Minggu, 27 Juli 2025

Pendidikan Pancasila dan Bahasa Indonesia

 

Hari/Tanggal        : Senin,28 Juli 2025

Mata Pelajaran     : Pendidikan Pancasila dan Bahasa Indonesia

Alat Peraga           : Video Pembelajaran 

Metode Pembelajaran : Tanya Jawab 




Tabik Pun 🙏 

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness. 😍
Haii anak-anak bu guru yang solih soliha, alhamdulillah hari ini kita akan memulai pembelajaran di kelas 1 materi Pendidikan Pancasila dan Bahasa Indonesia. 

PENDIDIKAN PANCASILA 

Capaian Pembelajaran (CP):
Peserta didik mampu mengenal bendera negara, lagu kebangsaan, simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila, dan menerapkan nilai-nilai Pancasila di lingkungan keluarga, mengenal para perumusan pancasila.

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):

Menyebutkan lima sila Pancasila secara urut dan mengenal maknanya secara sederhana.


Tujuan Pembelajaran (TP):

Peserta didik dapat mengenal simbol Peserta didik dapat mengenal sila-sila Pancasila

PENDIDIKAN PANCASILA

Yuk, nyanyikan lagu Garuda Pancasila dengan penuh semangat😊


Video ini adalah video lagu Garuda Pancasila yang dapat dinyanyikan peserta didik

Amatilah gambar di bawah ini!



  1. Pengertian Pancasila
  • Pancasila adalah dasar negara Indonesia yang terdiri dari lima sila. Kata “Pancasila” berasal dari bahasa Sanskerta, di mana “Panca” berarti lima dan “Sila” berarti prinsip atau asas.

  • Lambang Pancasila adalah burung Garuda yang mencengkeram pita bertuliskan “Bhinneka Tunggal Ika,” yang berarti “Berbeda-beda tetapi tetap satu.”
  1. Lima Sila dalam Pancasila

Siswa diajarkan tentang lima sila dalam Pancasila beserta maknanya dengan cara yang sederhana dan mudah dipahami.

  • Sila Pertama: Ketuhanan Yang Maha Esa
    • Makna: Percaya dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
    • Contoh: Beribadah sesuai agama masing-masing, menghormati agama lain.

  • Sila Kedua: Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
    • Makna: Mengakui persamaan hak dan kewajiban asasi setiap manusia.
    • Contoh: Saling menghormati, tidak membeda-bedakan teman.

  • Sila Ketiga: Persatuan Indonesia
    • Makna: Menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan bangsa.
    • Contoh: Menyayangi teman-teman dari berbagai suku, tidak membeda-bedakan asal-usul.

  • Sila Keempat: Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan
    • Makna: Mengutamakan kepentingan bersama dengan cara musyawarah.
    • Contoh: Berdiskusi dengan teman untuk mengambil keputusan bersama.

  • Sila Kelima: Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia
    • Makna: Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban, serta menghormati hak orang lain.
    • Contoh: Berbagi dengan teman yang membutuhkan, tidak bersikap egois.

LKPD (LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK)
Kerjakan LKPD dibawah ini dengan memasangkan simbol-simbol Pancasila.


Materi Bahasa Indonesia

Capaian Pembelajaran (CP):

Murid mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa. Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenali sehari-hari dengan fasih. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dan/atau kosakata Bahasa Indonesia serapan dari bahasa daerah dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.

Melafalkan dan Menulis Huruf Tegak Bersambung


Bacalah huruf secara berurut dengan menunjuk pada poster abjad di kelas atau kartu huruf.
Sebagai variasi, peserta didik dapat diminta untuk menyanyikan lagu abjad.
Setelah itu, perkenalkan bunyi masing-masing abjad dan penulisan tegak bersambung
Latihan :

Tebalkan huruf tegak bersambung berikut ini!


Dari ketiga aktivitas ini ada kegiatan apa saja anak anak?
Iya benar ada kegiatan belajar jadi pada saat belajar anak anak harus mendengarkan guru, sedangkan gambar kedua terdapat dua orang yang sedang berkomunikasi  dan gambar ketiga terdapat kegiatan bermain di saat cuaca cerah. 
Ketiga gambar ini merupak bentuk teks lisan dalam bentuk cerita, percakapan, dan informasi.
  • Cerita : memiliki alur, tokoh, dan kejadian/Percakapan 

  • Percakapan : dua orang atau lebih yang sedang berbicara saling bergantian untuk menyampaikan informasi 
  • Informasi : penjelasan tentang suatu hal dan dalam menyimak harus menunjukkan sikap mendengarkan aktif. 

Jenis Teks Lisan

Ciri-ciri

Contoh

Cerita

Menyampaikan kisah

Dongeng, fabel

Percakapan

Saling berbicara

Tanya-jawab, sapaan

Informasi

Menyampaikan pengetahuan/berita

Penjelasan guru, berita


KESIMPULAN / REFLEKSI PEMBELAJARAN : 

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu memahami materi makna sila Pancasila. Namun masih ada beberapa peserta didik yang mengalami kesulitan dalam membedakan makna sila Pancasila. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru mengajak peserta didik untuk bersama-sama menonton video pembeajaran dan penjelasan guru. Sehingga peserta didik akan lebih paham dan mudah memahami materi dengan baik.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.
 

Risky Melina Sari Template by Ipietoon Cute Blog Design