Rabu, 03 Maret 2021

Rabu, 3 Maret 2021 ( Pengolahan Pangan )

 Bahan Ajar Tema 7 Subtema 1 

Hari/Tanggal        : Rabu, 3 Maret 2021

Kelas                    : 3 

Tema                    : 7 (Perkembangan Teknologi)

Subtema               : 1 ( Perkembangan Teknologi Produksi Pangan )

Pembelajaran        :  2 dan 3

Alat Peraga           : Gambar 

Kompetensi Dasar : 

B. Indonesia 3.6 Mencari isi teks informasi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi di lingkungan setempat.

PPKN 3.3 Menjelaskan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitr.

MTK 3.8 Menjelaskan dan menentukan luas dan volume dalam satuan tidak baku dengan menggunakan benda konkret.  

Tujuan Pembelajaran:
1. Dengan membaca teks bacaan, siswa dapat memahami isi dari teks tersebut dengan tepat.
2. Dengan mendengarkan cerita, siswa dapat mengetahui makna keberagaman individu dengan tepat.
3. Dengan mengamati, siswa dapat menemukan luas suatu daerah sertamenjelaskan cara menentukan luas suatu daerah.


Assalamualaikum Wr Wb 

Selamat pagi anak sholeh dan sholeha? Apa kabar hari ini? 

Semoga kalian selalu menjaga kesehatan dan rajin berolahraga ya nak agar tubuh kita sehat dan tidak mudah terserang penyakit serta  semoga kita semua selalu dalam lindungan allah swt amin ya rabbal alamin 

Baiklah sebelum kita melanjutkan materi pembelajaran hari ini, jangan lupa untuk anak-anak melaksanakan sholat duha, murojaah pagi dan mendengarkan tausyiah serta tak lupa untuk melaksanakan sholat 5 waktunya ya nak... 

Pembahasan soal latihan hari Senin  bisa dicek kembali jawaban yang tepatnya ya nak 💪

Kamu sudah mempelajari dan membaca teks tentang Perkembangan Teknologi Produksi Pangan

Sekarang Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan teks “Teknologi Pangan” di atas!

1. Apa arti dari pangan?

   Pangan artinya makanan

2. Apakah hasil panen pertanian dan peternakan dapat bertahan lama?

   Hasil pertanian dan pertenakan tidak dapat bertahan lama

3. Bagaimana cara mengolah hasil panen?

    Mengolah hasil panen dilakukan dengan teknologi pangan

4. Apa saja contoh makanan yang terbuat dari kacang kedelai?

    Kacang kedelai dapat dibuat menjadi tahu, tempe, dan kecap.

5. Apa manfaat dari teknologi pangan?

    Teknologi pangan mengolah makanan agar tahan lama.

 

Kita lanjutkan materi pembelajaran hari ini ya nak .. 

Ayo Mengamati

Dayu, Siti, dan Lani membaca buku tentang pengolahan ikan bandeng. Mereka tertarik untuk melihat cara pengolahan ikan bandeng. Esok harinya, Dayu, Siti, dan Lani mengunjungi tempat pengolahan ikan bandeng. Mereka berkunjung ke rumah Pak Sarip. Pak Sarip memiliki kolam ikan bandeng. Pak Sarip juga mengolah ikan bandeng agar lebih awet. Pak Sarip membuat ikan bandeng presto.  

Dayu dan teman-teman ingin melihat proses pengolahannya.

Ayo Membaca

Bacalah teks tentang “Bandeng Presto” berikut. 

Kumpulan kalimat yang diberi warna berbeda disebut paragraf.

Ada berapa buah paragraf pada teks “Bandeng Presto”?

Jawablah pertanyaan di atas pada kolom komentar di postingan materi hari ini ya nak 👇


Ayo Mengamati

Lani, Dayu, dan Siti memiliki kemampuan yang berbeda dalam berenang. Lani telah mahir berenang. 

Dayu ingin belajar berenang. Siti lebih senang bermain di pinggir kolam. Di lingkungan sekitar, kita dapat menemukan beragam kemampuan. Beragam artinya bermacam-macam. Lani, Dayu, dan Siti juga memiliki cara yang berbeda dalam menikmati buah-buahan. Misalnya Siti menikmati buah-buahan ketika minum susu rasa stroberi. Dayu menikmati bolu pisang. Lani lebih suka makan buah apel. Semua suka buah-buahan. Namun, mereka menikmati buah dengan cara yang berbeda-beda. Setiap orang memiliki kebiasaan yang berbeda-beda.

Kebiasaan yang berbeda merupakan bagian dari keberagaman.

Dayu, Siti, dan Lani sedang menikmati makanannya. Kemudian, Beni, Udin, dan Edo datang membawa ragam makanan. Amati makanan yang dibawa oleh Udin dan teman- teman.

Bolu pisang dan susu rasa stroberi merupakan makanan hasil pengolahan teknologi pangan.
Ayo Membaca
Bacalah teks berikut!

Carilah jenis makanan baru yang dihasilkan oleh teknologi pangan!
Amati kalimat yang berwarna merah pada teks “Hasil Teknologi Pangan”. Kalimat tersebut merupakan kalimat utama pada setiap paragraf.

Ayo Bernyanyiyi
Setelah membaca dan bercerita tentang teknologi pangan, Lani mengajak teman-teman bernyanyi bersama. Bibi Lani memperkenalkan sebuah lagu baru.

Ayo Mengamatii

Bibi Lani membeli tempe di tukang sayur. Warnanya putih dengan kumpulan kedelai di dalamnya. Lani dan teman-teman mengamatinya.
Tempe yang dibeli Bibi cukup besar. Udin mengajak teman-teman mengukur luas permukaan bidang  tempe. Tempe tersebut berbentuk persegi. 

Udin mengukur luas tempe menggunakan potongan segitiga yang terbuat dari daun pisang.
Potongan segitiga daun pisang merupakan alat ukur tidak baku.

Tempe yang berbentuk persegi, dapat dipotong menjadi bentuk segitiga.

Amati bentuk di bawah ini!

Ayo Berlatihh
Hitunglah luas permukaan bidang berikut.

                            Gambar        1                            2                            3

Gambar 1 : Luas satuan persegi adalah =  5 Satuan persegi
Gambar 2 : Luas satuan persegi adalah =  5 Satuan persegi
Gambar 3 : Luas satuan persegi adalah =  6 Satuan persegi


Tugasmu!

Hitunglah satuan luas pada gambar di bawah ini.
Gambarlah dan beri warna sesuai dengan gambar berikut. 

                        Gambar :     1                               2                                   3



Pengiriman Tugas: 

1. Mengirimkan dokumentasi foto beribadah (grup Wa)
2. Mengumpulkan dokumentasi foto telah mengerjakan latihan soal  (Chat pribadi)
3. Absen pagi pada kolom komentar anak-anak  yang  hebat 👍
4. Jangan lupa Jawab pertanyaan pada kolom komentar ya nak  
5. Pengumpulan tugas ditunggu paling lambat jam 13.00 wib 

Terimakasih atas kerjasamanya, semoga berhasil 💪

18 komentar:

  1. Assalamualaikum wrwb
    Zahra Kalonica Aretha Antonny (Hadir).
    Jawaban nya :
    Ada 3 paragraf.
    Terima kasih bu guru

    BalasHapus
  2. Alraisya Mozar (Hadir)
    Ada 3 paragraf bu.
    Terimakasih🙏🙏

    BalasHapus
  3. Rachel moza anindya
    Hadir
    Jawaban : ada 3 paragraf
    Terimakasih bu

    BalasHapus
  4. zahra nasha aprilia (hadir)
    jawaban :
    ada 3 paragraf

    BalasHapus
  5. Balasan
    1. Jawaban: jumlah paragraf pada teks berjudul "bandeng presto" adalah 3 paragraf

      Hapus
  6. Assalamualaikum Bu
    M Raihan herlambang
    Kls 3D hadir Bu
    Jawabannya 3paragraf

    BalasHapus
  7. M. Gibran Wira Al Ra'id ( hadir )

    BalasHapus
  8. ZHAHIRA ESTIYANA SYIFA kelas 3D no.absen 28 SD AL-AZHAR 2 hadir bu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bu absen SYIFA baru dapat saya buka tadi jam 07.30 belum dapat saya buka

      Hapus
  9. Niluh andara frestya (hadir)

    BalasHapus
  10. M. Putra Wahana Ramadhan (hadir) jawaban ada tiga paragraf

    BalasHapus
  11. Gilang Alfitra Ariansyah Hadir
    jawaban nya ada tiga paragraf

    BalasHapus
  12. M. Faeyza Putra Atendy .AT
    Kelas 3D
    Hadir
    Jawaban: ada 3 paragraf

    BalasHapus

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.
 

Risky Melina Sari Template by Ipietoon Cute Blog Design