Hari/Tanggal : Senin, 5 Februari 2024
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan Bahasa Indonesia
Alat Peraga : Gambar dan PPT
Good morning my lovely students. How are you this morning?
Pendidikan Pancasila
Elemen CP: Negara Kesatuan Republik Indonesia
Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menyajikan berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial budaya di lingkungan sekitar. Peserta didik mampu memahami lingkungan sekitar (RT/RW/desa/kelurahan, dan kecamatan) sebagai bagian tidak terpisahkan dari wilayah NKRI. Peserta didik mampu menampilkan sikap kerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik mampu memahami lingkungan sekitar (RT/RW/desa/kelurahan, dan kecamatan) sebagai bagian tidak terpisahkan dari wilayah NKRI.
Alur Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik memahami makna Negara Kesatuan Republik
Indonesia
Materi Pembelajaran
Negara Kesatuan Republik Indonesia atau sering disingkat NKRI adalah negara kesatuan dengan bentuk pemerintahan republik, dengan nama negara Indonesia.
Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 1945, merupakan awal berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia. NKRI terdiri dari wilayah kepulauan yang tersebar dengan beraneka ragam adat, budaya, suku, dan keyakinan.
Nilai-nilai dalam persatuan dan kesatuan merupakan jiwa lahirnya NKRI. Hal itu karena dalam persatuan dan kesatuan seseorang akan menyadari tentang keragaman bangsa Indonesia tersebut.
Nilai-nilai persatuan dan kesatuan dalam kehidupan bangsa Indonesia juga secara jelas dapat dipahami dari dasar negara Pancasila dan konstitusi negara, UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
Pilihan Indonesia menjadi negara kesatuan, didasarkan bukan hanya sekadar kepentingan atau sikap politik, tetapi juga didasarkan atas komitmen persatuan dan keadilan.
Sebagai warga negara yang cinta terhadap tanah airnya, sudah semestinya mengetahui dan memahami sejarah terbentuknya NKRI.
Sejarah Terbentuknya NKRI
Sejarah Terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ditandai dengan dibacakannya teks proklamasi oleh Ir. Soekarno tanggal 17 Agustus 1945.
Proklamasi itu juga merupakan rangkaian peristiwa yang melatarbelakangi terjadinya kemerdekaan Indonesia.
Bagaimana kronologis lahirnya atau terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia itu? Berikut ini rangkaian kronologis terbentuk NKRI.
29 April 1945
BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia) atau dalam bahasa Jepang Dokuritsu Zyunbi Tyoosakai yang didirikan oleh pemerintah Jepang, yang beranggotakan 63 orang.
06 Agustus 1945
Sebuah bom atom meledak di kota Hiroshima, Jepang. Pada saat itu, Jepang sedang menjajah Indonesia.
07 Agustus 1945
BPUPKI kemudian berganti pada tanggal menjadi PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia) atau dalam bahasa Jepang disebut Dokuritsu Junbi inkai.
9 Agustus 1945
Bom atom kedua kembali dijatuhkan di kota Nagasaki yang membuat Jepang menyerah kepada Amerika Serikat. Momen ini dimanfaatkan Indonesia untuk memproklamasikan kemerdekaan.
10 Agustus 1945
Sutan Syahrir mendengar lewat radio bahwa Jepang telah menyerah pada Sekutu, yang membuat para pejuang Indonesia makin mempersiapkan kemerdekaan. Saat Soekarno kembali dari Dalat, Sutan Syahrir mendesak kemerdekaan Indonesia.
15 Agustus 1945
Jepang benar-benar menyerah pada sekutu.
Teks Proklamasi pun disusun pada dini hari, yang diketik oleh Sayuti Malik.
17 Agustus 1945
Pagi hari di kediaman Soekarno, Jl. Pegangsaan Timur No. 56, Teks Proklamasi dibacakan tepat pada pukul 10:00 WIB dan dikibarkan Bendera Merah Putih yang dijahit oleh Istri Soekarno, Fatmawati. Peristiwa tersebut disambut gembira oleh seluruh rakyat Indonesia.
18 Agustus 1945
PPKI mengambil keputusan, mengesahkan UUD 1945, dan terbentuknya NKRI, serta terpilihnya Ir. Soekarno dan Moh. Hatta sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia.
Isi Teks Proklamasi 1945
Berikut isi teks proklamasi yang telah dikonsep oleh Ir. Soekarno:
Proklamasi
Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia.
Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan dengan tjara seksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.
Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05
Atas nama bangsa Indonesia.
Soekarno/Hatta
Berikut Video Pembelajaran :
Bahasa Indonesia
Elemen CP : Menyimak : Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.
Tujuan Pembelajaran : Peserta didik dapat mengerjakan soal Sumatif 1 dengan tepat
Alur Tujuan Pembelajaran :
1. Peserta didik mengerjakan soal sumatif dengan tepat dan percaya diri
Materi Pembelajaran :
Melaksanakan sumatif 1 Bab 5
1. Ka kancil membawa jagung dari hasil kebunnya. Ia ingin menukarkan jagung dengan kangkung pada Dek bebek. Kebetulan Dek bebek juga membutuhkan jagung. Yang dilakukan Dek bebek dan Ka kancil adalah….
a.jual
beli
b.barter
c.pengertian
pasar
d.asal mula adanya uang
2. Pada cerita “Ditukar dengan Apa?” alat pembayaran yang pertama kali digunakan adalah batu. Namun, alat pembayaran tersebut tidak lagi digunakan karena ada beberapa masalah antara lain….
a.batu
mudah di dapat
b.batu
warnanya tidak menarik
c.batu
berat dan ukurannya tidak sama
d.batu mudah hilang
3. Dahulu manusia menggunakan sistem pertukaran yang disebut barter. Bergesernya waktu manusia berinovasi untuk menciptakan alat pertukaran yang disebut uang. Mengapa manusia menciptakan uang tersebut…
a. Untuk membeli barang
b. Sebagai alat barter
c. Sebagai alat pembayaran yang sah dan diakui oleh negara
d. Untuk kenang-kenangan
4. Perhatikan gambar berikut!
Lisa melihat baju di toko seperti gambar di atas. Lalu dia membeli baju tersebut. Uang yang harus dibayar oleh Lisa yaitu...
a. delapan puluh tiga ribu tujuh puluh lima
rupiah
b. delapan puluh tiga ribu lima ratus tujuh
puluh rupiah
c. delapan puluh tiga ratus tujuh puluh lima
rupiah
d. delapan puluh tiga ribu tujuh ratus lima
puluh rupiah
5. Perhatikan gambar dibawah ini!
Mata uang diatas dituliskan….
a. Dua puluh ribu rupiah
b. Lima puluh ribu rupiah
c. Tujuh puluh lima ribu rupiah
d. Seratus ribu rupiah
6. Menyisihkan dan menyimpan sebagian uang yang kita miliki disebut….
a. Menyimpan uang
b. Menabung
c. Membelanjakan uang
d. Memberikan uang
7. Membawa bekal ke sekolah sehingga tidak perlu jajan merupakan salah satu cara agar….
a. Tabungan cepat terkumpul
b. Uang jajan bisa dibelikan mainan
c. Tidak perlu membawa uang jajan
d. Uang jajan untuk dibelikan baju
8. Dalam teks prosedur, apa yang dimaksud dengan “langkah”?
a. Cara melakukan sesuatu.
b. Bahan yang dibutuhkan
c. Tujuan dari teks
d. Kesimpulan dari teks
9. Perhatikan teks berikut!
- Siapkan dokumen persyaratan seperti fotokopi kartu pelajar, fotokopi akta kelahiran, formulir pembukaan rekening, dan fotokopi KTP salah satu orang tua
- Datanglah ke bank bersama orang tua
- Serahkan dokumen persyaratan ke petugas
bank
- Tunggulah verifikasi persyaratan dan membuka
rekening oleh petugas bank
- Setelah itu, ambilah buku rekening
Andi membaca setiap langkah-langkah yang termuat pada teks di atas. Teks
yang dibaca Andi termasuk....
a. teks fabel tentang cara menabung
b. teks fabel tentang cara membuka rekening
c. teks prosedur tentang cara menabung
d. teks prosedur tentang cara membuka rekening
B. Jawablah pertanyaan dibawah
ini dengan benar!
1. Perhatikan gambar!
Mata
uang diatas dituliskan….
2. Bagaimana cara kita melihat
keaslian uang….
3. Rp. 232.450,00 ditulis dengan…
4. Apa yang dimaksud dengan
menabung….
5. Tuliskan prosedur menabung di
bank….
0 komentar:
Posting Komentar