Hari/Tanggal : Kamis, 6 Februari 2025
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia dan Seni Musik
Alat Peraga : Video Pembelajaran
Metode Pembelajaran : Diskusi
Good morning my lovely students. How are you this morning?
Bahasa Indonesia
Elemen CP : Menyimak : Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.
Tujuan Pembelajaran : Peserta didik dapat mengidentifikasi dan memahami kata-kata baru pada teks
Alur Tujuan Pembelajaran :
1. Peserta didik menemuka dan memahami kata-kata baru pada teks bacaan dengan tepat.
Materi Pembelajaran :
1. Kalimat tidak efektif: Saat ini, Jakarta adalah merupakan Ibu Kota Indonesia
Kalimat efektif: Saat ini, Jakarta merupakan Ibu Kota Indonesia.
2. Kalimat tidak efektif: Kepada para mahasiswa diharapkan mendaftarkan diri di secretariat.
Kalimat efektif: Para mahasiswa diharap mendaftarkan diri di secretariat.
3. Kalimat tidak efektif: Gedung bertingkat yang menjulang tinggi.
Kalimat efektif: Gedung bertingkat yang menjulang tinggi itu mengganggu lalu lintas penerbangan.
4. Kalimat tidak efektif: Penyakit Alzheimer alias pikun adalah satu segi usia tua yang paling mengerikan dan berbahaya, sebab pencegahan dan cara pengobatannya tak ada yang tahu!
Kalimat efektif: Penyakit Alzheimer alias pikun adalah satu segi usia tua yang paling mengerikan dan membahayakan, sebab pencegahan dan pengobatannya tak ada yang tahu!
Kalimat efektif: Pemuda itu segera mengubah rencana setelah bertemu dengan pemimpin perusahaan itu.
6. Kalimat tidak efektif: Hadirin serentak berdiri setelah mereka mengetahui mempelai memasuki ruangan.
Kalimat efektif: Hadirin serentak berdiri setelah mengetahui mempelai memasuki ruangan.
7. Kalimat tidak efektif: Meskipun saya bukan seorang penguasa bisa hidup berkecukupan.
Kalimat efektif: Meskipun bukan seorang penguasa, saya bisa hidup berkecukupan.
8. Kalimat tidak efektif: Adhe adalah murid paling ternakal di kelasnya.
Kalimat efektif: Adhe adalah murid ternakal di kelasnya.
9. Kalimat tidak efektif: Maka oleh karena itu, seluruh masyarakat diimbau untuk menghadiri kegiatan ini.
Kalimat efektif: Oleh karena itu, seluruh masyarakat diimbau untuk menghadiri kegiatan ini.
10. Kalimat tidak efektif: Saran yang dikemukakan olehnya akan dipertimbangkan oleh kami.
Kalimat efektif: Saran yang dikemukakannya akan kami pertimbangkan.
11. Kalimat tidak efektif: Karena sering kebanjiran sehingga pemimpin unit tidak menyetujui lokasi itu.
Kalimat efektif: Karena sering kebanjiran, lokasi itu tidak disetujui pemimpin unit.
12. Kalimat tidak efektif: Sungai itu akan diperlebarkan.
Kalimat efektif: Sungai itu akan dilebarkan.
13. Kalimat tidak efektif: Medan adalah merupakan ibu kota Provinsi Sumatera Utara.
Kalimat efektif: Medan adalah ibu kota Provinsi Sumatera Utara.
14. Kalimat tidak efektif: Walau sudah malam, tetapi Rizky masih berada di depan laptop-nya.
Kalimat efektif: Walau sudah malam, Rizky masih berada di depan laptop-nya.
15. Kalimat tidak efektif: Minggu kemarin banyak para ibu-ibu yang berbondong-bondong membeli minyak.
Kalimat efektif: Minggu kemarin, banyak ibu-ibu yang berbondong-bondong membeli minyak.
SENI MUSIK : Mengalami (Experiencing)
1. Peserta didik dapat mengidentifikasi perbedaan bunyi berdasarkan dinamikanya.
ALUR TUJUAN PENDIDIKAN:
1.1 Peserta didik menyebutkan jenis-jenis dinamika
1.2 Peserta didik mengidentifikasi drigen dan mempraktikan drigen.
Ragam Lagu
Karya musik terbagi menjadi dua, yakni karya musik instrumental dan vokal. Karya musik vokal merupakan karya musik yang disertai dengan lirik yang selaras dengan melodinya. Sedangkan karya musik instrumental merupakan karya musik yang berupa komposisi permainan alat musik saja tanpa nyanyian. Pada pembelajaran ini, ragam lagu yang akan dipelajari merupakan karya musik vokal.
Untuk mengetahui karakter setiap jenis lagu, berikut ini merupakan ciri-ciri khusus yang dimiliki oleh setiap jenisnya:
1. Lagu Anak-Anak
Bentuk lagu anak anak biasanya cenderung sederhana dan temanya sesuai dengan jiwa anak-anak. Ciri-ciri lainnya adalah lirik lagu yang pendek dan penggunaan bahasa yang secara makna mudah dimengerti. Rentang nada yang mampu di jangkau oleh anak-anak masih terbatas. Seorang anak yang memiliki suara tinggi dapat bernyanyi di antara nada c4 – f5 dan suara anak anak yang cenderung rendah memiliki jangkauan mulai dari a3–d5.
Oleh karena itu, nada-nada yang digunakan dalam melodi lagu tidak disarankan melebihi sepuluh nada. Semakin sedikit jumlah nada yang dipergunakan untuk menyusun melodi lagu, semakin berbobot lagu anak-anak tersebut. Contoh-contoh lagu: Naik Delman, Naik Becak, Tik –tik Bunyi Hujan, Lihat Kebunku, Kring-kring, Balonku, Pelangi, Bintang Kecil, Naik Kereta Api, dan lain-lain.
2. Lagu Daerah
Ciri-ciri lagu daerah umumnya mengandung lirik lagu yang berisi gambaran tingkah laku masyarakat setempat. Bahasa yang digunakan pada liriknya merupakan bahasa daerah setempat.
Teknik ucapan yang dilafalkan juga harus sesuai dengan dialek bahasa daerah setempat. Bentuk dan susunan melodinya juga cenderung sederhana sehingga mudah untuk dinyanyikan oleh masyarakat setempat. Berikut merupakan beberapa contoh lagu daerah beserta asalnya:
3. Lagu Nasional
Ciri-ciri dari lagu nasional adalah memiliki lirik yang bertemakan nasionalisme, ke- pahlawanan, dan mengobarkan semangat juang bangsa. Sesuai dengan tujuan tersebut, banyak lirik lagu nasional mengungkapkan semangat perjuangan dan persatuan. Contoh-contoh lagu nasional antara lain seperti Tanah Air, Indonesia Pusaka, Rayuan Pulau Kelapa, Ibu Kartini, Ibu Pertiwi, dan lain-lain.
5. Lagu Pop
- Mengarahkan dan mengkoordinasi para musisi
- Memberikan ide dan membimbing para musisi untuk tampil maksimal
- Memberikan panduan tempo, dinamika, dan lain-lain kepada para musisi
- Mengatur tinggi rendahnya nada yang dinyanyikan
1. Gerakan Dirigen
- Gerakan AwalGerakan awal diperlukan saat mulai memberi aba-aba. Sebaiknya dipelajari setelah menguasai pola-pola dasar dan dapat melakukannya tanpa ketegangan. Gerakan awal harus dipelajari dan dipakai, jangan lagi menghitung “satu-dua-tiga” untuk memulai nyanyian.
- Gerakan BerhentiGerakan ini penting karena biasanya penyanyi atau dirigen kehilangan konsentrasinya menjelang akhir lagu. Aba-aba harus selalu diberikan sampai lagu berakhir, bahkan hingga beberapa saat setelah lagu berhenti.
- Ekspresi WajahEkspresi wajah juga penting karena bisa mengkomunikasikan nuansa musik. Senyum, frasa wajah, atau mata yang tajam mampu memberikan petunjuk pada musisi.
- Gerakan Tubuh KeseluruhanSeorang dirigen juga menggunakan gerakan tubuh keseluruhan untuk menunjukkan bagaimana musik akan dimainkan.
2. Teknik Dirigen
- Sikap Tangan pada Posisi SiapSikap tangan seperti sedang memegang bola yang garis tengahnya selebar badan. Kedua telapak tangan menghadap ke bawah dengan jari-jari yang relaks.
- Gerakan AwalSelalu arahkan pandangan mata ke bagian penyanyi yang akan mulai bernyanyi, jangan melihat pada teks. Tetap pandang mereka sampai proses “masuk” ini diselesaikan.
- Gerakan BerhentiPada saat “stop” ini semua suara harus berhenti, penyanyi mungkin masih harus mengucapkan konsunan penutupnya.
- Tangan Kiri
Tangan kiri berfungsi untuk menolong tangan kanan, bila tangan kanan tidak lagi bisa memberikan pengarahan yang diinginkan.
0 komentar:
Posting Komentar