YAYASAN AL – AZHAR LAMPUNG
Th. 2019 -
2020
SD AL AZHAR BANDAR LAMPUNG
Satuan
Pendidikan : Sekolah Dasar
Kelas/
Semester : I/ I
Tema/Sub
Tema : Diriku /3-4
Jumlah
Soal : 30 Soal
Tahun
Pelajaran : 2019/2020
TEMA
1 SUBTEMA 3 DAN 4
SUBTEMA 3 dan 4
Mata Pelajaran : PPKN
Kompetensi Dasar:
3.2 Memahami aturan yang berlaku dalam
kehidupan sehari-hari di rumah
3.3 Memahami keberagaman karakteristik
individu di rumah
Indikator :
3.2.28
Menggali informasi tentang hal-hal yang
harus dilakukan dalam hubungannya dengan menjaga kebersihan tubuh di rumah
3.2.29
Menunjukkan hal-hal yang harus dilakukan
dalam hubungannya dengan menjaga kebersihan tubuh di rumah
3.2.30 Menyebutkan hal-hal yang harus dilakukan dalam
hubungannya dengan menjaga kebersihan tubuh dirumah
3.3.1 Menggali
informasi tentang ciri khas masing-masing individu di rumah
3.3.2 Menuliskan
contoh-contoh kekhasan individu di rumah
3.3.3 Menyebutkan
contoh-contoh kekhasan individu di rumah
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar :
3.2
Mengenal kegiatan persiapan menulis permulaan (cara duduk, cara memegang
pensil, cara meletakkan buku, jarak antara mata dan buku, pemilihan tempat
dengan cahaya yang terang) yang benar.
3.3
Mengenal lambang bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau
bahasa daerah
3.4
Mengenal kosakata tentang anggota tubuh dan pancaindra serta perawatannya
melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, slogan sederhana, dan atau syair
lagu)
3.5
Mengenal kosakata tentang cara memelihara kesehatan melalui teks pendek (berupa
gambar, tulisan, dan slogan sederhana)
3.11
Mengenal puisi anak/syair lagu (berisi ungkapan sayang, atau persahabatan) yang
diperdengarkan dengan tujuan untuk kesenangan.
Indikator :
3.2.1 Menunjukkan gambar cara duduk yang
tepat saat menulis
3.2.2 Menunjukkan gambar cara memegang
pensil yang tepat saat menulis
3.2.3 Menunjukkan gambar cara meletakkan
buku yang tepat saat menulis
3.2.4 Menunjukkan gambar jarak yang baik
antara mata dan media menulis
3.2.5 Menunjukkan gambar posisi cahaya
yang benar saat menulis
3.3.7 Menunjukkan huruf vokal dalam
suatu kata yang terkait dengan merawat tubuhku
3.3.8 Menunjukkan huruf konsonan dalam
suatu kata yang terkait dengan merawat tubuhku
3.3.9
Menyusun huruf vokal dan konsonan menjadi kata yang bermakna yang terkait
dengan merawat tubuhku
3.3.10 Menunjukkan
huruf vokal dalam suatu kata yang terkait dengan aku istimewa
3.3.11 Menunjukkan
huruf konsonan dalam suatu kata yang terkait dengan aku istimewa
3.3.12
Menyusun huruf vokal dan konsonan menjadi
kata yang bermakna yang terkait dengan aku istimewa
3.4.3
Menunjukkan informasi tentang cara
merawat anggota tubuh melalui media gambar, tulisan, slogan, atau lirik lagu
3.4.4
Menunjukkan informasi tentang cara
merawat anggota tubuh yangbenar melalui media gambar, tulisan, slogan, atau
syair lagu
3.5.1 Menyebutkan
kosakata tentang cara memelihara kesehatan dengan tepat
3.5.2
Menjelaskankan makna kata yang
berhubungan tentang cara memelihara kesehatan dengan tepat
3.5.3 Memilih
kosakata tentang cara memelihara kesehatan dalam suatu kalimat dengan tepat
3.11.1
Mengidentifikasi ungkapan sayang atau
persahabatan dalam sebuah puisi/syair lagu yang diperdengarkan dengan tepat
Mata
Pelajaran : Matematika
Kompetensi Dasar :
3.3
Membandingkan dua bilangan sampai dua angka dengan menggunakan kumpulan benda-benda
konkret.
3.4
Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan
bilangan cacah sampai dengan 99 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan
penjumlahan dan pengurangan
Indikator :
3.3.1 Membandingkan banyak benda untuk merawat
tubuh.
3.3.2 Membandingkan dan mengurutkan dua bilangan.
3.3.3 Membandingkan dan mengurutkan Bilangan
3.4.1 Mengenal penjumlahan 1 sampai
dengan 10.
3.4.2 Menghitung banyak objek yang
digabung dari dua kelompok.
3.4.3 Menyelesaikan soal cerita
penjumlahan.
Mata
Pelajaran : SBdp
Kompetensi Dasar :
3.1 Memahami karya ekspresi dua dan tiga
dimensi
3.4 Memahami bahan alam dalam berkarya
Indikator :
3.1.1
Mengidentifikasi ciri-ciri finger painting sebagai karya ekspresi dua dimensi
(meliputi ide/gagasan, tema, obyek, dan komposisi bentuk dan warna)
3.1.2 Mengidentifikasi alat dan bahan untuk membuat
karya berupa finger painting
3.1.3 Mengidentifikasi cara menggunakan alat dan
bahan untuk membuat finger painting
3.1.4 Mengidentifikasi langkah-langkah membuat
finger painting
3.4.1
Mengidentifikasi pemanfaatan tumbuhan dalam membuat karya kerajinan (boneka
kulit jagung, kartu ucapan motif bunga kering, dan hiasan dari biji-bijian)
3.4.4
Menjelaskan prosedur menjaga sikap berjalan secara lentur dan seimbang dalam
rangka pembentukan tubuh melalui permainan sederhana dan atau tradisional
Mata
Pelajaran : PJOK
Kompetensi Dasar :
3.4 Memahami sikap dan menjaga
keseimbangan yang baik
3.8 Memahami cara menjaga kebersihan
bagian tubuhdan pakaian
Indikator :
3.4.1 Sikap berdiri dan keseimbangan
3.8.1 Kebersihan pakaian dan tubuh
0 komentar:
Posting Komentar