Selasa, 02 April 2024

Pendidikan Pancasila dan Matematika

     


Hari/Tanggal        : Selasa, 2 April 2024

Mata Pelajaran     : Pendidikan Pancasila dan Matematika

Alat Peraga           : Gambar dan PPT




Tabik Pun 🙏 

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness. 😍

Pendidikan Pancasila

Elemen CP: Negara Kesatuan Republik Indonesia

Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menyajikan berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial budaya di lingkungan sekitar. Peserta didik mampu memahami lingkungan sekitar (RT/RW/desa/kelurahan, dan kecamatan) sebagai bagian tidak terpisahkan dari wilayah NKRI. Peserta didik mampu menampilkan sikap kerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.

Tujuan Pembelajaran : 

Peserta didik mampu memahami lingkungan sekitar (RT/RW/desa/kelurahan, dan kecamatan) sebagai bagian tidak terpisahkan dari wilayah NKRI. 

Alur Tujuan Pembelajaran : 

Peserta didik memahami Sikap menghargai Negara Kesatuan Republik Indonesia

Materi Pembelajaran 

Keutuhan NKRI perlu selalu dijaga dengan perilaku nyata dalam kehidupan. Ada banyak contoh sikap menjaga keutuhan NKRI di lingkungan masyarakat hingga sekolah yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Sikap menjaga keutuhan NKRI tersebut termanifetasikan dalam perilaku individu. Contoh perilaku menjaga keutuhan NKRI di lingkungan masyarakat adalah mengutamakan cara musyawarah dalam penyelesaian masalah. Sementara itu, untuk konteks pelajar, salah satu contoh sikap menjaga keutuhan NKRI di lingkungan sekolah ialah menjaga hubungan saling menghormati serta menghargai baik antar-siswa maupun antara siswa dengan guru.

Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) adalah negara yang majemuk. Kemajemukan ini terlihat dari berbagai macam sisi. Misalnya suku, bahasa, adat istiadat, hingga agama. Kemajemukan itu bukan berarti warga negara Indonesia harus berpecah-belah, melainkan malah mempererat persatuan dan kesatuan bangsa. Justru dengan aneka ragam perbedaan tersebut, kebudayaan nasional bisa semakin kaya, dan menjadi sarana memperkuat persatuan bangsa Indonesia. 

Persatuan dan kesatuan ini pada ujungnya menjadi pondasi kokoh bagi kedaulatan NKRI. Meski potensi sumber konflik cukup besar, bangsa Indonesia telah telah bertahun-tahun membuktikan bahwa kerukunan mampu diwujudkan di NKRI.

Contoh Perilaku Menjaga Keutuhan NKRI di Sekolah dan Masyarakat Perlu tindakan nyata untuk terus memupuk persatuan bangsa Indonesia demi menjaga keutuhan NKRI. Maka itu, perilaku yang menjaga keutuhan NKRI perlu dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Ruang untuk penerapan sikap menjaga keutuhan NKRI tersebut juga beragam, yakni bisa di lingkungan masyarakat, sekolah, hingga rumah atau keluarga. 

Bangsa sebagai Bangsa Indonesia 

Alasan utama bangga menjadi bangsa Indonesia adalah karena lahir dan besar di negeri Indonesia. Maka harus mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Modal utama tetap tegaknya NKRI adalah persatuan dan kesatuan di antara bangsa Indonesia. Persatuan sebagai bangsa tidak akan kuat apabila tidak memiliki kebanggaan terhadap NKRI. Bangga sebagai bangsa dan bertanah air Indonesia terwujud dalam bentuk merasa besar hati atau merasa bahagia atau merasa gagah menjadi bangsa Indonesia.

Keunggulan Indonesia Sudah sewajarnya sebagai warga negara bangga bertanah air Indonesia. Indonesia mendapat julukan zamrud di khatulistiwa karena memiliki berbagai keunggulan. 

Berikut ini merupakan beberapa contoh cara menunjukkan kebanggaan sebagai warga negara Indonesia yang bisa untuk kamu lakukan setiap harinya.
  • Menggunakan Batik serta Pakaian Adat. 
  • Membentuk Sikap Rajin Belajar.
  • 3. Berbicara dengan Menggunakan Bahasa Indonesia.
  • Menjunjung Tinggi Nilai dan Kebudayaan.

Berikut Video Pembelajaran : 

 

Matematika 

Elemen CP : Pengukuran : Pada akhir Fase B, peserta didik dapat mengukur panjang dan berat benda menggunakan satuan baku. Mereka dapat menentukan hubungan antar-satuan baku panjang (cm, m). Mereka dapat mengukur dan mengestimasi luas dan volume menggunakan satuan tidak baku dan satuan baku berupa bilangan cacah.

Tujuan Pembelajaran : 

1. Peserta didik dapat mengidentifikasi luas dan keliling pada bangun datar

Alur Tujuan Pembelajaran : 

1. Peserta didik memahami luas dan keliling pada bangun datar

Materi Pembelajaran 

Remedial Matematika

1. Alat ukur panjang dan berat 
2. Menghitung konversi satuan panjang dan berat 
3. Ciri-ciri persegi panjang 
4. Menghitung keliling persegi, persegi panjang dan segitiga 
5. Menghitung luas persegi, persegi panjang dan segitiga 
6. Menghitung panjang sisi jika diketahui keliling segitiga 
7. Menghitung luas jika diketahui keliling persegi 
8. Mencari panjang sisi jika diketahui luas 


Soal Latihan !
1. Upin dan Ipin akan bermain layang-layangUpin memiliki tali yang panjangnya 15 meter sementara Ipin memiliki tali denganpanjang 1.000 cm. jika tali yang dimilikii Upin dan Ipin digabung maka panjangnya menjadi?
a. 15 m
b. 25 m
c. 10 m
d. 5 m
2. Sari dan ibunya pergi ke toko benangMereka membeli benang jahit warna hitam 5 m, warna putih 35 dm, dan warna abu-abu100 cm. Berapa meter panjang ketiga benang jahit yang dibeli Sari dan ibunya?
a. 6 m
b. 6,5 m
c. 9 m
d. 9,5 m
3. Tante Indri seorang penjahitIa mendapat pesanan 5 buah baju. Setiap baju membutuhkan kain sepanjang 1,85 m. Berapapanjang kain yang dibutuhkan untuk membuat 5 buah baju?
a. 9 m
b. 9,25 m
c. 9,50 m
d. 10 m
4. Jarak rumah Linda ke sekolah adalah 1,5 km. berapa meter jarak rumah Linda ke sekolah?
a. 1.500 m
b. 150 m
c. 15 m
d. 0,15 m
5. Jarak rumah Aryo dengan rumah Emil adalah 8 dam. Berapa cm jarak rumah Aryo ke rumah Emil?
a. 0,8 cm
b. 800 cm
c. 8.000 cm
d. 80 cm

6. Selembar kain dengan ukuran panjang 150 cm dan lebarnya 75 cm. Keliling kain tersebut adalah .... cm.
a. 450
b. 475
c. 500
d. 510
7. Jika panjang sisi persegi 48 cm, maka kelilingnya adalah .... cm
a. 142
b. 162
c. 182
d. 192
8. Sepetak sawah berbentuk persegi dengan panjang sisi 50 m. Luas sawah tersebut adalah .... cm²
a. 2.000
b. 2.250
c. 2.500
d. 3.000

9. Sebuah persegi memiliki panjang sisi 28 cm. Luas dan keliling dari persegi tersebut adalah ....
a. Luas dan keliling persegi = 784 cm2 dan 112 cm
b. Luas dan keliling persegi = 794 cm2 dan 122 cm
c. Luas dan keliling persegi = 804 cm2 dan 122 cm
d. Luas dan keliling persegi = 814 cm2 dan 132 cm

10. Di bawah ini yang termasuk ciri-ciri persegi panjang adalah ....
a. Keempat sudutnya siku-siku
b. Keempat sisinya sama panjang
c. Mempunyai sudut yang berbeda-beda
d. Mempunyai ruang

Esay ! 

1. 10 hg + 5 dg = .................................. g
2. 73 kg + 25 hg + 50 dag = .............................. dag
3.  Sebuah persegi panjang memiliki panjang 34 cm dan lebar 18 cm. Tentukan keliling bangun datar tersebut !
4. Keliling suatu persegi panjang adalah 236 cm. Jika panjangnya 62 cm, berapakah lebar persegi panjang tersebut?
5. Lani dan Ibunya pergi ke pasar membeli 2 kg beras, 50 ons gula, 500 g bawang, dan 1000 g cabai. Berapa hg berat belanjaan mereka ?

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.
 

Risky Melina Sari Template by Ipietoon Cute Blog Design