Selasa, 23 September 2025

Matematika dan Bahasa Indonesia

 

Hari/Tanggal        : Rabu, 24 September 2025

Mata Pelajaran     : Matematika  dan Bahasa Indonesia

Alat Peraga           : Video Pembelajaran 

Metode Pembelajaran : Tanya Jawab                                                 



Tabik Pun 🙏 

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness. 😍
Haii anak-anak bu guru yang solih soliha, alhamdulillah hari ini kita akan memulai pembelajaran dengan materi matematika dan Bahasa Indonesia. 

Capaian Pembelajaran (CP):
Murid menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 20. Peserta didik menunjukkan pemahaman pecahan sebagai bagian dari keseluruhan melalui konteks membagi sebuah benda atau kumpulan benda sama banyak, pecahan yang diperkenalkan adalah setengah dan seperempat.

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) :
Murid dapat melakukan operasi hitung penjumlahan sampai 10

Tujuan Pembelajaran (TP): 
Melakukan operasi hitung penjumlahan sampai 10

Materi Matematika : 

Penjumlahan adalah gabungan dua bilangan.
Setelah kemarin anak anak mempelajari operasi hitung penjumlahan hitung maju dan memasangkan bilangan hari ini anak anak akan belajar tentang operasi hitung penjumlahan melalui soal cerita.

AMATI GAMBAR BERIKUT!

Berdasarkan gambar berikut

-       Ada berapa burung di pohon? (4)

-       Ada berapa burung yang datang? (2)

-       Berapa jumlah semua burung? (6)

Dari soal cerita berikut operasi hitung penjumlahan bisa ditulis dengan:


Soal Evaluasi Matematika : 

Capaian Pembelajaran (CP):
Murid mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa. Murid mampu membaca kata-kata yang dikenalinya sehari-hari dengan fasih. Murid mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Murid mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi. 
 

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):

Murid dapat menulis benda yang berawalan huruf K.

Tujuan Pembelajaran (TP):

M   Menuliskan kata yang berawalan huruf K

Materi Bahasa Indonesia



Kata-kata dengan Huruf "Ka"
Kain, yaitu benda yang digunakan untuk menutupi tubuh.
- Kaki, yaitu bagian tubuh yang digunakan untuk berjalan.

Kata-kata dengan Huruf "Ki"
- Kiasan, yaitu kata atau kalimat yang mengandung makna tersembunyi dan berbeda dari makna aslinya.
- Kiblat, yaitu arah yang dituju umat Islam pada saat melakukan ibadah sholat.
- Kiwi yaitu salah satu buah yang berwarna hijau

Kata-kata dengan Huruf "Ku"
Kucing, yaitu hewan mamalia berbulu halus yang suka mengeong dan menjadi sahabat manusia.
- Kue, yaitu makanan manis yang terbuat dari tepung, gula, dan bahan lainnya.

Kata-kata dengan Huruf "Ke"
Keberanian, yaitu kata yang memiliki arti keinginan atau kemauan yang kuat. 
- Kebiasaan, yaitu perilaku yang dilakukan secara berulang-ulang.

Kata-kata dengan Huruf "Ko" 
- Komputer, yaitu alat elektronik yang dapat digunakan untuk memproses informasi dan menyelesaikan berbagai macam tugas.
- Kopi, yaitu minuman yang terbuat dari biji kopi yang disangrai dan digiling.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.
 

Risky Melina Sari Template by Ipietoon Cute Blog Design