Pembelajaran 1

Pendalaman Materi
Mengucapkan salam saat ke luar rumah

Hari ini adalah hari pertamaku masuk sekolah. Ayah mengantarku ke sekolah. Sebelum berangkat, aku pamit kepada ibu.aku juga mengucapkan salam sebelum ke luar rumah.

Pendalaman Materi
Kosakata dan Ungkapan Perkenalan Diri

Setibanaya kamu disekolah, kamu bertemu dengan teman baru. Kamu tentu senang mempunyai teman baru. Ayo, berkenalan dengan teman baru. Perhatikan cara-cara berkenalan berikut.

Sikap tubuh yang baik

1) Tubuh tegak
2) Lihatlah wajah temanmu
3) Jabatlah tangan temanmu dengan tangan kanan
4) Tangan kiri disamping tubuh
5) Wajah tersenyum ceria

Kata-kata yang diucapkan

1) Berilah salam
2) Sebutkan nama lengkapmu
3) Sebutkan nama panggilanmu
4) Sebutkan alamat tempat tinggalmu

Setelah berkenalan untuk mengingat kembali nama-nama teman di kelas siswa diajak bernyanyi " Siapakah Namamu"

Pendalaman Materi
Perbedaan warna Suara Manusia

Setiap orang memiliki suara yang berbeda-beda. Suara yang berbeda-beda  dinamakan warna suara. Tidak hanya manuisa, hewan juga memiliki warna suara. Warna suara laki-laki dan perempuan berbeda. Ayo, kenali warna suara teman kelasmu.


 Pembelajaran 2

Pendalaman Materi
Memperkenalkan diri dengan kosakata yang tepat

Kamu telah berkenalan dengan temanmu. Ada yang menyebutkan nama lengkap. Ada pula yang menyebutkan nama panggilan. Nama panggilan memudahkanmu memanggil teman. Ayo, kenali temanmu.

Keterampilan kinerja Praktik

Mengingat nama temanmu

1) Gurumu akan memanggil satu siswa ke depan kelas.
2) Siswa yang ditunjuk diminta untuk ke kelas memperkenalkan diri. Ia akan menyebutkan nama lengap dan panggilan.
3) Lakukan secara bergantian. Caranya siswa di depan kelas berhak memilih satu siswa yang duduk untuk memperkenalkan dirinya.
4) Lakukan secara bergantian sampai semua mendapat gilirannya.
5) Setelah itu, guru akan menunjuk dua orang siswa dan saling cepat menyebutkan nama teman yang ditunjuk oleh gurumu tersebut.


 Pembelajaran 3

Pendalaman Materi
Mengenal Huruf-Huruf dalam Kata

Kamu sudah mengenal teman sekelasmu. Nama temanmu terdiri dari huruf-huruf. Ayo ucapkan huruf huruf disamping.

Urutkan huruf dimulai dari huruf a dan diakhiri dengan huruf z. ada huruf vocal yaitu a,I,u,e,o. dan huruf konsonan yaitu b,c,d,e,f,g,h,j,k,l,m,n,p,q,r,s,t,v,w,x,y, dan z.

Pendalaman Materi
Membilang secara Urut Bilangan 1 sampai 10

Hari ini, Dayu membawa bekal kesekolah. Dayu membawa roti isi. Dayu membawa sepuluh roti isi. Ayao, hitunglah banyak roti isi milik Dayu. Menghitung dilakukan dengan menyebutkan bilangan satu per satu.

Pendalaman Materi
Mengucapkan Salam Saat Masuk Ke Rumah

Kamu telah belajar mengucapkan salam. Salam tidak hanya diucapkan kepada orang tua. Salam juga diucapkan kepada guru dan teman. Sebelum meninggalkan kelas, ucapkan salam kepada guru dan teman.

Setibanya di rumah, jangan lupa untuk ucapkan salam kepada orang tuamau. Saat mengucapkan salam, gunakan bahasa yang santun dan suara yang rendah.

 Pembelajaran 4

Pendalaman Materi
Menunjukan Huruf-Huruf dalam Kata

Masih ingatkah kamu apa itu huruf konsonan ? Huruf konsonan adalah huruf selain a,I,u,e dan o. perhatikan contoh berikut.
Kancil
Kata kancil terdiri dari enam huruf, yaitu k,a,n,c,I,l
Ada huruf vocal, yaitu a dan i
Ada empat huruf konsonan, yaitu k,n,c,l


Pendalaman Materi
Memperkenalkan Warna Suara Manusia


Ayo, ingat kembali nama teman-temanmu. Ingatkah kamu suara mereka ? untuk lebih mengenal teman-temanmu, ayo lakukan kegiatan berikut.

Keterampilan Kinerja Praktik
Mengenal Warna Suara Teman

Ayo, kenali warna suara teman-temanmu
Berdirilah membentuk lingkaran bersama teman sekelasmu. Gurumu akan menunjuk satu siswa untuk maju ke tengah.
Siswa tersebut akan ditutup matanya dengan sapu tangan
Mintalah siswa itu berperan sebagai pawing dan siswa lainnya berperan sebgai singa, pawing berkeliling mengitari singa
Saat gurumu member aba-aba stop, pawing harus berhenti. Pawing akan meminta singa untuk mengaum. “ Singa yang baik mengaumlah …”
Siswa yang ada di depan pawing harus mengaum seperti singa. Pawing harus menembak nama siswa yang mengaum tersebut.
Jika tebakan benar, pawing menang. Singa tersebut berganti menjadi pawing. Jika tebakan salah, pawing harus mencari singa yang lain.
Ulangi hal yang sama secara bergantian. Lakukanlah dengan jujur.

 Pembelajaran 5

Pendalaman Materi
Mengenal Lambang Bilangan 1 sampai 10

Aku memiliki banyak teman di kelas. Ada teman laki-laki. Ada juga teman perempuan. Teman laki-laki ada 9 orang. Teman perempuan berambut pendek ada 5 orang. Teman perempuan berambut panjang ada 10 orang. Berapa banyak temanmu? Ayo, lakukan kegiayan berikut.

Menulis lambing bilangan 1 sampai 10

1) Gurumu akan meletakan kartu bertuliskan 1 sampai 10
2) Setiap siswa menyebutkan sebuah bilangan 1 sampai 10 secara bergantian.
3) Setelah iyu, gurumu meberi aba-aba kalimat “Tempati Aku “
4) Semua siswa segera menempati kartu sesuai bilangan yang diucapkan
5) Lakukan dengan hati-hati saat menempati kartu
6) Hitunglah banyak siswa yang telah menempati setiap kartu bilangan
7) Tuliskan lambing bilangannya pada kertas bilangan

Pendalam Materi
Melafalkan Huruf Konsonan pada Kata

Ayo, mengingat kembali huruf-huruf yang telah kamu pelajari. Lafalkan bersama-sama huruf a sampai z. lafalkan huruf vocal saja. Kemudian, lafalkan huruf konsonan. Ayo lafalkan huruf vocal dan konsonan pada kata berikut dengan lantang

Belajar

Setelah melafalkan huruf tersebut, lakukan kegiatan berikut

Keterampilan Kinerja Produk
Membuat Hiasan Dindng Motivasi

Alat dan bahan : kertas karton berwarna, potongan kardus, krayon, dan perekat.

Langkah kegiatan

1) Buatlah enam kelompok kecil
2) Perhatikan huruf pada kata-kata berikut “ Rajin Pangkal Pandai, hemat pangkal kaya “
3) Setiap kelompok mendapat satu kata dari tulisan tersebut
4) Selanjutnya guru membagikan potongan kertas karton sesuai jumlah huruf dalam kata
5) Siswa menulis satu huruf pada setiap kertas dengan krayon
6) Rangkailah huruf yang telah dibuat menjadi sebuah kalimat sebelumnya
7) Rekatkan huruf-huruf tersebut dengan kardus
8) Tempelkan kardus huruf di kelasmu dan berilah hiasan
9) Lafalkan bunyi huruf vocal dan konsonan pada kata-kata tersebut


 Pembelajaran 6

Pendalaman Materi
Berdoa Sebelum Melakukan kegiatan di Rumah

Dayu anak yang rajin. Dayu suka membantu orang tua. Dayu membantu menyiapkan makan malam. Sebelum makan, Dayu berdoa. Pernahkah kamu membantu orang tuamu?

Pendalaman Materi
Menyusun Huruf Menjadi Kata

Udin memiliki banyak teman, yaitu Beni, Jonas, Lani, Mutiara, dan Siti. Ibu guru mengajak kami menusun huruf menjadi kata. Setiap nama memiliki huruf depan. Huruf depan adalah huruf pertama dalam sebuah kata. Ayo, sebutkan huruf depan nama teman-temanmu.

Pendalaman Materi
Menulis Lambang Bilangan 1 sampai 10

Ayo, kita lafalkan bilangan 1 sampai 10. Udin memegang papan bertuliskan namanya. Beni membaca nama Udin. Banyak huruf pada nama Udin ada 4 huruf. Huruf tersebut adalah u,d,I dan n

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.
 

Risky Melina Sari Template by Ipietoon Cute Blog Design