Senin, 28 Juli 2025

Matematika dan Seni Rupa

 

Hari/Tanggal        : Selasa, 29 Juli 2025

Mata Pelajaran     : Matematika dan Seni Rupa

Alat Peraga           : Video Pembelajaran 

Metode Pembelajaran : Tanya Jawab 




Tabik Pun 🙏 

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness. 😍
Haii anak-anak bu guru yang solih soliha, alhamdulillah hari ini kita akan memulai pembelajaran di kelas 1 materi Matematika dan Seni Rupa. 

Metode dan Media ajar
Metode/ Model pembelajaran: Discovery Learning
Media ajar: Video pembelajaran, Kartu Angka, LKPD

Capaian Pembelajaran (CP):
  1. Murid menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 20. Peserta didik menunjukkan pemahaman pecahan sebagai bagian dari keseluruhan melalui konteks membagi sebuah benda atau kumpulan benda sama banyak, pecahan yang diperkenalkan adalah setengah dan seperempat.
  2. Murid mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian. Peserta didik menunjukkan minat pada tuturan   yang didengar serta mampu memahami informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan diri,keluarga, dan/atau lingkungan.
📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) 
  1. Murid dapat membandingkan dua kelompok benda dan menentukan lebih banyak, lebih sedikit, atau sama banyak
  2. Murid dapat mengenali bentuk komunikasi lisan (cerita, percakapan, dan informasi sederhana).
📌 Tujuan Pembelajaran (TP):
  1. Membandingkan jumlah benda yang berjumlah paling banyak 10

  2. Menunjukkan minat dan antusiasme terhadap cerita, percakapan, atau informasi yang disampaikan secara lisan maupun melalui media audio.

📌 Materi Matematika

Membandingkan artinya melihat dua bilangan dan menentukan:

  • Bilangan mana yang lebih besar

  • Bilangan mana yang lebih kecil

  • Apakah sama besar atau sama banyak 

Contoh Perbandingan Bilangan

  1. Bilangan 3 dan 7

    • 3 lebih kecil dari 7

    • Ditulis: 3 < 7

  2. Bilangan 9 dan 5

    • 9 lebih besar dari 5

    • Ditulis: 9 > 5

  3. Bilangan 4 dan 4

    • 4 sama dengan 4

    • Ditulis: 4 = 4

LKPD Matematika


Materi Seni Rupa 
Mari kita lihat video pembelajaran berikut ini!


Garis adalah gabungan titik-titik, garis dibuat dengan menghubungkan titik. Garis bias berupa coretan panjang, lurus, atau lengkung. Garis bias tebal atau tipis. 

- Jenis-Jenis Garis.
Garis mendatar disebut garis horizontal, garis mendatar menyamping ke kiri dan ke kanan. Dua garis mendatar yang sejajar disebut garis sejajar, garis tegak disebut juga garis vertikal. Garis tegak naik ke atas atau turun ke bawah. Garis miring disebut juga garis diagonal. Garis miring adalah garis lurus yang miring ke kanan atau ke kiri. Gabungan dari dua garis miring membentuk garis bersilang. Garis lengkung berbentuk melengkung, garis lengkung memiliki arah membelok. Garis lengkung yang bersambung membentuk garis gelombang. Garis zig-zag adalah garis lurus patah-patah dan garis runcing. Garis spiral yaitu garis berputar mengelilingi titik pusat.
 
LKPD Seni Rupa

KESIMPULAN / REFLEKSI PEMBELAJARAN : 

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu memahami materi Seni rupa macam-macam garis. Namun masih ada beberapa peserta didik yang mengalami kesulitan dalam membedakan antara garis horizontal dan vertikal. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru mengajak peserta didik untuk bersama-sama mengenal garis dengan bernyanyi. Sehingga peserta didik akan lebih paham dan mudah memahami materi dengan baik.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.
 

Risky Melina Sari Template by Ipietoon Cute Blog Design