Selasa, 03 September 2024

Matematika dan IPAS

   


Hari/Tanggal        : Selasa, 3 September 2024

Mata Pelajaran     : Matematika dan IPAS 

Alat Peraga           : Gambar dan PPT




Tabik Pun 🙏 

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness. 😍

ELEMEN DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN :
MATEMATIKA  : Bilangan
Pada akhir fase B, peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan.peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000. Mereka dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar dan simbol matematika. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan kelipatan dan faktor.

TUJUAN PEMBELAJARAN :
1. Peserta didik dapat memahami bahwa (puluhan, ratusan) : (bilangan nilai tempat satuan) dapat dihitung dengan cara yang sama seperti (bilangan nilai tempat satuan) : (bilangan nilai tempat satuan) dengan menggunakan 10 atau 100 sebagai satuan nilai tempat.

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN (ATP) :
1. Peserta didik memahami bahwa (puluhan, ratusan) : (bilangan nilai tempat satuan) dapat dihitung dengan cara yang sama seperti (bilangan nilai tempat satuan) : (bilangan nilai tempat satuan) dengan menggunakan 10 atau 100 sebagai satuan nilai tempat.

MATERI MATEMATIKA :

SOAL SUBMATIF 2 MATEMATIKA

Isilah kotak berikut dengan bilangan yang tepat.



7.   Anisa memiliki bola bekel, setelah dihitung ada 90 bola. Bola tersebut akan dikemas ke dalam kardus, tiap kardus berisi 10 buah bola bekel. Total kardus yang dibutuhkan adalah…

8.      800 : 4 = …

Kerjakan pembagian berikut dengan cara bersusun.

9.   Lani membeli masker sebanyak 68 buah. Masker tersebut akan dikelompokkan agar tetap tejaga. Tiap kelompok masker terdiri atas 4 buah masker. Berapa banyak kelompok masker yang ada?

10.  144 : 4 = …


ELEMEN DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN :
IPAS : Pemahaman Sains

Peserta didik menganalisis hubungan antara bentuk serta fungsi bagian tubuh pada manusia (pancaindra). Peserta didik dapat membuat simulasi menggunakan bagan/alat bantu sederhana tentang siklus hidup makhluk hidup. Peserta didik dapat mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya alam di lingkungan sekitarnya dan kaitannya dengan upaya pelestarian makhluk hidup.

Tujuan Pembelajaran : 

Peserta didik dapat memahami kebutuhan tumbuhan untuk melakukan proses fotosintesis serta hasil dari fotosintesis.

Alur Tujuan Pembelajaran : 
1. Peserta didik mengamati proses fotosintesis pada daun.
2. Peserta didik menjelaskan proses Fotosintesis pada tumbuhan/bunga. 
Materi IPAS 



Tumbuhan adalah salah satu jenis makhluk hidup yang hidup berdampingan dengan manusia. Tumbuhan memiliki banyak manfaat bagi kehidupan. Manfaat yang paling mendasar adalah sebagai penyuplai oksigen untuk kehidupan seluruh makhluk hidup di bumi. Setiap bagian-bagian tumbuhan memiliki fungsi dan manfaat bagi kehidupan. Misalnya, untuk sumber bahan makanan, bahan baku industri, kesehatan, dan sebagainya. Bagian-bagian tumbuhan yaitu: 

1. Akar 

2. Daun 
Daun adalah bagian tumbuhan yang memiliki peranan penting. Pada daun berwarna hijau, terdapat kandungan zat klorofil yang merupakan salah satu bahan yang dibutuhkan pada proses fotosintesis. Beberapa fungsi daun bagi tumbuhan, yakni: 
1. Tempat terjadinya proses fotosintesis Sebagai alat pernapasan tumbuhan 
2. Tempat terjadinya penguapan 
3. Daun juga dapat digunakan sebagai alat perkembangbiakan vegetatif

3. Batang 

4. Bunga 

5. Buah 


Pengertian Fotosintesis

Dalam KBBI, pengertian fotosintesis adalah penggunaan energi matahari (sinar matahari buatan) oleh tumbuhan atau bakteri berdaun hijau untuk mengubah karbon dioksida dan air menjadi karbohidrat. Fotosintesis adalah proses biokimia yang menggunakan sinar matahari dan hanya terjadi pada organisme yang memiliki klorofil.

Contohnya adalah tumbuhan dan fitoplankton. Kondisi ini merupakan kombinasi dari dua senyawa CO2 (karbon dioksida) dan H2O (air) untuk menghasilkan energi kimia menggunakan energi cahaya dan klorofil. Dari berbagai definisi di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa fotosintesis adalah proses menghasilkan makanan dengan menggunakan karbon dioksida, air, sinar matahari dan klorofil.



PROSES FOTOSINTESIS
Proses fotosintesis adalah proses yang dilakukan oleh tumbuhan untuk menghasilkan makanan dan oksigen. Berikut adalah tahapan dan mekanisme proses fotosintesis: 
  • Tumbuhan menyerap air dari tanah melalui akar dan menyalurkannya ke batang dan daun. 
  • Tumbuhan menyerap karbon dioksida dari udara melalui daun. 
  • Energi dari cahaya matahari ditangkap oleh klorofil di dalam kloroplas daun. 
  • Energi cahaya yang ditangkap oleh klorofil mengubah air dan karbon dioksida menjadi gula dan oksigen. 
  • Gula yang dihasilkan dapat digunakan langsung oleh tumbuhan atau disimpan di bagian lain seperti buah-buahan. 
  • Oksigen yang dihasilkan merupakan produk sampingan yang diperlukan makhluk hidup untuk bernapas. 
  • Karbon dioksida yang diserap tumbuhan dapat membantu membersihkan dan menyejukkan udara di sekitarnya. 
Berikut Video Pembelajaran : 



KESIMPULAN DAN REFLEKSI PEMBELAJARAN : 

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu menyelesaikan sumatif matematika dengan nilai di atas KKTP, namun masih ada beberapa peserta didik yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal sumatif. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru memberikan bimbingan lebih dan membantu untuk mengingat materi sebelumnya. Sehingga peserta didik akan lebih mengingat dan dapat mengerjakan soal sumatif dengan mandiri. 

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.
 

Risky Melina Sari Template by Ipietoon Cute Blog Design