Guru Kelas 4B Sd Al Azhar 2
Youtube Chenel: risky melina
Senin, 26 Agustus 2024
Matematika dan IPAS
Hari/Tanggal : Selasa, 27 Agustus 2024
Mata Pelajaran : Matematika dan IPAS
Alat Peraga : Gambar dan PPT
Tabik Pun 🙏
Good morning my lovely students. How are you this morning?
Hopely you are healthy and happiness. 😍
ELEMEN DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN :
MATEMATIKA : Bilangan
Pada akhir fase B, peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan.peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000. Mereka dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar dan simbol matematika. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan kelipatan dan faktor.
TUJUAN PEMBELAJARAN :
1. Peserta didik dapat memahami bahwa (puluhan, ratusan) : (bilangan nilai tempat satuan) dapat dihitung dengan cara yang sama seperti (bilangan nilai tempat satuan) : (bilangan nilai tempat satuan) dengan menggunakan 10 atau 100 sebagai satuan nilai tempat.
ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN (ATP) :
1. Peserta didik memahami bahwa (puluhan, ratusan) : (bilangan nilai tempat satuan) dapat dihitung dengan cara yang sama seperti (bilangan nilai tempat satuan) : (bilangan nilai tempat satuan) dengan menggunakan 10 atau 100 sebagai satuan nilai tempat.
MATERI MATEMATIKA :
PEMBAGIAN OLEH PULUHAN DAN RATUSAN
Aturan Pembagain dan Perkalian
Apa itu Perkalian dan Pembagian dalam Matematika?
Dalam matematika, ada empat operasi dasar.
Penambahan (+)
Pengurangan (-)
Perkalian (×)
Divisi (÷)
Apa itu Perkalian?
Perkalian adalah penjumlahan berulang-ulang suatu bilangan. Jika kita mengalikan m dengan n, itu berarti m dijumlahkan berulang-ulang pada dirinya sendiri sebanyak n kali. Simbol untuk perkalian adalah '×'.
Misalnya, 8 dikali 4 sama dengan 32. Bagaimana? Dengan menambahkan 8 sebanyak 4 kali pada dirinya sendiri, kita peroleh;
8 + 8 + 8 + 8 = 32
Oleh karena itu, kita dapat menulis,
8x4 = 32
Apa itu Pembagian?
Pembagian adalah cara membagi atau mendistribusikan suatu bilangan menjadi bagian yang sama. Misalnya, jika 16 dibagi 4, maka 16 dibagi menjadi 4 bagian yang sama. Jadi, nilai yang dihasilkan adalah 4.
16 ÷ 4 = 4
Bagian-bagian divisi
Dividen ÷ Pembagi = Hasil Bagi
15 x 3 = 5
Dalam contoh di atas, ada tiga bagian untuk pembagian.
15 adalah dividen
3 adalah pembagi
5 adalah hasil bagi (RHS)
Hubungan Perkalian dan Pembagian
Perkalian dan pembagian merupakan operasi yang saling berkebalikan. Jika kita katakan, a dikalikan b sama dengan c, maka c dibagi b menghasilkan a. Secara matematis, hal ini dapat direpresentasikan sebagai:
sebuah x b = c
c = b = a = b = b = a
Misalnya,
4 x 5 = 20 [4 dikali 5 hasilnya 20]
20 ÷ 5 = 4 [20 dibagi 5 menghasilkan 4]
Aturan Perkalian dan Pembagian
Untuk setiap perhitungan matematika, kita perlu mengikuti aturan. Jadi, bahkan untuk mengalikan dan membagi angka, ada beberapa aturan yang perlu kita ikuti.
Aturan 1: Urutan operasi
Urutan operasi perkalian tidak menjadi masalah. Artinya, jika kita menyusun angka dalam urutan yang berbeda saat mengalikannya, maka hasilnya akan sama.
Contohnya adalah:
3x4 = 12
4x3 = 12
Dalam contoh di atas, kita dapat melihat, bahkan jika kita telah menukar posisi 3 dan 4, hasil kali kedua bilangan bulat tersebut sama dengan 12.
Namun aturan ini tidak berlaku untuk pembagian. Mari kita ambil contoh lain.
12 x 3 = 4
3 ÷ 12 ≠ 4 (sama dengan 0,25)
Oleh karena itu, kita tidak dapat mengubah urutan angka dalam metode pembagian.
Aturan 2: Perkalian dan Pembagian dengan Angka Positif
Jika suatu bilangan riil dikalikan atau dibagi dengan bilangan riil positif, maka tanda bilangan yang dihasilkan tidak berubah.
Contohnya adalah:
2x3 = 6
-2x3 = -6
Karena 2 dan 3 keduanya bilangan bulat positif, maka hasil perkalian 2 dan 3 juga positif. Namun, hasil perkalian -2 dan 3 adalah bilangan negatif.
4 ÷ 2 = 2
-4 ÷ 2 = -2
Karena 4 dan 2 keduanya positif, maka 4 dibagi 2 juga merupakan angka positif. Namun -4 dibagi 2 merupakan angka negatif.
Berikut Video Pembelajaran
ELEMEN DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN :
IPAS : Pemahaman Sains
Peserta didik menganalisis hubungan antara bentuk serta fungsi bagian tubuh pada manusia (pancaindra). Peserta didik dapat membuat simulasi menggunakan bagan/alat bantu sederhana tentang siklus hidup makhluk hidup. Peserta didik dapat mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya alam di lingkungan sekitarnya dan kaitannya dengan upaya pelestarian makhluk hidup.
Tujuan Pembelajaran :
1. Peserta didik bisa mengidentifikasi
bagian-bagian tubuh dari tumbuhan.
Alur Tujuan Pembelajaran :
2.1Peserta didik menyebutkan bagian-bagian tubuh
tumbuhan.
2.2Peserta didik memahami bagian tumbuhan berdasarkan fungsinya.
Materi IPAS
Tumbuhan adalah salah satu jenis makhluk hidup yang hidup berdampingan dengan manusia. Tumbuhan memiliki banyak manfaat bagi kehidupan. Manfaat yang paling mendasar adalah sebagai penyuplai oksigen untuk kehidupan seluruh makhluk hidup di bumi. Setiap bagian-bagian tumbuhan memiliki fungsi dan manfaat bagi kehidupan. Misalnya, untuk sumber bahan makanan, bahan baku industri, kesehatan, dan sebagainya. Bagian-bagian tumbuhan yaitu:
Akar
Akar adalah bagian tumbuhan yang umumnya terdapat pada bagian bawah tumbuhan. Bagian ini biasanya terkubur di dalam tanah atau media tanam lainnya. Akar tumbuhan dibedakan menjadi akar tunggang dan akar serabut.
Fungsi akar pada tanaman, sebagai berikut:
1. Menyerap air dan mineral dari tanah dan meneruskannya ke batang
2. Sebagai penopang agar tanaman dapat berdiri kokoh
3. Menyimpan cadangan makanan, seperti pada tumbuhan kentang dan wortel
4. Pada akar jenis tertentu, berfungsi sebagai media pernapasan (respirasi), seperti pada tumbuhan bakau.
Daun
Daun adalah bagian tumbuhan yang memiliki peranan penting. Pada daun berwarna hijau, terdapat kandungan zat klorofil yang merupakan salah satu bahan yang dibutuhkan pada proses fotosintesis. Beberapa fungsi daun bagi tumbuhan, yakni:
1. Tempat terjadinya proses fotosintesis Sebagai alat pernapasan tumbuhan
2. Tempat terjadinya penguapan
3. Daun juga dapat digunakan sebagai alat perkembangbiakan vegetatif
Batang
Batang pada tanaman adalah tempat tumbuhnya ranting. Batang memiliki fungsi sebagai berikut;
1. Sebagai alat transportasi yang mengangkut air dan mineral dari akar menuju daun
2. Menyalurkan hasil fotosintesis dari daun ke seluruh tubuh
3. Sebagai tempat penyimpanan cadangan makanan.
4. Penyokong bagi daun, bunga, dan buah untuk tumbuh
5. Beberapa jenis batang tanaman memiliki kambium. Kambium dalam batang juga berperan dalam proses pertumbuhan tanaman.
Bunga
Tidak semua jenis tumbuhan memiliki bunga. Bunga merupakan tempat terjadinya perkembangbiakan secara generatif pada tumbuhan. Bunga memiliki bentuk yang sangat variatif dan berwarna-warni, memberikan daya tarik untuk menarik perhatian kupu-kupu dan serangga untuk hinggap dan membantu proses penyerbukan. Fungsi bunga antara lain:
1. Tempat terjadinya penyerbukan
2. Sebagai alat perkembangbiakan tumbuhan
3. Sebagai tempat bertemunya sel kelamin jantan dan betina
4. Sebagai penghasil biji
5. Perhiasan yang membuat tumbuhan menjadi indah
Buah
Buah merupakan cadangan makanan yang dihasilkan oleh sebuah tanaman yang dapat dinikmati oleh makhluk hidup lain. Fungsi buah, yaitu:
1. Untuk melindungi biji
2. Membantu dlaam penyebaran biji-bijian
3. Sebagai penyedia cadangan makanan ketika melakukan perkecambahan
4. Sumber makanan yang dapat dikonsumsi oleh manusia
KESIMPULAN DAN REFLEKSI PEMBELAJARAN :
Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu memahami materi tentang bagian-bagian tumbuhan, namun masih ada beberapa peserta didik yang mengalami kesulitan dalam memahami fungsi dari bagian-bagian tumbuhan. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru menjelaskan kembali dengan menggunakan video pembelajaran dan contoh benda nyata serta mencontohkan dengan kegiatan sehari-hari. Sehingga peserta didik akan lebih paham dan mudah memahami materi tentang bagian-bagian tumbuhan beserta fungsinya.
0 komentar:
Posting Komentar