Selasa, 19 Agustus 2025

Bahasa Indonesia dan Matematika

 

Hari/Tanggal        : Rabu, 20 Agustus 2025

Mata Pelajaran     : Bahasa Indonesia dan Matematika

Alat Peraga           : Video Pembelajaran dan Kartu Angka 

Metode Pembelajaran : Tanya Jawab 




Tabik Pun 🙏 

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness. 😍
Haii anak-anak bu guru yang solih soliha, alhamdulillah hari ini kita akan memulai pembelajaran di kelas 1 materi Bahasa Indonesia dan Matematika.

Capaian Pembelajaran (CP) Bahasa Indonesia :

Murid mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa. Murid mampu membaca kata-kata yang dikenalinya sehari-hari dengan fasih. Murid mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Murid mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.


Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

Murid dapat menulis benda yang berawalan huruf B.


Tujuan Pembelajaran (TP):

Menulis kata yang di awali suku kata Ba-, Bi-, Bu-, Be-, dan Bo-


Materi Bahasa Indonesia

Capaian Pembelajaran (CP) Bahasa Indonesia :

Murid mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa. Murid mampu membaca kata-kata yang dikenalinya sehari-hari dengan fasih. Murid mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Murid mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.


Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

Murid dapat menulis benda yang berawalan huruf B.


Tujuan Pembelajaran (TP):

Menulis kata yang di awali suku kata Ba-, Bi-, Bu-, Be-, dan Bo-


Materi Bahasa Indonesia

Mengenal bunyi suku kata “ba”, “bu”, dan “be”.

Membaca suku kata “ba”, “bu”, dan “be” dengan benar.

Menyusun dan membaca kata sederhana yang mengandung suku kata “ba”, “bu”, dan “be”.

Menulis suku kata dan kata yang mengandung “ba”, “bu”, dan “be”.

Suku kata adalah bagian dari kata. Dengan mengenal suku kata “ba”, “bu”, dan “be”, kita bisa belajar membaca dan menulis kata-kata sederhana dengan lebih mudah dan menyenangkan.

C. Contoh Suku Kata dan Kata
Suku Kata Contoh Kata Contoh Kalimat Sederhana
ba bayi, batu, baju Bayi itu lucu.
bu buku, buta, bunga Ibu beli bunga.
be bebek, betul, besar Bebek itu berenang.    






Capaian Pembelajaran (CP) Matematika : 
Murid menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 20. Peserta didik menunjukkan pemahaman pecahan sebagai bagian dari keseluruhan melalui konteks membagi sebuah benda atau kumpulan benda sama banyak, pecahan yang diperkenalkan adalah setengah dan seperempat.

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) 
Murid dapat mengurutkan bilangan 1-10 dengan baik

Tujuan Pembelajaran (TP):
Mengurutkan bilangan sampai 10

Materi Matematika

Membandingkan artinya melihat dua bilangan dan menentukan:

  • Bilangan mana yang lebih besar

  • Bilangan mana yang lebih kecil

  • Apakah sama besar atau sama banyak 

Contoh Perbandingan Bilangan

  1. Bilangan 3 dan 7

    • 3 lebih kecil dari 7

    • Ditulis: 3 < 7

  2. Bilangan 9 dan 5

    • 9 lebih besar dari 5

    • Ditulis: 9 > 5

  3. Bilangan 4 dan 4

    • 4 sama dengan 4

    • Ditulis: 4 = 4

Mengurutkan benda sampai 10

Perhatikan gambar berikut.

Gambar di atas merupakan balok dengan warna yang berbeda-beda. Urutkanlah balok tersebut dari yang paling sedikit jumlahnya ke yang paling banyak jumlahnya.

Kemudian setelah itu cobalah mengurutkan balok di atas dari urutan sebaliknya. 

Nah anak-anak setelah kita melakukan percobaan mengurutkan benda 
berupa balok di atas, dapat disimpulkan bahwa mengurutkan adalah 
proses merangkai benda dalam urutan tertentu, Beberapa bilangan 
dapat diurutkan dari yang terkecil (paling sedikit) dan dari yang terbesar 
(yang paling banyak). 

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.
 

Risky Melina Sari Template by Ipietoon Cute Blog Design