Hari/Tanggal : Selasa, 2 September 2025
Mata Pelajaran : Matematika dan Seni Rupa
Alat Peraga : Video Pembelajaran
Metode Pembelajaran : Tanya Jawab
Good morning my lovely students. How are you this morning?
- Murid menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 20. Peserta didik menunjukkan pemahaman pecahan sebagai bagian dari keseluruhan melalui konteks membagi sebuah benda atau kumpulan benda sama banyak, pecahan yang diperkenalkan adalah setengah dan seperempat.
- Murid dapat melakukan operasi hitung penjumlahan sampai 10
melakukan operasi hitung penjumlahan sampai 10.
Perhatikan gambar berikut!
1. Pada gambar pertama terdapat 4 tangkai bunga merah dan 5 tangkai bunga kuning
Capaian Pembelajaran (CP): Seni Rupa
Murid memahami unsur rupa di lingkungan sekitarnya dan menyimpulkan hasil pemahaman atas dua unsur rupa.
Tujuan Pembelajaran (TP):
Memahami unsur rupa (bidang) di lingkungan sekitarnya.
Lingkaran ⚪ (contoh: bola, piring, jam dinding)
Persegi ⬜ (contoh: papan catur, jendela, sapu tangan)
Persegi panjang ▭ (contoh: pintu, buku, papan tulis)
Segitiga 🔺 (contoh: atap rumah, rambu lalu lintas, potongan pizza)
👉 Ciri-ciri bentuk geometri:
Ada garis lurus atau lengkung yang teratur.
Bisa diukur panjang dan lebarnya.
Bentuk organik adalah bentuk yang berasal dari alam dan biasanya tidak beraturan.
🌿 Contoh bentuk organik:
Daun
Batu
Awan
Pohon
Air yang mengalir
👉 Ciri-ciri bentuk organik:
Tidak selalu sama atau teratur.
Lebih bebas, mengikuti bentuk alami di sekitar.
0 komentar:
Posting Komentar