Selasa, 24 September 2024

Matematika dan IPAS

  


Hari/Tanggal        : Selasa, 24 September 2024

Mata Pelajaran     : Matematika dan IPAS

Alat Peraga           : Gambar dan PPT




Tabik Pun 🙏 

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness. 😍

ELEMEN DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN :
MATEMATIKA  : Geometri
Peserta didik dapat mendeskripsikan ciri berbagai bentuk bangun datar (segiempat, segitiga, segibanyak). Mereka dapat menyusun (komposisi) dan mengurai (dekomposisi) berbagai bangun datar dengan lebih dari satu cara jika memungkinkan.

TUJUAN PEMBELAJARAN:
1. Peserta didik dapat memahami materi sudut dengan baik dan benar. 
ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN :
1. Peserta didik mengerjakan latihan soal terkait sudut dengan tepat. 


MATERI MATEMATIKA :

Latihan Soal Sudut! 

1. Perhatikanlah gambar berikut ini!
Besar sudut hasil pengukuran di atas adalah....°
A. 60
B. 70
C. 110
D. 120

2. Sudut yang lebih besar dari 180 ° disebut sudut...
A. Lancip
B. Siku-siku
C. Tumpul
D. Refleks

3. Perhatikanlah gambar berikut ini!
Sudut pada gambar di atas termasuk sudut. .
A. Lancip
B. Siku-siku
C. Tumpul
D. Refleks

4. Perhatikanlah gambar berikut ini!
Besar sudut hasil pengukuran di atas adalah. .°
A. 60
B. 70
C. 110
D. 120

5. Perhatikanlah gambar berikut ini!
Sudut yang terbentuk pada jarum jam seperti gambar di atas adalah..°
A. 150
B. 120
C. 90
D. 60

6. Sudut 130° termasuk sudut.. .
A. Lancip
B. Refleks
C. Siku-siku
D. Tumpul

7. Sudut yang besarnya 90° disebut sudut...
A. Lancip
B. Refleks
C. Siku-siku
D. Tumpul

8. Sudut terkecil yang terbentuk pada jarum jam yang menunjukkan pukul 10.00 adalah..°
A. 30
B. 60
C. 90
D. 120

9. Perhatikan Gambar berikut!
Sudut terbesar yang terbentuk pada jarum jam di atas adalah..°
A. 90
B. 180
C. 270
D. 360

10. Sudut yang terbentuk pada jarum jam yang menunjukkan pukul 05.00 adalah..°
A. 150
B. 180
C. 210

D. 280



ELEMEN DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN :
IPAS : Pemahaman Sains

Peserta didik menganalisis hubungan antara bentuk serta fungsi bagian tubuh pada manusia (pancaindra). Peserta didik dapat membuat simulasi menggunakan bagan/alat bantu sederhana tentang siklus hidup makhluk hidup. Peserta didik dapat mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya alam di lingkungan sekitarnya dan kaitannya dengan upaya pelestarian makhluk hidup.

Tujuan Pembelajaran : 

1. Peserta didik dapat menyelesaikan soal sumatif dengan tepat dan benar

Alur Tujuan Pembelajaran : 

1. Melalui tanya jawab, peserta didik dapat mengingat materi tentang bagian-bagian tumbuhan dan Fotosintesis serta dapat menjabawa soal sumatif dengan tepat. 

Sumatif 2 Bagian-Bagian Tumbuhan dan Fotosintesis

Soal Pilihan Ganda

1.      Bagian tumbuhan yang berfungsi menyerap air dan mineral dari tanah adalah...

a.       Batang            b. Daun           c. Bunga          d. Akar

2.      Proses pembuatan makanan pada tumbuhan terjadi di bagian...

a.       Akar                b. Batang        c. Daun           d. Buah

3.   Bagian tumbuhan yang berfungsi sebagai tempat tumbuhnya bunga, buah, dan daun adalah...

a.       Akar                b. Batang        c. Daun           d. Biji

4.      Bagian bunga yang menghasilkan serbuk sari adalah...

a.       Putik               b. Benang sari            c. Kelopak                   d. Mahkota

5.      Fungsi buah bagi tumbuhan adalah...

a.       Menyerap air

b.      Menyimpan cadangan makanan

c.       Melindungi biji

d.      d. Semua jawaban benar

6.      Jenis akar yang tumbuh membesar ke samping adalah...

a.       Akar tunggang           b. Akar serabut          c. Akar udara                  d. Akar gantung

7.      Batang yang berkayu dan keras biasanya dimiliki oleh tumbuhan...

a.       Rumput          b. Jagung        c. Pohon manga         d. Bayam

8.      Daun tumbuhan berwarna hijau karena mengandung zat hijau daun yang disebut...

a.       Klorofil           b. Karoten      c. Stomata                   d. Fikosianin

9.      Bunga yang memiliki bagian jantan dan betina dalam satu bunga disebut bunga...

a.       Sempurna      b. Tidak sempurna    c. Tunggal       d. Majemuk

10.  Biji tumbuhan berfungsi untuk...

a. Menghasilkan bunga                     c. Menyerap air

b. Menyebarkan tumbuhan              d. Membuat makanan 



REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu memahami materi tentang menentukan besaran sudut dengan jam. Namun masih ada beberapa peserta didik yang mengalami kesulitan dalam memahami cara menghitung besaran setiap 1 jam dalam sudut. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru menjelaskan kembali dengan melakukan tanya jawab dan menggunakan benda konkret langsung seperti jam dinding. Sehingga peserta didik akan lebih paham dan mudah memahami materi cara menghitung besaran sudut dengan jam. 

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.
 

Risky Melina Sari Template by Ipietoon Cute Blog Design