Selasa, 31 Januari 2023

Penilaian Harian Tema 5 Sub 4

 


Hari/Tanggal        : Selasa, 31 Januari 2023

Tema                    : 5 ( Pengalamanku )

Subtema               : 4 ( Pengalaman yang Berkesan )

Pembelajaran        :  Penilaian Harian TEMA 5 SUB 4

Alat Peraga           : SOAL PH




Tabik Pun 🙏

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness. 😍

Berikut soal PH TEMA 5 SUBTEMA 4





Senin, 30 Januari 2023

Tema 5 Subtema 4 Pembelajaran 6

  


Hari/Tanggal        : Senin, 30 Januari 2023

Tema                    : 5 ( Pengalamanku )

Subtema               : 4 ( Pengalaman yang Berkesan )

Pembelajaran        :  6

Alat Peraga           : Gambar

Kompetensi Dasar : PPKN, Bahasa Indonesia, MTK. 



Tabik Pun 🙏

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness. 😍


Pembelajaran 6
Tujuan Pembelajaran :
1. Peserta didik dapat menuliskan ungkapan kasih sayang kepada adik dalam sebuah puisi yang diperdengarkan dengan tepat.
2. Peserta didik dapat menceritakan pengalaman kerja sama saat berbelanja bersama anggota keluarga dengan percaya diri.
3. Peserta didik dapat menjelaskan cara penjumlahan dua bilangan cacah dengan hasil maksimal 40 menggunakan benda konkret.

Materi Pembelajaran :
• Pengalaman memiliki Adik
• Pengalaman berbelanja bersama keluarga
• Pengalaman menjumlah dengan kegiatan menggunting dan menempel

Ayo Menulis

Ingatkah kamu, pengalaman pertama yang mengesankan?
Tuliskan puisi tentang pengalamanmu, di dalam kotak berikut.






Ayo Mengamati


Udin memiliki kebutuhan yang berbeda dari kakak.
Udin membutuhkan baju kecil yang nyaman.
Udin butuh popok.
Udin juga butuh selimut.
Hari ini ibu dan ayah mengajak Mutiara berbelanja kebutuhan Udin.
Ayah berjanji, Mutiara juga akan dibelikan pakaian baru.
Mutiara senang sekali.


Ayo Bercerita
Apakah kamu pernah berbelanja bersama keluarga?
Apa saja kerja sama yang keluargamu lakukan saat berbelanja.
Ayo ceritakan pengalamanmu.   

Ayo Mencoba
Guntinglah gambar baju di halaman terakhir.
Sesuaikan banyaknya dengan perintah.
Jumlahkan semua gambar baju itu.

Jumat, 27 Januari 2023

Tema 5 Subtema 4 Pembelajaran 5

  


Hari/Tanggal        : Jumat, 27 Januari 2023

Tema                    : 5 ( Pengalamanku )

Subtema               : 4 ( Pengalaman yang Berkesan )

Pembelajaran        :  5 

Alat Peraga           : Gambar

Kompetensi Dasar : PPKN, Bahasa Indonesia, MTK dan SBdP. 



Tabik Pun 🙏

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness. 😍


Pembelajaran 5
Tujuan Pembelajaran:
1. Peserta didik dapat menemukan kata-kata yang ada dalam syair lagu dengan tepat.
2. Peserta didik dapat membuat kalimat menggunakan kata-kata dari syair lagu dengan tepat.
3. Peserta didik dapat menjelaskan cara penjumlahan dua bilangan cacah dengan hasil maksimal 40 menggunakan benda konkret.
4. Peserta didik dapat menentukan hasil penjumlahan dua bilangan cacah dengan hasil maksimal 40 dengan bantuan benda konkret.

Materi Pembelajaran :
 • Pengalaman menyanyikan lagu Bintang Kecil bersama-sama
• Pengalaman menjumlah dua bilangan cacah sampai dengan 40




Ayo Bernyanyi

Malam ini langit cerah.
Bintang-bintang cemerlang menghiasi langit.
Siti, ayah, dan ibu duduk di teras.
Mereka menikmati suasana malam.
Jagung dibakar sebagai kudapan.
Menambah kesan pengalaman melihat bintang.
Siti teringat lagu yang sering dinyanyikan sejak kecil.
Siti bersenandung menyanyikan lagi bintang kecil.


Ayo Berlatih


Gambarlah bintang-bintang sesuai yang diperintahkan.
Selanjutnya, jumlahkan bintang-bintang itu.
Lakukan sesuai contoh.


Kamis, 26 Januari 2023

Tema 5 Subtema 4 Pembelajaran 4 dan 5

 


Hari/Tanggal        : Kamis, 26 Januari 2023

Tema                    : 5 ( Pengalamanku )

Subtema               : 4 ( Pengalaman yang Berkesan )

Pembelajaran        : 4 dan 5 

Alat Peraga           : Gambar

Kompetensi Dasar : PPKN, Bahasa Indonesia, MTK dan SBdP. 



Tabik Pun 🙏

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness. 😍


Pembelajaran 4
Tujuan Pembelajaran :
1. Peserta didik dapat menuliskan ungkapan kasih sayang terhadap ibu dengan tepat.
2. Peserta didik dapat mengekspresikan ungkapan kasih sayang dalam puisi dengan tepat.
3. Peserta didik dapat mengenal bahan dan peralatan yang dibutuhkan untuk membuat pigura dengan hiasan dari kulit telur.
4. Peserta didik dapat membuat pigura dengan hiasan dari kulit telur dengan rapi dan indah.

Materi Pembelajaran :

• Pengalaman membaca puisi tentang ibu.
• Pengalaman membuat pigura dengan hiasan kulit telur

Ayo Membaca
Siti sangat menyayangi ibunya.
Ibu Siti adalah wanita yang sangat lembut.
Ibu Siti selalu ramah dan baik hati.
Siti memiliki banyak pengalaman bersama ibunya.
Pengalaman yang membuat Siti semakin kagum
dan menghormati ibunya.
Siti pernah menuliskan sebuah puisi untuk ibunya.

Ayo, kita baca puisi Siti untuk ibunya.


Ayo Mengamati

Membuat pigura foto dengan hiasan kulit telur

Hiasan itu indah sekali.
Siti ingin membuat pigura dengan hiasan kulit telur.
Siti menyiapkan:
1. Kulit telur yang sudah dibersihkan.
2. Kardus bekas yang cukup tebal.
3. Lem kayu.
4. Penggaris. 
5. Pensil.

Pembelajaran 5
Tujuan Pembelajaran:
1. Peserta didik dapat menemukan kata-kata yang ada dalam syair lagu dengan tepat.
2. Peserta didik dapat membuat kalimat menggunakan kata-kata dari syair lagu dengan tepat.
3. Peserta didik dapat menjelaskan cara penjumlahan dua bilangan cacah dengan hasil maksimal 40 menggunakan benda konkret.
4. Peserta didik dapat menentukan hasil penjumlahan dua bilangan cacah dengan hasil maksimal 40 dengan bantuan benda konkret.

Materi Pembelajaran :
 • Pengalaman menyanyikan lagu Bintang Kecil bersama-sama
• Pengalaman menjumlah dua bilangan cacah sampai dengan 40




Ayo Bernyanyi

Malam ini langit cerah.
Bintang-bintang cemerlang menghiasi langit.
Siti, ayah, dan ibu duduk di teras.
Mereka menikmati suasana malam.
Jagung dibakar sebagai kudapan.
Menambah kesan pengalaman melihat bintang.
Siti teringat lagu yang sering dinyanyikan sejak kecil.
Siti bersenandung menyanyikan lagi bintang kecil.


Ayo Berlatih


Gambarlah bintang-bintang sesuai yang diperintahkan.
Selanjutnya, jumlahkan bintang-bintang itu.
Lakukan sesuai contoh.


Rabu, 25 Januari 2023

Tema 5 Subtema 4 Pembelajaran 2 dan 3

 


Hari/Tanggal        : Rabu, 25 Januari 2023

Tema                    : 5 ( Pengalamanku )

Subtema               : 4 ( Pengalaman yang Berkesan )

Pembelajaran        : 2 dan 3 

Alat Peraga           : Gambar

Kompetensi Dasar : PPKN, Bahasa Indonesia dan MTK. 



Tabik Pun 🙏

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness. 😍

Pembelajaran 2
Tujuan Pembelajaran :
1. Peserta didik dapat menuliskan ungkapan rasa persahabatan dengan tepat.
2. Peserta didik dapat mengekspresikan ungkapan rasa persahabatan dengan tepat.

Materi Pembelajaran :
• Pengalaman membaca dan membuat puisi untuk sahabat

Ayo Membaca
Siti berhasil melakukan gerakan keseimbangan. Bapak guru memujinya.
Siti bersyukur. Dukungan teman-teman membuat Siti berani mencoba lagi.
Siti merasa senang memiliki teman seperti Lani dan Dayu.
Di kelas, Siti menulis puisi tentang persahabatan.
Ayo, baca puisi karangan Siti.

Terima Kasih Sahabatku Sahabatku. Aku sangat beruntung. Aku miliki sahabat sepertimu. Senang kita bersama. Susah pun bersama. Terima kasih Sahabatku. Aku senang bermain bersamamu. Kamu pun hibur aku saat masa sulitku.

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.
1. Apakah judul puisi yang ditulis oleh Siti?
_______________________________________________
2. Bagaimana perasaan Siti memiliki sahabat?
_______________________________________________
3. Dalam keadaan bagaimana sahabat selalu
bersama dengan Siti?
_______________________________________________
4. Kepada siapa Siti mengucapkan terima kasih
dalam puisinya?
_______________________________________________
5. Mengapa Siti mengucapkan terima kasih?


Pembelajaran 3
Tujuan Pembelajaran :
1. Peserta didik dapat menuliskan ungkapan kekaguman terhadap kondisi alam yaitu hujan, dengan tepat.
2. Peserta didik dapat mengidentifikasi masalah-masalah dalam kehidupan sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dua bilangan cacah sampai dengan 40 dengan tepat.
3. Peserta didik dapat menyebutkan contoh kegiatan kerja sama dalam keberagaman di rumah dengan tepat.

Materi Pembelajaran :
• Pengalaman mengenal ungkapan kekaguman dalam lagu Hujan Rintik Rintik.
• Pengalaman mengenal masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dua bilangan cacah dengan hasil
   maksimal 40.
• Pengalaman kerja sama saat ada anggota keluarga yang sakit.

Ayo Mengamati

Hujan turun rintik-rintik.
Edo dan Beni sedang bermain di halaman rumah Beni.
Saat itu matahari masih bersinar.
Tiba-tiba Edo dan Beni melihat pelangi.
Mereka senang dan bersorak melihat pelangi yang indah.
Ini merupakan pengalaman mereka yang pertama.
Pengalaman ini sangat mengesankan bagi mereka.
Mereka melompat-lompat senang sambil bernyanyi.

Ayo Berdiskusisi

Beni dan Edo menampung air hujan dengan ember.
Mereka menampungnya ke dalam dua ember.
Sekarang ember-ember itu sudah penuh.
Beni dan Edo memasukkan bola plastik ke dalam ember-ember itu.
Beni memasukkan 13 bola ke dalam ember merah.
Edo memasukkan 10 bola ke dalam ember biru.
Mereka menghitung semua bola di ember merah dan biru.



Bagaimanakah cara menghitung semua bola di dalam ember biru dan merah? Diskusikan dengan temanmu.  

Ayo Mencoba

1. Dayu melihat ada 10 burung nuri dan 16 burung kakaktua. 
    Berapa banyak burung yang ada di kandang burung tersebut?
2. Siti melihat ada 11 orang utan dewasa dan 18 anak orang utan. 
    Berapa banyak orang utan yang ada di kandang itu?
3. Di depan kandang gajah, ada 15 pengunjung laki-laki dan 13 pengunjung perempuan.
    Berapakah banyak pengunjung yang ada di kandang gajah?
4. Di sekitar tempat sampah ada 14 sampah. Diatas tutup tempat sampah ada 10 sampah.
    Berapa banyak sampah tersebut?
5. Sebelum pulang, Beni menghitung buaya yang ada di kandang. 
    Ada 11 buaya di dalam air dan 13 buaya di luar kolam. 
    Berapa banyak buaya yang ada di kandang tersebut?

Ayo Mengamati
Tulis huruf B untuk kalimat yang sesuai dengan cerita Edo Sakit.
Tulis S untuk kalimat yang tidak sesuai.

Sepulang dari kebun binatang Edo merasa baik-baik saja.

Edo dibawa ke dokter oleh ayah dan ibunya.

Edo sakit flu.

Ayah dan ibu memarahi Edo karena terlalu lelah main hujan dan pergi ke kebun
binatang.

Seluruh keluarga Edo bekerja sama merawat selama Edo sakit.

Ibu membuatkan sup untuk Edo.

Ayah membiarkan Edo lupa minum obat.

Ayah dan ibu menyayangi Edo.

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.
 

Risky Melina Sari Template by Ipietoon Cute Blog Design