Hari/Tanggal : Rabu, 30 Juli 2025
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia dan Matematika
Alat Peraga : Video Pembelajaran
Metode Pembelajaran : Tanya Jawab

Tabik Pun 🙏
Good morning my lovely students. How are you this morning?
Hopely you are healthy and happiness. 😍
Haii anak-anak bu guru yang solih soliha, alhamdulillah hari ini kita akan memulai pembelajaran di kelas 1 materi Bahasa Indonesia dan Matematika.
Metode dan Media ajar
Metode/ Model pembelajaran: Discovery Learning
Media ajar: Video pembelajaran, Kartu Angka, LKPD
Capaian Pembelajaran (CP):
- Murid menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 20. Peserta didik menunjukkan pemahaman pecahan sebagai bagian dari keseluruhan melalui konteks membagi sebuah benda atau kumpulan benda sama banyak, pecahan yang diperkenalkan adalah setengah dan seperempat.
- Murid mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian. Peserta didik menunjukkan minat pada tuturan yang didengar serta mampu memahami informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan diri,keluarga, dan/atau lingkungan.
Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)
- Murid dapat membandingkan dua kelompok benda dan menentukan lebih banyak, lebih sedikit, atau sama banyak
- Murid dapat mengenali bentuk komunikasi lisan (cerita, percakapan, dan informasi sederhana).
Tujuan Pembelajaran (TP):
Membandingkan jumlah benda yang berjumlah paling banyak 10
- Menunjukkan minat dan antusiasme terhadap cerita, percakapan, atau informasi yang disampaikan secara lisan maupun melalui media audio.
Materi Matematika
Membandingkan artinya melihat dua bilangan dan menentukan:
Bilangan mana yang lebih besar
Bilangan mana yang lebih kecil
Apakah sama besar atau sama banyak
Contoh Perbandingan Bilangan
Bilangan 3 dan 7
3 lebih kecil dari 7
Ditulis: 3 < 7
Bilangan 9 dan 5
9 lebih besar dari 5
Ditulis: 9 > 5
Bilangan 4 dan 4
4 sama dengan 4
Ditulis: 4 = 4
Materi Bahasa Indonesia
Baiklah Bu guru ucapkan terimakasih jangan lupa sholat 5 waktu dan selalu gunakan 4 kata ajaib tolong, terimakasih, permisi dan maaf. semangat selalu dalam belajar.
KESIMPULAN / REFLEKSI PEMBELAJARAN :
Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu memahami materi membandingkan benda. Namun masih ada beberapa peserta didik yang mengalami kesulitan dalam membandingkan jumlah banyaknya benda. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru mengajak peserta didik untuk bersama-sama memahami kembali penjelasan guru dan menonton video pembelajaran. Sehingga peserta didik akan lebih paham dan mudah memahami materi dengan baik.
0 komentar:
Posting Komentar