Hari/Tanggal : Senin, 18 Maret 2025
Mata Pelajaran : Kisi-Kisi dan Latihan Soal Bahsa Indonesia
Good morning my lovely students. How are you this morning?
a. Untuk membeli barang
b. Sebagai alat barter
c. Sebagai alat pembayaran yang sah dan diakui oleh negara
d. Untuk kenang-kenangan
2. Mebawa
bekal ke sekolah sehingga tidak perlu membeli jajan merupakan salah satu cara
agar….
a.
Tabungan
cepat terkumpul c. Tidak perlu
membawa uang jajan
b. Uang jajan bisa dibelikan mainan d. Uang jajan untuk dibelikan baju
3.
Firas menyisihkan uang untuk membeli sepeda. Arti kata menyisihkan pada kalimat
di atas adalah …
a. Menghabiskan c. Membelikan
b. Mencadangkan d.
Membutuhkan
4. Dalam
teks prosedur, apa yang dimaksud dengan “langkah”?
a. Cara melakukan sesuatu c. Tujuan dari teks
b. Bahan yang dibutuhkan d. Kesimpulan dari teks
5. Perhatikan teks berikut!
· Siapkan dokumen persyaratan seperti fotokopi kartu
pelajar, fotokopi akta kelahiran, formulir pembukaan rekening, dan fotokopi KTP
salah satu orang tua
·
Datanglah ke bank bersama orang tua
·
Serahkan dokumen persyaratan ke petugas bank
·
Tunggulah verifikasi persyaratan dan membuka
rekening oleh petugas bank
·
Setelah itu, ambilah buku rekening
Marsya membaca setiap langkah-langkah yang termuat pada teks di atas.
Teks yang dibaca Marsya termasuk....
a. Teks fabel tentang cara menabung
b. Teks fabel tentang cara membuka rekening
c. Teks prosedur tentang mengambil tabungan
d. Teks prosedur tentang cara membuka rekening
6. Cermatilah kalimat berikut!
(1) Gunakan setrika secara efektif.
(2) Colokkan steker ke stopkontak.
(3) Tunggu sampai panas yang diinginkan.
(4) Putar sakelar pengatur suhu.
Urutkan kalimat di atas agar menjadi petunjuk yang padu adalah ….
a. (2) –
(4) – (3) – (1) c.
(4) – (3) – (1) – (2)
b. (2) –
(4) – (1) – (3) d. (2)
– (1) – (3) – (4)
7. Hukuman harus
diberikan kepada turis yang membuang sampah sembarangan
di sekitar pantai Sanur.
Kata turis pada kalimat
tersebut memiliki arti...
a. Penjual minuman c. Orang yang berenang
b. Orang yang berwisata d. Pelayan restoran
8. Kenzi pergi ke mini
market, kemudian Kenzi pergi ke sekolah. Kalimat efektif dari kalimat di atas
adalah….
a. Kenzi pergi ke minimarket,
kemudian pergi ke sekolah
b. Kenzi pergi ke minimarket,
kemudian Kenzi pergi
c. Kenzi pergi ke minimarket,
kemudian ke sekolah
d. la pergi ke minimarket, kemudian
Kenzi pergi ke sekolah
9.
Berikut yang merupakan
kalimat efektif adalah….
a. Bagi para siswa-siswa diharapkan
datang pukul 07.30 WIB
b. Penebangan pohon itu kami dibantu
oleh semua warga desa
c. Saya hanya memiliki satu tanaman
peliharaan saja
d. Siswa kelas IV senang memelihara
hewan dan tumbuhan
10. Allesia baru saja mengunjungi Candi Prambanan
bersama teman sekelasnya. Setelah pulang Allesia dan teman-temannya membuat
karya ilmiah yang disebut….
a. Laporan
sekolah c.
Laporan perjalanan
b. Laporan
praktikum d. Laporan
observasi
2. “Dia adalah mata-mata di antara kita”. Majas yang digunakan
dalam kalimat tersebut adalah …
3. "Bisikan angin membelai daun-daun pohon" Kalimat tersebut mengandung majas ….
1)
Setidaknya berisi subjek
2)
Tidak bertele-tele
3)
Hemat kata
4)
Memiliki banyak makna
Ciri-ciri
kalimat efektif ditunjukkan oleh nomor....
0 komentar:
Posting Komentar