Hari/Tanggal : Rabu, 24 Juli 2024
Mata Pelajaran : Pengenalan P5
Alat Peraga : Gambar dan PPT
Good morning my lovely students. How are you this morning?
Apa Itu Profil Pelajar Pancasila?
Manfaat Profil Pelajar Pancasila Bagi Dunia Pendidikan
Untuk Peserta Didik
- Memberi ruang dan waktu untuk peserta didik mengembangkan kompetensi dan memperkuat karakter dan profil pelajar Pancasila.
- Merencanakan proses pembelajaran projek profil dengan tujuan akhir yang jelas.
- Mengembangkan kompetensi sebagai pendidik yang terbuka untuk berkolaborasi dengan pendidik dari mata pelajaran lain untuk memperkaya hasil pembelajaran.
6 Elemen Profil Pelajar Pancasila
1. Berakhlak Mulia
2. Berkebinekaan Global
Sesuai dengan semboyan negara Indonesia ini yakni Bhineka Tunggal Ika yang bermakna “Berbeda-beda tetapi tetap satu”, maka dalam elemen ini para pelajar Indonesia harus mempertahankan budaya leluhurnya sebagai identitas bangsa. Dalam elemen ini, kuncinya adalah mengenal dan menghargai budaya, kemampuan komunikasi interkultural dalam berinteraksi dengan sesama, dan refleksi dan tanggung jawab terhadap kebhinekaan.
a) Mengenal dan Menghargai Budaya
b) Kemampuan Berkomunikasi Interkultural Dalam Berinteraksi dengan Sesama
c) Refleksi dan Tanggung Jawab Terhadap Pengalaman Kebhinekaan
3. Gotong Royong
a) Kolaborasi
Yakni dengan bekerja bersama dengan orang lain disertai perasaan senang dan menunjukkan sikap positif terhadap orang lain. Dalam hal ini, kita juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, baik itu komunikasi yang berupa mendengar dan menyimak gagasan orang lain, menyampaikan pesan dan gagasan secara efektif, mengajukan pertanyaan untuk mengklarifikasi, hingga memberikan umpan-balik secara kritis dan positif.
b) Kepedulian
Yakni dengan memperhatikan dan bertindak proaktif terhadap kondisi atau keadaan di lingkungan fisik sosial. Melalui karakter peduli ini, kita seolah dapat merasakan dan memahami apa yang dirasakan orang lain, memahami perspektif mereka, dan menumbuhkan hubungan dengan orang dari beragam budaya. Bahkan secara tidak langsung, karakter ini juga berhubungan erat dengan kebhinekaan global.
c) Berbagi
Yakni dengan memberi dan menerima segala hal yang penting bagi kehidupan pribadi dan bersama. Selain itu, kita juga harus mau dan mampu menjalani kehidupan bersama yang mengedepankan penggunaan bersama sumber daya dan ruang yang ada di masyarakat secara sehat.
4. Mandiri
Dalam konteks ini, mandiri yang dimaksudkan adalah kita sebagai pelajar Indonesia haruslah bertanggung jawab atas proses dan hasil belajarnya.
a) Kesadaran Akan Diri dan Situasi yang Dihadapi
Yakni dengan melakukan refleksi terhadap kondisi dirinya dan situasi yang dihadapi. Hal itu dapat dimulai dengan memahami emosi dirinya, kelebihan serta keterbatasan dalam diri. Nah, jika sudah memahami hal-hal tersebut, maka kita pun akan mampu mengenali dan menyadari kebutuhan pengembangan di dalam diri, sesuai dengan perubahan dan perkembangan yang terjadi.
b) Regulasi Diri
Yakni dengan mampu mengatur pikiran, perasaan, dan perilaku dirinya untuk mencapai tujuan belajarnya.
5. Bernalar Kritis
Elemen ini mengajarkan bahwa kita harus mampu secara objektif memproses informasi, baik kualitatif maupun kuantitatif. Selain itu, kita sebagai pelajar Indonesia juga harus membangun keterkaitan antara berbagai informasi, menganalisis informasi, mengevaluasi kemudian menyimpulkannya.
a) Memperoleh dan Memproses Informasi Gagasan
b) Menganalisis dan Mengevaluasi Penalaran
c) Merefleksi dan Mengevaluasi Pemikirannya Sendiri
d) Mengambil Keputusan
6. Kreatif
Dalam konteks ini, kreatif diartikan sebagai kemampuan untuk memodifikasi dan menghasilkan sesuatu yang orisinal, bermakna, bermanfaat, dan berdampak bagi hal-hal yang bersangkutan.
a) Menghasilkan Gagasan yang Orisinal
Yakni dengan upaya menghasilkan gagasan yang terbentuk dari hal paling sederhana, seperti ekspresi pikiran dan/atau perasaan, hingga dengan gagasan yang kompleks. Setelah itu, gagasan tersebut harus dapat diaplikasikan menjadi ide baru sesuai dengan konteksnya guna mengatasi persoalan dan memunculkan berbagai alternatif penyelesaian.
b) Menghasilkan Karya dan Tindakan yang Orisinal
Yakni dengan menghasilkan karya yang didorong oleh minat dan kesukaannya pada suatu hal. Upaya ini juga berkaitan dengan emosi yang kita rasakan lho, sampai dengan mempertimbangkan bagaimana dampaknya terhadap lingkungan sekitarnya.
Lagu Profil Pelajar Pancasila
Video Pembelajaran
Activitas 1
- Peserta didik mengenal apa arti kepanjangan dari P5
- Peserta didik dikenalkan
dengan arti dan manfaat kegiatan P5 untuk pelajar
- Peserta didik dikenalkan dengan 6 Dimensin Profil pelajar
Pancasila
- Peserta didik diajak oleh guru untuk menyanyikan lagu Pelajar
Pancasila dengan gerakan
- Peserta didik diminta untuk menghafalkan lagu dan membentuk
kelompk yang terdiri dari 4-5 peserta didik untuk melatih kekompakan benyanyi
bersama
- Peserta didik diminta untuk maju satu per satu berdasarkan
kelompok untuk menyanyikan lagu Profil Pelajar Pancasila, guna melatih
kepercayaan diri, kekompakan dan tanggung jawab.
- Guru menjelaskan dan mengaikan tema yang akan di pilih adalah
tentang “Bhineka Tunggal Ika”
- Peserta didik
sudah memahami materi hari ini dilanjutkan mengerjakan soal evaluasi kegiatan/
aktivitas 1.
Soal Evaluasi!
- Apa kepanjangan
dari P5?
- Sebutkan 6 Dimensi Profil Pelajar Pancasila ?
- Sebutkan 2 contoh Berkhebinekan Global?
- Sebuatkan
manfaat dari Profil Pelajar Pancasila Bagi Peserta didik Pendidikan
?
- Apa yang kamu rasakan setelah mempelajari materi Profil Pelajar Pancasila?
0 komentar:
Posting Komentar