Hari/Tanggal : Senin, 19 September - Jumat 23 September 2022
Tema : 3 ( Kegiatanku )
Subtema : 1 ( Kegiatan di Pagi Hari )
Pembelajaran : 1 sampai 6
Alat Peraga : Gambar dan Video
Kompetensi Dasar : PPKN, Bahasa Indonesia, Matematika dan SBdP.
Tabik Pun 🙏
Good morning my lovely students. How are you this morning?
Hopely you are healthy and happiness. 😍
Alhmdulillah atas nikmat dan karunia Allah kita bisa jumpa kembali bersama ibu guru dan dapat menjalankan pembelajaran hari ini semoga berjalan lancar dan selalu semangat ya nak...
Materi Pembelajaran :
Bahan Ajar dan Materi Pembelajaran
Tema 3 Kegiatanku
Subtema 1 Kegiatan Pagi Hari
Pagi yang cerah
Matahari bersinar terang
Udara terasa hangat
Semua orang bersiap-siap memulai harinya
Ada yang bersiap ke sekolah, ada yang bersiap ke kantor, ada yang bersiap ke sawah , ada yang bersiap ke pasar.
Banyak sekali kegiatan orang di pagi hari
Semua bersemangat menyambut pagi
Hewan dan tumbuhan pun berseri
Pembelajaran 1
Tujuan Pembelajaran:
1. Dengan menyimak gambar dan teks yang disampaikan oleh guru dan permainan menyusun kartu huruf menjadi kata, siswa dapat menemukan kosakata tentang kegiatan pagi hari dengan tepat
2. Dengan mengerjakan lembar kerja, siswa dapat menuliskan kosa kata tentang kegiatan pagi hari dengan tepat
3. Dengan mengikuti petunjuk (contoh) guru, siswa mampu melafalkan bunyi sila-sila pancasila dengan tepat
4. Dengan menyimak lagu dan peragaan guru, siswa mampu membedakan panjang pendek bunyi dengan tepat
5. Dengan mengikuti petunjuk guru, siswa mampu memeragakan panjang pendek bunyi dengan suara atau dengan alat bantu seperti peluit, markas, dan sejenisnya
Ayo Membaca
Saat libur Udin membaca buku di rumah
Udin membaca ditemani ayah
Udin membaca kata-kata yang baru dipelajari
Ayah membantu Udin berlatih membaca
Inilah kata-kata yang dibaca Udin
Perhatikan huruf-hurufnya, lalu bacalah!
Bangun tidur
Berdoa sekolah
Matahari mandi
Terbit sarapan
Ayam berkokok
Kata-kata itu berhubungan dengan keadaan dan kegiatan pagi hari
Sekarang lihatlah kata-kata di bawah ini!
Ada beberapa huruf yang hilang
Tentukan huruf yang tepat pada kata-kata berikut
Contoh: ... y … m = a y a m
B … n g … n
S a r … p … n
B e r k … k … k
M … t a h a r …
Hari ini hari senin
Udin sampai di sekolah lebih pagi
Setiap hari Senin ada kegiatan upacara
Saat bel berbunyi Udin dan teman-teman berkumpul di lapangan
Mereka mengikuti upacara dengan tertib
Kepala sekolah membacakan teks Pancasila
Seluruh siswa mengikutinya
Pancasila adalah dasar Negara kita
Kita harus tahu maksudnya
Supaya dapat mengamalkannya
Ayo Berlatih
Perhatikan bunyi teks Pancasila berikut ini
Pancasila
1 1. Ketuhanan Yang Maha Esa
2. Kemanusiaan yang adil dan beradab
3. Persatuan Indonesia
4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/ perwakilan
5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
Lafalkan bunyi teks Pancasila dengan lantang!
Bacakan di depan teman dan gurumu!
Ayo Berlatih
Susunlah kartu-kartu kata berikut ini!
Susunlah menjadi bunyi teks Pancasila yang benar
1. yang esa ketuhanan maha
2. adil kemanusiaan yang beradab dan
3. indonesia persatuan
4. kerakyatan oleh yang dalam kebijaksanaan dipimpin permusyawaratan perwakilan hikmat
5. adil kemanusiaan yang beradab dan
Sekarang kamu sudah tahu bunyi sila Pancasila
Pancasila adalah dasar Negara kita
Kita harus mengamalkan Pancasila
Pancasila adalah pemersatuan bangsa
Mengamalkan Pancasila merupakan tanda syukur
Ayo Bernyanyi
Pagi hari kita harus semangat
Salah satu caranya adalah bernyanyi
Mari nanyikan lagu berikut
Bangun Tidur
Cipta. Pak Kasur
Bangun tidur kuterus mandi
Tidak lupa menggosok gigi
Habis mandi kutolong ibu
Pembelajaran 2
Tujuan Pembelajaran:
1. Dengan menyimak penjelasan dan contoh yang diberikan guru siswa mampu menunjukkan prosedur gerakan melempar dengan tepat.
2. Melalui kegiatan praktik siswa mampu melakukan gerakan melempar dengan tepat.
3. Melalui tanya jawab siswa mampu menyebutkan kosa kata yang berhubungan dengan pagi hari dengan lafal dan ejaan yang tepat.
4. Dengan menggunakan kartu-kartu huruf siswa mampu menyusun kata-kata yang berhubungan dengan pagi hari dengan tepat.
Materi Pembelajaran:
1. Olahraga di pagi hari lewat permainan melempar bola .
2. Bermain menyusun huruf menjadi kosa kata tentang kegiatan pagi hari
Minggu pagi beni berolah raga
Beni berolah raga bersama ayah dan ibu
Mereka berlari pagi mengitari taman kota
Setelah berlari pagi Beni latihan melempar bola
Ayah membantu Beni berlatih melempar bola
Latihan melempar bola menguatkan otot tangan
Berikut beberapa contoh melempar
Melempar dengan tangan kanan dan tangan kiri
Melempar bola ke atas, bawah dan depan
Melempar Bola ke Sasaran/Ranjang
Saat olah raga kita harus tertib
Kita harus mengikuti aturan latihan
Kita juga harus bersikap santun saat berlatih
Ayo Berlatih
Pada pagi haru kita masih segar dan semangat
Pagi hari waktu yang tepat untuk belajar
Misalnya belajar membaca
Susunlah kartu-kartu huruf berikut menjadi kata!
Cocokkan dengan kata-kata berikut
terbit matahari ayam mandi
sarapan sekolah berdoa
tidur berkokok bangun
a m y a ...................... d o b e r a ..................
a d m i n ...................... a n u b g n ..................
d u i t r ...................... h s a l e o k ..................
b e t r i t ...................... a t m a r h i a ..................
a s p a r n a ...................... b o r k k e k o ..................
Pembelajaran 3
Tujuan Pembelajaran:
1. Melalui kegiatan membaca siswa mampu mengidentifikasi kosa kata terkait kegiatan pagi hari dengan tepat
2. Melalui kegiatan menjiplak siswa mampu menuliskan kosa kata terkait kegiatan pagi hari dengan tepat
3. Melalui pengamatan dan penjelasan guru siswa mampu mengidentifikasi simbol sila-sila Pancasila pada lambang negara Garuda Pancasila
4. Melalui permainan “Berburu Harta Karun” siswa mampu menentukan simbol yang tepat dari sila-sila Pancasila
Materi Pembelajaran:
1. Mendiskusikan simbol yang sesuai dengan bunyi sila-sila Pancasila
2. Membaca pemahaman tentang kosa kata yang berhubungan dengan pagi hari.
Ayo Membaca
Bacalah dengan nyaring!
Pagi Hari yang Ceria
Matahari terbit di pagi hari
Sinarnya hangat sampai ke bumi
Pohon dan bunga aneka warna
Ayam dan burung bersuka ria
Udara pun sejuk terasa
Mari sambut pagi ceria
Karunia Tuhan yang kuasa
Ayo Berlatih
Pagi hari Lani berolah raga
Lani jalan pagi di sekitar rumahnya
Sambil jalan pagi Lani melihat sekeliling
Lani menghitung benda-benda yang dilihatnya
Coba hitung banyak benda-benda tersebut
Ayo Mengamati
Senin pagi anak-anak mengikuti upacara
Kepala sekolah menjelaskan tentang Pancasila
Sila-sila Pancasila memiliki simbol
Berikut ini adalah simbol sila-sila Pancasila
1. Bintang : Ketuhanan Yang Maha Esa
2. Rantai : Kemanusiaan yang adil dan beradab
3. Pohon Beringin : Persatuan Indonesia
4. Kepala Banteng : Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan
5. Padi dan Kapas : Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
Pembelajaran 4
Tujuan Pembelajaran:
1. Dengan memperhatikan contoh dari guru siswa mampu mengidentifikasi kalimat yang berasal dari kosa kata yang terkait dengan tema.
2. Melalui permainan merangkai kata siswa mampu menyusun kalimat sederhana dari kosa kata tentang kegiatan pagi hari.
3. Dengan menyimak penjelasan dan contoh guru siswa mampu mengidentifikasi panjang pendek bunyi.
4. Melalui bernyanyi siswa mampu memeragakan panjang pendek bunyi pada sebuah lagu.
Materi Pembelajaran:
1. Bermain merangkai kata menjadi kalimat
2. Memeragakan panjang pendek bunyi dengan menggunakan alat musik tradisional
Ayo Berlatih
Setelah berolahraga pagi
Udin mengulang pelajaran bersama teman
Mereka bermain membuat kalimat dari satu kata
Kata-katanya tentang pagi hari
Nah, ayo berlatih membuat kalimat sambil bermain
Permainannya yaitu merangkai kata menjadi kalimat
Siswa paling depan memulai dengan menyebutkan satu kata.
Teman di belakangnya menambah satu kata
Seterusnya sampai terbentuk kalimat
Satu kalimat yang benar akan mendapat nilai 1
Setiap kelompok berlomba mengumpulkan nilai
Sekarang salinlah kalimat dari kata berikut!
Saya bangun pagi
..........................................................
Sesudah mandi Udin sarapan
...........................................................
Matahari pagi bersinar
...........................................................
Pagi ini Siti sarapan nasi goreng
...........................................................
Lani pergi ke sekolah
...........................................................
Pagi hari adalah waktu yang baik untuk belajar
Rajinlah belajar agar menjadi anak pintar
Ayo Bernyanyi
Pagi hari Siti pergi ke sekolah dengan riang
Sebelum berangkat Siti pamit kepada ayah dan ibu
Sambil berjalan ia bernyanyi
Ia bernyanyi lagu berikut ini
Mari nyanyikan lagu yang dinyanyikan Siti!
Pergi Belajar
Cip. Ibu Sud
O Ibu dan Ayah selamat pagi
Kupergi belajar sampaikan nanti
Selamat belajar Nak penuh semangat
Rajinlah selalu tentu kau dapat
Hormati gurumu sayangi teman
Itulah tandanya kau murid budiman
Pembelajaran 5
Tujuan Pembelajaran:
1. Melalui penjelasan guru siswa mampu mengidentifikasi ungkapan permintaan tolong yang ada dalam percakapan dengan tepat.
2. Melalui kegiatan bercakap-cakap siswa mampu memeragakan ungkapan permintaan tolong dengan tepat
Materi Pembelajaran: Percakapan yang memuat ungkapan permintaan tolong sesuai tema
Ayo Membaca
Bacalah percakapan di bawah ini.
Ibu : Siti, bangun Nak, sudah pagi
Siti : Baik Bu, Siti bangun
Ibu : Ayo, segera mandi!
Siti : Baik, Bu!
Ibu : Jangan lupa sikat gigi ya
Siti : Baik, Bu
Oh ya Bu, bisa minta tolong ambilkan Odolnya?
Ibu : Habis ya?
Siti : Iya, Bu
Ibu : Ini odolnya
Siti : Terimakasih ya, Bu
Ibu : Sikat yang bersih ya giginya
Siti : Baik, Bu.
Perhatikan teks percakapan di atas!
Pada percakapan itu ada kalimat permintaan tolong
Sehari-hari kita suka minta tolong
Baik di rumah, sekolah, atau di tempat lain
Beri contoh cara meminta tolong
Lalu buat percakapan seperti pada contoh
Lakukan percakapan dengan temanmu
Pagi ini Siti ikut Ibu ke pasar
Di pasar Siti melihat sayuran dan buah-buahan
Siti berlatih menghitungnya
Ayo, bantu Siti menghitug bua-buahan dan sayuran berikut ini!
Pembelajaran 6
Tujuan Pembelajaran:
1. Melalui penjelasan dan contoh guru siswa mampu mengidentifikasi ungkapan permintaan tolong dengan tepat.
2. Melalui kegiatan permainan peran siswa mampu mengungkapkan permintaan tolong dengan tepat
3. Melalui diskusi yang dikaitkan dengan kegiatan pagi hari siswa mampu mengidentifikasi ungkapan permintaan tolong dengan tepat
4. Melalui tanya jawab siswa mampu menceritakan pengalaman menunjukkan sikap yang sesuai dengan sila Pancasila dengan tepat.
Materi Pembelajaran:
1. Sosiodrama kegiatan pagi hari yang didalamnya terdapat ungkapan permintaan tolong
2. Menunjukkan perilaku di rumah yang sesuai dengan sila-sila Pancasila
Ayo Bermain Peran
Pagi hari ibu menyiapkan sarapan
Ayah dan Beni menunggu ibu menyiapkan sarapan
Perhatikan percakapan mereka
Percakapan itu berisi ungkapan permintaan tolong
Lakukan bermain peran bersama temanmu
Sampaikan ungkapan permintaan tolong
Ayo Berdiskusi
Sikap tolong menolong adalah contoh perbuatan sesuai Pancasila.
Meminta tolong hendaknya disampaikan dengan santun
Sikap santun juga contoh sikap sesuai Pancasila
Kamu masih ingat bunyi sila-sila Pancasila bukan?
Diskusikan perilaku yang sesuai Pancasila
Sampaikan hasil diskusimu di depan kelas
Ayo Berlatih
Membantu ibu menyiapkan sarapan pagi adalah contoh perbuatan terpuji
Sambil membantu ibu, kalian bisa belajar berhitung
Hitunglah peralatan makan berikut ini:
0 komentar:
Posting Komentar