Bahan Ajar dan
Materi Pembelajaran
Tema 4
Keluargaku
Subtema 2 Keluarga
Besarku
Keluarga Besarku
Aku memiliki
keluarga besar
Ada kakel dan
nenek
Ada paman dan
bibi
Aku juga
memiliki sepupu
Kakek adalah
ayah dari ayah atau ibu kita
Nenek adalah ibu
dari ayah atau ibu kita
Paman adalah
saudara laki-laki ayah atau ibu kita
Bibi adalah
saudara perempuan ayah atau ibu kita
Sepupu adalah
anak paman atau bibi
Hari/Tanggal :
Senin, 28 Oktober 2019
Pembelajaran 1
Tujuan
Pembelajaran :
1.
Dengan mengamati contoh guru membaca, siswa dapat
membaca teks tentang keluarga besar dengan lancar.
2. Dengan mengamati gambar di buku siswa, siswa dapat
memberikan tanggapan dengan menggunakan bahasa yang santun.
3.
Dengan membaca teks, siswa dapat mengidentifikasi
anggota keluarga besar dengan benar.
4. Dengan membaca teks dan melihat gambar, siswa dapat
memasangkan gambar dan nama anggota keluarga besar dengan benar.
5.
Dengan mengamati contoh, siswa dapat mengisi tabel
daftar keluarga dirumah dengan benar.
6. Dengan mengamat contoh, siswa dapat memperkenalkan
anggota keluarganya didepan kelas dengan benar dan jelas .
7. Dengan mengamati contoh, siswa dapat mengisi
kedudukan keluarga besar Udin dengan benar.
8. Dengan mengamati contoh gambar siswa mampu
mengidentifikasi karya dua dimensi,kemudian siswa dapat menyelesaikan gambar
dua dimensi dengan baik.
9.
Dengan menggambar di buku siswa, siswa mampu
menentukan ide/ gagasan, tema, dan obyek untuk membuat karya dua dimensi dengan
teknik menggambar yang benar.
Materi Pembelajaran:
1. Mengenal anggota keluarga besar
2.
Mampu memperkenalkan keluarga besar.
3.
Menggambar
MATERI
Dengarkan cerita gurumu
Keluarga
Besar Udin
Keluarga Udin
sedang berkumpul
Ada ayah dan ibu
Ada kakak dan
adik sepupu
Ada kakek dan
nenek
Ada pula paman
dan bibi
Apakah
keluargamu juga suka berkumpul?
Mari berbagi
cerita dengan teman dan guru
Ayo Berlatih
Pasangkan gambar
di bawah ini dengan nama panggilan keluarga Udin
Ayo Mengamati
Inilah silsilah
keluarga besar Udin
Ayo Menulis
Isilah dengan panggilan yang tepat
1.
Ayah
dari ayah atau ibu kita dipanggil………….
2.
Ibu
dari ayah atau ibu kita dipanggil……………
3.
Adik
laki-laki dari ayah atau ibu dipanggil…………..
4.
Anak
dari paman atau bibi dipanggil……………..
Ayo Berlatih
Lengkapilah
kalimat dengan kata yang tersedia
Kerabat berkumpul
hari raya
Kampung sepupu
Hari
raya di rumah bela
1.
Besok
adalah …………………
2.
Tahun
ini …………….. berhari raya di rumah bela
3.
Kakek
dan nenek sudah datang dari …………………..
4.
Besok
paman dan bibi serta …………… bela akan datang
5.
Keluarga
besar bela selalu ………………. Pada hari raya
Hari/Tanggal:
Selasa, 29 Oktober 2019
Pembelajarn 2
Tujuan
Pembelajaran:
1. Dengan memperkenalkan keluarganya menggunakan pohon
silsilah keluarga, siswa dapat memperkenalkan anggota keluarga besarnya dengan
kosa kata yang baik dan benar.
2. Dengan memperkenalkan keluarganya menggunakan pohon
silsilah keluarga, siswa mampu memperkenalkan anggota keluarga besar secara
tertulis dari gambar/foto anggota keluarga yang ditempel pada buku siswa, serta
mampu memperkenalkan anggota keluarga besar secara tertulis dari gambar/foto
anggota keluarga yang ditempel pada buku siswa dengan baik dan benar.
Materi
Pembelajaran: Berbicara didepan kelas memperkenalkan keluarga
besar
MATERI
Ayo Mengamati
Amatilah dan
dengarkan teks yang dibaca gurumu berikut
Keluarga
Besar Bela
Keluarga besar
bela berkumpul pada hari raya
Ada kakek dan
nenek
Ada paman dan
bibi
Ada juga sepupu
sepupu bela
Semua berkumpul
di rumah bela
Keluarga besar bela rukun
Semua saling menghormati
Semua saling menyayangi
Ayo Berlatih
Lengkapi kalimat berdasarkan teks di atas
1.
Keluarga
bela berhari raya di …………………..
2.
Kakek
datang dengan …………….
3.
Paman
dating dengan …………….
4.
Keluarga
besar bela hidup ……………
5.
Semua
saling ……………. dan ………………..
Ayo Membaca
Ikutilah guru membaca puisi berikut
Kakekku
Kakekku suka
bercerita
Cerita kakek
lucu sekali
Aku tertawa
mendengar cerita kakek
Kakekku baik hati
Setelah bercerita
Kakek ajak kami bermain di taman
Kami senang berada dekat kakek
Ayo Berlatih
Susunlah kata berikut menjadi kalimat
Mulailah dari huruf yang dicetak tebal
1.
Suka
– kakek – bercerita
2.
Kakek
– lucu – cerita
3.
Dengan
– kakek – kami – di taman – bermain
4.
Senang
– kakek – dekat – kami
Ayo Bercerita
Apakah kakek dan
nenekmu masih hidup?
Apa pekerjaan
kakek dan nenek dahulu
Apa kamu sayang
pada kakek dan nenek
Ceritakan
Kini
Kutahu
Kakek dan nenek
adalah kerabatku
Paman dan bibi
juga kerabatku
Setiap daerah punya
panggilan berbeda untuk keluarga dan kerabat
Hari/Tanggal :
Rabu, 30 Oktober 2019
Pembelajaran 3
Tujuan
Pembelajaran :
1.
Dengan membaca teks mengenai keluarga besar, siswa
dapat menceritakan kegiatan bersama keluarga besarnya serta mampu menunjukkan
penggunaan kosa kata ungkapan perkenalan keluarga besar dalam suatu kalimat
dengan tepat dan percaya diri.
2.
Dengan memilih kata yang tepat, siswa dapat
menggunakan kosakata perkenalan dengan baik serta memperkenalkan anggota
keluarga besar secara tertulis dari gambar/foto anggota keluarga besar secara
tertulis dari gambar/foto anggota keluarga yang ditempel pada buku siswa dengan
benar.
3. Dengan mengamati teks, siswa dapat melakukan
pendataan kepada kedudukan keluarga besarnya dengan baik.
4.
Dengan mengamati teks, siswa dapat menceritakan
pengalaman mendata anggota keluarga di rumah berdasarkan kedudukannnya.
Materi
Pembelajaran :
1.
Bercerita pengalaman bersama keluarga besar
2.
Menulis kata perkenalan
MATERI
Ayo Mengamati
Berkumpul Bersama
Keluarga Besar
Udin rajin
mengunjungi kakek dan nenek
Udin senang
berkumpul dengan keluarga besar
Kakek dan nenek
sudah tua
Tapi kakek dan nenek
sehat
Udin sangat
menyayangi kakek dan nenek
Udin bersyukur
kepada Tuhan
Udin memiliki
keluarga besar yang saling menyayangi
Ayo Mengamati
Udin sedang
berkunjung ke rumah kakeknya
Di rumah
kakeknya ada sebuah tali karet
Udin ingin tajhu
berapa panjangnya
Udin mengukur
tali karet dengan jengkal tangannya
Anggota tubuh
kita bisa digunakan
untuk mengukur
panjang suatu benda
Ayo Belajar
Kakek menginap
di rumah bela
Kakek mau
menanam bunga
Kakek suruh hadi
mengukur taman
Sambil bermain
bela dan hadi belajar mengukur
Bela dan hadi
mengukur panjang dengan alat ukur berikut
Hadi mengukur
jarak pohon ke rumah 7 langkah, dengan menggunakan langkak kaki
Bela mengukur
panjang meja 8 jengkal, dengan menggunakan jengkal tangan
Ayo Jawab
1.
Apakah
alat ukur langkah dan jengkal dapat mengukur panjang sebenarnya?
2.
Bila
bela juga mengukur jarak pohon ke rumah dengan langkah kaki apakah hasilnya
sama dengan hadi?
3.
Bagaimana
bila diukur dengan penggaris?
Pembelajaran 4
Tujuan Pembelajaran
:
1. Dengan memasangkan kosa kata perkenalan, siswa akan
mampu menggunakan kalimat perkenalan yang benar.
2. Dengan mengisi kata perkenalan yang tepat pada
latihan di buku siswa, siswa akan mampu menunjukkan penggunaan kosa kata
perkenalan dan ungkapan dalam suatu kalimat dengan tepat.
3. Dengan memilih gambar alat-alat menggambar yang
benar, siswa mampu mengidentifikasi alat dan bahan yang dapat digunakan membuat
gambar ekspresi dengan baik.
4.
Dengan memilih gambar alat-alat menggambar yang
benar, siswa menyiapkan alat dan bahan untuk membuat karya gambar ekspresi.
Materi
Pembelajaran :
1.
Menulis kata perkenalan
2.
Menggambar
MATERI
Ayo Berlatih
Kegiatan yang bisa kita lakukan
Ketika bersama keluarga besar adalah bermain lompat kelompok
Yuk, kita lihat Udin dan keluarga besarnya bermain lompat kelompok
Udin berkelompok dengan paman, bibi, dan sepupunya
Ayah Udin, ibu Udin, nenek Udin serta kakak Udin di kelompok lain
Tiap anggota kelompok memegang pundak temannya
Tiap kelompok lompat sesuai perintah
Kakek Udin yang memberikan perintahnya
Mari kita bermain seperti keluarga Udin
Ayo Membaca
Bacalah dengan nyaring
Paman
Arif
Paman Arif adik
ayah bela
Bela memanggil
paman Arif mamang
Mamang nama
panggilan paman di jawa barat
Mang Arif pintar
bermain gitar
Mang Arif hafal
banyak lagu
Meng Arif senang
mengajak keponakannya bernyanyi
Ayo Jawab
1.
Siapakah
paman arif?
2.
Dari
manakah paman arif berasal?
3.
Apa
panggilan paman arif?
4.
Siapa
yang diajak paman arif bernyanyi?
5.
Apa
alat musik yang dimainkan paman arif?
Ayo Menulis
Ayah Paman Sepupu Kakek Bibi
1.
Ini
adalah Bapak Rahmat, …………. Saya
2.
……………
saya seorang guru
3.
……………
saya bernama Dita
4.
……………
saya bernama Aisyah
5.
……………
saya bernama Jamal
Ayo Berkreasi
Beni sedang
menggambar keluarganya
Beni menggunakan
alat dan bahan menggambar
Perhatikan
gambar berikut
Manakah alat dan
bahan untuk menggambar
Beri
tanda centang ( √ ) gambar yang tepat
Hari/Tanggal :
Kamis, 31 Oktober 2019
Pembelajran 5
Tujuan
Pembelajaran :
1.
Dengan membaca teks, siswa dapat menyebutkan
kosakata yang berhubungan dengan anggota keluarga besar dengan benar.
2. Dengan membaca teks, siswa dapat mempraktikkan cara
memperkenalkan anggota keluarga besar dari gambar/foto yang dibawa siswa secara
lisan dengan benar.
Materi
Pembelajaran :
1.
Silsilah keluarga besar
2.
Membuat kalimat dari kosakata keluarga besar
3.
Membuat silsilah keluarga besar
MATERI
Ayo Mendengarkan
Dengarkan guru membaca teks berikut
Bermain Dengan Rukun
Bela senang
saudara sepupunya menginap di rumah
Bela dapat
bermain dengan saudara sepupuny
Bela juga
mendengar cerita dari saudara sepupu
Sore hari mereka
bermain
Ada yang bermain
catur
Ada yang bermain
congklak
Ada yang bermain
boneka
Mereka bermain
dengan rukun
Ayo Membaca
Bacalah teks di bawah ini dengan intonasi yang tepat
Bermain
Congklak
Tok tok tok tok
Biji biji
congklak dimasukkan dalam lubang
Biji congklak
berupa kerang kerang kecil
Lubang tempat
biji congklak berupa cekungan pada papan
Siapa yang
memasukkan paling banyak biji congklak dalam lubang miliknya dialah pemenangnya
Ayo Berlatih
Buatlah sebuah kalimat berdasarkan kata di bawah ini
Contoh :
( bermain )
Bela dan sepupu bermain di halaman
(catur dan congklak )
Anak anak
bermain catur dan congklak
1.
( bermain )
…………………………………………………………….
2.
( di halaman )
…………………………………………………………….
3.
( balap karung )
…………………………………………………………….
4.
( lomba )
…………………………………………………………….
Ayo Berlatih
Lani dan adiknya
sedang mengukur panjang benda
Alat yang
digunakan adalah korek api
Korek api dapat
digunakan untuk mengukur panjang benda
Carilah alat
ukur panjang sederhana lainnya, seperyi yang digunakan Lani
Sekarang lakukan
pengukuran panjang dengan alat sederhanamu di kelas
1.
Apakah
alat sederhana yang kamu gunakan tepat untuk mengukur panjang benda?
2.
Adakah
cara lain untuk mengukur panjang benda?
Hari/Tanggal :
Jumat, 1 November 2019
Pembelajaran 6
Tujuan
Pembelajaran :
1.
Dengan mengamati gambar dan contoh dari guru, siswa
dapat memperkenalkan saudaranya dan bercerita pengalaman bermain dengan
saudaranya dengan baik dan benar.
2.
Dengan melakukan bermain peran keluarga, siswa
dapat memahami kedudukan keluarga dengan benar.
3.
Dengan menyimak gambar, siswa dapat bercerita
pengalamannya beribadah bersama keluarga dengan baik.
4.
Dengan menyimak gambar dan menjawab pertanyaan di
buku siswa mengenai pengalaman beribadah dengan anggota keluarganya, siswa
mampu menyebutkan kedudukan angota keluarga berdasarkan kedudukannya dengan
baik.
Materi
Pembelajaran :
1.
Bermain peran
2.
Bercerita pengalaman dengan keluarga besar
MATERI
Siapa yang
bercakap-cakap?
Apa yang
ditanyakan kakek?
Apa yang membuat
siti merasa senang?
Ayo Mengamati
Amati gambar berikut
Ayo Menulis
Jawablah
pertanyaan di bawah ini berdasarkan gambar pilihlah kata-kata di dawah ini
Lebih Panjang Tinggi
Pendek Tertinggi Terpendek
Contoh : ayah
Udin lebih tinggi dari ibu
1.
Ayah
Udin lebih …………….. dari kakak Udin
2.
Kakak
Udin lebih …………… dari Ibu
3.
Udin
……………… di keluarga
4.
Ayah
Udin ………. di keluarganya
5.
Sepeda
Udin ……………….. dari pada mobil mainannya
Ayo Mengamati
Udin sedang
beribadah dengan keluarganya
Senang sekali
bisa beribadah dengan keluarganya
Apakah kamu pernah
beribadah bersama keluargamu?
Ayo Bercerita
Ayo ceritakan
pengalamanmu beribadah dengan keluargamu di depan kelas
0 komentar:
Posting Komentar