Minggu, 03 Agustus 2025

Pendidikan Pancasila Dan Bahasa Indonesia

  

Hari/Tanggal        : Senin, 4 Agustus 2025

Mata Pelajaran     : Pendidikan Pancasila dan Bahasa Indonesia 

Alat Peraga           : Video Pembelajaran 

Metode Pembelajaran : Tanya Jawab 




Tabik Pun 🙏 

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness. 😍
Haii anak-anak bu guru yang solih soliha, alhamdulillah hari ini kita akan memulai pembelajaran di kelas 1 materi Pendidikan Pancasila dan Bahasa Indonesia. 

PENDIDIKAN PANCASILA 

Capaian Pembelajaran (CP):
Peserta didik mampu mengenal bendera negara, lagu kebangsaan, simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila, dan menerapkan nilai-nilai Pancasila di lingkungan keluarga, mengenal para perumusan pancasila.

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):

Menyebutkan lima sila Pancasila secara urut dan mengenal maknanya secara sederhana.


Tujuan Pembelajaran (TP):

Peserta didik dapat mengenal simbol Peserta didik dapat mengenal sila-sila Pancasila

PENDIDIKAN PANCASILA

Yuk, nyanyikan lagu Garuda Pancasila dengan penuh semangat😊


Video ini adalah video lagu Garuda Pancasila yang dapat dinyanyikan peserta didik

Amatilah gambar di bawah ini!



  1. Pengertian Pancasila
  • Pancasila adalah dasar negara Indonesia yang terdiri dari lima sila. Kata “Pancasila” berasal dari bahasa Sanskerta, di mana “Panca” berarti lima dan “Sila” berarti prinsip atau asas.

  • Lambang Pancasila adalah burung Garuda yang mencengkeram pita bertuliskan “Bhinneka Tunggal Ika,” yang berarti “Berbeda-beda tetapi tetap satu.”
  1. Lima Sila dalam Pancasila

Siswa diajarkan tentang lima sila dalam Pancasila beserta maknanya dengan cara yang sederhana dan mudah dipahami.

  • Sila Pertama: Ketuhanan Yang Maha Esa
    • Makna: Percaya dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
    • Contoh: Beribadah sesuai agama masing-masing, menghormati agama lain.

  • Sila Kedua: Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
    • Makna: Mengakui persamaan hak dan kewajiban asasi setiap manusia.
    • Contoh: Saling menghormati, tidak membeda-bedakan teman.

  • Sila Ketiga: Persatuan Indonesia
    • Makna: Menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan bangsa.
    • Contoh: Menyayangi teman-teman dari berbagai suku, tidak membeda-bedakan asal-usul.

  • Sila Keempat: Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan
    • Makna: Mengutamakan kepentingan bersama dengan cara musyawarah.
    • Contoh: Berdiskusi dengan teman untuk mengambil keputusan bersama.

  • Sila Kelima: Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia
    • Makna: Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban, serta menghormati hak orang lain.
    • Contoh: Berbagi dengan teman yang membutuhkan, tidak bersikap egois.
Perhatikan Simbol-simbol Pancasila di bawah ini.

     

       

LKPD (LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK)
Kerjakan LKPD dibawah ini dengan memasangkan simbol-simbol Pancasila.



Bahasa Indonesia
1. Murid mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian. Peserta didik menunjukkan minat pada tuturan   yang didengar serta mampu memahami informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan diri,keluarga, dan/atau lingkungan.

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)
  1. Murid dapat mengenali bentuk komunikasi lisan (cerita, percakapan, dan informasi sederhana).
Tujuan Pembelajaran (TP)
  1. Menunjukkan minat dan antusiasme terhadap cerita, percakapan, atau informasi yang disampaikan secara lisan maupun melalui media audio.

Materi Bahasa Indonesia



Baik ananda sholeh sholehah, apakah kalian sudah memahami huruf konsonan dan vokal. Untuk melatih kemampuan kalian, mari kerjakan latihan menulis nama ananda sholeh sholehah sendiri.



KESIMPULAN / REFLEKSI PEMBELAJARAN : 

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu memahami materi makna sila Pancasila. Namun masih ada beberapa peserta didik yang mengalami kesulitan dalam memahami makna dalam penerapan kehidupan sehari-hari. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru mengajak peserta didik untuk bersama-sama memahami kembali penjelasan guru dan menonton video pembelajaran. Sehingga peserta didik akan lebih paham dan mudah memahami materi dengan baik.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.
 

Risky Melina Sari Template by Ipietoon Cute Blog Design