Senin, 04 Agustus 2025

Matematika dan Seni Rupa

 

Hari/Tanggal        : Selasa, 5 Agustus 2025

Mata Pelajaran     : Matematika dan Seni Rupa

Alat Peraga           : Video Pembelajaran dan Kartu Angka 

Metode Pembelajaran : Tanya Jawab 




Tabik Pun 🙏 

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness. 😍
Haii anak-anak bu guru yang solih soliha, alhamdulillah hari ini kita akan memulai pembelajaran di kelas 1 materi Matematika dan Seni Rupa 

Capaian Pembelajaran (CP) Matematika : 
Murid menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 20. Peserta didik menunjukkan pemahaman pecahan sebagai bagian dari keseluruhan melalui konteks membagi sebuah benda atau kumpulan benda sama banyak, pecahan yang diperkenalkan adalah setengah dan seperempat.

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) 
Murid dapat membandingkan dua kelompok benda dan menentukan lebih banyak, lebih sedikit, atau sama banyak

Tujuan Pembelajaran (TP):
Membandingkan jumlah benda yang berjumlah paling banyak 10
Materi Matematika

Membandingkan artinya melihat dua bilangan dan menentukan:

  • Bilangan mana yang lebih besar

  • Bilangan mana yang lebih kecil

  • Apakah sama besar atau sama banyak 

Contoh Perbandingan Bilangan

  1. Bilangan 3 dan 7

    • 3 lebih kecil dari 7

    • Ditulis: 3 < 7

  2. Bilangan 9 dan 5

    • 9 lebih besar dari 5

    • Ditulis: 9 > 5

  3. Bilangan 4 dan 4

    • 4 sama dengan 4

    • Ditulis: 4 = 4


Video Pembelajaran : 


LKPD Matematika


SENI RUPA 

Capaian Pembelajaran (CP):

Murid memahami unsur rupa di lingkungan sekitarnya dan menyimpulkan hasil pemahaman atas dua unsur rupa.


Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

Murid dapat mengenali dua unsur rupa: garis, bidang dan warna dalam lingkungan sekitar.  


Tujuan Pembelajaran (TP):

Memahami unsur rupa (bidang) di lingkungan sekitarnya.


Materi Seni Rupa 
Mari kita lihat video pembelajaran berikut ini!


Setelah mempelajari tentang gari anak anak akan mempelajari unsur seni rupa bidang.
Apa itu bidang?

Bidang adalah unsur seni rupa yang memiliki panjang dan lebar, tetapi tidak memiliki ketebalan. Bidang bisa terlihat datar dan biasanya terbentuk dari garis-garis yang saling bertemu.

Berikut adalah beberapa contoh bidang yang sering kita lihat: 

Tugas Seni Rupa :

Buatkan gambar bidang di dalam buku gambar kalian dengan baik.


KESIMPULAN / REFLEKSI PEMBELAJARAN : 

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu memahami materi unsur seni rupa bidang. Namun masih ada beberapa peserta didik yang mengalami kesulitan dalam memahami macam-macam bentuk bidang. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru mengajak peserta didik untuk bersama-sama memahami kembali penjelasan guru dan menonton video pembelajaran. Sehingga peserta didik akan lebih paham dan mudah memahami materi dengan baik.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.
 

Risky Melina Sari Template by Ipietoon Cute Blog Design