Guru Kelas 1C Sd Al Azhar 2
Youtube Chenel: risky melina
Minggu, 07 September 2025
Pendidikan Pancasila dan Bahasa Indonesia
Hari/Tanggal : Senin, 8 September 2025
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan Bahasa Indonesia
Alat Peraga : Video Pembelajaran
Metode Pembelajaran : Tanya Jawab
Tabik Pun 🙏
Good morning my lovely students. How are you this morning?
Hopely you are healthy and happiness. 😍
Haii anak-anak bu guru yang solih soliha, alhamdulillah hari ini kita akan memulai pembelajaran dengan materi Pendidikan Pancasila dan Bahasa Indonesia.
Capaian Pembelajaran (CP):
Murid mampu mengenal bendera negara, lagu kebangsaan, simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila, dan menerapkan nilai-nilai Pancasila di lingkungan keluarga, mengenal para perumusan pancasila.
AlurTujuan Pembelajaran (ATP):
Murid dapat mengenal aturan di lingkungan keluarga dan sekolah
Tujuan Pembelajaran (TP):
Mengenal aturan di lingkungan keluarga dan sekolah.
Materi Pendidikan Pancasila
Nah anak-anak, dari video tersebut dapat kita simpulkan bahwa:
Aturan adalah ketentuan yang dibuat untuk mengatur segala sesuatu agar kehidupan manusia menjadi tertib.
Sedangkan aturan di rumah merupakan aturan yang dibut untuk dipatuhi oleh seluruh anggota keluarga. Aturan di lingkungan rumah dibuat agar rumah menjadi nyaman dan damai.
Perhatikan gambar berikut ini!
Setelah kamu memeprhatikan gambar di atas, cobalah kamu bandingkan dengan keadaanmu saat ini. Apakah kamu melakukan hal yang sama dengan nisa? Apakah kamu sudah mengucapkan salam ketika memasuki rumah? serta merapikan sepatumu di rak sepatu?
Kegiatan yang dilakukan nisa tersebut merupakan salah satu contoh menaati aturan di rumah.
Berikut ini adalah contoh aturan yang ada di lingkungan rumah:
1. Menjaga kebersihan, membantu ibu menyapu, mengepel lantai, mencuci piring, dan membersihkan kaca jendela
2. Bangun pagi dan merapikan tempat tidur
3. Meminta izin sebelum menggunakan barang milik anggota keluarga lain
4. Belajar dengan rajin
5. Tidur tepat waktu
6. Berbicara sopan dan tidak boleh berbicara dengan nada tinggi dan kasar
7. Tidak boleh menghina sesama anggota keluarga lain
8. Merapikan mainana dan kembalikan barang ke tempat semula
Lembar Aktivitas :
Capaian Pembelajaran (CP):
Murid mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa. Murid mampu membaca kata-kata yang dikenalinya sehari-hari dengan fasih. Murid mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Murid mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.
AlurTujuan Pembelajaran (ATP):
Murid dapat mengenal tanda tanya dan tanda seru
Tujuan Pembelajaran (TP):
Mengenal kalimat tanda tanya dan tanda seru
Materi Bahasa Indonesia
Bermain adalah kegiatan yang menyenangkan. Bermain juga bisa dilakukan sendiri atau bersama teman. Saat bermain kita belajar bekerja sama, jujur dan mematuhi aturan. Dalam bermain kita juga harus Hati-Hati.
Ayo kita nyanyikan lagu Kalau Kau Suka Hati agar anak anak lebih semangat lagi.
Good job anak sholih sholihah sudah semangat.
Setelah kita bersama sama bernyanyi dan menirukan gerakan mari kita mengenal tanda baca pada kalimat yaitu tanda tanya dan tanda seru.. Lihat video berikut ini..
Tanda baca tanya (?) dan tanda seru (!) memiliki fungsi yang berbeda, yaitu:
- Tanda tanya digunakan untuk mengakhiri kalimat tanya dan menandai bagian kalimat yang diragukan. Contoh kalimat tanya adalah "Sampai di mana ini?"
- Tanda seru digunakan untuk mengakhiri kalimat seru, larangan, dan perintah. Contoh kalimat perintah yang diakhiri dengan tanda seru adalah "Tolong matikan lampu di ruang itu!" Tanda seru juga bisa digunakan untuk menunjukkan perasaan yang intens atau mendapatkan perhatian.
Tanda tanya dan tanda seru termasuk tanda baca yang menandai akhir kalimat.
0 komentar:
Posting Komentar