Selasa, 06 Agustus 2024

Matematika dan IPAS

    


Hari/Tanggal        : Selasa, 6 Agustus 2024

Mata Pelajaran     : Matematika dan IPAS

Alat Peraga           : Gambar dan PPT




Tabik Pun 🙏 

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness. 😍

ELEMEN DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN :
Matematika : Bilangan 

Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut.

Tujuan Pembelajaran : 

Peserta didik mampu menunjukkan pemahaman dan menyatakan garis bilangan pada bilangan cacah sampai 10.000.

Alur Tujuan Pembelajaran : 

Peserta didik mengetahui cara menentukan garis bilangan sampai bilangan cacah besar dengan tepat. 

Materi Matematika

Pengertian Garis Bilangan dan Penggunaannya dalam Operasi Hitungan


Garis bilangan merupakan garis yang umum digunakan dalam operasi bilangan bulat dalam ilmu matematika. Garis bilangan adalah garis yang dibuat secara mendatar dengan menempatkan angka nol di bagian tengahnya. Dalam penulisan garis bilangan, maka angka atau bilangan bulat positif akan berada di sebelah kanan, sedangkan bilang bulat positif akan berada di sebelah kiri angka nol.

Fungsi Garis Bilangan dalam Pengoperasian Bilangan Bulat

pada dasarnya penggunaan garis bilangan dalam operasi hitungan matematika berguna untuk membandingkan dua buah bilangan yang bersifat positif dan negatif. Adapun yang dimaksud dengan garis bilangan tersebut ialah dapat diilustrasikan lewat gambar berikut:
Garis yang memiliki tanda panah tersebut ialah garis bilangan dalam matematika. Sumber: Kemdikbud
zoom-in-whitePerbesar
Selain digunakan untuk membandingkan bilangan bulat positif dan negatif, keberadaan garis bilangan tersebut juga dapat memudahkan para pelajar untuk melakukan pengoperasian hitungan bilangan bulat. Dalam pengoperasian hitungan bilangan bulat, terdapat beberapa prinsip yang perlu dipahami oleh pelajar, di antaranya ialah sebagai berikut:

1. Jika bilangan bulat positif ditambah bilangan positif maka hasilnya tetap positif, misalnya: 3+2=5
2. Jika bilangan bulat positif ditambah dengan bilangan negatif maka hasilnya ditentukan berdasarkan bilangan yang terbanyak, misalnya: 3+(-2)=1

Pengertian Pertidaksamaan dalam Matematika

pertidaksamaan adalah kalimat terbuka yang menyatakan hubungan dua hal yang tidak mempunyai kesamaan atau tidak sama dengan. Hubungan tidak sama dengan, tanda lebih besar dan lebih kecil dapat dinotasikan dengan tanda sebagai berikut ini:

a. < (kurang dari)

b. ≤ (kurang dari atau sama dengan

c. > (lebih dari)

d. ≥ (lebih dari atau sama dengan)

Jika ada pertidaksamaan x < a maka niai x yang memenuhi adalah lebih kecil dari a. Jika ada pertidaksamaan matemati x ≥ a maka nilai x yang memenuhi adalah lebih besar dari a.

Evaluasi 1 Materi Bilangan Cacah Besar

1. Tuliskan lambang bilangan dari 11.250.350 adalah .... 

2. Tuliskan lambang bilangan dari 8.902.515 adalah .... 

3. 807.620 angka 7 pada bilangan tersebut menempati nilai tempat ... 

4. 12.940.300 angka 9 pada bilangan tersebut menempati nilai tempat ... 

5. Hasil dari 3 juta 400 ribu + 1 juta 900 ribu adalaha ... 

6. Hasil dari 4 Juta 300 ribu - 2 Juta 700 ribu adalah ... 

7. Tentukan hasil dari!

a. 10 kumpulan dari 750 ribu adalah .... 

b. 100 kumpulan dari 250 ribu adalah .... 

8. Lengkapilah garis bilangan berikut!

9. Lengkapilah garis bilangan berikut!

10. Tentukan pertidaksamaan berikut ini!

a. 17.950.000 ..... 19.700.500

b. 2.982.000 .... 2.892.000 

Berikut Video Pembelajaran : 


ELEMEN DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN :
IPAS : Pemahaman Sains

Peserta didik menganalisis hubungan antara bentuk serta fungsi bagian tubuh pada manusia (pancaindra). Peserta didik dapat membuat simulasi menggunakan bagan/alat bantu sederhana tentang siklus hidup makhluk hidup. Peserta didik dapat mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya alam di lingkungan sekitarnya dan kaitannya dengan upaya pelestarian makhluk hidup.

Tujuan Pembelajaran : 

1. Peserta didik menganalisis hubungan antara bentuk serta fungsi bagian tubuh pada manusia (pancaindra). 

Alur Tujuan Pembelajaran : 

1.1 Melalui gambar Peserta didik dapat mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dan fungsinya dengan tepat.

1.2  Melalui video bergambar Peserta didik dapat mendeskripsikan hubungan antara panca indra dan fungsinya dengan tepat.

Materi IPAS 

Pengertian Rangka Manusia, Rangka merupakan alat gerak pasif dalam tubuh manusia, karena sifatnya hanya sebagai tempat melekatnya otot. Fungsi rangka diantaranya memberi postur tubuh, melekatnya otot, pelindung organ-organ bagian dalam yang lunak, bekerja secara simultan dengan otot dan sistem saraf.

Tulang sendiri memiliki beberapa lapisan dari arah luar ke dalam yang secara berturut-turut, ialah periosteum, tulang kompak, tulang spons, endosteum, dan sumsum tulang. Sementara 5 bentuk tulang diantaranya tulang pipa, tulang pipih, tulang pendek, tulak tidak beraturan, dan tulang sesamoid.

Rangka aksial sendiri tersusun dari: tulang tengkorak, tulang telinga dan hioid, tulang belakang, tulang dada, dan tulang rusuk.  Sedangkan rangka apendikuler tersusun dari: alat gerak atas, gelang bahu, alat gerak bawah, dan gelang panggul. Secara keseluruhan, rangka manusia dibedakan menjadi tiga kelompok yaitu:

  • Rangka tengkorak – Rangka badan yang melindungi organ-organ penting pada tubuh. Rangka badan tersusun atas 33 ruang tulang belakang, tulang rusuk dan tulang dada.

  • Rangka anggota gerak seperti untuk berjalan, lari, memegang benda dan lain-lain. Untuk rangka anggota gerak tersusun atas anggota gerak atas yang meliputi tulang pengumpil, lengan atas, hasta, pergelangan tangan, telapak tangan dan ruas jari tangan. Susunan anggota gerak bawah meliputi tulang paha, tempurung lutut, kering, betis, pergelangan kaki, telapak kaki dan ruas kaki.

  • Rangka kepala yang tersusun atas tulang-tulang seperti tulang dahi, tulang ubun-ubun, tulang pelipis, tulang tengkorak, tulang baji, tulang air mata, tulang pipi, tulang hidung, rahang atas dan bawah dan tulang lidah.


Fungsi Rangka Manusia 
Rangka manusia memiliki banyak fungsi. Beberapa di antaranya adalah ;
1. Untuk Menegakkan badan
2. Tempat melekatnya otot
3. Membentuk tubuh 
4. Melindungi organ tubuh yang penting 
5. Tempat memproduksi sel-sel darah merah.

Berikut Video Pembelajaran :


Kesimpulan / Evaluasi Pembelajaran : 

Pada pembelajaran tentang materi bilangan cacah besar alhamdulillah sebaigian besar peserta didik sudah memahami materi sampai bilangan cacah besar puluh ribuan dan jutaan dengan benar, telihat dari hasil evaluasi pembelajaran bahwa peserta didik sudah banyak yang memahami materi dan mendapat nilai yang tuntas. 

Pada pembelajaran rangka tubuh manusia peserta didik sudah dapat memahami dan sudah dapat menyebutkan bagian-bagian dari rangka tubuh manusia seperti, angota tenggorak, anggota badan dan anggota gerak serta antusia dalam membuat lagu untuk menghafalkan bagian-bagian anggota tubuh dengan baik dan benar. 

Dokumentasi Kegiatan :   


0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
 

Risky Melina Sari Template by Ipietoon Cute Blog Design