Jumat, 26 Februari 2021

Jumat, 26 Februari 2021 (Menemukan Informasi Berkaitan Penghematan Energi)

Bahan Ajar Tema 6 Subtema 4 PB 6

Hari/Tanggal        : Jum,at, 26 Februari 2021

Kelas                    : 3 

Tema                    : 6 (Energi dan Perubahan)

Subtema               : 4 (Penghematan Energi)

Pembelajaran        :  6

Alat Peraga           : Gambar dan Video

Kompetensi Dasar : 

B. Indonesia : 3.2 Menggali informasi tentang sumber dan bentuk energi yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.

PPKN : 3.2 Mengidentifikasi kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga sekolah.

MTK : 3.6 Menjelaskan dan menentukan luas dan volume dalam satuan tidak baku dengan menggunakan benda konkret.

Tujuan Pembelajaran:
1. Siswa dapat menemukan pokok-pokok informasi yang berkaitan dengan penghematan energi dengan tepat.
2. Siswa dapat memberikan contoh kewajiban sebagai warga sekolah sesuai konteks pembelajaran dengan tepat.
3. Siswa dapat menjelaskan cara menentukan luas dalam satuan tidak baku menggunakan benda konkret dengan benar.


Assalamualaikum Wr Wb 

Selamat pagi anak sholeh dan sholeha? Apa kabar hari ini? 

Semoga kalian selalu menjaga kesehatan dan rajin berolahraga ya nak agar tubuh kita sehat dan tidak mudah terserang penyakit serta semoga kita semua selalu dalam lindungan allah swt amin ya rabbal alamin 

Baiklah sebelum kita melanjutkan materi pembelajaran hari ini, jangan lupa untuk anak-anak melaksanakan sholat duha, murojaah pagi dan mendengarkan tausyiah serta tak lupa untuk melaksanakan sholat 5 waktunya ya nak... 

Berikut penjelasan dan jawban yang tepat pada soal latihan Hari kamis : 

1. Hak :  Mendapatkan air bersih 
    Kewajiban : Menggunakan air dengan bijak


2. Hak : Mendapatkan lingkungan yang sehat
    Kewajiban : Menjaga lingkungan dari pencemaran 


3. Hak : Mendapatkan lingkungan yang asri

    Kewajiban : Merawat dan menjaga tanaman 

Yuk kita melanjutkan materi pembelajaran 6 di bawah ini 💪

Simak Video pembelajaran ibu guru ya nak 



Setelah anak-anak menyimak materi pembelajaran hari ini.
Kerjakanlah tugas hari ini.


Tugasmu!

Kerjakan latihan buku cerdas/ tematik halaman 57 - 58 

Kerjakan bagian 1 pilihan ganda saja bagian (PPKN, B.INDO, MTK dan SBDP )

Jika tidak memiliki buku cerdas kerjakan di buku latihan tema dengan menulis jawabannya saja 




Pengiriman Tugas: 

1. Mengirimkan dokumentasi foto beribadah (grup Wa)
2. Mengumpulkan dokumentasi foto telah mengerjakan latihan soal  (Chat pribadi)
3. Absen pagi pada kolom komentar anak-anak  yang  hebat 👍
4. Pengumpulan tugas ditunggu paling lambat jam 13.00 wib 

Terimakasih atas kerjasamanya, semoga berhasil 💪





Kamis, 25 Februari 2021

Kamis, 25 Februari 2021 (Hak dan Kewajiban dalam Menggunakan Sumber Energi)

 Bahan Ajar Tema 6 Subtema 4 PB 4 dan 5

Hari/Tanggal        : Kamis, 25 Februari 2021

Kelas                    : 3 

Tema                    : 6 (Energi dan Perubahan)

Subtema               : 4 ( Penghematan Energi )

Pembelajaran        :  4 dan 5

Alat Peraga           : Gambar 

Kompetensi Dasar : 

B. Indonesia : 3.2 Menggali informasi tentang sumber dan bentuk energi yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.

PPKN : 3.2 Mengidentifikasi kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga sekolah.

 MTK : 3. 6 Menjelaskan dan menentukan luas dan volume dalam satuan tidak baku dengan menggunakan benda konkret.

Tujuan Pembelajaran:
1. Setelah membaca, siswa dapat menjelaskan informasi yang berkaitan dengan penghematan energi dengan benar.
2. Siswa dapat menuliskan pengalaman melaksanakan kewajiban dengan benar.
3. Setelah mengamati contoh, siswa dapat menyebutkan cara menentukan luas dalam satuan tidak baku dengan menggunakan benda konkret dengan benar.


Assalamualaikum Wr Wb 

Selamat pagi anak sholeh dan sholeha? Apa kabar hari ini? 

Semoga kalian selalu menjaga kesehatan dan rajin berolahraga ya nak agar tubuh kita sehat dan tidak mudah terserang penyakit serta  semoga kita semua selalu dalam lindungan allah swt amin ya rabbal alamin 

Baiklah sebelum kita melanjutkan materi pembelajaran hari ini, jangan lupa untuk anak-anak melaksanakan sholat duha, murojaah pagi dan mendengarkan tausyiah serta tak lupa untuk melaksanakan sholat 5 waktunya ya nak... 

Yuk kita lanjut materi pembelajaran hari ini, semangat belajar 💪  


Setiap hari Udin dan Edo berangkat ke sekolah. Keduanya ke sekolah dengan berjalan kaki. Siti dan Dayu ke sekolah juga berjalan kaki. Ada juga teman Udin ke sekolah naik sepeda.  
Bersepeda atau berjalan kaki bersama teman merupakan kegiatan yang menyenangkan.  Bersepeda menghemat energi bahan bakar  minyak. Karena berjalan dan bersepeda tidak membutuhkan bahan bakar minyak. 
Menggunakan transportasi umum termasuk menghemat bahan bakar minyak. Penggunaan transportasi umum mengurangi penggunaan kendaraan pribadi. Semakin banyak orang menggunakan transportasi umum, semakin banyak penghematan bahan bakar minyak. 

Isilah titik-titik berikut berdasarkan bacaan di atas!

1. Sebutkan jumlah kegiatan menghemat energi di atas?
Jawab : Ada tiga kegiatan yaitu berjalan kaki,bersepeda,dan menggunakan tranfortasi umum.

2. Apa saja yang termasuk kegiatan menghemat energi?
Jawab : Berangkat ke sekolah dengan berjalan dan menggunakan tranfortasi umum.

3. Energi apakah yang dihemat?
Jawab: Energi yang dihemat adalah bahan bakar minyak.

4. Mengapa menggunakan kendaraan umum termasuk menghemat energi?
Jawab: Karena semakin banyak orang menggunakan tranfortasi umum semakin banyak penghematan bahan bakar minyak

5. Mengapa kalian perlu menghemat energi? 
Jawab: Kita harus menghemat energi agar tercipta ketersediaan energi tetap terjaga dimasa sekarang maupun dimasa mendatang.

Ayo Menulis

Ingatkah kamu dengan kegiatan menghemat energi yang sudah dilakukan?
Manakah kegiatan berikut yang sudah kamu lakukan?


Ayo Berdiskusisi

Kalian berhak memanfaatkan energi yang tersedia di alam. Kalian berkewajiban menjaga energi yang tersedia di alam. Menjaga kesediaan energi termasuk menjaga kehidupan.

Diskusikan hal berikut bersama orangtuamu!

1. Tuliskan hak yang telah kamu peroleh berkaitan dengan energi!
Hak yang diperoleh : Sebagai masyarakat pemerintah sudah memberikan ketersediaan energi yang cukup, Kemudahan dalam menggunakan energi misalnya listrik, energi yang diperoleh cukup baik. 

2. Tuliskan kewajiban yang telah kamu lakukan berkaitan dengan energi!
Kewajban yang dilakukan : menjaga ketersediaan energi dengan bijak, tidak boros menggunakan energi yang sudah ada, menggunakan energi yang sudah ada seperlunya saja. 


Ayo Berlatih

Udin dan teman-teman ikut serta menjalankan kewajiban menjaga lingkungan.
Udin dan teman-teman menanam pohon di sekitar sekolah.
Udin dan teman-teman menanam pohon di bagian  yang diberi warna.
Lihatlah bagian yang diberi warna!
Dapatkah kamu menghitung luas bagian yang ditanami Udin? 

Jadi, luas bagian yang akan ditanami Udin adalah 9 persegi satuan.

Coba hitung luas bagian berikut ini!

 Luas bagian 17 persegi satuan


 Luas bagian 17 persegi satuan


Tugasmu!

Hak dan kewajiban harus dilakukan secara seimbang. Agar semua dapat berjalan dengan baik.
Perhatikan gambar berikut!
Tuliskan hak dan kewajiban agar tidak terjadi hal seperti pada gambar!

Contoh : 
 Hak : Mendapatkan sumber energi makanan 
 Kewajiban : Menghabiskan makanan yang sudah di ambil. 

Selanjutnya anak-anak dapat mengerjakan soal latihan mengenai hak dan kewajiban yang sesuai pada gambar di bawah ini!
Tulislah menggunakan tulisan tegak bersambung dan buatlah gambarnya. 

1. Hak :  ............
    Kewajiban : ............

2. Hak : ...........
    Kewajiban : .........

3. Hak : ...........
    Kewajiban : ........


Pengiriman Tugas: 

1. Mengirimkan dokumentasi foto beribadah (grup Wa)
2. Mengumpulkan dokumentasi foto telah mengerjakan latihan soal  (Chat pribadi)
3. Absen pagi pada kolom komentar anak-anak  yang  hebat 👍
4. Pengumpulan tugas ditunggu paling lambat jam 13.00 wib 

Terimakasih atas kerjasamanya, semoga berhasil 💪

Rabu, 24 Februari 2021

Rabu, 24 Februari 2021 (Membuat Karya Teknik Potong, Lipat dan Sambung)

 

Bahan Ajar Tema 6 Subtema 4 PB 2 dan 3

Hari/Tanggal        : Rabu, 24 Februari 2021

Kelas                    : 3 

Tema                    : 6 (Energi dan Perubahan)

Subtema               : 4 (Penghematan Energi)

Pembelajaran        :  2 dan 3

Alat Peraga           : Gambar dan Video

Kompetensi Dasar : 

PPKN : 3.2 Mengidentifikasi kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga sekolah.

SBdP : 3.4 Mengetahui Teknik potong, lipat, dan sambung.

MTK : 3.8 Menjelaskan dan menentukan luas dan volume dalam satuan tidak baku dengan menggunakan benda konkret.

Tujuan Pembelajaran:
1. Siswa dapat mengetahui sikap berprilaku baik dari gambar.
2. Siswa dapat membuat karya seni dari teknik potong, lipat, dan sambung.
3. Siswa dapat menentukan luas dan volume dalam satuan tidak baku

Assalamualaikum Wr Wb 

Selamat pagi anak sholeh dan sholeha? Apa kabar hari ini? 

Semoga kalian selalu menjaga kesehatan dan rajin berolahraga ya nak agar tubuh kita sehat dan tidak mudah terserang penyakit serta semoga kita semua selalu dalam lindungan allah swt amin ya rabbal alamin 

Baiklah sebelum kita melanjutkan materi pembelajaran hari ini, jangan lupa untuk anak-anak melaksanakan sholat duha, murojaah pagi dan mendengarkan tausyiah serta tak lupa untuk melaksanakan sholat 5 waktunya ya nak... 

Berikut penjelasan dan jawban yang tepat pada soal latihan Hari Selasa :

Yuk kita lanjut materi pembelajaran hari ini, semangat belajar 💪 

Ayo Mengamati

Hemat adalah sikap yang sesuai dengan pengamalan sila ke-5 Pancasila. Contoh butir pengamalannya adalah tidak menggunakan hak milik untuk hal-hal yang bersifat pemborosan.

Perhatikan gambar berikut!

Apa pendapatmu tentang perilaku anak pada gambar tersebut?
Perilaku anak pada gambar tidak sesuai dengan  sila ke-5 Pancasila. Tuhan juga memerintahkan  manusia agar tidak melakukan pemborosan. Seseorang yang melakukan pemborosan berarti tidak peduli dengan orang lain. Selain itu, juga tidak peduli dengan alam yang kita tempati.  Padahal, alam ini merupakan tempat tinggal semua makhluk hidup.

Dari gambar di atas ada saran perbaikan untuk perilaku tersebut, yaitu: 

Perilaku pemborosan : Bermain mainan yang menggunakan energi listrik
Saran perbaikan         : Bermain permainan yang tidak menggunakan energi listrik


Ayo Berkreasi!

Hari ini, Udin dan teman-teman membuat kipas. Kipas dibuat dari karton bekas. Udin dan teman-teman memanfaatkan karton bekas untuk  membuat karyanya. Kipas dari karton bekas tidak memerlukan listrik. Udin dan teman-teman latihan berhemat. Berhemat listrik dan kertas. Berhemat  listrik artinya menghemat energi. 
Dapatkah kalian membuat kipas seperti Udin? Buat kipas seperti contoh berikut!

Siapkan peralatan seperti berikut.
1. Karton bekas untuk cetakan kipas
2. Tali rafia/pita
3. Gunting
4. Lem
5. Stik es krim bekas, batang bambu, atau karton yang lebih tebal untuk pegangan kipas
6. Pembolong kertas.

Tahap Membuar Kipas 
                      
1. Buatlah cetakan kipas karton sebanyak 2 buah.Buatlah dengan ukuran sama panjang.                                               
                                                                         
2.Lubang selurah pinggiran karton.
     
3. Tempelkan pegangan kipas pada salah satu permukaan karton.                                                                       

           
4.Tempelkan satu karton lainnya dengan cara dijahit, guanakan tali rafia atau pita.                                                               
Kipas buatan udin dan teman -teman.

Ayo Berlatih 

Udin dan teman teman telah selesai membuat kipas dari bahan karton.

Untuk mencari luas pada gambar berikut, Hitunglah semua jumlah kotak yang berwarna merah. 
 Luas kipas udin adalah 22 persegi satuan

 Luas kipas Edo adalah 14 persegi satuan  

 Luas kipas Beni adalah 11 persegi satuan.


Ayo Berlatih !

Barang bekas yang dimanfaatkan menjadi benda lain termasuk sikap berhemat. 
Air yang digunakan secukupnya termasuk menghemat energi.

Perhatikan gambar berikut!


Jawablah pertanyaan berdasarkan gambar!

1. Apa yang sedang mereka lakukan?
Jawab : Mereka sedang mengantri untuk mendapatkan air bersih 

2. Mengapa mereka melakukannya?
Jawab: Kekurangan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari

3. Di mana kejadiannya? 
Jawab: Biasanya terjadi di desa-desa terpencil

Untuk materi lebih jelas simak video pembelajaran 3 pada link berikut ini ya nak 



Tugasmu!

Masih ingatkan kamu dengan materi pembelajaran 1 membuat karya seni dari teknik potong, lipat, dan sambung.
Sekarang anak-anak dapat membuat sebuah kreasi dari teknik potong, lipat, dan sambung tersebut.
Anak-anak boleh memilih salah satu dari 2 contoh karya seni membuat Kincir Angin atau Kipas dari bahan karto.

Pilihan 1 Membuat Kincir Angin 

 

Pilihan 2 Membuat Kipas dari Bahan Karton 

 

PILIH SALAH SATU DARI KARYA MEMBUAT KINCIR ANGIN ATAU KIPAS



Pengiriman Tugas: 

1. Mengirimkan dokumentasi foto beribadah (grup Wa)
2. Mengumpulkan dokumentasi foto telah membuat karya seni (Grup WA)
3. Absen pagi pada kolom komentar anak-anak  yang  hebat 👍
4. Pengumpulan tugas ditunggu paling lambat jam 13.00 wib 

Terimakasih atas kerjasamanya, semoga berhasil 💪

Selasa, 23 Februari 2021

Selasa, 23 Februari 2021 ( Menghemat Energi )

Bahan Ajar Tema 6 Subtema 4 PB 1

Hari/Tanggal        : Selasa, 23 Februari 2021

Kelas                    : 3 

Tema                    : 6 (Energi dan Perubahan)

Subtema               : 4 ( Penghematan Energi )

Pembelajaran        :  1

Alat Peraga           : Gambar 

Kompetensi Dasar : 

B.Indonesia : 3.2 Menggali informasi tentang sumber dan bentuk energi yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.

SBdP : 3.2 Membuat karya dengan Teknik potong, lipat, dan sambung.

MTK : 3.6 Menjelaskan dan menentukan luas dan volume dalam satuan tidak baku dengan menggunakan benda konkret.

Tujuan Pembelajaran:
1. Siswa dapat mengetahui tentang menghemat energi 
2. Siswa dapat berkreasi membuat karya dari seni potong dan lipat
3. Siswa dapat mengetahui luas dan volume dalam satuan tidak baku dengan menggunakan benda konkret.  
 

Assalamualaikum Wr Wb 

Selamat pagi anak sholeh dan sholeha? Apa kabar hari ini? 

Semoga kalian selalu menjaga kesehatan dan rajin berolahraga ya nak agar tubuh kita sehat dan tidak mudah terserang penyakit serta semoga kita semua selalu dalam lindungan allah swt amin ya rabbal alamin 

Baiklah sebelum kita melanjutkan materi pembelajaran hari ini, jangan lupa untuk anak-anak melaksanakan sholat duha, murojaah pagi dan mendengarkan tausyiah serta tak lupa untuk melaksanakan sholat 5 waktunya ya nak... 

Pembahasan Soal Penilaian Harian Tema 6 Subtema 3 

PPKN: KD 3.2

1. Menikmati energi yang tersedia merupakan ... manusia.

a. hak                                      c. tugas

b. kewajiban                            d. kegemaran

2. Sikap peduli energi di lingkungan sekolah dapat dilakukan dengan cara ...

a. bermain setelah pulang sekolah

b. berlarian di dalam kelas

c. mematikan kran air setelah digunakan

d. bemain air saat berwudhu

B.Indo : KD 3.2

3. Salah satu ciri-ciri energi alternatif adalah ..

a. biaya penggunaannya mahal

b. dapat digunakan berulang-ulang

c. jumlahnya sedikit

d. susah dicari

4. Briket dapat dibuat dari bahan-bahan berikut, kecuali ..

a. bamboo                                c. batok kelapa

b. serabut gergaji                     d. kotoran sapi

5. Alat yang berfungsi mengubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik adalah ...

a. panel surya                          c. turbin

b. generator                             d. kincir

6. Energi yang terdapat pada energi surya adalah ...

a. energi bunyi             c. energi panas

b. energi kimia             d. energi gerak

MTK : KD 3.6

7. Bila 1 briket dapat digunakan untuk 4 jam, maka 4 briket dapat digunakan ...

a. 4 jam                                    c. 12 jam

b. 8 jam                                   d. 16 jam

8. Udin bermain layang-layang dari pukul 15.30 sampai dengan pukul 16.00. Lama Udin bermain layang-layang adalah ..

a. 15 menit                              c. 45 menit

b. 30 menit                             d. 60 menit

SBdP : KD 3.2

9. Contoh karya seni dekoratif adalah ..

a. patung                                 c. kolase

b. lukisan                                d. gambar cerita

10. Motif tumbuhan, hewan, manusia yang bentuknya dapat diubah tetapi masih dikenal ciri khasnya disebut ...

a. simbol nada

b. simbol

c. gambar imajinatif

d. gambar dekoratif

Yuk kita lanjut materi pembelajaran hari ini, semangat belajar 💪  

Menghemat Energi

Kalian sudah mengetahui bahwa kesediaan energi semakin berkurang. Penggunaan energi alternatif perlu dipikirkan. Energi alternatif untuk menjaga kesediaan energi. Kalian harus ikut serta menjaga kesediaan energi. Caranya dengan menghemat penggunaan energi.

Ada beberapa cara untuk menghemat energi. Cara tersebut dapat kalian lakukan. Misalkan menggunakan air dan listrik secukupnya. Berjalan kaki atau naik sepeda untuk pergi ke sekolah. Menggunakan kendaraan umum juga cara menghemat energi.

Ayo, pelajari bersama cara menghemat energi. Menghemat energi untuk menjaga kesediaannya.
Menghemat energi juga untuk menjaga lingkungan. Agar lingkungan tetap sehat.

Ayo Membaca


Menghemat Penggunaan Listrik.

Rumah Dayu sangat asri dan bersih. Banyak tanaman di halaman rumahnya. Setiap sore hari Dayu dan keluarga menyirami tanaman. Pagi hari Dayu dan keluarga membersihkan rumah. Semua jendela dibuka. Agar sinar matahari dapat masuk ke dalam rumah.
Pepohonan di rumah Dayu sangat subur dan rimbun. Pepohonan membuat teduh lingkungan di sekitarnya. Pepohonan membuat udara di sekitarnya bersih.

Jendela dan lubang udara di rumah Dayu banyak. Jendela dan lubang udara berguna untuk keluar masuknya udara. Selain itu, rumah Dayu menjadi terang pada pagi dan siang hari. Sinar matahari dapat masuk ke dalam rumah melalui jendela dan lubang udara.

Udara di dalam rumah selalu terjaga kebersihannya. Akhirnya lingkungan menjadi sejuk. Udara yang terjaga kebersihannya membuat lingkungan sehat.
Rumah Dayu tidak memerlukan pendingin ruangan. Dengan demikian, Dayu dan keluarga ikut menjaga ketersediaan energi. Dayu dan keluarga menghemat penggunaan energi listrik. Selain itu, biaya listrik menjadi murah.

Ayo Berlatih

Kalian telah membaca wacana di atas. Sekarang, jawablah pertanyaan berikut!

1. Sebutkan hal-hal yang dilakukan Dayu dan keluarga untuk menghemat energi!
Jawab : 
a. Rumah Dayu memiliki pepohonan yang teduh 
b. Jendela dan lubang udara di rumah Dayu banyak

2. Sebutkan manfaat yang diperoleh dengan menghemat energi!
Jawab: 
a. kita telah membuat gerakan ramah lingkungan
b. biaya listrik jadi lebih murah 

3. Mengapa menanam pohon termasuk kegiatan menghemat energi?
Jawab: .................. 

Yuk untuk jawaban nomor 3 kalian bisa menjawab pada kolom komentar di bawah postingan blogger ya nak 💪

Ayo Berkreasi

Edo dan Beni akan membuat kincir angin. Alat dan bahan yang disiapkan adalah sebagai berikut.
Siapkan :

 




Ayo Berlatih

Kertas Beni lebih besar dari kertas Edo. Jadi keliling kertas Beni berbeda dari kertas Edo.
Akibatnya luas kertas Beni berbeda dari kertas Edo. Kalian sudah belajar cara menentukan keliling.
Dapatkah kamu menentukan luas kertas Beni dan Edo?
Perhatikan kembali cara menentukan keliling dan luas dengan menggunakan alat ukur tidak baku.


Setelah mengetahui kelilingnya kita dapat menghitung luas dengan menggunakan persegi satuan.



Tugasmu!

Kerjakanlah latihan soal berikut ini.
Hitunglah seluruh jumlah luas pada gambar berikut.



Pengiriman Tugas: 

1. Mengirimkan dokumentasi foto beribadah (grup Wa)
2. Mengumpulkan dokumentasi foto telah mengerjakan latihan tema (Chat Pribadi)
3. Absen pagi pada kolom komentar dan jangan lupa jawabpertanyaan di atas ya anak-anak  yang  hebat 👍
4. Pengumpulan tugas ditunggu paling lambat jam 13.00 wib 

Terimakasih atas kerjasamanya, semoga berhasil 💪

Diberdayakan oleh Blogger.
 

Risky Melina Sari Template by Ipietoon Cute Blog Design