Rabu, 22 Mei 2024

P5 dan Pendidikan Pancasila

      


Hari/Tanggal        : Rabu, 22 Mei 2024

Mata Pelajaran     : P5 dan Pendidikan Pancasila 

Alat Peraga           : Gambar dan PPT / Video Pembelajaran 




Tabik Pun 🙏 

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness. 😍


Kegiatan P5 

“AKU CINTA KEBERAGAMAN”

Tema : Bhineka Tunggal Ika


AKTIFITAS 5 

Kebhinekaan (Sejarah, Makna, Fungsi dan contoh Bhineka Tunggal Ika)

Mengenal Nilai Penting Kebhinekaan 

Dimensi           : Berkebhinekaan Global

Tujuan             : Peserta didik mampu memerankan tokoh berdasarkan di dalam teks cerita


Kegiatan Awal

Drama Bully

Scane 3

Setelah pelajaran selesai, jam istirahat membuat semua murid bebas daripelajaran dan tugas dan bebas untuk makan dan minum dikantin.

 

Radit :Mau kekantin gak ?

Tenza dan Alfin : Engga ah, gak nafsu makan Aku

 

Setelah itu, mereka melihat Lestari yang sedang merapihkan buku – bukunya. Mereka teringat dengan rencana yang mereka buat tadi pagi. Danmereka menghampiri Lestari.

 

Tenza, Alfin, dan Radit : Hei  (nada ramah)

 

Lestari :  (sambil menundukan kepalanya.)

Radit Heh, kita sapa baik baik juga bukanya di bales ! susah bangesihngejawab doang!”.

 

(Lestari yang terdiam, langsung berjalan melewati mereka bertiga.)

 

Tenza :  Heh, main pergi aja ! sok banget jadi murid baru, merasa banggaya !” (sambil menarik lengan Lestari kasar)

 

Halimah yang melihat dan mendengar Lestari di bentak, langsung pergi menghampiri Mereka berempat.

 

Halimah : “ Eh, ada apa ini ?”.

Alfin : “Bukan masalah kau ya! Jadi diem !”

Halimah :  Tapi kalian gak bisa gitu dong. Ngebentak dia seenaknya, diakan masih baru jadi

Tenza : “Iya iya Aku tau, udah gak usah di lanjutin ceramahnya ! cape Akudengernya“ (sambil melepas lengan Halimah )

 Scane 4

Ketika pagi saat Lestari ingin berangkat sekolah dan berpamitan dengan ayah dan Ibunya.

Lestari:” Pak, tari berangkat kesekolah dulu ya.”(berpamitan mencium tangan ayah dengan wajah murung)

Ayah Tari:” Koe ngopo tho ndok? arep mangkat sekolah kok rak semangat ngono tho?” (memegang kepala lestari)

Ibu Tari Yo ngopo koe ndok? Kok lemes, sakit opo? (melihat ke arah Tari)

Lestari :” ndak papa kq Pak, Bu Tari cuma cape dan ngantuk aj” (sambil mencium tangn ibu dan berjalan pergi ke sekolah)

Ibu : “Hati – hati ndok, sing semangat yo” (sambil berteriak)

Di waktu yang sama namun tempat yang berbeda ada Tenza yang sedang menikmati sarapan paginya dan menanti kedua orang tuanya.

Tenza:” Ma, Pa sarapan bareng yok!”

(mama dan papa mendekati meja makan sambil mengambil sebuah roti)
Papa: “Papa udah telat ni ada meeting di kantor. Papa berangkat duluan ya (seraya mengusap kepala Tenza)

Mama:”Mama juga mau berangkat ni, ada janji sama client”(sambil menyodorkan tangannya ke Tenza untuk di salam)

Lagi – Lagi Tenza kecewa tidak dapat merasakan sarapan bersama kedua orang tuanya dan merasa kurang diperhatikan.

 


Pendidikan Pancasila

Elemen CP: Pola Hidup Gotong Royong 

Peserta didik mampu menampilkan sikap kerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.

Tujuan Pembelajaran : 

Peserta didik mampu menampilkan sikap kerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.

Alur Tujuan Pembelajaran : 

Peserta didik memahami arti, tujuan dan manfaat gotong royong. 

Materi Pembelajaran 


BENTUK PELAKSANAAN GOTONG ROYONG

1. Contoh Gotong Royong di Rumah

1. Gotong royong membersihkan halaman rumah.

2. Gotong royong membersihkan mainan bersama saudara di rumah.

3. Memasak bersama orang tua untuk makan di pagi hari, siang, atau malam.

4. Membantu merawat tanaman dengan menyiraminya setiap pagi atau sore hari.

5. Membantu adik belajar dan mengerjakan tugas sekolahnya.

6. Merawat hewan peliharaan bersama-sama dengan saudara dan orang tua.

2. Contoh Gotong Royong di Rumah

1. Mengadakan acara bakti sosial di lingkungan sekitar sekolah.

2. Bergotong royong membuat prestasi baru dalam berbagai bidang.

3. Bekerja sama menjaga nama baik sekolah dengan menjaga tindakan selama di sekolah atau di luar sekolah.

4. Membersihkan tempat ibadah yang ada di lingkungan sekolah.

5. Mengumpulkan sampah yang berserakan dan membuang pada tempatnya.

3. Contoh Gotong Royong di Lingkungan Masyarakat

1. Kerja bakti membersihkan lingkungan sekitar.

2. Membantu membangun rumah warga yang terkena musibah.

3. Gotong royong dalam membangun fasilitas umum di lingkungan sekitar, seperti jalan atau jembatan.

4. Saling membantu warga masyarakat yang terkena musibah.

5. Gotong royong dalam membersihkan tempat yang terkena musibah, seperti banjir atau tanah longsor.

Pentingnya Membangun TIM  dan Mengelola Gotong Royong

Pentingnya untuk membangun tim dalam menentukan tugas yang harus dilakukan untuk lebih teratur dan terarah, sehingga pekerjaan yang dilakukan bersama dapat sesuai dengan tujuan yang diharapkan. apabila dalam gotong royong tidak dikelola dengan baik, akan menyebabkan ketidakteraturan dalam pengerjaannya.

Berikut ini beberapa cara untuk membangun kekompakan dalam kelompok atau tim.

1. Ciptakan komunikasi yang baik dan lancar

2. Hadirlah suasana yang nyaman dan terbuka

3. Jalin hubungan yang baik

4. Berikan kepercayaan pada orang lain dalam mengerjakan tugasnya

5. Saling menghargai

6. Tugas dan peran diperjelas

7. Berikan contoh yang baik

8. Berikan apresiasi dan terimakasih


Berikut video Pembelajaran : 


0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.
 

Risky Melina Sari Template by Ipietoon Cute Blog Design