Senin, 13 Januari 2020

Kelas 4 Tema 6 Subtema 2 Hebatnya Cita-Citaku

Bahan Ajar dan Materi Pembelajaran
Tema 6 Cita-Citaku
Subtema 2 Hebatnya Cita-Citaku


Hari/Tanggal : Senin, 13 Januari 2020
Pembelajaran 1
Tujuan Pembelajaran :
1.      Melalui kegiatan mengamati teks puisi dan menjawab pertanyaan yang terkait dengan puisi, siswa dapat menjelaskan cara membuat puisi dengan benar
2.      Melalui kegiatan mengamati contoh-contoh puisi, siswa dapat membuat puisi secara mandiri dengan baik
3.      Dengan mengamati daur hidup dua makhluk hidup yang berbeda siswa dapat membandingkan dua daur hidup binatang dengan cermat

Materi Pembelajaran :
1.      Mengamati teks puisi dan menjawab pertanyaan yang terkait dengan puisi, serta menjelaskan cara membuat puisi
2.      Mengamati contoh-contoh puisi, dan membuat puisi secara mandiri
3.      Mencari informasi tentang daur hidup dua makhluk hidup yang berbeda dan membandingkan siklus hidup makhluk hidup dan melaporkannya.

Materi

Cita-Citaku
Karya : M. Ridwan Hafidz

Cita-citaku ingin menjadi dokter
Agar dapat menyembuhkan orang yang sakit
Cita-citaku ingin menjadi dokter
Agar anak-anak menjadi sehat
Aku harus belajar dengan sungguh-sungguh
Agar dapat menggapai cita-citaku itu
Aku harus belajar dengan sungguh-sungguh
Agar menjadi orang yang berguna bagi nusa dan bangsa

Berdasarkan puisi tersebut, diskusikanlah bersama teman sekelompokmu untuk menjawab pertannyaan berikut!

1.      Apakah judul puisi tersebut?
2.      Siapakah yang membuat puisi tersebut?
3.      Bercerita tentang apakah puisi tersebut?
4.      Apakah yang membedakan puisi tersebut dengan bacaan sebelumnya?
5.      Buatlah sebuah gambar yang dapat mewakili isi puisi tersebut?

Tahukah kamu





Hari/Tanggal: Selasa, 14 Januari 2020
Pembelajaran 2
Tujuan Pembelajaran:
1.      Melalui kegiatan membaca puisi “Penari” dan menjawab pertanyaan berkaitan dengan puisi tersebut, siswa dapat menjelaskan cara membuat puisi dengan benar
2.      Melalui kegiatan mencari informasi tentang beberapa gerak tari daerah, siswa dapat mengetahui dan menjelaskan gerak tari kreasi daerah dengan rinci
3.      Melalui kegiatan membaca teks “Manfaat Makhluk Hidup di Sekitar Kita”, dan membuat peta pikiran dan bacaan tersebut, siswa dapat menjelaskan manfaat makhluk hidup bagi lingkungan sekitar dengan benar
4.      Melalui kegiatan mengamati lingkungan sekitarnya, siswa membuat laporan hasil pengamatan tentang makhluk hidup dengan benar

Materi Pembelajran :
1.      Membaca puisi “Menari” dan menjawab pertanyaan berkaitan dengan puisi tersebut, serta menjelaskan cara membuat puisi
2.      Mencari informasi tentang beberapa gerakan tari daerah, menjelaskan gerak tari kreasi daerah
3.      Membaca teks “Manfaat Makhluk Hidup di Sekitar Kita”, dan membuat peta pikiran dari bacaan tersebut
4.      Mengamati lingkungan sekitarnya, dan membuat laporan hasil pengamatan tentang manfaat makhluk hidup.




Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!

1.      Apa nama dan asal daerah dari tarian yang menjadi profesi Ibu Supinah?
2.      Apakah peran tarian tersebut pada saat perjuangan melawan penjajahan?
3.      Sikap dan nilai apa sajakah yang ditunjukkan Ibu Supinah sebagai seorang penari daerah?
4.      Menurutmu, nilai, sikap, dan keterampilan apa saja yang diperlukan untuk menjadi seorang penari?
5.      Cobalah lakukan beberapa gerakan tarian Gandrung atau tari khas daerahmu?


Puisi Penari
Karya : Hascahya Trilion Laksono

Anggunya geraak tubuhmu
Lentiknya jemari-jemari berpadu indahnya

Derap langkah gemulai
Hentakan irama mengalun syahdu

Lirikan mata yang tajam
Berubah sekejap menjadi indah

Kibasan selendang emas bergoyang perlahan
Liukan leher mengundang kekaguman

Menari dan terus menari
Dengan senyum dan ketulusan

Gerakanmu sungguh indah
Karena engkau menari dengan hatimu

1.      Apa judul puisi di atas? Siapakah penulisnya?
2.      Terdiri atas berapa baitkah puisi Penari?
3.      Terdiri atas berapakah puisi tersebut?
4.    Bercerita tentang apakah puisi Penari? Buatlah sebuah paragraph yang menceritakan isi puisi tersebut?

5.      Buatlah sebuah gambar yang menggambarkan kisah dalam Puisi Penari?






0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
 

Risky Melina Sari Template by Ipietoon Cute Blog Design