Guru Kelas 4B Sd Al Azhar 2
Youtube Chenel: risky melina
Rabu, 25 September 2024
P5 (Membuat Miniatur Rumah Adat) dan IPAS
Hari/Tanggal : Rabu, 25 September 2024
Mata Pelajaran : P5 (Membuat Miniatur Rumah Adat) dan IPAS
Alat Peraga : Gambar dan PPT
Tabik Pun 🙏
Good morning my lovely students. How are you this morning?
Hopely you are healthy and happiness. 😍
Materi Profil Pelajar Pancasila ( P5 )
Pelajar Pancasila atau yang sering disebut dengan P5 adalah Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Apa Itu Profil Pelajar Pancasila?
Profil Pelajar Pancasila ini adalah suatu proyek penguatan nilai-nilai Pancasila yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dengan sasaran para pelajar di Indonesia.Penguatan Profil Pelajar Pancasila ini diharapkan dapat menjadi sarana yang optimal dalam mendorong peserta didik menjadi pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
Manfaat Profil Pelajar Pancasila Bagi Dunia Pendidikan
Untuk Peserta Didik
Memberi ruang dan waktu untuk peserta didik mengembangkan kompetensi dan memperkuat karakter dan profil pelajar Pancasila.
Merencanakan proses pembelajaran projek profil dengan tujuan akhir yang jelas.
Mengembangkan kompetensi sebagai pendidik yang terbuka untuk berkolaborasi dengan pendidik dari mata pelajaran lain untuk memperkaya hasil pembelajaran.
6 Elemen Profil Pelajar Pancasila
1. Berakhlak Mulia
2. Berkebinekaan Global
3. Gotong Royong
4. Mandiri
5. Keatif
6. Bernalar Kritis
AKTIFITAS 8
Persiapan Pembuatan Miniature Rumah Adat.
Dimensi : Kreatif dan Gotong Royong
Tujuan : Peserta didik mempersiapkan bahan dan alat dalam pembuatan rumah adat.
Kegiatan Awal
1. Mengatur posisi duduk peserta didik berdasarkan kelompok yang telah ditentukan
·Miniatur rumah adat daerah Padang https://www.youtube.com/watch?v=OdNEdiLSU38
·Miniatur rumah adat daerah Papua https://www.youtube.com/watch?v=ZGBUDm5-lGw
· Miniatur rumah adat daerah Jawa https://www.youtube.com/watch?v=2bLT3Wkph3I
·Miniatur rumah adat Sumsel https://www.youtube.com/watch?v=bMLEDn3Z5uA
3.3. Pendidik dan Peserta didik mempersiapkan alat dan bahan untuk kegiatan pembuatan rumah adat.
Kegiatan Inti
1. Pendidik menampilkan tayang video pembuatan miniatur rumah adat.
2. Peserta didik melakukan pengamatan langsung dan mencatat tahapan yang harus dilakukan dalam pembuatan miniatur rumah adat. (Tugas Kelompok)
3. Masing-masing kelompok mencatat informasi yang akan mereka lakukan pada kegiatan pembuatan rumah adat.
Penutup
Pendidik memberi pengutan pada tahapan yang harus benar-benar diperhatikan dalam pembuatan rumah adat.
ELEMEN DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN :
Pemahaman Sains
Peserta didik mengidentifikasi proses perubahan wujud zat dan perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari.
TUJUAN PEMBELAJARAN (TP) :
1.Peserta didik dapat mengindentifikasi perubahan wujud benda yang terjadi.
ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN (ATP) :
1.1Peserta didik mengidentifikasi perubahan wujud benda cair dan membeku.
1.2Peserta didik mengidentifikasi perubahan wujud benda menguap dan mengembun.
1.3Peserta didik mengidentifikasi perubahan wujud benda menyublim dan terdeposisi.
MATERI IPAS
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perubahan Wujud Sifat Benda
Benda – benda dapat berubah wujud. Misalnya dari benda padat dapat berubah wujud menjadi benda cair maupun gas, begitupun sebaliknya.
Sehingga perubahan wujud menyebabkan perubahan sifat-sifat benda. Berikut ini adalah faktor-faktor yang dapat mempengaruhi perubahan wujud dan sifat benda, sebagai berikut :
1. Pemanasan
Pemanasan yang dimaksudkan yaitu antara pemanasan lilin dan pembakaran lilin. Pemanasan dan pembakaran lilin itu berbeda. Pemanasan lilin tidak terjadi secara langsung. Lilin diletakkan di sebuah wadah atau tempat. Kemudian lilin tersebut dipanaskan. Batang lilin yang berbentuk padat akan mecair karena meleleh. Selanjutnya cairan baru batang lilin akan menjadi padat lagi setelah dingin. Hal ini, sumbu lilin tidak akan mengalami perubahan.
2. Pembakaran
Saat kita berkemah akan membuat api unggun pada malam hari. Dari kaya yang dikumpulkan kemudian dibakar. Peristiwa pembakaran ini dari kayu yang semula keras dan padat kan berubah bentuk menjadi abu dan arang. Arang bersifat rapuh, sedangkan abu bersifat serbuk. Jadi, pembakaran dapat mengubah sifat benda.
3. Pencampuran
Secara umum, para pekerja bangunan mereka menggunakan berbagai macam bahan bangunan yang dicampur dengan pasir. Contohnya pasir, semen dan kapur. Prosesnya dari semen yang berbentuk serbuk setelah dicampur dengan air semen tersebut berubah menjadi lebih lengket. Apabila sudah kering, campuran dapat berubah menjadi kuat dan keras.
4. Pembusukan
Pembusukan terjadi apabila dibiarkan selama beberapa hari. Misalnya buah pisang yang telah matang akan membusuk jika dibiarkan beberapa hari. Proses pembusukan ini yang mengubah sifat-sifat buah. Terjadinya perubahan meliputi bau, kekerasan dan warnanya. Buah pisang yang sudah busuk mempunyai bau tidak sedap. Kulit buah pisang yang awalnya kuning akan berubah menjadi coklat kehitaman. Selain itu, daging buah juga sudah lunak.
5. Pendinginan
Air yang didinginkan akan berubah menjadi es. Air merupakan zat cair sedangkan es merupakan benda padat. Sehingga sifat es dan sifat air akan berbeda. Maka, sifat air berubah setelah mengalami pendinginan.
Berikut video percobaan perubahan wujud benda
KESIMPULAN / REFLEKSI PEMBELAJARAN :
Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu memahami materi tentang perubahan wujud benda, namun masih ada beberapa peserta didik yang mengalami kesulitan dalam memahami dalam kegiatan percobaan perubahan wujud benda. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru mencoba untuk menambahkan semangat dalam kegiatan dan mengajak untuk terlibat/ berinteraksi langsung. Sehingga peserta didik akan lebih paham dan mudah memahami materi perubahan wujud benda dan ikut aktif dalam kegiatan.
0 komentar:
Posting Komentar