Hari/Tanggal : Selasa, 23 Juli 2024
Mata Pelajaran : Matematika dan IPAS
Alat Peraga : Gambar dan PPT
Good morning my lovely students. How are you this morning?
Peserta didik menunjukkan pemahaman
dan intuisi bilangan
(number sense) pada bilangan
cacah sampai 10.000.
Mereka dapat membaca,
menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan
komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut.
Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik mampu menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000.
Peserta didik mengetahui
cara menyatakan bilangan dengan nilai 10.000 berdasarkan
komposisi bilangan
Materi Matematika
Bilangan Cacah Besar
Bilangan cacah besar adalah bilangan cacah yang nilainya lebih besar dari puluhan juta, seperti ratusan juta, miliar, triliun sampai kuadriliun.
“Setiap angka pada bilangan cacah besar ini memiliki nilai berdasarkan letak atau tempat angkanya, yang biasa disebut juga dengan nilai tempat.”
“Kalau dituliskan dalam bentuk tabel nilai tempat, bisa dimulai dari kolom paling kanan yaitu nilai tempat satuan sampai kolom paling kiri yaitu nilai tempat kuadriliun.”
Contoh Bilangan Cacah Besar
“Terus, gimana contoh bilangan cacah besar? Coba lihat jumlah penduduk negara Cina tadi, deh! Angkanya dipisahkan dengan diberi tanda titik setiap 3 angka dari belakang. Terus, kita bisa masukin setiap digit angka ke tabel nilai tempat mulai dari kolom paling kanan, seperti ini!” kata Lulu.
“Kalo udah tahu nilai tempat pada bilangan cacah besarnya, bisa memudahkan kita untuk tahu cara membaca bilangannya.Untuk dapat membaca bilangan cacah besar, bisa dibantu oleh tabel nilai tempat. Caranya ada dua, seperti ini.”
Berdasarkan langkah-langkah tersebut, aku jadi bisa membaca jumlah penduduk negara Cina ini. Jumlah penduduknya adalah satu miliar empat ratus empat puluh tujuh juta lima ratus empat puluh ribu delapan ratus tiga puluh tujuh orang.
Peserta didik menganalisis hubungan antara bentuk serta fungsi
bagian tubuh pada manusia (pancaindra). Peserta didik dapat membuat simulasi
menggunakan bagan/alat bantu sederhana tentang siklus hidup makhluk hidup.
Peserta didik dapat mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan pelestarian
sumber daya alam di lingkungan sekitarnya dan kaitannya dengan upaya
pelestarian makhluk hidup.
Tujuan Pembelajaran :
1. Peserta didik menganalisis hubungan antara bentuk serta fungsi bagian tubuh pada manusia (pancaindra).
1.1 Melalui gambar Peserta didik dapat mendeskripsikan
hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dan fungsinya dengan tepat.
1.2 Melalui video bergambar Peserta didik dapat mendeskripsikan hubungan
antara panca indra dan fungsinya dengan tepat.
Tulang sendiri memiliki beberapa lapisan dari arah luar ke dalam yang secara berturut-turut, ialah periosteum, tulang kompak, tulang spons, endosteum, dan sumsum tulang. Sementara 5 bentuk tulang diantaranya tulang pipa, tulang pipih, tulang pendek, tulak tidak beraturan, dan tulang sesamoid.
Rangka aksial sendiri tersusun dari: tulang tengkorak, tulang telinga dan hioid, tulang belakang, tulang dada, dan tulang rusuk. Sedangkan rangka apendikuler tersusun dari: alat gerak atas, gelang bahu, alat gerak bawah, dan gelang panggul. Secara keseluruhan, rangka manusia dibedakan menjadi tiga kelompok yaitu:
- Rangka tengkorak – Rangka badan yang melindungi organ-organ penting pada tubuh. Rangka badan tersusun atas 33 ruang tulang belakang, tulang rusuk dan tulang dada.
- Rangka anggota gerak seperti untuk berjalan, lari, memegang benda dan lain-lain. Untuk rangka anggota gerak tersusun atas anggota gerak atas yang meliputi tulang pengumpil, lengan atas, hasta, pergelangan tangan, telapak tangan dan ruas jari tangan. Susunan anggota gerak bawah meliputi tulang paha, tempurung lutut, kering, betis, pergelangan kaki, telapak kaki dan ruas kaki.
- Rangka kepala yang tersusun atas tulang-tulang seperti tulang dahi, tulang ubun-ubun, tulang pelipis, tulang tengkorak, tulang baji, tulang air mata, tulang pipi, tulang hidung, rahang atas dan bawah dan tulang lidah.
0 komentar:
Posting Komentar