Selasa, 10 Oktober 2023

Bahasa Indonesia dan Pendidikan Pancasila

 


Hari/Tanggal        : Selasa, 10 Oktober 2023

Mata Pelajaran     : Bahasa Indonesia dan Pendidikan Pancasila 

Alat Peraga           : Gambar dan PPT




Tabik Pun 🙏 

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness. 😍


ELEMEN DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN : 
Pendidikan Pancasila
Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menyajikan hasil identifikasi macam-macam norma dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari. 

 TUJUAN PEMBELAJARAN :
1. Peserta didik dapat mengidentifikasi macam-macam norma yang ada di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat serta manfaatnya. 

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN (ATP) :
1. Peserta didik menyelesaikan latihan soal macam-macam norma yang ada di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat serta manfaatnya. 

Latihan Soal Norma!

1.Jika tidak mematuhi norma yang berlaku akan mendapat…..
a.hadiah
b.hukuman
c.sanksi
d.peringatan
Jawaban:c.sanksi

2.Hak asasi yang dimiliki oleh pelajar adalah….
a.mendapat uang saku
b.mendapat perhatian dari guru
c.mendapat pendidikan yang layak tanpa ada perbedaan
d.memilih teman yang disukai

3.Keluarga merupakan satu unit keluarga terkecil dari masyarakat yang membentuk….
a.nilai dan norma
b.peraturan
c.hukum
d.undang-undang

4.Orang yang melanggar peraturan lalu lintas akan mendapatkan surat tilang atau surat pelanggaran. Hal tersebut merupakan bagian dari …..
a.norma sosial
b.norma kesopanan
c.norma kesusilaan
d.norma hukum

5.Bertutur kata yang sopan dengan tidak menyakiti yang lain merupakan norma….
a.norma sosial
b.norma kesopanan
c.norma kesusilaan
d.norma hukum

6.Negara Indonesia memiliki keanekaragaman budaya yang harus…..
a.dipertentangkan perbedaannya
b.dijaga dan dilestarikan
c.disamakan budayanya pada setiap daerah
d.diperbaiki perbedaannya

7. Sikap saling menghargai dan menghormati budaya daerah akan meningkatkan.... 
a. harga diri daerah
b. martabat bangsa
c. persatuan bangsa
d. kecintaan kepada daerah

8.Proses penyelenggaraan negara oleh pemerintah harus berdasarkan kepada 
norma....
a. kesusilaan
b. hukum
c. adat
d. kesopanan

9. Salah satu manfaat mematuhi norma dalam kehidupan sehari-hari adalah....
a. terciptanya kehidupan yang tertib, aman, dan damai
b. kehidupan yang selaras dan seimbang
c. masyarakat yang makmur
d. kehidupan yang sejahtera

10. Sebagai ketua kelas, Andi ditugaskan oleh Bu Dewi untuk memimpin musyawarah kelas untuk membahas mengenai jenis kesenian yang akan ditampilkan oleh Kelas IV pada kegiatan pentas seni. Akan tetapi, Andi langsung memutuskan sendiri jenis kesenian yang akan ditampilkan oleh kelasnya tanpa bermusyawarah terlebih dahulu. Tindakan Andi tersebut tentu saja tidak dibenarkan, karena....
a. dapat menguntungkan kelas yang lain
b. bertentangan dengan aturan pengambilan keputusan
c. melalaikan perintah guru
d. dapat menyebabkan Andi dihukum oleh gurunya


ELEMEN DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN :
B. INDONESIA : Menulis
Peserta didik mampu menulis teks narasi, teks deskripsi, teks rekon, teks prosedur, dan teks eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi yang rinci dan akurat dengan topik yang beragam. Peserta didik terampil menulis tegak bersambung. 

TUJUAN PEMBELAJARAN :
1. Peserta didik dapat menceritakan dalam bentuk teks deskripsi, pengalaman rute/perjalanan dari rumah ke sekolah dengan benar. 

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN (ATP) :
1. Peserta didik menceritakan denah lokasi Rute/perjalanan rumah ke sekolah dengan bentuk teks deskripsi. 

Materi Bahasa Indonesia 



Ayo Menulis  Rute Menuju Sekolah
Ceritakan di buku tulis rute perjalanan kalian dari rumah ke sekolah, dimulai dari rumah sebagai titik awal.
Gunakan panduan dan pertanyaan berikut ini untuk membantu kalian menuliskannya.

1. Apakah kalian berjalan kaki atau naik kendaraan? Apakah kalian naik kendaraan umum atau diantar orang tua atau kakak? Ini akan menjadi bagian awal tulisan kalian.
2. Lalu, ceritakan tempat-tempat yang kalian lewati. Apakah rute yang kalian tempuh selalu sama ataukah kadang-kadang kalian mengambil rute yang berbeda? Mengapa kalian mengambil rute itu? Apa saja yang kalian jumpai sepanjang perjalanan?
Informasi-informasi ini akan menjadi bagian tengah tulisan kalian.
3. Berapa lama waktu yang kalian perlukan untuk sampai di sekolah? Apakah biasanya kalian datang saat sekolah masih sepi ataukah saat sekolah sudah ramai? Itulah bagian akhir
dari tulisan kalian, yaitu sampai di sekolah sebagai titik tujuan.

Ceritakan pengalaman kalian dengan jelas sehingga orang yang membaca dapat membayangkannya. Paragraf yang seperti ini disebut paragraf deskripsi.
Kalian juga dapat menggambar rute tersebut dengan denah sederhana atau menceritakannya dalam gambar.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.
 

Risky Melina Sari Template by Ipietoon Cute Blog Design