Rabu, 03 September 2025

Pendidikan Pancasila dan Seni Rupa


 

Hari/Tanggal        : Kamis, 4 September 2025

Mata Pelajaran     : Pendidikan Pancasila dan Seni Rupa

Alat Peraga           : Video Pembelajaran 

Metode Pembelajaran : Tanya Jawab                                                 



Tabik Pun 🙏 

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness. 😍
Haii anak-anak bu guru yang solih soliha, alhamdulillah hari ini kita akan memulai pembelajaran dengan materi Pendidikan Pancasila dan Seni Rupa. 

Metode dan Media ajar

Metode/ Model pembelajaran: Discovery Learning

Media ajar: Video pembelajaran, LKPD


 Capaian Pembelajaran (CP):

  1. Murid memahami unsur rupa di lingkungan sekitarnya dan menyimpulkan hasil pemahaman atas dua unsur rupa
  2. Murid mampu mengenal bendera negara, lagu kebangsaan, simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila, dan menerapkan nilai-nilai Pancasila di lingkungan keluarga, mengenal para perumusan pancasila. 


 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):

  1. Murid dapat mengenali dua unsur rupa: garis, bidang dan warna dalam lingkungan sekitar.      
  2. Murid dapat mengenal aturan di lingkungan keluarga dan sekolah

Tujuan Pembelajaran (TP):

  1. Memahami unsur rupa (bidang) di lingkungan sekitarnya.
  2. Mengenal aturan di lingkungan keluarga dan sekolah..

Materi Seni Rupa 
Mari kita lihat video pembelajaran berikut ini!
Setelah mempelajari tentang gari anak anak akan mempelajari unsur seni rupa titik, garis, bidang. Sekarang ananda masuk dalam mengenal bentuk organik dan geometri.
Bentuk geometri adalah bentuk yang memiliki ukuran teratur.
 Contoh bentuk geometri:
  • Lingkaran ⚪ (contoh: bola, piring, jam dinding)

  • Persegi ⬜ (contoh: papan catur, jendela, sapu tangan)

  • Persegi panjang ▭ (contoh: pintu, buku, papan tulis)

  • Segitiga 🔺 (contoh: atap rumah, rambu lalu lintas, potongan pizza)

 Ciri-ciri bentuk geometri:

  • Ada garis lurus atau lengkung yang teratur.

  • Bisa diukur panjang dan lebarnya.

Bentuk organik adalah bentuk yang berasal dari alam dan biasanya tidak beraturan.
 Contoh bentuk organik:

  • Daun

  • Batu

  • Awan

  • Pohon

  • Air yang mengalir

 Ciri-ciri bentuk organik:

  • Tidak selalu sama atau teratur.

  • Lebih bebas, mengikuti bentuk alami di sekitar.





 Materi Pendidikan Pancasila
Marilah kita simak video pembelajaran berikut ini yaa, 
Let's chek it out!! ^^




Nah anak-anak, dari video tersebut dapat kita simpulkan bahwa:

Aturan adalah ketentuan yang dibuat untuk mengatur segala sesuatu agar kehidupan manusia menjadi tertib.

Sedangkan aturan di rumah merupakan aturan yang dibut untuk dipatuhi oleh seluruh anggota keluarga. Aturan di lingkungan rumah dibuat agar rumah menjadi nyaman dan damai.


Perhatikan gambar berikut ini!



Setelah kamu memeprhatikan gambar di atas,  cobalah kamu bandingkan dengan keadaanmu saat ini. Apakah kamu melakukan hal yang sama dengan nisa? Apakah kamu sudah mengucapkan salam ketika memasuki rumah? serta merapikan sepatumu di rak sepatu?


Kegiatan yang dilakukan nisa tersebut merupakan salah satu contoh menaati aturan di rumah.


Berikut ini adalah contoh aturan yang ada di lingkungan rumah:

1. Menjaga kebersihan, membantu ibu menyapu, mengepel lantai, mencuci piring, dan membersihkan kaca jendela 

2. Bangun pagi dan merapikan tempat tidur 

3. Meminta izin sebelum menggunakan barang milik anggota keluarga lain 

4. Belajar dengan rajin 

5. Tidur tepat waktu 

6. Berbicara sopan dan tidak boleh berbicara dengan nada tinggi dan kasar

7. Tidak boleh menghina sesama anggota keluarga lain 

8. Merapikan mainana dan kembalikan barang ke tempat semula 


Lembar Aktivitas :

KESIMPULAN / REFLEKSI PEMBELAJARAN : 

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu memahami materi macam-macam contoh benda organik. Namun masih ada beberapa peserta didik yang mengalami kesulitan dalam memahami dan mengingat contoh benda organik. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru mengajak peserta didik untuk bersama-sama memahami kembali penjelasan guru dan menonton video pembelajaran. Sehingga peserta didik akan lebih paham dan mudah memahami materi dengan baik.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.
 

Risky Melina Sari Template by Ipietoon Cute Blog Design