Hari/Tanggal : Rabu, 16 Oktober 2024
Mata Pelajaran : Jadwal STS dan Kisi-Kisi STS Matematika
Media Pembelajaran : Soal Sumatif Tengah Semester
Good morning my lovely students. How are you this morning?
BILANGAN CACAH BESAR
- Membaca angka bilangan sampai Jutaan
- Menentukan nilai tempat bilangan puluh jutaan
- Menentukan nilai jumlah nominal uang
- Menghitung jumlah kumpulan bilangan jutaan dan ribuan
- Menghitung hasil kali bilangan cacah besar
- Menghitung selisih bilangan sampai jutaan
PEMBAGIAN
1. Menentukan bilangan yang tepat pada aturan pembagian jika bilangan yang dibaginya sama besar
2. Menghitung pembagian oleh ratusan
3. Menghitung hasil pembagian bilangan puluhan dan ratusan
4. Menghitung sisa hasil pembagian bilangan
5. Menghitung hasil pembagian bilangan sampai 3 angka
6. Menentukan penulisan pembagian atau perkalian
7. Menentukan perkalian yang merupakan kebalikan dari pembagian
8. Menentukan pembagian senilai
SUDUT
- Membandingkan berdasarkan besaran sudut
- Menuliskan besaran sudut
- Menghitung besaran sudut
- Mengukur besar sudut menggunakan busur derajat
- Membuat sudut tumpul, lancip, siku-siku, lurus, refleks, dan penuh
- Menghitung besar sudut pada segitiga sama kaki dan siku-siku
- Menghitung besar sudut pada jarum jam
1. Berdasarkan jumlah populasi penduduk U.S.A 29.980.000 dibaca…
a. Dua puluh sembilan juta sembilan ratus tiga puluh sembilan ribu
delapan orang
b. Dua ratus sembilan puluh sembilan juta tiga ratus sembilan puluh
delapan ribu orang
c. Dua puluh Sembilan juta Sembilan ratus delapan puluh ribu orang
d. Dua puluh Sembilan juta delapan ratus Sembilan puluh ribu orang
2. Sebesar 89.615.300.
adalah jumlah penduduk Indonesia.
Angka 6 menunjukkan nilai tempat ….
a. ratus
ribuan c. jutaan
b. puluh ribuan d. puluh jutaan
3. Bilangan
yang merupakan jumlah 4 kumpulan 1 juta dan 7 kumpulan 10 ribu adalah ….
a. 4.700.000. c.
4.007.000.
b. 4.070.000. d. 4.000.700.
4. Ibu anisa memiliki
uang sejumlah 80 juta dan akan dibagikan kepada 10 orang siswanya. Berapakah
jumlah uang yang diterima oleh masing-masing siswa?
a. 8.000.000. c. 88.000.000.
b. 80.000.000. b. 800.000.000
5. Berapakah hasil dari 38 : 2!
a. 60 c. 18
b. 19 d. 76
6. Fatimah sedang membantu ibunya yang membuat kue nastar. Hari itu nastar ada 975 buah nastar yang layak dijual. Nastar tersebut akan dimasukkan ke dalam stoples mini. Satu stoples berisi 25 kue nastar. Bagaimana penulisan perhitungan untuk mengetahui banyaknya stoples yang dibutuhkan?
a. 975 : 25 c. 975 + 25
b. 975 x 25 d. 975 - 25
7. Kamu sedang membuat sebuah persegi yang memiliki 4 sisi menggunakan kawat sepanjang 64 cm. Berapakah panjang masing-masing sisinya?
a. 4 cm c. 16 cm
b. 64 cm d. 8 cm
8. Sebuah toko terdapat 5000 butir permen. Tiap 100 butir akan dikemas ke dalam satu kemasan. Banyaknya kemasan yang ada di toko tersebut senilai dengan pembagian …
a. 1000 : 100 c. 10 : 1
b. 5000 : 50 d. 50 : 1
a. lancip c. tumpul
b. siku-siku d. refleks
10. Besaran Sudut yang terbentuk pada jarum jam 06.00 adalah ….
A. 180 c. 45
b. 90 d. 360
0 komentar:
Posting Komentar