Senin, 01 September 2025

Matematika dan Seni Rupa

 

Hari/Tanggal        : Selasa, 2 September 2025

Mata Pelajaran     : Matematika  dan Seni Rupa

Alat Peraga           : Video Pembelajaran 

Metode Pembelajaran : Tanya Jawab                                                 



Tabik Pun 🙏 

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness. 😍
Haii anak-anak bu guru yang solih soliha, alhamdulillah hari ini kita akan memulai pembelajaran di kelas 1 materi matematika dan Seni Rupa. 

Capaian Pembelajaran (CP):
  1. Murid menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 20. Peserta didik menunjukkan pemahaman pecahan sebagai bagian dari keseluruhan melalui konteks membagi sebuah benda atau kumpulan benda sama banyak, pecahan yang diperkenalkan adalah setengah dan seperempat.
Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) 
  1. Murid dapat melakukan operasi hitung penjumlahan sampai 10

Tujuan Pembelajaran (TP):
  1. melakukan operasi hitung penjumlahan sampai 10.

Materi Matematika

Perhatikan gambar berikut!


Berapakah banyak bunga semuanya?
1. Pada gambar pertama terdapat 4 tangkai bunga merah dan 5 tangkai bunga kuning
                        4 + 5 = 9, Jadi jumlah bungan semuanya adalah 9 bunga.
2. Pada gambar kedua terdapat 5 tangkai bunga merah dan 3 tangkai bunga kuning
                       5 + 3 = 8, Jadi jumlah bungan semuanya adalah 8 bunga.
3. Pada gambar kedua terdapat 5 tangkai bunga merah dan 4 tangkai bunga kuning
                       5 + 4 = 9, Jadi jumlah bungan semuanya adalah 9 bunga.

AYO BERLATIH!
Ada 4 mobil yang sudah parkir 
Jika ada 3 mobil lagi yang datang
Manakah gambar yang sesuai dengan cerita di atas?


Capaian Pembelajaran (CP): Seni Rupa

Murid memahami unsur rupa di lingkungan sekitarnya dan menyimpulkan hasil pemahaman atas dua unsur rupa.

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
Murid dapat mengenali dua unsur rupa: garis, bidang dan warna dalam lingkungan sekitar.

Tujuan Pembelajaran (TP):

Memahami unsur rupa (bidang) di lingkungan sekitarnya.

Mari kita lihat video pembelajaran berikut ini!
Setelah mempelajari tentang gari anak anak akan mempelajari unsur seni rupa titik, garis, bidang. Sekarang ananda masuk dalam mengenal bentuk organik dan geometri.
Bentuk geometri adalah bentuk yang memiliki ukuran teratur.
🔺 Contoh bentuk geometri:
  • Lingkaran ⚪ (contoh: bola, piring, jam dinding)

  • Persegi ⬜ (contoh: papan catur, jendela, sapu tangan)

  • Persegi panjang ▭ (contoh: pintu, buku, papan tulis)

  • Segitiga 🔺 (contoh: atap rumah, rambu lalu lintas, potongan pizza)

👉 Ciri-ciri bentuk geometri:

  • Ada garis lurus atau lengkung yang teratur.

  • Bisa diukur panjang dan lebarnya.

Bentuk organik adalah bentuk yang berasal dari alam dan biasanya tidak beraturan.
🌿 Contoh bentuk organik:

  • Daun

  • Batu

  • Awan

  • Pohon

  • Air yang mengalir

👉 Ciri-ciri bentuk organik:

  • Tidak selalu sama atau teratur.

  • Lebih bebas, mengikuti bentuk alami di sekitar.


Tugas Seni Rupa : 
Gambarlah bentuk daun berikut ini pada buku gambar kalian

Baiklah Bu guru ucapkan terimakasih jangan lupa sholat 5 waktu dan selalu gunakan 4 kata ajaib tolong, terimakasih, permisi dan maaf. semangat selalu dalam belajar.

KESIMPULAN / REFLEKSI PEMBELAJARAN : 

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu memahami materi memasangkan angka berdasarkan jumlah. Namun masih ada beberapa peserta didik yang mengalami kesulitan dalam memahami contoh memasangkan bilangan sesuai jumlahnya. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru mengajak peserta didik untuk bersama-sama memahami kembali penjelasan guru dan menonton video pembelajaran. Sehingga peserta didik akan lebih paham dan mudah memahami materi dengan baik.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.
 

Risky Melina Sari Template by Ipietoon Cute Blog Design