Selasa, 20 April 2021

Selasa, 20 April 2021 ( Menentukan Sudut )

 Bahan Ajar Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 3 dan 4 

Hari/Tanggal        : Selasa, 20 April 2021

Kelas                    : 3 

Tema                    : 8 ( Praja Muda Karana )

Subtema               : 3 ( Aku Anggota Pramuka )

Pembelajaran        : 3 dan 4

Alat Peraga           : Gambar 

Kompetensi Dasar : 

PPkN KD : 3.1

B.Indonesia KD :3.9

Matematika KD: 3.11

SBdP KD: 3.2

Tujuan Pembelajaran:
1. Setelah membaca teks, siswa dapat mengindentifikasi informasi terkait arti lambang negara dengan benar serta menceritakannya kembali.
2. Setelah mengamati gambar, siswa dapat menceritakan gambar dan simbol apa saja yang terdapat pada lambang negara “Garuda Pancasila” dengan benar.
     3. Setelah mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan tentang sudut dengan benar.
    4. Setelah bernyanyi, siswa dapat menunjukkan variasi pola irama yang sama, mirip, dan berbeda pada lagu berbentuk ABA’ serta memeragakannya melalui menyuarakan atau memainkannya dengan benar.



Selamat pagi anak sholeh dan sholeha? Apa kabar hari ini? 

Semoga kalian selalu menjaga kesehatan dan rajin berolahraga ya nak agar tubuh kita sehat dan tidak mudah terserang penyakit serta  semoga kita semua selalu dalam lindungan allah swt Aamiin ya rabbal alamin 

Baiklah sebelum kita melanjutkan materi pembelajaran hari ini, jangan lupa untuk anak-anak melaksanakan sholat duha, murojaah pagi dan mendengarkan tausyiah serta tak lupa untuk melaksanakan sholat 5 waktunya ya nak dan jangan lupa untuk selalu mengisi jurnal ramadhan hari ini 💪

Apersepsi : 

Tuliskan kembali informasi tentang lambang negara berdasarkan bacaan tersebut!



Berdasarkan tugas kemarin untuk jawaban yang tepat:
1. Burung Garuda .
2. Karena, Lambang burung Garuda menggambarkan kebesaran dan kekuata.
3. Pada leher burung Garuda terdapat perisai yang menyerupai jantung.
4. Bhinneka Tunggal Ika.

Yuk Kita lanjutkan materi pembelajaran hari ini 💪

Ayo Membaca

Mengenal Arti Lagu Garuda Pancasila

Anggota pramuka harus mengenal baik negaranya. Anggota pramuka harus mengenal bahasa dan lambang negara. Anggota pramuka juga harus mengenal lagu kebangsaan. Mengenal lambang negara untuk melatih rasa cinta terhadap tanah air. 

Mengenal lagu kebangsaan juga untuk melatih rasa cinta terhadap tanah air. Salah satu kegiatan mengenal negara adalah memahami arti lagu Garuda Pancasila. Syair lagu Garuda pancasila memiliki arti bahwa kita sebagai warga negara akan selalu mendukung Pancasila. Warga negara Indonesia berjiwa patriot. Berjiwa patriot berarti siap berjuang dan rela berkorban untuk negara.  Rakyat Indonesia akan hidup makmur sentosa jika melaksanakan nilai-nilai Pancasila. Untuk itu, bangsa Indonesia harus terus maju. Bangsa Indonesia harus pantang mundur.

Setelah memahami lagu Garuda pancasila, diharapkan anggota pramuka memiliki sikap nasionalis. Anggota pramuka harus mencintai negara Indonesia. Anggota pramuka selalu bersikap sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Ayo Berlatih  

Melatih kecintaan terhadap negara dapat dilakukan melalui kegiatan upacara. Edo menjadi pemimpin upacara saat latihan pramuka. Edo memimpin upacara dengan baik. Edo sudah dapat menunjukkan sikap hormat bendera dengan baik. Edo juga sudah dapat menunjukkan sikap baris berbaris yang baik. Edo menjadi contoh bagi teman-temannya.

Lihatlah posisi tangan Edo. Masih ingatkah kamu tentang sudut?
Jika dijiplak tepi lurusnya, manakah dari posisi tersebut membentuk sudut?

Dapatkah kamu menjiplak tepi lurus dari gambar berikut?
Bagaimana sudut yang kamu hasilkan dari menjiplak tepi lurus?
Ingat, sudut dibentuk oleh 2 garis!





Ayo Berlatihh

Setiap perlombaan ada yang menang dan kalah. Bersikaplah santun saat berhasil. Berlapang dada dan tidak menyerah saat mengalami kegagalan. 

Bersikap santun sesuai dengan salah satu janji pramuka, yaitu patriot yang sopan dan kesatria. Patriot artinya pecinta atau pembela tanah air. Sopan artinya selalu berperilaku, berkata, dan berpakaian sesuai aturan. Kesatria berarti orang yang gagah berani dalam kebenaran.

Pramuka memiliki sepuluh janji yang disebut dengan Dasa Dharma. Dasa berarti sepuluh. Dharma berarti janji. Salah satu janji dalam Dasa Dharma adalah menjadi patriot yang sopan dan kesatria
Apakah kamu dapat menjadi patriot yang sopan dan kesatria?

Mari berlatih bersikap patriot yang sopan dan kesatria dalam pertandingan. Pratikkan dengan mengikuti adu kecepatan untuk berhitung!
Amati lambang negara Garuda Pancasila berikut ini!

Hitunglah banyaknya bulu pada ekor, sayap, dan leher burung garuda!

Banyaknya bulu pada sayap     : 17
Banyaknya bulu pada ekor       : 8 
Banyaknya bulu pada leher      : 45

Ada beberapa warna pada lambang negara Garuda Pancasila. Masing-masing warna memiliki arti tertentu. Warna putih memiliki arti kesucian, kebenaran, dan kemurnian. Warna hitam memiliki arti keabadian. Warna merah memiliki arti keberanian. Warna hijau berarti kesuburan dan kemakmuran. Warna kuning berarti kebesaran, kemegahan, dan keluhuran.

Setiap warna pada lambang negara mempunyai arti khusus. Arti dari suatu lambang menunjukkan cita-cita dan ciri-ciri tertentu.


Untuk Tugas Hari Ini.

Tugasmu! 

Sekarang coba perhatikan benda-benda di sekitarmu!
Tuliskan benda-benda yang tepi lurusnya membentuk sudut!
Tuliskan pada tabel berikut sebanyak 5 saja.


Pengiriman Tugas: 

1. Mengirimkan dokumentasi foto beribadah (Grup Wa)
2. Mengumpulkan dokumentasi foto telah mengerjakan Laihan Tema (Chat Pribadi)
3. Absen pagi pada kolom komentar ya anak-anak  yang  hebat 
4. Pengumpulan tugas ditunggu paling lambat jam 13.00 wib 

Terimakasih atas kerjasamanya, semoga berhasil 💪

Senin, 19 April 2021

Senin, 19 April 2021 (Lambang Negara)

Bahan Ajar Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 1 dan 2

Hari/Tanggal        : Senin, 19 April 2021

Kelas                    : 3 

Tema                    : 8 ( Praja Muda Karana )

Subtema               : 3 ( Aku Anggota Pramuka )

Pembelajaran        : 1 dan 2

Alat Peraga           : Gambar dan Video

Kompetensi Dasar : 

PPkN KD : 3.1

B.Indonesia KD :3.9

Matematika KD: 3.11

SBdP KD: 3.2

Tujuan Pembelajaran:
1. Setelah membaca teks, siswa dapat mengindentifikasi informasi terkait arti lambang negara dengan benar serta menceritakannya kembali.
2. Setelah mengamati gambar, siswa dapat menceritakan gambar dan simbol apa saja yang terdapat pada lambang negara “Garuda Pancasila” dengan benar.
     3. Setelah mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan tentang sudut dengan benar.
    4. Setelah bernyanyi, siswa dapat menunjukkan variasi pola irama yang sama, mirip, dan berbeda pada lagu berbentuk ABA’ serta memeragakannya melalui menyuarakan atau memainkannya dengan benar.



Selamat pagi anak sholeh dan sholeha? Apa kabar hari ini? 

Semoga kalian selalu menjaga kesehatan dan rajin berolahraga ya nak agar tubuh kita sehat dan tidak mudah terserang penyakit serta  semoga kita semua selalu dalam lindungan allah swt Aamiin ya rabbal alamin 

Baiklah sebelum kita melanjutkan materi pembelajaran hari ini, jangan lupa untuk anak-anak melaksanakan sholat duha, murojaah pagi dan mendengarkan tausyiah serta tak lupa untuk melaksanakan sholat 5 waktunya ya nak dan jangan lupa untuk selalu mengisi jurnal ramadhan hari ini 💪

Kita lanjutkan materi pembelajaran hari ini 💪


Praja muda karana disingkat menjadi pramuka. Pramuka memiliki arti jiwa muda yang suka berkarya. Lambang gerakan pramuka berupa tunas kelapa. Anggota pramuka dikelompokkan berdasarkan usia. Kelompok pramuka berusia 7-10 tahun dinamakan pramuka siaga. 
Pramuka mengajarkan anggota untuk selalu bergembira. Semua kegiatan disampaikan dengan senang dan gembira. Ada banyak lagu yang dinyanyikan. Ada banyak permainan yang dikenalkan. Pramuka menjadi kegiatan yang menyenangkan.
Mengenal pramuka membuat anggota lebih mencintai negara Indonesia. Pramuka juga mengajarkan anggota menjadi anak yang mandiri. Pramuka mengajak anggota menjadi anak yang selalu riang gembira.

Ayo, mengenal pramuka dan kegiatannya!

Ayo Bernyanyiyi
Udin sudah menjadi anggota pramuka. Udin  menjadi anggota siaga. Udin dan teman-teman senang menjadi anggota siaga. Pramuka memiliki tepuk tangan yang khas. Tepuk tersebut disebut Tepuk Pramuka. Cobalah Tepuk Pramuka berikut!

Untuk cara menyanyi dan bertepuk tangan dapat melihat dan mendengarkan video berikut ini 


Menurut lagu tersebut, anggota pramuka harus hemat dan cermat. Anggota pramuka juga harus selalu disiplin. Disiplin dalam berbagai hal, termasuk saat latihan. Anggota pramuka dilatih untuk mencintai negara Indonesia. Anggota dikenalkan dengan bendera dan lambang negara Indonesia. 
Anggota pramuka  juga dilatih untuk lebih mengenal pramuka. Anggota pramuka juga dikenalkan dengan lambang gerakan pramuka.

Tahukah kamu nama bendera negara kita? 
Bendera negara kita diberi nama Sang Merah Putih. Kita memberi hormat saat bendera dikibarkan sebagai tanda penghormatan. 
Dapatkah kamu meniru gerakan menghormat bendera?

Cobalah bersama teman-temanmu!
Tentukan terlebih dahulu teman yang bertugas memberi aba-aba!
Perhatikan posisi tangan Udin saat menghormat bendera. Cobalah jiplak tepi lurus tangan Udin. Lalu tangan Udin kita geser. Maka akan di peroleh hasil jiplakan yang disebut sudut.
Tahukah kamu apa arti sudut?

Perhatikan gambar berikut ini!

Ada berapa garis yang membentuk sudut tersebut? ya, ada 2 garis


Manakah gambar yang merupakan sudut? Gambar 1
 
Disebut apa gambar 3 ? Sudut Tertutup

Ayo Membaca
Masih ingatkah kamu dengan lambang negara kita?

Lambang negara kita adalah Garuda Pancasila. Lambang negara adalah suatu bentuk yang digunakan sebagai lambang resmi negara. Lambang negara Indonesia adalah burung Garuda.
Lambang burung Garuda menggambarkan kebesaran dan kekuatan. Indonesia ingin menjadi negara yang besar dan kuat. Sebagai warga negara, kita juga harus kuat dan sehat. Sebagai warga negara, kita harus menjadikan negara Indonesia menjadi  negara yang besar dan kuat.

Lambang negara Garuda Pancasila terdiri atas beberapa bagian. Kepala burung Garuda menoleh ke sebelah kanan. Pada leher burung Garuda terdapat perisai yang menyerupai jantung. Leher, sayap, dan ekor memiliki sejumlah bulu. Perisai dilengkapi dengan lambang sila Pancasila. Garuda mencengkram pita yang bertuliskan semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

Setelah anak-anak membaca teks yuk kita lengkapi bacaan teks berdasarkan hasil pembelajaran yang telah anak-anak pahami di latihan hari ini ya nak.


Tugasmu!

Tuliskan kembali informasi tentang lambang negara berdasarkan bacaan tersebut!
Tulislah menggunakan tulisan tegak bersambung. 



Pengiriman Tugas: 

1. Mengirimkan dokumentasi foto beribadah (Grup Wa)
2. Mengumpulkan dokumentasi foto telah mengerjakan Laihan Tema (Chat Pribadi)
3. Absen pagi pada kolom komentar ya anak-anak  yang  hebat 
4. Pengumpulan tugas ditunggu paling lambat jam 13.00 wib 

Terimakasih atas kerjasamanya, semoga berhasil 💪

Jumat, 16 April 2021

Jumat, 16 April 2021 ( PH Tema 7 Subtema 4 )

PENILAIAN HARIAN Tema 7 Subtema 4

Hari/Tanggal        : Jumat, 16 April 2021

Kelas                    : 3 

Tema                    : 7 (Perkembangan Teknologi)

Subtema               : 4 ( Perkembangan Teknologi Transportasi )

Pembelajaran        :  PH 

Alat Peraga           : Google Froms

Kompetensi Dasar : 

PPKn (3.3), B.Indo (3.6), MTK (3.10), SBdP (3.4)


Assalamualaikum wr wb 

Selamat pagi anak sholeh dan sholeh kelas 3D 

Apakabar hari ini? Semoga kalian semua dalam keadaan sehat wal afiat serta dalam lindungan Allah SWT amin allah huma amin 

Baik, pada hari ini kita akan melaksanakan PH (Penilaian Harian) yang insyaallah kita semua diberikan kelancaran dalam melaksanakan kegiatan PH dan di ridhohi allah SWT amin ... 

Sebelum melaksanakan Pembelajaran, seperti biasa kita melaksanakan ibadah harian rutin kita yaitu, melaksanakan sholat duha, murojaah pagi serta mendengarkan Tausyiah dan jangan lupa untuk melaksanakan ibadah sholat 5 waktunya ya nak 💪

Alhamdulillah kita telah melaksanakan pembelajaran ini dengan baik dan lancar. Dalam minggu lalu kita telah belajar banyak materi pembelajaran, dari Menemukan informasi terkait Perkembangan teknologi produksi Transportasi, mengetahui keliling pada bangun datar pesergi dan persegi panjang, membuat karya kreasi alat transportasi.    

Hari ini kita akan melaksanakan Penilaian Harian pada Tema 7 Subtema 4 ini. 

Untuk Penilaian Harian dapat dikerjakan pada link berikut ini.👇

https://forms.gle/coECMBjsi6rkwdTz7


Semoga ananda semua dapat membaca perintah ibu guru dengan baik dan teliti ya nak 👍💪

Pengiriman Tugas: 

1. Mengirimkan dokumentasi foto beribadah (Grup Wa)
2. Mengumpulkan dokumentasi foto telah mengerjakan PH (Chat Pribadi/Grup WA)
3. Absen pagi pada kolom komentar ya anak-anak  yang  hebat 
4. Pengumpulan tugas ditunggu paling lambat jam 13.00 wib 

Terimakasih atas kerjasamanya, semoga berhasil 💪

Kamis, 15 April 2021

Kamis, 15 April 2021 (Membuat Kreasi Alat Transportasi Mobil)

   Bahan Ajar Tema 7 Subtema 4 dengan PjBL (Project Based Learning)

Project Membuat Gambar Alat Transportasi 

Dilakukan dalam 1 Minggu

Hari/Tanggal        : Kamis, 15 April 2021

Kelas                    : 3 

Tema                    : 7 (Perkembangan Teknologi)

Subtema               : 4 ( Perkembangan Teknologi Transportasi )

Pembelajaran        : Pertemuan 4 (Terakhir)

Alat Peraga           : Gambar, Video 

Kompetensi Dasar : 

PPkN KD 3.3 : Menjelaskan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar

B. Indonesia 3.6 : Mencermati isi teks informasi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi di lingkungan setempat

Matematika 3.10 : Menjelaskan dan menentukan keliling bangun datar 

SBdP 3.4 : Mengetahui teknik potong, lipat dan sambung.

Tujuan Pembelajaran:
1. Dengan mencermati teks, siswa dapat mengidentifikasi ide pokok dari teks perkembangan teknologi transportasi di lingkungan sekitar.
   2. Dengan mencermati teks, siswa dapat mengidentifikasi bentuk-bentuk keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar.
3. Dengan memahami konsep keliling, siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan keliling bangun datar dengan satuan baku tertentu dengan benar.
4. Dengan mencermati gambar, siswa dapat berkreasi dengan menggabungkan teknik potong, lipat, dan sambung dalam suatu karya keterampilan dengan rapi.


Selamat pagi anak sholeh dan sholeha? Apa kabar hari ini? 

Semoga kalian selalu menjaga kesehatan dan rajin berolahraga ya nak agar tubuh kita sehat dan tidak mudah terserang penyakit serta  semoga kita semua selalu dalam lindungan allah swt Aamiin ya rabbal alamin 

Baiklah sebelum kita melanjutkan materi pembelajaran hari ini, jangan lupa untuk anak-anak melaksanakan sholat duha, murojaah pagi dan mendengarkan tausyiah serta tak lupa untuk melaksanakan sholat 5 waktunya ya nak... 

Apersepsi  : 
Baiklah ibu guru akan membahas latihan soal matematika. 

Kamu sudah mengetahui cara menghitung konsep keliling. Berlatihlah mengerjakan soal-soal berikut!

1. 
Keliling bangun persegi panjang adalah : 25 cm + 25cm + 15cm + 15 cm = 80 cm

2. 
 
Keliling bangun persegi panjang adalah : 52 cm + 52 cm + 25 cm + 25 cm = 154 cm

3. 
 
Keliling bangun persegi adalah : 10 cm + 10 cm + 10 cm + 10 cm = 40 cm

4. 
 

Keliling bangun persegi adalah : 15 cm + 15 cm + 15 cm + 15 cm = 60 cm


Kita lanjutkan materi Project hari ini ya nak 💪

Ayo Mengamati

Salah satu alat transportasi yang banyak digunakan adalah mobil. Apakah kamu suka naik mobil?
Maukah kamu menjadi perancang mobil? Sebelum kamu menjadi perancang mobil terkenal, ayo kita buat dulu mobil dari kardus bekas! 

Amati proses membuat mobil berikut ini! Peralatan yang dibutuhkan
Pisau, gunting, selotip, lem, kardus bekas (bekas kotak sepatu atau yang seukuran), 1 lembar kertas putih polos, penggaris, dan spidol, dan lem.


Untuk materi pembelajaran lebih jelas simak video pembelajaran di bawah ini ya nak 💪




Tugasmu!

Tugas hari ini anak-anak dapat membuat sebuah kreasi mobilan dari kertas kardus bekas sepatu, kotak susu atau yang ada di rumah ya nak.
Dan anak-anak bisa menghias sesuai dengan imajinasi dan kreatifitas anak-anak.

Semangat Berkreasi 💪💓


Pengiriman Tugas: 

1. Mengirimkan dokumentasi foto beribadah dan Jurnal Ramadhan (Grup Wa)
2. Mengumpulkan dokumentasi foto telah mengerjakan Laihan Tema (Grup WA)
3. Absen pagi pada kolom komentar ya anak-anak  yang  hebat 
4. Pengumpulan tugas ditunggu paling lambat jam 13.00 wib 
Jika terlambat dapat konfirmasi segera ya nak 

Terimakasih atas kerjasamanya, semoga berhasil 💪

Jumat, 09 April 2021

Jumat, 9 April 2021 ( Menentukan Keliling pada Bangun Datar )

  Bahan Ajar Tema 7 Subtema 4 dengan PjBL (Project Based Learning)

Project Membuat Gambar Alat Transportasi 

Dilakukan dalam 1 Minggu

Hari/Tanggal        : Jumat, 9 April 2021

Kelas                    : 3 

Tema                    : 7 (Perkembangan Teknologi)

Subtema               : 4 ( Perkembangan Teknologi Transportasi )

Pembelajaran        : Pertemuan 3

Alat Peraga           : Gambar, Video 

Kompetensi Dasar : 

PPkN KD 3.3 : Menjelaskan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar

B. Indonesia 3.6 : Mencermati isi teks informasi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi di lingkungan setempat

Matematika 3.10 : Menjelaskan dan menentukan keliling bangun datar 

SBdP 3.4 : Mengetahui teknik potong, lipat dan sambung.

Tujuan Pembelajaran:
1. Dengan mencermati teks, siswa dapat mengidentifikasi ide pokok dari teks perkembangan teknologi transportasi di lingkungan sekitar.
   2. Dengan mencermati teks, siswa dapat mengidentifikasi bentuk-bentuk keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar.
3. Dengan memahami konsep keliling, siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan keliling bangun datar dengan satuan baku tertentu dengan benar.
4. Dengan mencermati gambar, siswa dapat berkreasi dengan menggabungkan teknik potong, lipat, dan sambung dalam suatu karya keterampilan dengan rapi.


Selamat pagi anak sholeh dan sholeha? Apa kabar hari ini? 

Semoga kalian selalu menjaga kesehatan dan rajin berolahraga ya nak agar tubuh kita sehat dan tidak mudah terserang penyakit serta  semoga kita semua selalu dalam lindungan allah swt Aamiin ya rabbal alamin 

Baiklah sebelum kita melanjutkan materi pembelajaran hari ini, jangan lupa untuk anak-anak melaksanakan sholat duha, murojaah pagi dan mendengarkan tausyiah serta tak lupa untuk melaksanakan sholat 5 waktunya ya nak... 

Apersepsi  : 
Setelah bermain peran, tulislahlah kesimpulan tentang pentingnya menghargai perbedaan!
Menurutmu Pentingnya Menghargai Perbedaan adalah ... 

Pentingnya Menghargai Perbedaan : 
Dengan menghargai perbedaan yang ada mulai dari suku, budaya, agama, derajat, pekerjaan dan lain sebagainya, maka ini menjadi cara yang baik untuk menciptakan persatuan yang tetap utuh meski ada banyak perbedaan dalam bangsa Indonesia. 

Kita lanjutkan materi Project hari ini ya nak 💪

Perhatikan gambar kaca depan mobil! Berapa ukurannya?
Jika kamu akan menghias kaca mobil dengan pita, berapa panjang pita yang kamu butuhkan untuk menghias seluruh tepi kaca?

Mari kita hitung:
… cm + … cm + … cm + … cm =  …

Panjang pita yang mengelilingi tepi kaca mobil adalah keliling kaca mobil. 

Untuk penjelasan dapat anak-anak simak pada video pembelajaran berikut ini 👇



Ayo Mencoba

Udin dan keluarganya menunggu kereta di dekat peron. Peron adalah pelataran tempat
penumpang naik dan turun dari kereta. Di sekitar peron ada kursi-kursi untuk menunggu. Kursi peron berbentuk persegi panjang. Jika panjang kursi 250 cm dan lebarnya 50 cm, berapakah keliling kursi peron?

Keliling kursi peron: 250 cm  + 250 cm + 50 cm +  50 cm  =    600 cm 


Tugasmu!

Kamu sudah mengetahui cara menghitung konsep keliling. Berlatihlah mengerjakan soal-soal berikut!

1. 
Keliling bangun persegi panjang adalah : ... cm + .... cm + .... cm + .... cm = .... cm

2. 
 
Keliling bangun persegi panjang adalah : ... cm + .... cm + .... cm + .... cm = .... cm

3. 
 
Keliling bangun persegi adalah : ... cm + .... cm + .... cm + .... cm = .... cm

4. 
 

Keliling bangun persegi adalah : ... cm + .... cm + .... cm + .... cm = .... cm



Pengiriman Tugas: 

1. Mengirimkan dokumentasi foto beribadah (Grup Wa)
2. Mengumpulkan dokumentasi foto telah mengerjakan Laihan Tema (Grup WA)
3. Absen pagi pada kolom komentar ya anak-anak  yang  hebat 
4. Pengumpulan tugas ditunggu paling lambat jam 13.00 wib 

Terimakasih atas kerjasamanya, semoga berhasil 💪

Rabu, 07 April 2021

Rabu, 7 April 2021 (Pentingnya Menghargai Perbedaan)

 Bahan Ajar Tema 7 Subtema 4 dengan PjBL (Project Based Learning)

Project Membuat Gambar Alat Transportasi 

Dilakukan dalam 1 Minggu

Hari/Tanggal        : Rabu, 7 April 2021

Kelas                    : 3 

Tema                    : 7 (Perkembangan Teknologi)

Subtema               : 4 ( Perkembangan Teknologi Transportasi )

Pembelajaran        : Pertemuan 2

Alat Peraga           : Gambar

Kompetensi Dasar : 

PPkN KD 3.3 : Menjelaskan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar

B. Indonesia 3.6 : Mencermati isi teks informasi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi di lingkungan setempat

Matematika 3.10 : Menjelaskan dan menentukan keliling bangun datar 

SBdP 3.4 : Mengetahui teknik potong, lipat dan sambung.

Tujuan Pembelajaran:
1. Dengan mencermati teks, siswa dapat mengidentifikasi ide pokok dari teks perkembangan teknologi transportasi di lingkungan sekitar.
   2. Dengan mencermati teks, siswa dapat mengidentifikasi bentuk-bentuk keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar.
3. Dengan memahami konsep keliling, siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan keliling bangun datar dengan satuan baku tertentu dengan benar.
4. Dengan mencermati gambar, siswa dapat berkreasi dengan menggabungkan teknik potong, lipat, dan sambung dalam suatu karya keterampilan dengan rapi.


Selamat pagi anak sholeh dan sholeha? Apa kabar hari ini? 

Semoga kalian selalu menjaga kesehatan dan rajin berolahraga ya nak agar tubuh kita sehat dan tidak mudah terserang penyakit serta  semoga kita semua selalu dalam lindungan allah swt Aamiin ya rabbal alamin 

Baiklah sebelum kita melanjutkan materi pembelajaran hari ini, jangan lupa untuk anak-anak melaksanakan sholat duha, murojaah pagi dan mendengarkan tausyiah serta tak lupa untuk melaksanakan sholat 5 waktunya ya nak... 

Apersepsi  : Terimakasih kepada anak-anak yang sudah menceritakan pengalaman saat menggunakan alat transportasi. Kurang lebih cerita anak-anak banyak yang berkesan ya nak. Masyaallah hebat  

Kita lanjutkan materi Project hari ini ya nak 💪

Apakah kamu pernah naik kereta api seperti Udin? Atau naik perahu seperti Beni? Kereta adalah salah satu kendaraan darat yang digemari. Apakah kamu tahu jenis kendaraan darat lainnya? Bagaimana dengan kendaraan air dan udara? 
Ayo, kita pelajari bersama-sama!

Ayo Membaca

Bacalah dengan suara nyaring dan intonasi yang tepat!

Alat Transportasi 
Kakek Udin bercerita tentang bermacammacam alat transportasi. Kita membutuhkan alat transportasi untuk bepergian. Alat transportasi dapat mempercepat perjalanan kita. Alat transportasi darat digunakan hampir semua orang. Alat transportasi darat ada yang berjalan di jalan raya dan di atas rel. 

Mobil dan motor adalah alat transportasi yang berjalan di jalan raya. Kereta adalah alat transportasi yang berjalan di atas rel. Kita menggunakan alat transportasi darat untuk jarak dekat dan jauh. 

Alat transportasi air digunakan oleh orang yang tinggal di dekat perairan. Alat transportasi air digunakan untuk menyeberang sungai atau laut. Alat transportasi air untuk jarak dekat misalnya perahu. Untuk jarak jauh kita bisa menggunakan feri atau kapal. 

Orang menggunakan alat transportasi udara untuk jarak jauh. Alat transportasi udara adalah alat transportasi yang paling cepat. Kita dapat tiba di tempat yang jauh dalam waktu singkat. Pesawat terbang adalah contoh alat transportasi udara.

Alat transportasi terus berkembang. Sebagian alat transportasi didatangkan dari negara lain. Sebagian lagi hasil karya anak Indonesia. Anakanak harus rajin belajar dan berkarya untuk negara.

Ayo Bermain Peran

Setiap orang memiliki alat transportasi yang disukai. Setiap orang juga memiliki alat transportasi yang tidak disukai. Apakah kamu dapat memaksa temanmu atau keluargamu menyukai alat transportasi yang tidak disukainya?
Apa yang akan terjadi jika kamu memaksa? Akan terjadi pertengkaran atau perselisihan
Apa yang akan terjadi jika kamu tidak memaksa? Akan terjalin kerukunan

Bermain peranlah secara berpasangan dengan anggota keluarga mu!
Bertanyalah pada mereka alat transportasi apa yang tidak disukai dan apa alasannya!

Setelah kamu mengetahui alat transportasi yang tidak disukai temanmu atau anggota keluargamu, bagaimana sikap kamu dalam menyikapi hal tersebut? 


Tugasmu!

Setelah bermain peran, tulislahlah kesimpulan tentang pentingnya menghargai perbedaan!
Menurutmu Pentingnya Menghargai Perbedaan adalah ... 

Buatlah sebuah kalimat tentang Pentingnya Menghargai Perbedaan 
...............................................................................................................

...............................................................................................................

...............................................................................................................

Tulislah menggunakan tulisan tegak bersambung ya nak 



Pengiriman Tugas: 

1. Mengirimkan dokumentasi foto beribadah (Grup Wa)
2. Mengumpulkan dokumentasi foto telah mengerjakan Laihan Tema (Grup WA)
3. Absen pagi pada kolom komentar ya anak-anak  yang  hebat 
4. Pengumpulan tugas ditunggu paling lambat jam 13.00 wib 

Terimakasih atas kerjasamanya, semoga berhasil 💪

Selasa, 06 April 2021

Selasa, 6 April 2021 ( Perkembangan Teknologi Transportasi )

Bahan Ajar Tema 7 Subtema 4 dengan PjBL (Project Based Learning)

Project Membuat Gambar Alat Transportasi 

Dilakukan dalam 1 Minggu

Hari/Tanggal        : Selasa, 6 April 2021

Kelas                    : 3 

Tema                    : 7 (Perkembangan Teknologi)

Subtema               : 4 ( Perkembangan Teknologi Transportasi )

Pembelajaran        : Pertemuan 1 (PB 1 dan 2)

Alat Peraga           : Gambar

Kompetensi Dasar : 

PPkN KD 3.3 : Menjelaskan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar

B. Indonesia 3.6 : Mencermati isi teks informasi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi di lingkungan setempat

Matematika 3.10 : Menjelaskan dan menentukan keliling bangun datar 

SBdP 3.4 : Mengetahui teknik potong, lipat dan sambung.

Tujuan Pembelajaran:
1. Dengan mencermati teks, siswa dapat mengidentifikasi ide pokok dari teks perkembangan teknologi transportasi di lingkungan sekitar.
2. Dengan memahami konsep keliling, siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan keliling bangun datar dengan satuan baku tertentu dengan benar.
3. Dengan mencermati gambar, siswa dapat berkreasi dengan menggabungkan teknik potong, lipat, dan sambung dalam suatu karya keterampilan dengan rapi.
4. Dengan mencermati teks, siswa dapat mengidentifikasi bentuk-bentuk keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar.



Selamat pagi anak sholeh dan sholeha? Apa kabar hari ini? 

Semoga kalian selalu menjaga kesehatan dan rajin berolahraga ya nak agar tubuh kita sehat dan tidak mudah terserang penyakit serta  semoga kita semua selalu dalam lindungan allah swt Aamiin ya rabbal alamin 

Baiklah sebelum kita melanjutkan materi pembelajaran hari ini, jangan lupa untuk anak-anak melaksanakan sholat duha, murojaah pagi dan mendengarkan tausyiah serta tak lupa untuk melaksanakan sholat 5 waktunya ya nak... 

Apersepsi Soal PH TEMA 7 SUBTEMA 3

PPKn KD 3.3  

1. Kemampuan dan keterampilan yang dimiliki oleh teman-teman kita itu berbeda-beda. Namun, sebaiknya perbedaan tersebut tidak boleh menjadi terpecah belah justru adanya perbedaan tersebut bisa membuat kita untuk saling ...

a. melengkapi                                     c. membandingkan

b. bersaing                                           d. memaafkan

2. Salah satu manfaat yang bisa diperoleh jika kita mau menerima pendapat orang lain adalah ...

a. menjadi cepat kaya                          c. mempunyai sedikit teman

b. menambah wawasan baru           d. tidak banyak ditanya orang

B.Indonesia KD 3.6

3. Jika berhubungan dengan layanan internet, kita dapat mengirim pesan melalui media berikut, Kecuali ....

a. telegram                                           c. BBM

b. WhatsApp                                       d. surel

4. Daun lontar, prasasti, dan gong merupakan alat komunikasi ..... pada masa lalu.

a. Moderen                                          c. canggih

b. masa kini                                         d. tradisional

5. Melalui telepon rumah, kita dapat menerima dan menyampaikan pesan berupa ...

a. tulisan                                              c. mimik muka

b. gambar                                            d. suara

6. Alat komunikasi tulisan, pada abad ke-21 mulai dikenal surat elektronik atau biasa disebut ...

a. SMS                                                c. telegram

b. surel                                                d. email

MATEMATIKA KD 3.10

7. Setiap bangun datar memiliki keliling. Keliling bangun datar adalah ...

a. jumlah panjang                                c. jumlah garis

b. jumlah panjang sisi                       d. jumlah diagonal

8. Perhatikan gambar berikut ini! Jumlah keliling pada bangun datar di bawah ini adalah ...



a. 10                b. 11                c. 12                d. 13


SBdP  KD 3.1

9. Motif paqsulan sangbua, motif paqkollong buqkuq, motif paqpollong songkang, dan motif paqtangko pattung merupakan contoh motif ...

a. batik                                                c. batak

b. sulam                                               d. Toraja

10. Seni dekoratif berfungsi menambah suatu .... pada benda.

a. keaslian                                            c. keindahan

b. harga                                               d. kemuliaan

Kita lanjutkan materi pembelajaran hari ini dengan Project 
Pertemuan 1 : anak-anak dapat menjelaskan pengalaman tentang alat traspotasi. 


Bayangkan, kamu harus pergi jauh. Kamu bisa berjalan kaki, tetapi butuh waktu lama. Apa yang
dapat kamu lakukan? Kamu dapat menggunakan alat transportasi. Yaitu, alat yang digunakan untuk mengangkut barang atau manusia dari satu tempat ke tempat lain. Alat transportasi apa saja yang sudah kamu ketahui? 
Mari, kita bersenang-senang belajar tentang alat transportasi!

Berlibur di Rumah Paman

Saat liburan sekolah, Beni mengunjungi rumah paman. Rumah paman Beni di Manado. Manado adalah ibu kota Sulawesi Utara. Manado memiliki beberapa pulau yang memesona.

Paman mengajak Beni berkeliling kota dengan mengendarai bendi. Bendi adalah alat transportasi tradisional Manado. Orang Manado menggunakan bendi sejak dahulu. Di Pulau Jawa, bendi dikenal dengan delman atau dokar. Bendi adalah alat transportasi sederhana yang ditarik kuda.

Beni melihat orang Manado menggunakan bermacam-macam alat transportasi. Ada yang bersepeda dan mengendarai mobil pribadi. Ada juga yang mengendarai sepeda motor. Sebagian besar orang Manado menggunakan angkutan kota. 

Paman menjelaskan bahwa cara orang bepergian mengalami perubahan. Dulu, orang bepergian dengan menggunakan bendi. Saat ini orang bepergian dengan menggunakan alat transportasi modern. Beni pergi ke Manado menggunakan mobil dan pesawat. Alat transportasi apa saja yang pernah kamu gunakan?

Alat Transportasi

Kakek Udin bercerita tentang bermacam-macam alat transportasi. Kita membutuhkan alat transportasi untuk bepergian. Alat transportasi dapat mempercepat perjalanan kita. Alat transportasi darat digunakan hampir semua orang. Alat transportasi darat ada yang berjalan di jalan raya dan di atas rel. Mobil dan motor adalah alat transportasi yang berjalan di jalan raya. Kereta adalah alat transportasi yang berjalan di atas rel. Kita menggunakan alat transportasi darat untuk jarak dekat dan jauh.

Alat transportasi air digunakan oleh orang yang tinggal di dekat perairan. Alat transportasi air digunakan untuk menyeberang sungai atau laut. Alat transportasi air untuk jarak dekat misalnya perahu. Untuk jarak jauh kita bisa menggunakan feri atau kapal.

Pesawat terbang adalah contoh alat transportasi udara.Alat transportasi terus berkembang. Sebagian alat transportasi didatangkan dari negara lain. Sebagian lagi hasil karya anak Indonesia. Anak-anak harus rajin belajar dan berkarya untuk negara.

Alat Transportasi Dulu dan Sekarang :
           
Sepeda 

Mobil

Perahu dan Kapal Laut

 
Pesawat Terbang

 

Kereta Api

Bagaimana, apakah anak-anak sudah mengetahui macam-macam alat transportasi pada zaman dahulu dan sekarang?
Sudah banyak mengalami perubahan sesuai dengan perkembangan zaman saat ini bukan? 

Alat transportasi zaman dulu

Alat transportasi zaman dulu tidak menggunakan mesin. Sebelum adanya kendaraan bermesin, zaman dulu alat transportasi ini menggunakan tenaga hewan atau tenaga manusia. Hewan yang biasa digunakan adalah kuda, seperti pada delman. Sedangkan alat transportasi yang digerakkan oleh tenaga manusia sendiri contohnya becak. 

Karena menggunakan tenaga hewan dan manusia, alat transportasi zaman dulu punya beberapa kekurangan, yaitu bergerak lambat, muatan yang dibawa terbatas, dan kurang nyaman.

Namun, alat transportasi zaman dulu juga punya kelebihan.  Kelebihannya antara lain lebih aman dan ramah lingkungan karena enggak menyebabkan polusi.

Alat transportasi zaman sekarang

Kalau transportasi zaman sekarang atau transportasi modern sudah menggunakan mesin.  Contohnya saja mobil, sepeda motor, kereta, pesawat, kapal, dan lainnya.

Kelebihan dari transportasi ini adalah jauh lebih cepat, bisa mengangkut banyak muatan, dan lebih nyaman. Meski sudah modern, alat transportasi ini tetap punya kekurangan dibanding dengan alat transportasi zaman dulu.  Alat transportasi modern menghasilkan polusi udara yang bisa mencemari lingkungan.

Selain itu, karena menggunakan mesin dan melaju cepat, kadang alat transportasi ini rentan mengalami kecelakaan. Selain itu, biaya yang digunakan alat transportasi modern cenderung lebih mahal.


Dengan begitu sesuai dengan kebutuhan teknologi yang berkembang makan penggunaan alat transportasi zaman dahulu sudah tidak digunakan lagi tetapi kita sebagai anak-anak yang tumbuh pada zaman modern harus mengetahui macam, jenis dan kegunaan alat transportasi tersebut.
Jadi, kita harus bersyukur berada di dalam zaman yang serba canggih tetapi kita tidak boleh menganggap remeh pada zaman dahulu karna semua ada kelebihan dan kekurangan masing-masing.  


Tugasmu!

Ceritakan Pengalaman mu yang menyenangkan yang berkaitan dengan penggunaan alat transportasi yang pernah kamu coba.  Buatlah sebuat cerita dan ceritakanlah melalui Voice Note dan kirim melalui Grup Chat Kelas. 


Pengiriman Tugas: 

1. Mengirimkan dokumentasi foto beribadah (Grup Wa)
2. Mengumpulkan dokumentasi foto telah mengerjakan Laihan Tema (Grup WA)
3. Absen pagi pada kolom komentar ya anak-anak  yang  hebat 
4. Pengumpulan tugas ditunggu paling lambat jam 13.00 wib 

Terimakasih atas kerjasamanya, semoga berhasil 💪

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.
 

Risky Melina Sari Template by Ipietoon Cute Blog Design