Sambutan Guru Bidang Studi Kelas 3D
Bahan Ajar dan Materi Pembelajaran
Bahan Ajar dan Materi Pembelajaran
Tema 1 Pertumbuhan dan perkembangan
Makhluk Hidup
Subtema 1 Ciri-ciri Makhluk Hidup
Pembelajaran 1
Tujuan Pembelajaran:
· Setelah mengamati, siswa
dapat mengidentifikasi bentuk dan memeragakan pola irama sederhana dengan
benar.
·
Setelah mengamati, siswa dapat
membuat pola irama sederhana dengan benar.
· Setelah mengamati gambar, siswa dapat
menyebutkan minimal 4 ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat.
· Setelah kegiatan membandingkan gambar,
siswa dapat menyimpulkan ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat.
· Setelah bermain mencari pasangan
nama dan lambang bilangan, siswa dapat membilang secara loncat bilangan 1.000
sampai dengan 10.000 dengan benar.
· Setelah mengamati contoh, siswa
dapat membilang dan menuliskan bilangan 1.000 sampai 10.000 secara panjang
(sepuluh ribuan, ribuan, ratusan, puluhan, dan satuan) dengan benar.
Materi Pembelajaran:
·
Menyanyi lagu yang
memiliki pola irama sederhana dan membaca pola irama
·
Membaca dan menjawab pertanyaan sesuai teks
tentang ciri-ciri makhluk hidup.
·
Mengidentifikasi dan menulis ciri-ciri
makhluk hidup.
·
Menulis nama, lambang dan
mengurutkan bilangan.
Makhluk
Hidup di Sekitar Kita
Ada banyak makhluk hidup di sekitar kita.
Makhluk hidup adalah manusia, hewan, dan tumbuhan. Makhluk hidup merupakan
ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. Semua makhluk merupakan kekayaan yang harus kita
syukuri. Setiap makhluk hidup memiliki ciri-ciri tertentu. Sebagian besar
makhluk hidup memiliki ciri-ciri yang sama, yaitu bergerak, bernapas, berkembang
biak, tumbuh, makan, dan peka terhadap rangsang. Mari kita pelajari lebih
lanjut makhluk hidup di sekitar kita.
AYO
BERNYANYI
Cicak adalah salah satu contoh makhluk hidup
Ayo kita menyanyikan lagu CICAK-CICAK DI DINDING
Dapat mendengarkan lagu di link dibawah ini yaa
Bagian
mana dari lagu di atas yang menunjukkan ciri-ciri makhluk hidup?
Perhatikan
kembali syair lagu “Cicak di Dinding”.
Berdasarkan
syair lagu tersebut cicak memiliki ciri-ciri dapat bergerak dengan cara merayap
di dinding dan memerlukan makanan.
Makanan
cicak adalah nyamuk.
Bagaimana
perasaanmu setelah menyanyikan lagu tersebut?
Lagu
“Cicak di Dinding” mudah untuk diikuti, bukan?
Perhatikan
kembali tanda dan pada lagu “Cicak di Dinding”.
Tunjukkan
baris lagu yang memiliki pola yang sama.
Tunjukkan
pula bagian lagu yang memiliki pola yang berbeda.
AYO
MENGAMATI
Ikan
juga makhluk hidup. Ikan memiliki beberapa ciri yang sama dengan cicak.
Tuliskanciri-ciri
ikan sebagai makhluk hidup yang kamu ketahui.
Cicak
dan ikan memiliki persamaan dalam cara berkembang
biak.
Keduanya berkembang biak dengan
cara bertelur.
Ikan dan cicak bertelur dalam
jumlah banyak.
Contohnya salah satu jenis ikan,
yaitu ikan mas, yang sekali bertelur dapat menghasilkan
lebih dari seribu butir telur.
Bayangkan
telur ikan sebanyak seribu butir.
Banyak
bukan?
Tahukah
kamu bagaimana cara menulis bilangan seribu?
Perhatikan
cara membaca dan menulis bilangan
berikut
ini.
a.
1.000 dibaca seribu
b.
2.000 dibaca dua ribu
c.
3.000 dibaca tiga ribu
d.
4.100 dibaca empat ribu seratus
e.
4.250 dibaca empat ribu dua ratus lima puluh
f.
5.500 dibaca lima ribu lima ratus
g.
6.050 dibaca enam ribu lima puluh
h.
7.150 dibaca tujuh ribu seratus lima puluh
i. 10.000
dibaca sepuluh ribu
Media/alat peraga:
Teks lagu
Cicak dan Video lagu Cicak di dinding
Buku Tema 1
Gambar
pertumbuhan makhluk hidup
TUGAS !
Anak anak menyanyikan lagu Cicak-cicak di Dinding menggunakan gerakan anggota tubuh dan menggunakan tempo irama lagu yang sesuai !
SELAMAT MENYANYIKAN ....
Kerenn
BalasHapus