Minggu, 06 Oktober 2024

Pendidikan Pancasila dan Bahasa Indonesia

  


Hari/Tanggal        : Senin, 7 Oktober 2024

Mata Pelajaran     : Pendidikan Pancasila dan Bahasa Indonesia

Alat Peraga           : Gambar dan Video Pembelajaran 

Metode Pembelajaran : Diskusi 




Tabik Pun 🙏 

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness. 😍


ELEMEN DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN :

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Peserta didik mampu mengidentifikasi aturan di keluarga, sekolah, dan lingkungan sekitar tempat tinggal serta melaksanakannya dengan bimbingan orang tua dan guru. Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menyajikan hasil identifikasi hak dan kewajiban sebagai anggota keluarga dan sebagai warga sekolah. Peserta didik melaksanakan kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan sebagai warga sekolah.

TUJUAN PEMBELAJARAN :
1. Peserta didik dapat mengklasifikasikan norma dan aturan yang berlaku di lingkungan sekitarnya.
2. Peserta didik dapat mengidentifikasi Hak dan Kewajiban di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat. 

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN (ATP) :
1. Peserta didik memahami pengertian norma dan aturan yang berlaku dilingkungan sekitarnya.

2. Peserta didik memahami Hak dan Kewajiban di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat. 


MATEI Pendidikan Pancasila

Pengertian Norma

Norma merupakan kata yang berasal dari bahasa Belanda yaitu norm yang memiliki arti patokan, pedoman, atau pokok kaidah dan bahasa Latin yaitu mos yang memiliki arti tata kelakuan, adat istiadat, atau kebiasaan.

Fungsi Norma

Berikut beberapa fungsi norma yang ada di masyarakat:

  • Untuk memastikan terciptanya kehidupan masyarakat yang lebih aman dan tertib.
  • Untuk mengatur perbuatan masyarakat agar sesuai dengan nilai yang ada dan berlaku.
  • Agar dapat mencegah adanya benturan kepentingan antar masyarakat.
  • Untuk membantu masyarakat dalam mencapai tujuan atau kesepakatan bersama.
  • Digunakan sebagai petunjuk maupun pedoman yang dapat digunakan untuk menjalani hidup di lingkungan masyarakat sebagai individu.
  • Norma digunakan agar dapat mengatur perilaku masyarakat.
  • Norma digunakan agar adanya suatu batasan untuk tidak dilanggar .
  • Norma digunakan untuk mendorong individu untuk dapat beradaptasi dengan lingkungan masyarakat yang ada berdasarkan nilai-nilai yang berlaku.

Pengertian Hak

Hak adalah sesuatu yang mutlak menjadi milik kita dan penggunaannya tergantung kepada kita sendiri.

Contoh Dari Hak Adalah:

1. Setiap warga negara berhak mendapatkan perlindungan hukum;

2. Setiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak;

3. Setiap warga negara memiliki kedudukan yang sama di mata hukum dan di dalam pemerintahan;

4. Setiap warga negara bebas untuk memilih, memeluk, dan menjalankan agama dan kepercayaan masing-masing yang dipercayai;

5. Setiap warga negara berhak memperoleh pendidikan dan pengajaran;

6. Setiap warga negara berhak mempertahankan wilayah negara kesatuan Indonesia atau NKRI dari serangan musuh; dan

7. Setiap warga negara memiliki hak sama dalam kemerdekaan berserikat, berkumpul mengeluarkan pendapat secara lisan dan tulisan sesuai undang-undang yang berlaku.


Pengertian Kewajiban

Kewajiban adalah sesuatu yang harus dilakukan dengan penuh rasa tanggung jawab.

Contoh Dari Kewajiban Adalah:

1. Melaksanakan aturan hukum.

2. Menghargai hak orang lain.

3. Memiliki informasi dan perhatian terhadap kebutuhan–kebutuhan masyarakat.

4. Melakukan kontrol terhadap para pemimpin dalam melakukan tugas.

5. Melakukan komunikasi dengan para wakil di sekolah, pemerintah lokal, dan pemerintah nasional.

6. Membayar pajak.

7. Menjadi saksi di pengadilan.

8. Bersedia untuk mengikuti wajib militer dan lain–lain.


Hubungan Hak dan Kewajiban

Hubungan keduanya adalah saling berhadapan dan berdampingan karena di dalam hak terdapat kewajiban untuk tidak melanggar hak orang lain dan tidak menyalahgunakan haknya.

Untuk mencapai keseimbangan antara hak dan kewajiban, yaitu dengan cara mengetahui posisi diri kita sendiri. Sebagai seorang warga negara harus tahu hak dan kewajibannya.

Seorang pejabat atau pemerintah pun harus tahu akan hak dan kewajibannya. Seperti yang sudah tercantum dalam hukum dan aturan-aturan yang berlaku.

Jika hak dan kewajiban seimbang dan terpenuhi maka kehidupan masyarakat akan aman sejahtera.


Berikut Video Pembelajaran : 



ELEMEN DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN :

B. INDONESIA : Menulis
Peserta didik mampu menulis teks narasi, teks deskripsi, teks rekon, teks prosedur, dan teks eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi yang rinci dan akurat dengan topik yang beragam. Peserta didik terampil menulis tegak bersambung. 

TUJUAN PEMBELAJARAN :
1. Peserta didik dapat menceritakan dalam bentuk teks deskripsi, pengalaman rute/perjalanan dari rumah ke sekolah dengan benar. 
2. Peserta didik dapat menceritakan dalam bentuk teks deskripsi dengan gambar yang dilihatnya.  

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN (ATP) :
1. Peserta didik menuliskan kalimat / teks deskripsi berdasarkan gambar atau keadaan yang mereka alami. 

Materi Bahasa Indonesia 

Paragraf deskripsi adalah paragraf yang bisa menggambarkan atau menjelaskan suatu objek sehingga pembaca seolah bisa ikut melihat atau merasakan objek yang coba dijelaskan itu.

Kalimat deskripsi yang menyusun paragraf deskripsi berkaitan dengan segala hal yang bisa dilihat, didengar, atau dirasakan oleh panca indra manusia.

Lewat paragraf deskripsi, karakteristik suatu objek akan digambarkan dengan lebih detail supaya para pembaca bisa turut mendapatkan gambaran meski enggak melihatnya sendiri.

Penggambaran karakteristik secara deskriptif ini berasal dari observasi dan pengamatan langsung sehingga valid dan faktual.

Paragraf deskripsi biasanya mengandung banyak kata sifat sehingga penggambaran jadi lebih hidup dan nyata.

Paragraf deskripsi terdiri dari 3 jenis, di antaranya deskripsi spasial, subjektif, dan objektif.

Spasial karena berkaitan dengan ruang atau tempat, subjektif berkaitan dengan pandangan atau perasaan seseorang itu sendiri.

Sedangkan objektif adalah kondisi atau fakta sebenarnya tanpa campur tangan pandangan pribadi. 

Langkah Menulis Paragraf Deskripsi

1. Tentukan Topik yang Kamu Inginkan (dan Kuasai)

Topik adalah tema utama yang akan kamu kembangkan dalam bentuk tulisan.

2. Mulai Rancang Sebuah Paragraf Deskripsi

Kamu bisa mencoba mulai menulis beberapa fakta baru yang kamu ketahui.

Bisa kamu susun dalam bentuk poin-poin penting yang tata urutannya bisa kamu sesuaikan dalam prosesnya nanti.

3. Lakukan Revisi Pada Paragraf Deskripsi

Setelah menulis sebuah paragraf kasar, kamu bisa mulai menyusun fakta-fakta itu lebih runut dan rapi sampai enak dibaca.

4. Cek dan Baca Lagi Paragraf Deskripsi

Langkah terakhir setelah melakukan revisi adalah membaca ulang dengan seksama.

Berikut Video Pembelajaran : 



KESIMPULAN / REFLEKSI PEMBELAJARAN : 

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu memahami materi Teks Deskripsi. Namun masih ada beberapa peserta didik yang mengalami kesulitan dalam memahami ciri-ciri dari teks Deskripsi. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru mengajak peserta didik untuk membuat Teks Deskripsi dengan menceritakan sebuah benda atau kegemarannya yang dapat dituangkan ke dalam tulisan. Sehingga peserta didik akan lebih paham dan mudah memahami materi Teks Deskripsi dengan baik. 

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.
 

Risky Melina Sari Template by Ipietoon Cute Blog Design