Senin, 15 Agustus 2022

TEMA 1 Subtema 4 Pembelajaran 1 - 6

 


Hari/Tanggal        : Senin, 15 - Jumat 19 Agustus 2022

Tema                    : 1 ( Diriku )

Subtema               : 4 ( Aku Istimewa )

Pembelajaran        : 1 sampai 6 

Alat Peraga           : Gambar dan Video

Kompetensi Dasar : PPKN, Bahasa Indonesia, Matematika dan SBdP. 



Tabik Pun 🙏

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness. 😍


Alhmdulillah atas nikmat dan karunia Allah kita bisa jumpa kembali bersama ibu guru dan dapat menjalankan pembelajaran hari ini semoga berjalan lancar dan selalu semangat ya nak... 


MATERI PEMBELAJARAN

Pembelajaran 1 Mensyukuri Perbedaan

Tujuan Pembelajaran:
1.   Dengan mengamati teks sederhana tentang keberagaman, siswa dapat menunjukkan huruf vokal dalam suatu kata yang terkait dengan aku istimewa dengan tepat
2. Mengidentifikasi kosa kata, siswa dapat melafalkan huruf vokal yang terdapat pada kosa kata dengan tepat
3.  Dengan mengamati foto keluarga, siswa menggali informasi tentang ciri khas masing-masing individu di rumah dengan tepat
4. Siswa dapat meceritakan pengalaman mengenal kekhasan masing-masing anggota keluarga dalam kebersamaan di rumah dengan lancer
5. Dengan menyimak cara membuat kulit jagung yang diperagakan oleh guru, siswa dapat membuat hiasan berupa boneka kulit jagung.

Materi Pembelajaran:
1. Mengenal ciri khas keluarga dan mensyukuri perbedaan
2. Membuat boneka dari kulit jagung


Mensyukuri Perbedaan
Hasil gambar untuk Subtema 4 aku istimewa

Lihatlah Udin dan teman-teman
Mereka semua berbeda
Berbeda fisik, berbeda sifat dan berbeda budaya
Ada banyak perbedaan lainnya, tetapi mereka tetap berteman.
Dari uraian di atas, dapat kita simpulkan bahwa perbedaan itu akan selalu ada. Namun itu bukanlah sebuah kekurangan melainkan merupakan rahmat Tuhan yang harus disyukuri. Ada beberapa cara untuk menghargai perbedaan yang ada :
1. Saling menghormati, tidak boleh mengejek                     
2. Menganggap perbedaan sebagai hal baru yang akan saling melengkapi
3. Mencoba menyukai perbedaan tersebut

Keberagaman dalam Keluarga

Amati foto keluarga Udin
Apa persamaan mereka?
Apa perbedaan mereka?
Rambut Udin lurus
Rambut kakak juga lurus
Udin memakai kaca mata
Kakak tidak memakai kaca mata
Udin suka bermain bola
Kakak suka bermain boneka
Setiap orang berbeda, meskipun berasal dari satu keluarga.



Ayo Berkreasi
Ibu Udin mempunyai kelebihan
Ibu pandai membuat boneka
Bahan boneka dari kulit jagung
Boneka dibuat menjadi hiasan pensil
Bahan : Kulit Jagung, Gunting, Lem, Spidol 

Hasil gambar untuk Subtema 4 aku istimewa
Pembelajaran 2 Mencari Huruf
Tujuan Pembelajaran:
1. Dengan menyimak penjelasan guru, siswa dapat mengidentifikasi sikap berjalan lentur dan seimbang
2. Siswa dapat mempraktikkan sikap berjalan lentur dan seimbang dengan tepat dan percaya diri
3.  Dengan kegiatan mengamati kartu nama, siswa mampu menunjukkan huruf konsonan dan vokal pada kata tersebut dengan tepat
Materi Pembelajaran: Mencari huruf vokal dan konsonan yang hilang

Mencari Huruf

Mengenal huruf dapat dilakukan sambil bermain
Terampil menemukan huruf adalah keistimewaan
Temukan huruf b, f, h, n, t, p, dan z
Warnailah dengan warna kesukaanmu.

e          h             b           p
        
n          e            i             u

t           f            m             z



Pembelajaran 3 Kegiatan Kesukaan Anggota Keluarga
Pembelajaran 4 Menyebutkan Kata

Tujuan Pembelajaran:
1. Dengan mewawancarai anggota keluarga, siswa dapat menuliskan contoh-contoh kekhasan individu di rumah dengan benar
2. Siswa mampu menceritakan pengalaman marginal kekhasan anggota keluarga
3. Setelah membaca teks sederhana, siswa mampu menyusun huruf vocal dan konsonan menjadi kata yang bermakna dengan tepat
4. Siswa mampu melafalkan kata yang di susun dengan tepat
5. Dengan mengamati boneka jangung, siswa dapat mengidentifikasi pemanfaatan tumbuhan dalam membuat karya kerajinan dengan tepat
Materi pembelajaran:
1.  Mendata kesukaanku dan temanku
2. Mengamati perbedaan karakteristik anggota keluarga

Kegiatan Kesukaan Anggota Keluarga

Gambar terkait
Beni senang bermain musik
Ayah senang membaca Koran
Ibu senang membaca buku
Kakak senang bernyanyi
Mereka memiliki kesenangan yang berbeda
Mereka saling menghargai
Mereka saling belajar

Hasil gambar untuk tema 1 subtema 4 aku istimewa

Edo dan keluarga memiliki kesukaan yang sama
Mereka senang memelihara hewan
Edo senang membantu keluarga
Edo memelihara 4 ekor ayam betina
Edo juga memelihara 4 ekor ayam jantan
Banyak ayam seluruhnya ada 8 ekor

4 + 4 = 8 

Ibu edo mengumpulkan 5 butir telur
Edo mengumpulkan 2 telur      
Banyak telur seluruhnya ada 7 butir

5 + 2 = 7

Hasil gambar untuk tema 1 subtema 4 aku istimewa


Menyebutkan Kata
Lani suka mendengarkan cerita                           
Kelebihan Lani  mengenal banyak kata
Tirukan kata yang disebutkan lani
BACA KACA           BEBEK BECEK                  SUSU KUKU

PIPI GIGI                  MOTOR KOTOR


Pembelajaran 5 Mengamati Syair Lagu
Tujuan Pembelajaran:      
1. Setelah mendengarkan lirik lagu yang dinyanyikan, siswa dapat mengenal syair lagu tentang persahabatan
2. Siswa dapat mengekspresikan nyanyian dengan baik
Materi Pembelajaran:
1. Bernyanyi bersama temanku
2.  Mengenal perbedaan dan persamaan

Bernyanyi Bersama Teman
Siti, Dayu dan Lani bersahabatan
Mereka memiliki kesukaan yang berbeda
Tetapi mereka saling menghargai
Mereka juga saling menyayangi
Amatilah syair lagu di bawah ini

Sahabat Untuk Selamanya
Dua tiga kapal berlayar di samudera
Ayo sahabatku kita bergembira
Bermain bernyanyi bersama
Menikmati indahnya dunia
Sahabat... untuk selamanya
Bersama untuk selamanya
Kau dan aku sahabat
Untuk selamanya
Selama-lamanya... setia



Pembelajaran 6 Kerjasama Dalam Keluarga

Tujuan Pembelajaran:
1.  Setelah mendengarkan cerita guru, siswa mampu menyebutkan jenis kelamin dan karakter anggota keluarga di rumah dengan tepat
2. Dengan bermain peran, siswa mampu menceritakan pengalaman kerjasama antar seluruh anggota keluarga di rumag dengan baik
3. Setelah menyimak guru membacakan puisi sederhana, siswa mampu mengenal puisi anak tentang  ungkapan saying dengan baik
4. Siswa dapat mengespresikan ungkapan saying melalui puisi dengan baik
Materi Pembelajaran:
1.  Belajar berterimakasih sambil bermain peran
2. Permainan mencari nama teman
                             
Kerjasama dalam Keluarga

Ada laki-laki dan perempuan
Ada yang kecil ada yang besar
Ada yang periang dan ada yang pemalu
Setiap orang memiliki ciri
Semua saling melengkapi.

Hasil gambar untuk tema 1 subtema 4 aku istimewa       





Keluarga lani sedang membersihkan rumah
Lani membersihkan jendela rumah
Ibu Lani mengepel halaman rumah
Ayah Lani memotong rumput
Setiap orang memiliki kemampuan berbeda
Semua berkerjasama membersihkan rumah
Pernahkah kamu berkerjasama dengan keluarga di rumah?
Ceritakan pengalamanmu

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.
 

Risky Melina Sari Template by Ipietoon Cute Blog Design