Selasa, 24 Agustus 2021

Menceritakan Aturan di Rumah

Hari/Tanggal        : Selasa, 24 Agustus 2021

Tema                    : 2 ( Bermain di Lingkunganku )

Subtema               : 1 ( Bermain di Lingkungan Rumah )

Pembelajaran        : 5 dan 6

Alat Peraga           : Gambar 

Kompetensi Dasar : PPKN 3.2, B.Indonesia : 3.2 dan MTK  3.4

Tujuan Pembelajaran : 

1. Peserta didik dapat mengelompokkan berbagai hal yang tidak boleh dilakukan dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan benar.

2. Peserta didik dapat menjelaskan makna kosakata yang berkaitan dengan keragaman benda dengan benar.

3. Peserta didik dapat menyatakan perkalian dua bilangan sebagai penjumlahan berulang dengan tepat.


Selamat pagi anak sholeh dan sholeha? Apa kabar hari ini? 

Semoga kalian selalu menjaga kesehatan dan rajin berolahraga ya nak agar tubuh kita sehat dan tidak mudah terserang penyakit serta  semoga kita semua selalu dalam lindungan allah swt Aamiin ya rabbal alamin 

Baiklah sebelum kita melanjutkan materi pembelajaran hari ini, jangan lupa untuk anak-anak melaksanakan sholat duha, murojaah pagi dan mendengarkan tausyiah serta tak lupa untuk melaksanakan sholat 5 waktunya ya nak πŸ’ͺ 

Sekarang, yuk kita lanjutkan materi pembelajaran hari ini ya nak πŸ’ͺ

MUATAN BAHASA INDONESIA (KD 3.2 dan 4.2)

Sifat-sifat Benda Melalui Pengamatan

Ada bentuk benda yang dapat berubah dan tidak berubah. Bentuk benda yang dapat berubah misalnya air. Ada juga benda yang sifatnya mirip air seperti minyak, lem, dan tinta.

Kamu dapat mengetahui keragaman sifat benda dengan melakukan pengamatan, kamu akan menemukan informasi.

Makna Kata tentang Keragaman Benda

Ayo., mengingat kembali cara mengetahui makna sebuah kata! Bacalah teks dengan teliti. Temukan kata-kata yang belum dimengerti maknanya.temukan maknanya dalam kamus Bahasa Indonesia. Bacalah kembali teks dan pahami maksud kalimat-kalimatnya.

Berdasarkan wujudnya, benda dikelompokkan menjadi tiga, yaitu benda cairbenda padat, dan benda gas.

Benda cair bersifat seperti air. Bentuk benda cair menyesuaikan bentuk wadahnya. Contohnya kecap, minyak goreng, dan sampo.

Benda padat memiliki bentuk dan ukuran tetap. Benda padat berubah bentuk jika mendapatkan perlakuan tertentu. Contohnya tali rafia digunting dan kertas disobek.

Benda gas memiliki bentuk dan ukuran sesuai wadahnya. Contohnya gas pada balon dan udara dalam ban.

MUATAN PPKn (KD 3.2 Manfaat Mematuhi Aturan di Rumah)

Di setiap rumah pasti ada aturan atau tata tertib yang dibuat. Aturan dibuat agar kegiatan di rumah berjalan lancar. Mematuhi aturan sangat bermanfaat.

 

Di bawah ini adalah beberapa aturan di rumah Beni. Bacalah dengan lafal dan intonasi yang tepat!

Aturan di Rumahku

 1. Bangun pagi pukul 05.00.

 2. Setelah bangun merapikan tempat tidur.

 3. Selalu minta izin bila bepergian.

 4. Dalam bermain tidak boleh lupa waktu.

 5. Setelah makan membersihkan meja dan mencuci piring.

 6. Sore hari membantu pekerjaan orang tua.

 7. Pukul 19.00 belajar dengan rajin.

 8. Pukul 21.00 tidur.

Berikut adalah contoh aturan yang perlu dilakukan dan tidak boleh dilakukan di rumah. 



MUATAN MATEMATIKA (KD 3. 4 Dan 4. 4) 

Hasil Perkalian dengan Angka 1

Bilangan apapun jika dikalikan dengan angka 1 akan menghasilkan bilangan itu sendiri.

Hasil Perkalian dengan Penjumlahan

Hasil perkalian didapat dengan penjumlahan berulang.

Ayo Mengamati

Beni mempunyai 1 pistol air. Edo juga mempunyai 1 pistol air. Tiba-tiba Udin datang dan juga membawa 1 pistol air. 

Berapa jumlah pistol air semuanya?


Tugasmu!

Anak-anak sudah mengetahui aturan di rumah Beni. Begitupun aturan di rumah Ibu Guru. 

Sekarang, anak-anak dapat menjelaskan aturan yang biasa dilakukan di Rumah dari bangun tidur sampai akan menjelang tidur kembali ya nak. 

Anak-anak dapat menceritakan melalui Voice Note dan dapat mengirimkan ke WA Ibu Guru Melin ya nak. 

Terimakasih dan semangat bercerita πŸ’ͺ


Pengumpulan Tugas: 

1. Absen pagi pada link yang telah Bpk/Ibu Guru berikan di grup. 

2. Mengirimkan dokumentasi kegiatan beribadah di Grup Kelas 2D

3. Mengirimkan dokumentasi Voice Note ke WhatsApp IBU MELIN

4. Pengiriman Tugas paling lambat ditunggu pukul 13.00 WIB (Jika lewat jam yang ditentukan dapat japri ibu guru melin )


Senin, 23 Agustus 2021

Melakukan Perconaan Eksperiment Sifat-Sifat Benda

 Hari/Tanggal        : Senin, 23 Agustus 2021

Tema                    : 2 ( Bermain di Lingkunganku )

Subtema               : 1 ( Bermain di Lingkungan Rumah )

Pembelajaran        : 4

Alat Peraga           : Gambar dan Video

Kompetensi Dasar : SBdP : 3.2, B.Indonesia : 3.2 dan MTK  3.4

Tujuan Pembelajaran : 

1. Peserta didik dapat membedakan panjang dan pendek bunyi pada lagu anak menggunakan simbol dengan benar.

2. Peserta didik dapat melakukan pengamatan sederhana tentang keragaman benda di lingkungan sekitar dengan benar.

3. Peserta didik dapat menyatakan perkalian dua bilangan sebagai penjumlahan berulang dengan benar.



Selamat pagi anak sholeh dan sholeha? Apa kabar hari ini? 

Semoga kalian selalu menjaga kesehatan dan rajin berolahraga ya nak agar tubuh kita sehat dan tidak mudah terserang penyakit serta  semoga kita semua selalu dalam lindungan allah swt Aamiin ya rabbal alamin 

Baiklah sebelum kita melanjutkan materi pembelajaran hari ini, jangan lupa untuk anak-anak melaksanakan sholat duha, murojaah pagi dan mendengarkan tausyiah serta tak lupa untuk melaksanakan sholat 5 waktunya ya nak πŸ’ͺ 

Sekarang, yuk kita lanjutkan materi pembelajaran hari ini ya nak πŸ’ͺ

Untuk penjelasan materi pembelajaran hari ini dapat melihat di link dibawah ini πŸ‘‡

https://www.youtube.com/watch?v=l27pcYiNR5s


Ayo Membaca
Bacalah teks percakapan berikut!



Jawablah pertanyaan berikut                 
berdasarkan teks percakapan di atas!

1. Bagaimana bentuk air jika dimasukkan ke dalam gelas?
Jawab : Bentuknya seperti gelas.
2. Bagaimana bentuk air jika dipindahkan ke dalam botol?
Jawab : Bentuknya seperti botol
3. Bagaimana pula bentuk air jika dipindahkan ke dalam mangkuk?
Jawab : Bentuknya seperti mangkuk pula. 
4. Apa saja benda yang sifatnya sama dengan air?
Jawab : Yaitu, Minyak, Kecap, Sirup dan masih banyak lagi. 


Tugasmu! 

Anak-anak diminta untuk melakukan percobaan atau Eksperimen Sifat-sifat Benda pada video pembelajaran di atas. 

 Adapun Alat dan Bahan yang Diperlukan

 1. Kelereng

 2. Air

 3. Pensil

 4. Sirup

 5. Minyak

 6. Gelas

 7. Botol air mineral

Cara Kerja

 1. Masukkan kelereng ke dalam botol air mineral. Perhatikan bentuknya!

 2. Masukkan kelereng tersebut ke dalam gelas. Amati, apakah bentuknya berubah?

 3. Masukkan air ke dalam botol air mineral.  Perhatikan bentuknya!

 4. Pindahkan air tersebut ke dalam gelas. Amati, apakah bentuknya berubah?

 5. Masukkan pensil ke dalam botol air mineral. Perhatikan bentuknya!

 6. Pindahkan pensil tersebut ke dalam gelas. Amati, apakah bentuknya berubah?

 7. Masukkan sirup ke dalam botol air mineral. Perhatikan bentuknya!

  8. Pindahkan sirup tersebut ke dalam gelas. Amati, apakah bentuknya berubah?

  9. Masukkan minyak ke dalam botol air mineral. Perhatikan bentuknya!

 10. Pindahkan minyak tersebut ke dalam gelas. Amati, apakah bentuknya berubah?

Silahkan ikuti langkah-langkah di atas. 
Setiap hasil eksperiment agar di foto dan dikirimkan dalam bentuk kolase/ gabungan dari beberapa foto. 

Pengumpulan Tugas: 

1. Absen pagi pada link yang telah Bpk/Ibu Guru berikan di grup. 

2. Mengirimkan dokumentasi kegiatan beribadah di Grup Kelas 2D

3. Mengirimkan dokumentasi Foto Kolase ke WhatsApp IBU MELIN

4. Pengiriman Tugas paling lambat ditunggu pukul 13.00 WIB (Jika lewat jam yang ditentukan dapat japri ibu guru melin )

Dokumentasi Kegiatan : 











Jumat, 20 Agustus 2021

Menyanyikan Lagu Berdayung Cipta. AT-Mahmud

Hari/Tanggal        : Jumat, 20 Agustus 2021

Tema                    : 2 ( Bermain di Lingkunganku )

Subtema               : 1 ( Bermain di Lingkungan Rumah )

Pembelajaran        : 2 dan 3

Alat Peraga           : Gambar dan Video

Kompetensi Dasar : SBdP : 3.2, B.Indonesia : 3.2 dan MTK  3.4



Selamat pagi anak sholeh dan sholeha? Apa kabar hari ini? 

Semoga kalian selalu menjaga kesehatan dan rajin berolahraga ya nak agar tubuh kita sehat dan tidak mudah terserang penyakit serta  semoga kita semua selalu dalam lindungan allah swt Aamiin ya rabbal alamin 

Baiklah sebelum kita melanjutkan materi pembelajaran hari ini, jangan lupa untuk anak-anak melaksanakan sholat duha, murojaah pagi dan mendengarkan tausyiah serta tak lupa untuk melaksanakan sholat 5 waktunya ya nak πŸ’ͺ 

Sekarang, yuk kita lanjutkan materi pembelajaran hari ini ya nak πŸ’ͺ

MUATAN BAHASA INDONESIA (KD 3. 2 dan 4. 2)

Kosakata tentang Benda

Banyak benda yang digunakan untuk bermain. Ciri-ciri benda tersebut bermacam-macam. Ada yang berbeda bentuk, bahan, warna, permukaan, dan kegunaannya.

Perhatikan contoh berikut!

Kelereng berbentuk bola kecil yang terbuat dari kaca. Warnanya bening berwarna-warni. Permukaannya halus dan licin. Digunakan untuk bermain dengan cara dijentik jari.

C:\Users\user\Downloads\WhatsApp Image 2021-08-19 at 08.55.14.jpeg

Simpai berbentuk lingkaran, terbuat dari rotan atau plastik. Simpai rotan berwarna coklat muda. Simpai plastik berwarna-warni. Simpai digunakan dengan cara diputar dipinggang.

C:\Users\user\Downloads\WhatsApp Image 2021-08-19 at 08.50.54.jpegC:\Users\user\Downloads\WhatsApp Image 2021-08-19 at 08.53.51.jpeg

Setiap benda mempunyai ciri masing-masing. Ciri-ciri benda dapat dibedakan berdasarkan warna, ukuran, bentuk, wujud, permukaan, dan rasanya. Permukaan benda ada yang halus dan kasar. Kasar artinyakesat tidak halus. Halus artinya licin dan lembut. Permukaan benda halus, misalnya buah apel. Permukaan benda kasar, misalnya buah durian.

C:\Users\user\Downloads\WhatsApp Image 2021-08-19 at 08.57.01.jpegC:\Users\user\Downloads\WhatsApp Image 2021-08-19 at 08.58.23.jpeg

MUATAN PPKn (KD 3.2 dan 4. 2)

Aturan di Rumah

Kita memiliki aturan di rumah. Aturan dibuat sebagai petunjuk kita dalam bertingkah laku. Jika kita mematuhi aturan, semua kegiatan di rumah akan berjalan baik dan menyenangkan. Aturan yang ada di rumah telah disepakati oleh semua anggota keluarga. Setiap hari, banyak kegiatan yang kamu lakukan di rumah. Aturan dibuat agar kehidupan di rumah dapat berjalan damai.

Contoh aturan di rumah :

  • Bermain setelah belajar.

  • Ikut membantu Ibu merapikan tempat tidur.

  • Menonton televisi di luar jam belajar.

  • Menggunakan telepon genggam sesuai keperluan.

  • Berdoa sebelum makan.

Kita harus tetap mematuhi aturan saat bermain. Salah satunya tidak boleh lupa waktu. Lupa waktu membuat kegiatan lain terganggu. Misalnya, kita jadi terlambat pulang ke rumah.

MUATAN SBdP (KD 3. 2 dan 4. 2)

Tekanan Kuat dan Lemah Nada pada Lagu Anak

Ada irama yang diatur dengan memperhatikan panjang pendeknya bunyi. Ada juga irama yang diatur dengan memperhatikan kuat lemahnya bunyi. Hitungan pertama pada satu birama selalu lebih kuat daripada hitungan berikutnya.

Panjang atau pendek nada dihitung dengan ketukan. Kuat atau lemah nada ditentukan dengan tekanan suara. Syair dengan tekanan kuat dinyanyikan keras. Syair dengan tekanan lemah dinyanyikan lembut.

Berikut Contoh menyanyikan lagu Berdayung dari Ibu Guru Rombel Kelas 2 πŸ‘‡



MUATAN MATEMATIKA 9 (KD 3. 4 dan 4.4)

Sifat Pertukaran pada Perkalian

Perhatikan contoh berikut :


Hasil Perkalian Suatu Bilangan

Perkalian adalah hasil penjumlahan secara berulang.

Perhatikan contoh berikut!

Hitunglah hasil dari 3 x 6!



Tugasmu! 

Setelah anak-anak menyimak video menyanyikan lagu Berdayung Ciptaan AT-Mahmud dari Ibu Guru.
Sekarang anak-anak dapat menyanyikan lagu tersebut sambil memegang perahu, mintalah bantuan pada orang tua untuk membuat perahu kertas ya nak dan boleh diiringi lagu serta tarian. 

Selamat bernyanyi dan berkreasi πŸ’ͺ😍


Pengumpulan Tugas: 

1. Absen pagi pada link yang telah Bpk/Ibu Guru berikan di grup. 

2. Mengirimkan dokumentasi kegiatan beribadah di Grup Kelas 2D

3. Mengirimkan dokumentasi Video Bernyanyi ke WhatsApp IBU MELIN

4. Pengiriman Tugas paling lambat ditunggu pukul 13.00 WIB (Jika lewat jam yang ditentukan dapat japri ibu guru melin )


Kamis, 19 Agustus 2021

Kamis, 19 Agustus 2021 Perkalian (Penjumlahan Berulang )

Hari/Tanggal        : Kamis, 19 Agustus 2021

Tema                    : 2 ( Bermain di Lingkunganku )

Subtema               : 1 ( Bermain di Lingkungan Rumah )

Pembelajaran        : 1

Alat Peraga           : Gambar dan Video

Kompetensi Dasar : SBdP : 3.2, B.Indonesia : 3.2 dan MTK  3.4

Tujuan Pembelajaran :

1. Peserta didik dapat membedakan panjang pendek nada pada lagu anak menggunakan simbol danmenyanyikan lagu anak dengan memperhatikan panjang dan pendek nada pada lagu dengan benar.

2. Dengan mendengarkan guru membaca teks “Bermain Perahu Kertas”, peserta didik dapat menyebutkan isi teks pendek yang dibacakan dengan tepat.

3. Mengamati contoh dan bimbingan guru, peserta didik dapat menyatakan kalimat matematika yang berkaitan dengan perkalian dengan benar.



Selamat pagi anak sholeh dan sholeha? Apa kabar hari ini? 

Semoga kalian selalu menjaga kesehatan dan rajin berolahraga ya nak agar tubuh kita sehat dan tidak mudah terserang penyakit serta  semoga kita semua selalu dalam lindungan allah swt Aamiin ya rabbal alamin 

Baiklah sebelum kita melanjutkan materi pembelajaran hari ini, jangan lupa untuk anak-anak melaksanakan sholat duha, murojaah pagi dan mendengarkan tausyiah serta tak lupa untuk melaksanakan sholat 5 waktunya ya nak πŸ’ͺ 

Sekarang, yuk kita lanjutkan materi pembelajaran hari ini ya nak πŸ’ͺ

Hari ini hari Minggu.

Setelah membantu ibu dan ayah, Beni dan kakaknya, Tiur, bermain bersama.

Mereka bermain perahu kertas.

Ayo Mengamati

Apa yang dilakukan Beni dan Kak Tiur?
Pernahkah kamu melakukan kegiatan tersebut?

Beni dan Tiur asyik bermain.
Sambil bermain, mereka bernyanyi dengan riang.

Ayo Bernyanyiyi

Nyanyikanlah lagu berikut bersama temanmu!
Agar anak-anak paham dengan pelajaran hari ini, simak videonya sampai selesai ya anak hebatπŸ‘

Video Penjelasan Perkalian ( Penjumlahan Berulang ) anak-anak dapat menyimak di bawah ini πŸ‘‡

https://www.youtube.com/watch?v=4WmuUAy5a38






Tugasmu! 

Tentukan bilangan yang tepat untuk soal berikut!




Pengumpulan Tugas: 

1. Absen pagi pada link yang telah Bpk/Ibu Guru berikan di grup. 

2. Mengirimkan dokumentasi kegiatan beribadah di Grup Kelas 2D

3. Mengirimkan dokumentasi  hasil tugas dan dapat mengirimkan ke WhatsApp IBU MELIN

4. Pengiriman Tugas paling lambat ditunggu pukul 13.00 WIB (Jika lewat jam yang ditentukan dapat japri ibu guru melin )

Selamat Mengerjakan semoga berhasil πŸ’ͺ



Rabu, 18 Agustus 2021

Penilaian Harian Tema 1 Subtema 3 dan 4

Hari/Tanggal        : Rabu, 18 Agustus 2021

Tema                    : 1 ( Hidup Rukun )

PENILAIAN HARIAN ( PH )

Subtema               : 3 ( Hidup Rukun bersama Teman Bermain )

Subtema               : 4 ( Hidup Rukun di Masyarakat )

Alat Peraga           : Google Forums

Assalamualaikum wr wb 

Selamat pagi anak sholeh dan sholeha? Apa kabar hari ini? 

Semoga kalian selalu menjaga kesehatan dan rajin berolahraga ya nak agar tubuh kita sehat dan tidak mudah terserang penyakit serta  semoga kita semua selalu dalam lindungan allah swt Aamiin ya rabbal alamin 

Baiklah sebelum kita melanjutkan materi pembelajaran hari ini, jangan lupa untuk anak-anak melaksanakan sholat duha, murojaah pagi dan mendengarkan tausyiah serta tak lupa untuk melaksanakan sholat 5 waktunya ya nak πŸ’ͺ 

Congratulition for pemenang Lomba Menggambar dalam memperingati HUT RI yang Ke-76



Baik anak-anak pada hari ini kita akan melanjutkan kegiatan pembelajaran

Hari ini kita akan melaksanakan PH (Penilaian Harian) dengan materi yang sudah kita pelajari yaitu seperti kalimat perintah, penolakan, penjumlahan bilangan dalam bentuk campuran dan masih banyak lagi. 

Untuk mengulas seberapa paham anak-anak dalam memahami materi yang telah dipelajari maka kita akan mengerjakan PH (Penilaian Harian) berikut ini. 

Untuk mengerjakan klik link di bawah ini πŸ‘‡

Dokumentasikan beruba video singkat saat anak mengerjakan PH dengan Mandiri. 

Selamat mengerjakan dan semoga mendapat hasil yang memuaskan πŸ’ͺ😍


Pengumpulan Tugas: 

1. Absen pagi pada link yang telah Bpk/Ibu Guru berikan di grup. 

2. Mengirimkan dokumentasi kegiatan beribadah di Grup Kelas 2D

3. Mengirimkan dokumentasi Video singkat saat anak mengerjakan PH dengan Mandiri dan Foto Hasil PH ke WhatsApp IBU MELIN 

4. Pengiriman Tugas paling lambat ditunggu pukul 13.00 WIB (Jika lewat jam yang ditentukan dapat japri ibu guru melin )

Terimakasih πŸ™

Senin, 16 Agustus 2021

Memeriahkan HUT RI KE 76 TH πŸ‡²πŸ‡¨ Dalam Acara Virtual Competition


Assalamualaikum wr wb


Ananda Solih Solihah yang Hebat Juga Luar Biasa  πŸ‘©‍πŸ«πŸ‘¨‍🏫Yuk Ikutan Lomba  Dalam Rangka Memeriahkan HUT RI KE 76 TH πŸ‡²πŸ‡¨ Dalam Acara Virtual Competition

πŸ“Dengan Ketentuan Sebagai Berikut :

πŸ‘©‍πŸ’»πŸ‘¨‍πŸ’»Anak-anak Memgikuti Lomba Sesuai dengan kelas dan tangkai yang sudah di tentukan Panitia

Ingat ya nak untuk lomba kelas 2 yaitu menggambar masker sesuai dengan imajinasi dan kreasi anak-anak ya nak. Menggambar di buku gambar atau di kertas HVS polos ya nak πŸ’ͺ

Hasil Karya perlombaan Dikirimkan Ke guru IBU MELIN Pada Hari Senin Tgl 16 Agustus 2021 paling lambat pukul 11.00 WIB yang kemudian akan di teruskan Ke panitia Untuk Diberikan kepada Juri

Pengumuman Pemenang Akan di Umumkan Pada Hari Selasa 17 Agustus 2021 Pukul 10.30 WIB Di Akun Medsos SD 2

Untuk Teknis  Penerimaan Hadiah Akan di Infokan Lebih Lanjut

Selamat Berlomba Anak-anak 


Wasalamualaikum, Wr Wb

Jumat, 13 Agustus 2021

Jumat, 13 Agustus 2021 (Pengamalan sila Pancasila dalam Teks Cerita)

Hari/Tanggal        : Jumat, 13 Agustus 2021

Tema                    : 1 ( Hidup Rukun )

Subtema               : 4 ( Hidup Rukun di Masyarakat )

Pembelajaran        : 5 dan 6

Alat Peraga           : Gambar 

Kompetensi Dasar :  Bahasa Indonesia : 3.1, PPkN : 3.1 dan MTK  3.3

Tujuan Pembelajaran :

1. Dengan diberikan teks tentang hidup rukun di masayarakat, peserta didik dapat menyebutkan menggunakan kalimat penolakan yang berkaitan dengan sikap hidup rukun dalam bentuk kalimat sederhana dengan bahasa yang santun.

2. Dengan diberikan teks cerita bergambar tentang hidup rukun di masyarakat, peserta didik dapat menunjukkan perilaku di masyarakat  yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila dengan benar.

3. Dengan diberikan soal cerita, peserta didik dapat menyelesaikan soal penjumlahan dan pengurangan dengan benar.




Selamat pagi anak sholeh dan sholeha? Apa kabar hari ini? 

Semoga kalian selalu menjaga kesehatan dan rajin berolahraga ya nak agar tubuh kita sehat dan tidak mudah terserang penyakit serta  semoga kita semua selalu dalam lindungan allah swt Aamiin ya rabbal alamin 

Baiklah sebelum kita melanjutkan materi pembelajaran hari ini, jangan lupa untuk anak-anak melaksanakan sholat duha, murojaah pagi dan mendengarkan tausyiah serta tak lupa untuk melaksanakan sholat 5 waktunya ya nak πŸ’ͺ 

Sekarang, yuk kita lanjutkan materi pembelajaran hari ini ya nak πŸ’ͺ

Perhatikan percakapan berikut ini!

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!

1.  Siapa yang mengajak berolahraga pada teks di atas?
     Jawab: Udin 
2.  Apa maksud ajakan tersebut?
     Jawab: Berolahraga bersama di lapangan.
3.  Siapakah yang menolak ajakan?
     Jawab: Made
4.  Mengapa ia menolak ajakan tersebut?
     Jawab: mengunjungi paman bersama keluargaku. 
5.  Tuliskan kalimat penolakan yang diucapkan!
    Jawab : Maaf, Din. Kali ini aku tidak ikut berolahraga. 

Ayo Membaca

Bacalah pengalaman Udin di bawah ini!

Olahraga Bersama

Warga di sekitar rumahku akan berolahraga bersama. Kegiatan tersebut dilakukan di lapangan. Di perjalanan menuju lapangan, aku bertemu Made. Aku mengajak Made untuk ikut berolahraga. Namun, Made tidak bisa ikut. Made akan mengunjungi pamannya.

Tiba di lapangan, sudah banyak anak yang berkumpul. Mereka sedang melakukan pemanasan. Kami berolahraga dengan kompak. Kami senang berolahraga bersama.

Made menolak ajakan Udin dengan sopan. Sikap Made dan Udin menunjukkan kerukunan dan persatuan.

Menjaga persatuan dan kesatuan di masyarakat, sesuai dengan pengamalan sila ketiga Pancasila.

Tuliskan contoh pengamalan sila ketiga di masyarakat!

a. Berteman dengan teman dari berbagai suku

b. Bekerjasama menjaga keamanan lingkungan sekitar.. dan masih banyak lagi 


Ayo Mengamati

Simaklah dongeng di bawah ini dengan cermat!

Kisah Jeje si Jerapah

Di padang rumput yang luas hiduplah sekelompok jerapah. Ada jerapah bernama Jeje dan Jojo. 

Jeje bersifat sombong karena merasa tubuhnya paling tinggi. Jojo bersifat baik hati, tubuhnya tidak terlalu tinggi.

Pada suatu hari kakek jerapah meminta tolong pada Jeje dan Jojo. Kakek jerapah minta tolong diambilkan daun segar.

Namun, Jeje menolak, “ Tidak mau, Kek. Saya sedang repot.” Jojo dengan sekuat tenaga mengambil daun segar untuk kakek jerapah. 


Suatu hari, Jeje mendapat kesulitan. Jeje jatuh, kakinya terjepit bebatuan. Teman-teman hewan lain tidak tega melihat Jeje kesulitan. Mereka menolong Jeje.

Akhirnya, Jeje sadar bahwa saling menolong antar teman itu penting.

Pada teks di atas terdapat kisah dua jerapah bernama jeje dan jojo. Siapakah jerpah yang memiliki sifat sombong ??

untuk menjawab pertanyaan dapat menjawab di kolom komentar postingan hari ini ya nak πŸ‘‡


Dalam dongeng terdapat sikap gotong royong. Selain itu, terdapat sikap  adil dalam menolong orang lain.

Sikap tersebut sesuai dengan pengamalan sila keempat dan kelima Pancasila!


Tugasmu!

Beri tanda ✔  pada kolom yang tepat!
Apakah sikap-sikap berikut ini sesuai atau tidak sesuai dengan sila ketiga Pancasila?


Pengumpulan Tugas: 

1. Absen pagi pada link yang telah Bpk/Ibu Guru berikan di grup. 

2. Mengirimkan dokumentasi kegiatan beribadah di Grup Kelas 2D

3. Mengirimkan dokumentasi  hasil tugas dan dapat mengirimkan ke WhatsApp IBU MELIN

4. Pengiriman Tugas paling lambat ditunggu pukul 12.00 WIB (Jika lewat jam yang ditentukan dapat japri ibu guru melin )

Selamat Mengerjakan semoga berhasil πŸ’ͺ


Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.
 

Risky Melina Sari Template by Ipietoon Cute Blog Design