Hari/Tanggal : Selasa, 6 Agustus 2024
Mata Pelajaran : Matematika dan IPAS
Alat Peraga : Gambar dan PPT
Good morning my lovely students. How are you this morning?
Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut.
Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik mampu menunjukkan pemahaman dan menyatakan garis bilangan pada bilangan cacah sampai 10.000.
Peserta didik mengetahui cara menentukan garis bilangan sampai bilangan cacah besar dengan tepat.
Materi Matematika
Pengertian Garis Bilangan dan Penggunaannya dalam Operasi Hitungan
Fungsi Garis Bilangan dalam Pengoperasian Bilangan Bulat
Pengertian Pertidaksamaan dalam Matematika
pertidaksamaan adalah kalimat terbuka yang menyatakan hubungan dua hal yang tidak mempunyai kesamaan atau tidak sama dengan. Hubungan tidak sama dengan, tanda lebih besar dan lebih kecil dapat dinotasikan dengan tanda sebagai berikut ini:
a. < (kurang dari)
b. ≤ (kurang dari atau sama dengan
c. > (lebih dari)
d. ≥ (lebih dari atau sama dengan)
Jika ada pertidaksamaan x < a maka niai x yang memenuhi adalah lebih kecil dari a. Jika ada pertidaksamaan matemati x ≥ a maka nilai x yang memenuhi adalah lebih besar dari a.
Evaluasi 1 Materi Bilangan Cacah Besar
1. Tuliskan lambang bilangan dari 11.250.350 adalah ....
2. Tuliskan lambang bilangan dari 8.902.515 adalah ....
3. 807.620 angka 7 pada bilangan tersebut menempati nilai tempat ...
4. 12.940.300 angka 9 pada bilangan tersebut menempati nilai tempat ...
5. Hasil dari 3 juta 400 ribu + 1 juta 900 ribu adalaha ...
6. Hasil dari 4 Juta 300 ribu - 2 Juta 700 ribu adalah ...
7. Tentukan hasil dari!
a. 10 kumpulan dari 750 ribu adalah ....
b. 100 kumpulan dari 250 ribu adalah ....
8. Lengkapilah garis bilangan berikut!
9. Lengkapilah garis bilangan berikut!
10. Tentukan pertidaksamaan berikut ini!
a. 17.950.000 ..... 19.700.500
b. 2.982.000 .... 2.892.000
Peserta didik menganalisis hubungan antara bentuk serta fungsi bagian tubuh pada manusia (pancaindra). Peserta didik dapat membuat simulasi menggunakan bagan/alat bantu sederhana tentang siklus hidup makhluk hidup. Peserta didik dapat mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya alam di lingkungan sekitarnya dan kaitannya dengan upaya pelestarian makhluk hidup.
Tujuan Pembelajaran :
1. Peserta didik menganalisis hubungan antara bentuk serta fungsi bagian tubuh pada manusia (pancaindra).
1.1 Melalui gambar Peserta didik dapat mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dan fungsinya dengan tepat.
1.2 Melalui video bergambar Peserta didik dapat mendeskripsikan hubungan antara panca indra dan fungsinya dengan tepat.
Tulang sendiri memiliki beberapa lapisan dari arah luar ke dalam yang secara berturut-turut, ialah periosteum, tulang kompak, tulang spons, endosteum, dan sumsum tulang. Sementara 5 bentuk tulang diantaranya tulang pipa, tulang pipih, tulang pendek, tulak tidak beraturan, dan tulang sesamoid.
Rangka aksial sendiri tersusun dari: tulang tengkorak, tulang telinga dan hioid, tulang belakang, tulang dada, dan tulang rusuk. Sedangkan rangka apendikuler tersusun dari: alat gerak atas, gelang bahu, alat gerak bawah, dan gelang panggul. Secara keseluruhan, rangka manusia dibedakan menjadi tiga kelompok yaitu:
- Rangka tengkorak – Rangka badan yang melindungi organ-organ penting pada tubuh. Rangka badan tersusun atas 33 ruang tulang belakang, tulang rusuk dan tulang dada.
- Rangka anggota gerak seperti untuk berjalan, lari, memegang benda dan lain-lain. Untuk rangka anggota gerak tersusun atas anggota gerak atas yang meliputi tulang pengumpil, lengan atas, hasta, pergelangan tangan, telapak tangan dan ruas jari tangan. Susunan anggota gerak bawah meliputi tulang paha, tempurung lutut, kering, betis, pergelangan kaki, telapak kaki dan ruas kaki.
- Rangka kepala yang tersusun atas tulang-tulang seperti tulang dahi, tulang ubun-ubun, tulang pelipis, tulang tengkorak, tulang baji, tulang air mata, tulang pipi, tulang hidung, rahang atas dan bawah dan tulang lidah.
Kesimpulan / Evaluasi Pembelajaran :
0 komentar:
Posting Komentar