Senin, 11 Agustus 2025

Bahasa Indonesia dan Pendidikan Pancasila

 

Hari/Tanggal        : Senin, 11 Agustus 2025

Mata Pelajaran     : Bahasa Indonesia dan Pendidikan Pancasila

Alat Peraga           : Video Pembelajaran dan Kartu Angka 

Metode Pembelajaran : Tanya Jawab 




Tabik Pun 🙏 

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness. 😍
Haii anak-anak bu guru yang solih soliha, alhamdulillah hari ini kita akan memulai pembelajaran di kelas 1 materi Bahasa Indonesia dan Pendidikan Pancasila. 

Capaian Pembelajaran (CP) Bahasa Indonesia :

Murid mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa. Murid mampu membaca kata-kata yang dikenalinya sehari-hari dengan fasih. Murid mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Murid mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.


Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

Murid dapat menulis benda yang berawalan huruf B.


Tujuan Pembelajaran (TP):

Menulis kata yang di awali suku kata Ba-, Bi-, Bu-, Be-, dan Bo-


Materi Bahasa Indonesia

Mengenal bunyi suku kata “ba”, “bu”, dan “be”.

Membaca suku kata “ba”, “bu”, dan “be” dengan benar.

Menyusun dan membaca kata sederhana yang mengandung suku kata “ba”, “bu”, dan “be”.

Menulis suku kata dan kata yang mengandung “ba”, “bu”, dan “be”.

Suku kata adalah bagian dari kata. Dengan mengenal suku kata “ba”, “bu”, dan “be”, kita bisa belajar membaca dan menulis kata-kata sederhana dengan lebih mudah dan menyenangkan.

C. Contoh Suku Kata dan Kata
Suku Kata Contoh Kata Contoh Kalimat Sederhana
ba bayi, batu, baju Bayi itu lucu.
bu buku, buta, bunga Ibu beli bunga.
be bebek, betul, besar Bebek itu berenang.     






Metode dan Media ajar
 Metode/ Model pembelajaran: Discovery Learning

Media ajar: Video pembelajaran, Gambar Burung Garuda, LKPD

📌 Capaian Pembelajaran (CP):

Murid mampu mengenal bendera negara, lagu kebangsaan, simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila, dan menerapkan nilai-nilai Pancasila di lingkungan keluarga, mengenal para perumusan pancasila.

📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)
        Murid dapat mengenal simbol sila Pancasila 

📌 Tujuan Pembelajaran (TP):

Menjelaskan hubungan simbol dan sila dalam lambang Negara Garuda Pancasila

Yuk, nyanyikan lagu Garuda Pancasila dengan penuh semangat😊



Video ini adalah video lagu Garuda Pancasila yang dapat dinyanyikan seluruh murid dikelas.
Amatilah gambar di bawah ini!

Warna pada lambang Garuda Pancasila merupakan suatu keunikan/ karakteristik bagi bangsa Indonesia yang mengandung makna. Hal ini dalam rangka mengenalkan makna filosofis warna dan komponen sebagai simbol lambang Garuda Pancasila.

Warna Merah: Warna merah bisa kita lihat pada bagian kanan atas dan kiri bawah perisai garuda pancasila. Warna ini melambangkan keberanian.

Warna Putih: Di bagian kiri atas dan kanan bawah perisai garuda pancasila kita bisa melihat ada warna putih pada dasarnya. Warna putih pada perisai ini melambangkan kesucian, kebenaran, dan juga kemurnian.

Warna Kuning Emas: Kita bisa melihat warna kuning emas pada lambang bintang, rantai, dan padi. Tak hanya itu, seluruh warna burung garuda pancasila juga berwarna kuning emas. Warna ini memiliki arti keagungan bangsa dan keluhuran megara Indonesia.

Warna Hitam: Warna hitam bisa kita lihat terdapat pada bagian tengah perisai dan warna banteng lambang pancasila. Warna ini diartikan sebagai siklus hidup manusia dari mulainya diciptakan hingga mencapai akhir kehidupan. Hitam juga dimaknai sebagai keabadian.

Warna Hijau: Pada lambang pohon beringin dan kapas, ada warna hijau yang melambangkan warna alam. Ternyata warna hijau pada burung garuda pancasila memiliki arti kesuburan, kemakmuran, dan kehidupan di alam semesta.

KESIMPULAN / REFLEKSI PEMBELAJARAN : 

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu memahami materi makna warna dalam Pancasila. Namun masih ada beberapa peserta didik yang mengalami kesulitan dalam memahami makna tersebut. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru mengajak peserta didik untuk bersama-sama memahami kembali penjelasan guru dan menonton video pembelajaran. Sehingga peserta didik akan lebih paham dan mudah memahami materi dengan baik.


0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.
 

Risky Melina Sari Template by Ipietoon Cute Blog Design