Hari/Tanggal : Rabu, 12 April 2023
Tema : 7 ( Benda Hewan dan Tanaman di Sekitarku )
Subtema : 4 ( Bentuk, Warna, Ukuran, dan Permukaan Benda )
Pembelajaran : 1 dan 2
Alat Peraga : Gambar
Kompetensi Dasar : PPKN, Bahasa Indonesia, SBdP.
Tabik Pun 🙏
Good morning my lovely students. How are you this morning?
Hopely you are healthy and happiness. 😍
Manusia tidak hidup sendirian.
Manusia hidup bersama alam.
Ada berbagai benda di alam.
Bentuk dan warna benda berbeda-beda.
Ukuran dan permukaannya pun berbeda.
Setiap benda mempunyai ciri tertentu
Gunakan benda sesuai fungsinya.
Peliharalah benda dengan baik.
Apa saja benda di sekitar yang kamu ketahui?
Pembelajaran 1
Tujuan Pembelajaran :
1. Peserta didik dapat mengelompokkan benda-benda sesuai ciri-ciri yang ditentukan dengan benar.
2. Peserta didik dapat menemukan makna kata tentang berbagai jenis di lingkungan sekitar dengan benar.
3. Peserta didik dapat menjelaskan aturan di rumah berkaitan dengan benda-benda dengan benar.
4. Peserta didik dapat mengidentifikasi pemanfaatan tanah dan atau batuan dalam membuat karya kerajinan (misalnya dari tanah liat atau pasir warna) dengan benar.
Tujuan Pembelajaran :
1. Peserta didik dapat mengelompokkan benda-benda sesuai ciri-ciri yang ditentukan dengan benar.
2. Peserta didik dapat menemukan makna kata tentang berbagai jenis di lingkungan sekitar dengan benar.
3. Peserta didik dapat menjelaskan aturan di rumah berkaitan dengan benda-benda dengan benar.
4. Peserta didik dapat mengidentifikasi pemanfaatan tanah dan atau batuan dalam membuat karya kerajinan (misalnya dari tanah liat atau pasir warna) dengan benar.
5. Peserta didik dapat membuat karya kerajinan dengan memanfaatkan bahan-bahan dari tanah dan atau batuan (misalnya dari tanah liat atau pasir warna) dengan rapi.
Materi Ajar :
1. Mengelompokkan benda berdasarkan warna, bentuk, dan ukuran
2. Mengenal aturan menyusun benda
3. Membuat karya mengunakan tanah liat
1. Mengelompokkan benda berdasarkan warna, bentuk, dan ukuran
2. Mengenal aturan menyusun benda
3. Membuat karya mengunakan tanah liat
Ayo Mengamati
Udin dan Siti sedang bermain bersama.
Udin bermain mobil-mobilan.
Mobil-mobilan Udin berwarna merah.
Siti senang bermain boneka.
Boneka Siti berukuran besar dan halus.
Mereka senang bermain bersama.
Ada banyak benda di sekitar kita.
Benda berbeda bentuk warna dan ukurannya.
Diskusikan bersama temanmu.
Apa yang terjadi jika semua benda berwarna sama?
Apa yang terjadi jika semua benda berukuran besar?
Ceritakan hasil diskusimu di depan temantemanmu.
Kamar Lani bersih dan rapi.
Di kamar Lani ada tempat tidur dan meja belajar.
Alat-alat tulis dan mainan tersusun rapi.
Semua benda disimpan pada tempatnya.
Benda-benda itu disusun berdasarkan kegunaannya.
Lani senang berada di kamar yang rapi dan bersih.
Ayo Berkreasi
Mari, kita mencoba membuat benda kesukaan menggunakan tanah liat.
Tujuan Pembelajaran :
1. Peserta didik dapat menunjukkan penggunaan kosakata tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar dalam suatu kalimat dengan tepat.
2. Peserta didik dapat menggunakan kosakata tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar dalam kalimat dengan tepat.
3. Setelah mengamati, siswa dapat menjelaskan gerak dasar menekuk dan meliuk sesuai irama (ketukan) tanpa iringan musik dalam aktivitas gerak berirama dengan benar.
4. Setelah mengamati, siswa dapat mempraktikkan gerak dasar menekuk dan meliuk sesuai irama (ketukan) tanpa/dengan iringan musik dalam aktivitas gerak berirama dengan benar.
Materi Ajar :
1. Mengidentifikasi benda dan kegunaannya
2. Membuat kalimat berdasarkan kosakata tentang benda
3. Mempraktikkan gerak meliukan badan
1. Mengidentifikasi benda dan kegunaannya
2. Membuat kalimat berdasarkan kosakata tentang benda
3. Mempraktikkan gerak meliukan badan
0 komentar:
Posting Komentar