Bahan Ajar dan
Materi Pembelajaran
Tema 2
Kegemaranku
Subtema 4 Gemar
Membaca
Membaca adalah jendela dunia
Membaca membuat kita tahu banyak hal.apakah kamu suka
membaca?
Bagaimana kamu belajar membaca?
Di mana saja kamu biasa membaca?
Apa yang biasa kamu baca?
Hari/Tanggal: Senin, 2 September 2019
Pembelajaran 1
Tujuan Pembelajaran:
1. Dengan mengamati
gambar, siswa dapat menunjukkan gambar posisi duduk yang tepat saat melakukan kegiatan
membaca dengan tepat
2. Dengan
mempelajari cara duduk yang benar, siswa dapat mendemonstrasikan posisi duduk
yang tepat saat melakukan kegiatan membaca dengan disiplin
3. Dengan bertanya
jawab, siswa dapat informasi tentang bacaan kegemaran masing-masing anggota
keluarga dengan benar
4. Dengan penuh
percaya diri, siswa mampu menceritakan pengalaman membaca bersama anggota
keluarga
5. Dengan mengenal
bahan-bahan alami untuk membuat karya, siswa mampu mengidentifikasi pemanfaatan
tumbuhan dalam membuat kerajinan membuat kartu kata dengan hiasan daun-daun
kering dengan benar
6. Dengan arahan
dari guru, siswa mampu membuat kerajinan dengan memanfaatkan bagian-bagian
tumbuhan (kartu kata motif bunga kering) dengan rapi
Materi Pembelajaran:
1. Mengamati gambar
cara duduk untuk kegiatan membaca
2. Mempraktikkan
cara duduk untuk kegiatan membaca
3. Membaca cerita
dengan nyaring
4. Berdiskusi
tentang kegemaran masing-masing anggota keluarga
5. Membuat kartu
kata (flash card) dengan memanfaatkan
bahan alam
MATERI
Ayo
Membaca
Aku Suka Membaca
Siti dan Lani
suka membaca
Mereka membaca
di perpustakaan
Mereka juga
meminjam buku di perpustakaan
Membaca sangat
berguna
Membaca membuat
Siti dan Lani pandai
Siti dan Lani
rajin berlatih membaca
Ayo kita belajar
membaca
Ayo Mengamati
Udin dan
teman-teman belajar membaca
Mereka duduk
dengan posisi yang benar
Mereka sudah
menyiapkan buku bacaan
Perhatikan gambar Udin di bawah ini
Praktikan cara
duduk seperti Udin
Lakukan selalu
saat kalian membaca
Ayo Membaca
Bacalah dengan
suara nyaring
Membaca Bersama Keluarga
Udin suka
membaca
Udin membaca
buku cerita
Ayah suka
membaca, Ayah membaca koran
Ibu suka
membaca, Ibu membaca majalah
Apakah kamu suka
membaca?
Apakah ayahmu
suka membaca?
Ceritakan apa
bacaan kesukaan anggota keluargamu!
Ayo Berkreasi
Siti akan
membuat kartu kata
Kartu kata
dihias dengan daun kering
Hasilnya menjadi
lebih indah
Kita harus
mensyukuri keindahan
Buatlah kreasi kartumu!
Ayo Berkreasi
Yuk kita membuat
kartu kata!
Alat dan bahan
yang kamu butuhkan
1. Karton
ukuran 15 cm x 10 cm
2. Gunting
3. Spidol
4. Lem
5. Hiasan:
daun-daun kering
6. Gambar-gambar
Cara membuatnya:
1. Ukurlah
karton sesuai ukuran yang ditentukan
2. Gunting
karton yang telah kalian ukur
3. Tulislah
kata pada karton
4. Tempelkan
gambar di samping kata
5. Hiaslah
pinggir kartu dengan daun kering
Bagaimana hasil
kartu katamu? Indah bukan?
Hari/Tanggal:
Selasa, 3 September 2019
Pembelajaran 2
Tujuan
Pembelajaran:
1. Dengan
kegiatan persiapan membaca, siswa mampu menunjukkan gambar tentang jarak yang
tepat antara mata dan objek bacaan
2. Dengan
berlatih setiap hari, siswa mampu mendemonstrasikan jarak membaca yang tepat
antara mata dan objek bacaan dengan konsisten
Materi
Pembelajaran:
1. Mengamati
gambar cara mengatur jarak yang tepat antara mata dan obyek bacaan
2. Mempraktikan
cara mengatur jarak yang tepat antara mata dan obyek bacaan
3. Bermain
kartu kata
MATERI
Ayo Mengamati
Edo sedang
membaca buku
Buku itu
bergambar sangat menarik
Ada gambar
anak-anak sedang berolahraga
Ada yang
melakukan gerak mendorong
Edo ingin
menirukan gerak seperti pada gambar
Inilah gambar di
buku Edo
Ayo Berlatih
Siti membaca
buku cerita
Siti menjaga
jarak antara mata dan buku bacaan
Siti berusaha
menjaga kesehatan mata
Menjaga
kesehatan mata adalah bentuk syukur
Tunjukan gambar cara membaca yang benar dengan
member tanda ceklis ( ) di bawah gambar!
Ayo Mengamati
Siti dan
teman-teman bermain mencari kartu kata
Kalian pun dapar
mencoba memainkannya
Kartu kata
diletakkan di seberang
Salah satu teman
member aba-aba
Mulailah kalian
berjalan mengambil kartu kata
Kemudian bacalah
kartu yang kalian temukan
Ayo berlomba
mengumpulkan sebanyak-banyaknya
Kalian harus
membaca kata pada kartu dengan benar
Hari/Tanggal:
Rabu, 4 September 2019
Pembelajaran 3
Tujuan Pembelajaran:
1. Dengan
mengamati gambar, siswa mampu menunjukkan gambar cara memegang buku dan
membalik halaman dengan benar
2. Setelah
menunjukkan gambar, siswa mampu mendemostrasikan cara memegang buku/objek
bacaan dan membuka/membalik halaman saat membaca dengan baik
3. Dengan
bertanya jawab, siswa mampu menyebutkan bacaan kesukaan masing-masing anggota
keluarga
4. Melalui
diskusi, siswa mampu menceritakan pengalamannya membaca bersama anggota
keluarga di rumah dengan percaya diri
Materi
Pembelajaan:
1. Mengamati
dan mempraktikkan cara memegang buku dan membalik halam dengan benar
2. Menunjukkan
bacaan kegemaran anggota keluarga
3. Bercerita
kegiatan membaca buku bersama
MATERI
Ayo Membaca
Namaku Buku
Hai, namaku buku
Aku berisi
berbagai cerita dan ilmu
Ceritaku tertulis
di halaman-halamanku
Aku senang jika
kalian membacaku
Bukalah aku
dengan perlahan
Letakkan aku di
rak atau lemari buku
Sering-sering
membaca aku, ya
Ayo Menulis
Lengkapilah
kalimat berikut sesuai dengan isi cerita
Hai namaku
Ceritaku
tertulis di
dengan perlahan
Letakkan aku di atau
Rawatlah buku
dengan baik
Buka halaman
dengan perlahan
Letakkan pada
tempatnya jika selesai di baca
Ayo Mengamati
Lani senang
membaca berbagai bacaan
Banyak bacaan
yang lani baca
Lani membaca
buku cerita
Lani membaca
majalah
Lani juga
membaca buku pelajaran
Bacaan mana yang
paling kamu sukai?
Ayo Membaca
Susunlah huruf-huruf di bawah ini
1.
m i k o k
……………….
2.
r a n o k
.......................
3.
h a l a j a m
……………………
4.
u b u k t a r i c e
…………………………….
Pembelajaran 4
Tujuan
Pembelajaran:
1. Dengan
bertanya jawab, siswa mampu menunjukkan gambar cara memegang buku dan cara
membalik halaman dengan cara yang benar
2. Dengan
kegiatan di luar kelas, siswa mampu mengidentifikasi pemanfaatan tumbuhan dalam
membuat kerajinan dengan tepat
3. Dengan
kegiatan menghias sampul buku harian, siswa mampu membuat kerajinan dengan
memanfaatkan bagia-bagian tumbuhan dengan rapi
Materi
Pembelajaran:
1. Mengamati
dan mempraktikkan posisi cahaya saat membaca sebuah buku
2. Mengenal
bagian-bagian buku
3. Membuat
sampul buku harian dengan hiasan daun kering
MATERI
Ayo Berlatih
Jagalah jarak
mata dan bacaan saat membaca
Menjaga jarak
membuat mata kita sehat
Olahraga juga
membuat badan sehat dan kuat
Perhatikan
gambar berikut!
Berilah tanda
ceklis posisi yang tepat dilakukan saat membaca
Ayo Mengamati
Siti dan lani
mengamati sebuah buku cerita
Mereka kagum
melihat gambar-gambar yang ada
Gambar-gambar
pada buku disebut ilustrasi
Di dalam buku
cerita selalu ada ilustrasi
Bacalah cerita dengan ilustrasi di bawah ini!
Ayo Berkreasi
Membaca buku harian
sangat bermanfaat
Kita dapat
mengetahui kegiatan yang telah dilakukan
Kita juga dapat
menuliskan perasaan
Apakah kalian
punya buku cerita harian?
Yuk, kita membuat
buku harian
Hiaslah halaman
depan buku harianmu
Tulis kegiatanmu
dalam buku harian
Hari/Tanggal: 5
September 2019
Pmbelajaran 5
Tujuan
Pembelajaran:
1. Dengan
kegiatan Tanya jawab, siswa mampu menunjukkan gambar posisi cahaya yang benar
saat membaca dengan benar
2. Dengan
kegiatan membaca nyaring, siswa mampu mendemostrasikan pencahayaan yang baik
saat membaca dengan disiplin
Materi
Pembelajaran: Mengurutkan gambar berseri
MATERI
Ayo Mengamati
Dayu membawa
buku cerita ke sekolah
Lani dan Siti mengamati
isi buku
Membuka
halaman-halaman buku
Mengamati
gambar-gambar di dalam buku
Mereka senang
membaca buku cerita
Ayo Membaca
Bacalah dengan
suara nyaring
Lakukanlah
berulang-ulang
Buku Lembar
Judul Penulis
Gambar Halaman
Sampul
Ayo Mengamati
Tentukan
bagian-bagian buku yang kamu miliki
Ceritakan
hasilnya di depan kelas
Buku adalah
sumber ilmu
Rajin membaca
buku membuat ilmu bertambah
Membaca
dilakukan dengan posisi duduk yang baik
Membaca
sebaiknya di tempat yang terang
Agar mata sehat
dan tidak mudah lelah.
Hari/Tanggal:
Jumat, 6 September 2019
Pembelajaran 6
Tujuan
Pembelajaran:
1. Dengan
diskusi, siswa mampu member contoh posisi duduk saat membaca dengan tepat
2. Melalui
contoh yang diberikan, siswa mampu mempraktikkan posisi duduk yang tepat saat
membaca dengan mandiri
3. Dengan
membaca teks cerita yang ada, siswa mampu menemukan kata-kata yang panjang
ataupun pendek dengan penuh percaya diri
4. Dengan
mendengarkan guru, siswa mampu menceritakan pengalamannya saat membaca bersama
anggota keluarga dengan percaya diri
Materi
Pembelajaran:
1. Praktik
kegiatan persiapan membaca dengan semua langkah dengan benar
2. Menceritakan
pengalaman saat membacakan dongeng bersama anggota keluarga
MATERI
Ayo Mengamati
Siti semakin
pandai membaca
Siti mengenal
banyak kata
Kata terdiri
dari suku kata
Hitunglah jumlah
suku kata, kata-kata di bawah ini.
Bu – ku
Ba – bu
Se – ko
– la
Se – be – lah
Pe – la – jar – an
Pe – la – tar – an
Kata-kata di
atas memiliki bunyi hampir sama
Buku – Baku
Sekolah – Sebelah
Pelajaran – Pelataran
Ayo, berlatih
membaca kata-kata dengan bunyi yang hampir sama
Ayo Membaca
Siti membaca
buku cerita
Buku cerita
berjudul Si Putih Tak Mau Belajar
Burung hantu membuka Sekolah untuk binatang di hutan
Mereka akan
belajar Membaca
Burung hantu
memang Guru yang baik
Ia mengajar para
binatang dengan Sabar
Hanya Si Putih
Kelinci yang tidak ikut
Ia lebih senang Bermain saja di hutan
Suatu hari Si
Putih tersesat
Ia tidak dapat Membaca petunjuk arah pulang
Si Putih sedih
karena tidak Belajar membaca.
Siapa yang
menjadi guru di hutan?
Siapa yang tidak
mau belajar membaca?
Mengapa Si Putih
tersesat?
Kalian tentu
ingin pandai membaca.
Membaca membuat
kita tahu banyak hal.
Ayo Mengamati
Siti senang
membaca cerita Si Putih
Siti
mengelompokkan kata-kata
Kata-kata yang
diberi warna hitam
Kemudian Siti
mencari kata lain
Kata-kata yang
hamper sama bunyinya
Yuk, kita bantu
Siti!
Kelompokkan kata-kata yang diberi warna hitam tebal.
Hitunglah banyak suku katanya.
Ayo Mencoba
Siti
menceritakan pengalamannya
Pengalaman
membaca bersama ayah
Siti dan ayah
membaca cerita binatang
Ceritakan juga
pengalamanmu
Siapa yang
menemanimu membaca?
Kebersamaan
dalam keluarga merupakan anugerah
Kita harus
mensyukurinya.
0 komentar:
Posting Komentar