Bahan Ajar dan
Materi Pembelajaran
Tema 6
Cita-Citaku
Subtema 2 Hebatnya Cita-Citaku
Hari/Tanggal :
Senin, 13 Januari 2020
Pembelajaran 1
Tujuan
Pembelajaran :
1. Melalui kegiatan mengamati teks puisi dan menjawab pertanyaan
yang terkait dengan puisi, siswa dapat menjelaskan cara membuat puisi dengan
benar
2. Melalui kegiatan mengamati contoh-contoh puisi, siswa
dapat membuat puisi secara mandiri dengan baik
3. Dengan mengamati daur hidup dua makhluk hidup yang
berbeda siswa dapat membandingkan dua daur hidup binatang dengan cermat
Materi
Pembelajaran :
1. Mengamati teks puisi dan menjawab pertanyaan yang
terkait dengan puisi, serta menjelaskan cara membuat puisi
2. Mengamati contoh-contoh puisi, dan membuat puisi
secara mandiri
3. Mencari informasi tentang daur hidup dua makhluk hidup
yang berbeda dan membandingkan siklus hidup makhluk hidup dan melaporkannya.
Materi
Cita-Citaku
Karya : M.
Ridwan Hafidz
Cita-citaku
ingin menjadi dokter
Agar dapat
menyembuhkan orang yang sakit
Cita-citaku
ingin menjadi dokter
Agar anak-anak
menjadi sehat
Aku harus
belajar dengan sungguh-sungguh
Agar dapat
menggapai cita-citaku itu
Aku harus
belajar dengan sungguh-sungguh
Agar menjadi
orang yang berguna bagi nusa dan bangsa
Berdasarkan puisi tersebut, diskusikanlah bersama
teman sekelompokmu untuk menjawab pertannyaan berikut!
1. Apakah judul puisi tersebut?
2. Siapakah yang membuat puisi tersebut?
3. Bercerita tentang apakah puisi tersebut?
4. Apakah yang membedakan puisi tersebut dengan bacaan
sebelumnya?
5. Buatlah sebuah gambar yang dapat mewakili isi puisi
tersebut?
Tahukah kamu
Hari/Tanggal:
Selasa, 14 Januari 2020
Pembelajaran 2
Tujuan
Pembelajaran:
1. Melalui kegiatan membaca puisi “Penari” dan menjawab
pertanyaan berkaitan dengan puisi tersebut, siswa dapat menjelaskan cara
membuat puisi dengan benar
2. Melalui kegiatan mencari informasi tentang beberapa
gerak tari daerah, siswa dapat mengetahui dan menjelaskan gerak tari kreasi
daerah dengan rinci
3. Melalui kegiatan membaca teks “Manfaat Makhluk Hidup
di Sekitar Kita”, dan membuat peta pikiran dan bacaan tersebut, siswa dapat
menjelaskan manfaat makhluk hidup bagi lingkungan sekitar dengan benar
4. Melalui kegiatan mengamati lingkungan sekitarnya,
siswa membuat laporan hasil pengamatan tentang makhluk hidup dengan benar
Materi
Pembelajran :
1. Membaca puisi “Menari” dan menjawab pertanyaan
berkaitan dengan puisi tersebut, serta menjelaskan cara membuat puisi
2. Mencari informasi tentang beberapa gerakan tari
daerah, menjelaskan gerak tari kreasi daerah
3. Membaca teks “Manfaat Makhluk Hidup di Sekitar Kita”,
dan membuat peta pikiran dari bacaan tersebut
4. Mengamati lingkungan sekitarnya, dan membuat laporan
hasil pengamatan tentang manfaat makhluk hidup.
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!
1. Apa nama dan asal daerah dari tarian yang menjadi
profesi Ibu Supinah?
2. Apakah peran tarian tersebut pada saat perjuangan
melawan penjajahan?
3. Sikap dan nilai apa sajakah yang ditunjukkan Ibu
Supinah sebagai seorang penari daerah?
4. Menurutmu, nilai, sikap, dan keterampilan apa saja
yang diperlukan untuk menjadi seorang penari?
5. Cobalah lakukan beberapa gerakan tarian Gandrung atau
tari khas daerahmu?
Puisi Penari
Karya : Hascahya
Trilion Laksono
Anggunya geraak
tubuhmu
Lentiknya
jemari-jemari berpadu indahnya
Derap langkah
gemulai
Hentakan irama
mengalun syahdu
Lirikan mata
yang tajam
Berubah sekejap
menjadi indah
Kibasan
selendang emas bergoyang perlahan
Liukan leher
mengundang kekaguman
Menari dan terus
menari
Dengan senyum
dan ketulusan
Gerakanmu
sungguh indah
Karena engkau
menari dengan hatimu
1. Apa judul puisi di atas? Siapakah penulisnya?
2. Terdiri atas berapa baitkah puisi Penari?
3. Terdiri atas berapakah puisi tersebut?
4. Bercerita tentang apakah puisi Penari? Buatlah sebuah
paragraph yang menceritakan isi puisi tersebut?
5. Buatlah sebuah gambar yang menggambarkan kisah dalam
Puisi Penari?
0 komentar:
Posting Komentar